Pentingnya Mengenal Brand Awareness

04 Aug 2021 by Laruan

Berdasarkan tulisannya, brand awareness memiliki makna sebagai daya tangkap konsumen terhadap suatu jenis produk yang dikenalkan kepadanya. Dalam arti lain, ketika seseorang mampu mengingat dan mengenali merek produkmu, baik itu melalui logo, bentuk, gambar, nama atau slogannya maka kamu telah berhasil menciptakan kepekaan merek. Tujuannya adalah agar konsumen menjadi hafal dengan produk yang kamu memiliki, lalu mereka akan dengan mudah menemukannya di berbagai supermarket dan tentu akan meningkatkan daya beli konsumen terhadap produk tersebut.

Pentingnya Mengenal  Brand Awareness

Mengapa seorang pengusaha perlu menciptakan brand awareness?

Dalam dunia bisnis, brand awareness selalu menjadi perbincangan banyak pengusaha. Karena dengan cara itu, produkmu dapat dikenali oleh pembeli dengan mudah dan efektif. Semakin produkmu terkenal dan orang pun mudah untuk mengingatnya maka semakin besar peluang produk tersebut laris di pasaran.

Ketika brand kamu populer di lingkungan masyarakat, yang terjadi adalah munculnya pikiran spontan terhadap merek tersebut ketika ingin membeli suatu produk.

Tingkatan brand awareness

Dalam bisnis, brand awareness memiliki 4 tingkatan, yaitu:

  1. Merek belum terkenal

Hal ini pasti dialami oleh semua pengusaha atau siapa saja yang sedang membangun sebuah merek adalah merek yang belum terkenal. Namanya juga baru memulai usaha, tentu saja merek kamu belum dikenal oleh orang banyak. Hal ini karena konsumen belum menyadari kehadiran produk atau merek Sobat Pintar di pasaran.

  1. Merek baru dikenal

Hal ini ditandai dengan konsumen yang telah mampu mengenali dan mengingat barang atau produkmu. Biasanya melalui logo, bentuk, warna atau apa saja yang mencolok dan menarik dari produk tersebut. Sehingga ketika akan membuat sebuah merek semua hal ini benar-benar harus diperhatikan dan dirancang dengan matang.

  1. Merek telah dikenal

Kapan suatu merek dikatakan telah mencapai tahapan telah dikenal? Yaitu ketika merek tersebut dengan mudah dapat dikenali oleh konsumen meskipun hanya sekilas atau ketika seseorang menyebutkan kategori produk tertentu kamu sudah dapat mengingat merek tersebut sebagai salah satu bagian dari kategori yang disebutkan.Ketika sebuah merek telah mencapai tahapan ini, maka dapat dikatakan bahwa merek yang kamu miliki telah berada dalam memori konsumenmu. 

Sebagai contoh, ketika seorang ibu akan membelikan produk sabun bayi untuk anaknya, maka yang muncul pertama kali dalam pikirannya adalah merek-merek yang sudah dikenalnya. Bisa saja, merek produkmu menjadi pilihan ibu tersebut pada akhirnya.

  1. Merek yang paling diingat.

Tingkatan terakhir yang dicapai oleh sebuah brand adalah menjadi merek yang paling diingat oleh konsumen. Dengan kata lain, jika seseorang menginginkanmu untuk membelikan satu kategori produk maka merek yang pertama kali yang muncul di pikiranmu adalah merek tersebut. Konsumen menjadi sangat mengenal merek tersebut, sehingga ia bahkan tidak perlu lagi untuk menghafalnya, merek tersebut akan muncul secara spontan di dalam otaknya. 

Untuk dapat mencapai tahapan terakhir ada beberapa hal yang harus kamu lakukan selain menyiapkan dana promosi. Zaman yang canggih ini, membuat kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah dana melalui pinjaman bank yang rumit. Cukup dengan Kredit Pintar, danamu akan segera cair.  

Strategi untuk membangun kesadaran merek

Sedangkan untuk strategi lain perlu kamu pelajari, seperti di bawah ini:

  1. Membuat logo dan slogan yang unik serta menarik.

Sebenarnya membuat logo dan slogan yang menarik adalah hal mendasar yang harus diketahui oleh pengusaha. Karena pada dasarnya manusia lebih mudah mengingat melalui gambar. Logo ini adalah semacam jati diri sebuah produk dimana ia akan muncul dimana saja yang berhubungan dengan produk tersebut, misalnya poster, website, media sosial, bahkan berbagai dokumen perusahaan. 

Tipsnya adalah kamu harus bisa membuat logo yang ikonik dan berbeda dari yang lain. Sehingga orang akan mudah menandai merek produkmu 

Selain logo, cara meningkatkan brand awareness lainnya adalah dengan menciptakan slogan yang indah serta benar-benar menggambarkan produkmu. Buatlah slogan yang singkat agar mudah diingat oleh konsumen. Sehingga ketika ia membaca atau mendengar slogan itu di suatu tempat maka yang langsung terbayang dalam otaknya adalah produk milikmu. Susunlah kalimat singkat itu dengan pilihan kata dan diksi yang menarik serta mengandung makna yang mendalam. 

  1. Cobalah untuk aktif di berbagai media sosial.

Memasuki dunia digital memaksa kita untuk dapat terlibat di dalamnya agar tidak tertinggal. Begitu juga dengan pengenalan merek suatu produk, media sosial merupakan salah satu sarananya. Hampir semua orang dewasa saat ini memiliki akun media sosial, bahkan ada yang memiliki lebih dari satu platform. Ribuan orang membuka media sosial setiap detiknya. 

Oleh karena itu, salah satu cara meningkatkan kepekaan merek adalah dengan memanfaatkan aktivitas konsumen di berbagai media sosial. Cara ini dinilai efektif untuk menjangkau konsumen lebih luas. Kamu juga bisa memanfaatkan fitur iklan dan promosi yang terdapat di media sosial tersebut. Gunakan juga jasa influencer dengan followers yang besar.

  1. Sajikan website yang menarik dan informatif.

Untuk membuat merek produkmu menjadi terkenal, maka kamu harus membuat sebuah website yang bagus, yang berisi informasi mengenai produk secara detail dan menggunakan bahasa yang mudah dipahami. 

Agar calon konsumen semakin tertarik berusahalah untuk menampilkan website yang profesional serta mudah digunakan.

  1. Melakukan co-branding

Cara meningkatkan pemasaran merek selanjutnya yang juga dinilai efektif adalah menggunakan co-branding. Jadi apa itu co-branding? Yaitu teknik pemasaran dengan merekrut merek lain yang sudah terkenal dan memiliki reputasi yang baik untuk bekerjasama . Hal ini bertujuan untuk meningkatkan popularitas produk lainnya.

  1. Terlibat dalam event.

Event besar biasanya dihadiri oleh banyak orang. Ini memberikan kesempatan kepada produkmu untuk lebih dikenali lagi. Semakin banyak kamu mengikuti suatu acara akan semakin besar peluang merek produk menjadi terkenal. 

  1. Berikan promo dan hadiah kepada konsumen.

Nyatanya orang akan lebih tertarik terhadap suatu produk yang selalu menawarkan promo  atau hadiah cuma-cuma. Kamu bisa menggunakan strategi ini untuk memperkenalkan merek mu kepada konsumen. Misalnya dengan memberikan diskon atau cashback. 

Lalu, apa kegunaan kepekaan merek terhadap suatu produk? 

  1. Manfaat pertama yaitu kamu akan mendapatkan kesetiaan pelanggan. Apalagi jika merek produkmu memiliki kualitas yang baik, maka pelanggan akan semakin percaya.
  2. Memiliki pasar yang sangat luas. Produk yang telah memiliki merek yang besar akan sulit untuk ditumbangkan oleh merek lainnya. Sehingga brand tersebut lebih mudah untuk diingat dan dapat menjangkau konsumen di berbagai daerah. 
  3. Manfaat selanjutnya yaitu dapat meningkatkan  penjualan secara signifikan.
  4. Mudah membangun relasi dalam bisnis. Dengan itu, perusahaan akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis ya.
Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload