Overthinking Kenali Ciri, Dampak Serta Cara Mengatasinya

Overthinking Kenali Ciri, Dampak Serta Cara Mengatasinya

07 Jun 2021 by kreditpintar
Overthinking Kenali Ciri, Dampak Serta Cara Mengatasinya

Overthinking istilah kekinian yang sedang ngetren di media sosial. Banyak anak muda yang mengaku memikirkan sesuatu secara berlebihan karena memikirkan hal-hal kecil secara berlebihan. Terkadang banyak juga yang menggunakan istilah ini untuk ajang keren-kerenan atau hanya sekedar eksistensi di media sosial. Tapi hati-hati loh, memikirkan sesuatu secara berlebihan jika benar-benar dibiarkan bisa jadi permasalahan serius terutama bagi kesehatan mental Sobat Pintar. 

Pada dasarnya tidak semua pikiran yang Sobat Pintar rasakan itu adalah memikirkan sesuatu secara berlebihan. Sangat wajar jika kita sebagai manusia berpikir, karena itu merupakan salah satu anugerah dari Tuhan kita diberikan kemampuan berpikir. Itu juga yang membedakan kita dari makhluk lainnya. Jadi apa yang membedakan memikirkan sesuatu secara berlebihan dengan berpikir biasa? Mari kita bahas di bawah.

Apa itu Overthinking?

Overthinking adalah perilaku dalam memikirkan suatu hal secara berlebihan dan terus-menerus. Kata kunci dari definisi di atas adalah “berlebihan” dan “terus-menerus”. Jadi kalau Sobat Pintar cemas sebelum ujian semester itu hal yang normal, karena setelah ujian kecemasan Sobat Pintar akan hilang, atau mungkin berganti dengan kecemasan baru, yaitu cemas nunggu nilai atau cemas IPK nya anjlok. Hal tersebut wajar, yang namanya manusia pasti merasakan cemas dan memikirkan saat akan menghadapi suatu hal yang berkemungkinan tidak menguntungkan baginya. 

Kalau menurut ahli psikologi, memikirkan sesuatu secara berlebihan itu dapat dibagi menjadi dua. Yaitu sikap merenungkan dan mengkhawatirkan. Merenungkan ditunjukkan dengan ciri-ciri memikirkan secara berlebihan kejadian masa lalu yang pernah terjadi. Sedangkan mengkhawatirkan ditunjukkan dengan ciri-ciri memikirkan secara berlebihan kejadian buruk yang mungkin terjadi di masa depan, yang belum tentu dapat dipastikan kejadian buruk tersebut pasti akan terjadi. 

Tanda-Tanda Sobat Pintar Orang yang Memikirkan Sesuatu Secara Berlebihan

Berikut adalah tanda-tanda orang yang memikirkan sesuatu secara berlebihan, kalau Sobat Pintar mengalami salah satu tanda-tanda ini artinya Sobat Pintar sedang memikirkan sesuatu secara berlebihan. 

  1. Saat dihadapkan terhadap suatu masalah, Sobat Pintar tidak fokus pada solusinya malah sibuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk yang akan ditimbulkan dari masalah tersebut. 
  2. Sobat Pintar sering merenung, merenungkan hal yang itu-itu lagi secara terus menerus. 
  3. Saking seringnya Sobat Pintar merenungkan atau mencemaskan sesuatu, sampai-sampai Sobat Pintar mengalami susah tidur bahkan pikiran Sobat Pintar sampai terbawa mimpi.
  4. Karena kebanyakan mikir, Sobat Pintar jadi sulit untuk membuat keputusan, bahkan untuk hal-hal yang penting bagi dirimu sendiri.
  5. Sering menyalahkan diri sendiri, terutama jika keputusan yang Sobat Pintar ambil salah. 

Dari lima tanda-tanda tersebut apakah Sobat Pintar memiliki salah satunya? Atau mungkin semuanya pernah Sobat Pintar rasakan? Artinya Sobat Pintar orang yang memikirkan sesuatu secara berlebihan. Memikirkan sesuatu secara berlebihan merupakan masalah psikologis yang cukup serius jika tidak ditangani dengan tepat. Bisa-bisa berkembang menjadi gangguan psikologis lain yang lebih berbahaya loh.

Dampak Overthinking

Jika memikirkan sesuatu secara berlebihan yang Sobat Pintar rasakan tidak ditangani dengan tepat, maka akan menimbulkan dampak negatif, yaitu:

  1. Stres, hal ini timbul karena Sobat Pintar terlalu sibuk memikirkan sesuatu secara berlebihan sehingga Sobat Pintar mengalami tekanan psikologis yang besar. Jika dilihat dari sudut pandang psikologis, stres ini merupakan sumber utama dari masalah-masalah psikologis yang lebih besar.
  2. Memicu terjadinya gangguan psikologis yang lebih besar, seperti gangguan kecemasan, depresi, bahkan OCD.
  3. Menghambat aktivitas Sobat Pintar, tentunya hal ini disebabkan karena Sobat Pintar terlalu sibuk dengan pikiran-pikiran negatif tentang suatu hal. Hal ini juga akan berdampak pada menurunnya produktivitas Sobat Pintar dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  4. Keadaan emosi menjadi tidak stabil, hal ini ditunjukkan dengan ketidakmampuan saat mengendalikan perasaan marah, mudah panik, rendah diri, bahkan Sobat Pintar bisa menunjukkan perilaku yang aneh. 
  5. Terganggunya kesehatan fisik, memikirkan sesuatu secara berlebihan juga dapat mengganggu kesehatan fisik Sobat Pintar seperti berkurangnya daya tahan tubuh, pusing dan sakit kepala, sesak napas, nyeri dada, bahkan dapat menimbulkan penyakit yang lebih serius. 

Melihat dampak tersebut, ternyata memikirkan sesuatu secara berlebihan tidak bisa kita anggap hal yang sepele. 

Cara Mengatasi Overthinking

1. Sadar

Sadar yang dimaksud disini adalah Sobat Pintar harus menyadari bahwa pikiran-pikiran tersebut tidak nyata dan hanya ketakutan saja. Alihkan pikiran Sobat Pintar dari hal-hal yang dianggap mengganggu. Saat Sobat Pintar terlalu sering memikirkan satu hal yang itu-itu saja sadari bahwa itu hanya akan mengganggu, karena yang dapat mengontrol pikiran kita hanya kita sendiri.  

2. Selesaikan masalah

Daripada sibuk menghabiskan waktu untuk memikirkannya, lebih baik Sobat Pintar fokus pada penyelesaian masalah tersebut. Saat Sobat Pintar dihadapkan pada suatu masalah, fokus dengan memikirkan cara atau jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karena masalah tidak mungkin akan selesai hanya dengan dipikirkan, dibutuhkan sebuah tindakan nyata agar masalah tersebut dapat diatasi.

3. Sisihkan waktu untuk merenung

Setiap kehidupan pasti memiliki permasalahannya sendiri. Berikan dirimu waktu untuk berpikir setiap harinya. Pada waktu tersebut Sobat Pintar bisa memikirkan masalah-masalah kehidupan dan melakukan introspeksi diri. Jangan hanya sekedar dipikirkan, tapi juga dicari solusinya. Pikirkan apa saja hal-hal yang sudah Sobat Pintar capai dan belum, jika ada kegagalan renungkan penyebabnya dan langkah kedepan yang bisa Sobat Pintar lakukan agar kesalahan tersebut tidak terulang lagi.

4. Mengalihkan pikiran

Jika memikirkan sesuatu secara berlebihan tidak dapat dihindari dan selalu muncul di pikiran Sobat Pintar, coba untuk mengalihkan dengan kesibukan baru. Cari aktivitas-aktivitas menarik yang dapat Sobat Pintar lakukan, seperti hobi atau mempelajari hal-hal baru yang menarik. Sobat Pintar bisa memulai dari aktivitas sederhana, seperti membaca buku, melihat tutorial di youtube, dan lain-lain. 

5. Ikhlas terhadap masa lalu

Salah satu sumber memikirkan sesuatu secara berlebihan adalah kejadian-kejadian masa lalu yang selalu mengganggu pikiran. Ikhlas adalah jalan terbaik yang dapat dilakukan. Kejadian masa lalu tidak akan pernah bisa diperbaiki lagi karena semuanya sudah terlanjur. Hal yang dapat Sobat Pintar lakukan hanyalah memperbaiki diri Sobat Pintar kedepannya dan berusaha agar kejadian buruk di masa lalu tersebut tidak diulang kembali.

6. Hargai dirimu

Tidak mungkin semua kehidupan Sobat Pintar adalah hal-hal yang negatif. Renungkan kembali pencapaian apa saja yang telah Sobat Pintar capai, berikan hadiah kecil pada setiap pencapaian yang telah berhasil Sobat Pintar capai. Hal ini akan membantu Sobat Pintar dalam membangun pikiran-pikiran positif tentang dirimu. Hal ini juga akan menumbuhkan rasa cinta terhadap diri sendiri. 

7. Membantu orang lain

Hal yang selama ini tidak kita sadari bahwa saling menolong adalah hal yang sangat baik bagi kesehatan psikologis kita. Membantu orang lain dalam meringankan bebannya akan memberikan pikiran positif terhadap diri kita, serta dapat mengembangkan harga diri kita dengan positif. 

memikirkan sesuatu secara berlebihan memang selalu menjadi sumber masalah yang mengganggu kehidupan kita. Salah satu hal yang selalu menjadi sumber dari memikirkan sesuatu secara berlebihan adalah masalah keuangan. Kita sering dihadapkan pada pikiran dan rasa cemas jika terjadi suatu hal mendadak yang membutuhkan kesiapan dana, sementara kita tidak memiliki dana darurat tersebut. Untuk mengatasi memikirkan sesuatu secara berlebihan ini adalah dengan mengajukan pinjaman uang di Kredit Pintar. Pinjaman uang di Kredit Pintar hanya memerlukan persyaratan KTP, dan pinjaman tersebut akan masuk ke rekening Sobat Pintar dalam waktu lima menit. Jadi tidak ada hal yang perlu Sobat Pintar overthinking kan lagi jika terjadi keadaan darurat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk