Mulut Terasa Perih, Ini Cara Mencegah Sariawan Saat Puasa

27 Apr 2021 by kreditpintar
cara mencegah sariawan

Kesehatan mulut memang harus lebih dijaga ketika menjalankan ibadah puasa. Selain masalah bau nafas, sariawan juga kerap muncul ketika sedang menjalankan ibadah puasa. Walaupun tampak kecil, tapi sariawan bisa sangat mengganggu karena sensasi rasa perih. Jika begini, makan pun menjadi tak seenak biasanya. Jangan sampai mengganggu ibadah, lebih baik mengantisipasinya dengan cara mencegah sariawan saat puasa berikut ini. 

Penyebab Sariawan Saat Puasa 

Sebelum mengetahui cara mencegah sariawan, penting untuk tahu apa yang menyebabkan sariawan bisa muncul ketika puasa. Ada banyak penyebab mengapa ‘jerawat’ pada area bibir atau mulut ini muncul, dari mulai alergi, stres, tidak sengaja menggigit bibir, menggigit dinding mulut, infeksi, atau bisa juga kekurangan vitamin. Penting untuk mengetahui penyebab ini agar Kamu bisa mencegah timbulnya sariawan. 

Cara Mencegah Sariawan Ketika Puasa

Ada beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mencegah timbulnya sariawan agar tak mengganggu ibadah puasamu, seperti: 

1. Jaga Selalu Kebersihan Mulut

Jangan jadikan puasa sebagai alasan untuk tidak menjaga kebersihan mulut dan gigi. Hal ini tetap penting untuk dilakukan, apalagi saat puasa! 

Salah satu cara mencegah sariawan adalah dengan menjaga kesehatan area mulut, yakni dengan menggosok gigi dua kali sehari. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi ketika puasa yaitu setelah berbuka atau saat hendak tidur, dan setelah sahur. 

Supaya kesehatan mulut semakin maksimal, disarankan untuk menggunakan mouthwash, tujuannya adalah untuk membunuh bakteri yang ada di dalam mulut. Namun, jangan gunakan obat kumur dengan kandungan policresulen. Pilihlah obat kumur dengan kandungan steroid atau antibiotik yang berfungsi untuk mengatasi faktor yang menyebabkan peradangan dan sariawan, kandungan ini juga dapat mengobati sariawan yang sudah terlanjur muncul.  

Jangan lupa untuk pastikan membaca keterangan dan petunjuk penggunaan obat kumur sebelum menggunakannya. 

2. Pilih Sikat Gigi yang Sesuai dengan Kontur Mulut

Ternyata sikat gigi memiliki berbagai ukuran dan bentuk yang disesuaikan dengan mulut penggunanya. Penting untuk memilih sikat gigi yang tepat sehingga akan lebih nyaman dan efektif saat digunakan. Bentuk yang tidak sesuai dengan mulut, bahkan terlalu besar, bisa melukai lidah, bagian dalam mulut, atau gusi yang bisa menyebabkan timbulnya sariawan. 

Selain memilih sikat gigi yang pas dengan kontur mulut, ada baiknya memilih bulu sikat yang halus agar tak melukai lidah, maupun bagian dalam mulutmu. Jangan lupa untuk menyikat gigi dengan perlahan dan bersihkan sampai menyeluruh.

3. Konsumsi Buah dan Sayuran Secara Rutin 

Memenuhi nutrisi saat menjalankan ibadah puasa adalah hal yang penting untuk dilakukan, dengan begitu tubuh tetap fit meskipun menahan lapar seharian. Selain bermanfaat untuk tubuh, nutrisi yang baik juga dapat mencegah sariawan. 

Dilansir dari Mayo Clinic, timbulnya sariawan dapat terjadi karena kurangnya asam folat, vitamin B12, zat besi, serta seng. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan tersebut dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan kandungan folat, seng, zat besi, serta vitamin B12. 

Beberapa sayuran dan buah yang memiliki kandungan tersebut adalah tomat, jeruk, asparagus, air kelapa, hingga sayuran berdaun hijau. 

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi demi tubuh yang sehat saat puasa. Apalagi, kini ada Kredit Pintar yang langsung cair untuk memenuhi kebutuhanmu saat berpuasa. Jadi gak ada alasan lagi untuk makan sembarangan dan tak bergizi. 

4. Kurangi Makan Makanan Asam dan Pedas 

Makanan asam apalagi pedas memang dapat membangkitkan selera makan. Namun, makan pedas dan asam terutama setelah puasa seharian tidak baik untuk pencernaan, lho. Di samping itu, makanan pedas juga dapat menyebabkan sariawan hingga sakit pada tenggorokan. 

Sedangkan makanan asam dapat membuat mulut iritasi. Ini sebabnya, Kamu disarankan untuk menghindari kedua makanan tersebut jika ingin mencegah sariawan. 

5. Hindari Minum dan Makan Makanan yang Terlalu Panas 

Saat buka puasa, kita sering kali tak sabar untuk segera makan dan minum untuk menghilangkan lapar dan dahaga. Tapi, jangan sampai saking terburu-burunya, Kamu justru meminum dan memakan makanan yang terlalu panas. Hal ini bisa menyebabkan mulut dan lidah melepuh sampai menimbulkan sariawan. 

Pastikan terlebih dahulu bahwa makanan dan minuman tersebut sudah dingin atau tidak terlalu panas sebelum Kamu melahapnya. 

6. Jangan Makan Terburu-buru 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika salah satu penyebab sariawan adalah lidah atau dinding mulut yang tergigit. Hal ini dapat terjadi jika Kamu makan terlalu buru-buru dan terlalu cepat sehingga menyebabkan bagian dalam mulut atau lidah menjadi tergigit. Meskipun sangat lapar, tapi pastikan kunyah secara perlahan. Selain dapat mencegah sariawan, makan dengan perlahan juga bisa menghindari masalah pencernaan. 

7. Hentikan Kebiasaan Menggigit Bibir 

Jika Kamu merupakan seseorang yang memiliki kebiasaan menggigit bibir, Kamu harus hentikan kebiasaan ini sekarang juga! Kebiasaan tersebut dapat menyebabkan bibir luka dan menyebabkan sariawan. 

Cara mencegah sariawan saat puasa adalah dengan menjaga kelembaban bibir supaya tidak kering dan luka. Kamu juga bisa mengatasinya dengan perbanyak minum air putih saat sahur dan berbuka, atau oleskan produk perawatan bibir saat malam hari. 

8. Cukupi Kebutuhan Air Putih 

Saat puasa, kita harus menahan rasa haus dan tidak minum hingga waktu berbuka tiba. Namun, bukan berarti puasa membuat Kamu lebih sedikit minum air putih. Minumlah air putih sebanyak 8 gelas sehari, Kamu bisa membaginya saat berbuka, sebelum tidur, dan sahur sebagai cara mencegah sariawan saat puasa.

Mencukupi kebutuhan tubuh akan air dapat membuat tubuh terhidrasi,  membuat suhu tubuh tetap normal, serta mencegah mulut dan bibir menjadi kering. Dengan begitu, sariawan pun bisa Kamu cegah. 

Jangan lupa untuk menghindari minum minuman berkafein dan bersoda yang dapat menyebabkan mulut menjadi kering. Kedua minuman tersebut juga dapat menyebabkan tubuh kehilangan cairan yang lebih banyak. 

9. Cegah Stres 

Ada banyak penyebab mengapa seseorang bisa mengalami stres, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Bukan hanya berakibat buruk bagi kesehatan mental, stres juga bisa menjadi penyebab banyak masalah kesehatan, termasuk timbulnya sariawan. 

Cara mencegah sariawan saat puasa adalah dengan mengatasi stres yang Kamu alami terlebih dahulu.  Coba tarik napas dalam-dalam dan hembuskan secara perlahan untuk menenangkan pikiran. 

Kamu juga bisa mengungkapkan rasa stres pada keluarga atau orang yang Kamu percayai. Beberapa cara lain yang bisa Kamu lakukan adalah istirahat yang cukup, melakukan hobi atau jalan-jalan. 

Lakukan berbagai hal yang Kamu senangi termasuk belanja jika itu bisa membantu mengatasi stres. Tak perlu khawatir, Kamu bisa melakukan pengajuan pinjaman di Kredit Pintar. Kamu dapat tetap memenuhi keinginanmu karena dananya langsung cair, Jadi tak perlu stres lagi, deh, dengan begitu masalah kesehatan seperti sariawan pun dapat dihindari.

kredit pintar