Musim Pancaroba Dimulai, Waspada 4 Penyakit di Musim Pancaroba

13 Sep 2021 by Rindang Maulidia

Sobat Pintar, menuju akhir tahun, saat ini Indonesia sedang mengalami peralihan musim, atau yang biasa dikenal dengan fenomena musim pancaroba. Musim pancaroba adalah peralihan musim yang ditandai dengan adanya angin puting beliung, perubahan temperatur yang cukup tinggi, dan hujan yang mulai turun secara tidak teratur. Banyak masyarakat yang berpendapat bahwa musim pancaroba adalah musim yang sering memicu penyakit seperti; flu, asma, dan lain-lain. 

Saat Sobat Pintar sakit, tentunya rasa tidak nyaman akan menghampiri sehingga Sobat Pintar tidak bisa beraktifitas secara produktif. Untuk itu, agar bisa lebih mempersiapkan diri menghadapi musim pancaroba, akan lebih baik jika Sobat Pintar mengetahui berbagai penyakit yang rentan muncul di musim pancaroba serta berbagai tips menjaga kesehatan selama peralihan musim berlangsung.

Ketahui berbagai penyakit yang rentan muncul di musim pancaroba serta berbagai tips menjaga kesehatan selama peralihan musim berlangsung.

Penyakit di Musim Pancaroba

Inilah berbagai penyakit yang rentan muncul kembali saat peralihan musim.

1. Demam Berdarah Dengue (DBD)

Di Indonesia, penyakit DBD merupakan sebuah endemik. 

Artinya, apabila suatu masyarakat di suatu daerah terjangkit DBD, maka besar kemungkinan masyarakat di populasinya akan terjangkit DBD.

Memang, penyakit ini tidak ditularkan manusia, namun lingkungan tempat tinggal yang memiliki kelembaban tinggi cenderung mengundang nyamuk pembawa virus DBD untuk membangun ekosistemnya di sana. 

Maka dari itu, apabila Sobat Pintar tinggal di lingkungan dengan kelembaban tinggi, terapkanlah pencegahan penyakit DBD berupa; menguras tempat penyimpanan air, melakukan daur ulang, dan menutup tempat penyimpanan air agar tidak menjadi sarang nyamuk. 

2. Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi saluran pernapasan tercatat meningkat penularannya di musim hujan. Ironisnya, penyakit infeksi saluran pernapasan kerap terjadi pada balita karena imunitasnya belum terbentuk secara optimal.

Umumya, penderita infeksi saluran pernapasan memiliki gejala seerti; batuk berdahak, sesak nafas, meningkatnya frekuensi pernapasan, serta mengeluarkan bunyi mengi saat bernapas. 

Tentunya berbagai gejala tersebut cukup mengkhawatirkan apabila terjadi pada buah hati, terlebih saat pandemi COVID 19 belum usai.  Untuk mencegah infeksi saluran pernapasan, jangan lupa ajarkan si kecil untuk selalu cuci tangan dengan sabun sebelum makan.

3. Influenza

Banyak masyarakat yang terjangkit influenza selama musim hujan. Pada gejala ringan, influenza bisa sembuh dengan sendirinya selama 3-5 hari, namun pada gejala sedang-berat, influenza bisa memicu komplikasi yang cukup serius.

Agar cepat pulih, Sobat Pintar disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan bergizi dan air putih, disertai dengan istirahat cukup. 

4. Asma

Asma adalah salah satu penyakit di musim pancaroba yang kerap kali dipicu peradangan saluran udara dalam tubuh.

Peradangan tersebut bisa dipicu oleh berbagai hal, seperti, udara dingin. Dalam peralihan musim, udara dingin kerap menyertai akibat adanya angin.

Tidak jarang, penderita asma harus mendapatkan perawatan intensif terutama di peralihan musim hujan. 

Peralihan Musim Jangan Dibawa Senewen, Jaga Kesehatan Dengan Berbagai Tips Berikut

Tidak bisa dipungkiri, berbagai penyakit tersebut bisa menyerang siapapun di masa peralihan musim. Untuk menjaga kesehatan dari serangan penyakit di musim pancaroba, Sobat Pintar bisa coba berbagai tips berikut ini.

1. Makan makanan bergizi, disertai dengan tidur cukup

Makanan bergizi terbukti mampu meningkatkan ketahanan sistem imun dan menjaga Sobat Pintar agar tidak mudah terserang penyakit selama peralihan musim. Memang tips nomor satu ini terlihat mudah namun sering saja terlupakan, terutama pada poin tentang tidur cukup.

Mulai sekarang, jaga pola konsumsi dan porsi istirahat agar tetap sehat selama peralihan musim, yuk!

2. Olahraga teratur saat pancaroba berlangsung

Sudah bukan rahasia lagi apabila olahraga teratur berfungsi untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh. Dengan metabolisme tubuh yang optimal, Sobat Pintar bisa memiliki cadangan energi untuk bekerja lebih produktif.

Selain itu, olahraga juga membantu sistem imun agar bisa bekerja lebih baik dalam menghalau penyakit, jadi jangan malas untuk berolahraga ya, Sobat Pintar!

3. Minum suplemen jika dibutuhkan untuk menghalau penyakit musiman

Lengkapi senjata melawan penyakit saat peralihan musim, dengan pilihan suplemen makanan yang sesuai dengan kebutuhanmu. Konsultasikan dengan dokter tentang apa saja yang Sobat Pintar butuhkan dalam sebuah suplemen makanan.

Itulah berbagai penyakit di musim pancaroba dan tips untuk menjaga tubuh agar tidak mudah sakit. Semoga membantu!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload