4 Alasan Bangun Bisnis Dengan Perusahaan Multifinance

15 Sep 2021 by Laruan

Keuangan merupakan aspek penting untuk menunjang hidup manusia sehari-harinya. Pembelian kebutuhan pokok tak luput dari peran uang. Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan lembaga keuangan di Indonesia dari tahun ke tahun semakin meningkat pesat. Hadirnya layanan perusahaan multifinance dapat dikatakan untuk memudahkan Sobat Pintar membeli suatu barang atau jasa agar dapat diangsur.

4 Alasan Bangun Bisnis Dengan Perusahaan Multifinance

Multifinance bisa juga dikatakan juga sebagai lembaga keuangan yang bergerak dalam peminjaman dana kepada nasabah untuk pembelian barang atau jasa. Perusahaan pembiayaan sendiri sudah banyak dikenal masyarakat luas. Begitu juga dengan berbagai penawaran produk yang menarik, sehingga tidak sedikit orang yang menggunakan jasa perusahaan pembiayaan untuk mengkredit suatu barang dan jasa.

Memang perusahaan pembiayaan tidak termasuk ke dalam perbankan. Namun, kegiatannya masih tetap diawasi dan diatur oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Hanya sedikit perbedaan antara perbankan dengan perusahaan pembiayaan, yakni antara pembiayaan dana atau modal.

Sederhananya, pihak bank hanya memberikan dana secara tunai sesuai dengan nominal perjanjiannya dengan nasabah. Sementara perusahaan pembiayaan memberikan dana kepada penjual barang atau jasa, lalu sang penjual memberikan barangnya kepada konsumen. Dengan begitu, transaksi kredit tersebut terjadi di antara konsumen dengan perusahaan pembiayaan.

Setiap perusahaan pembiayaan pasti memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan dengan produk kompetitornya. Namun, beberapa manfaat di bawah ini merupakan manfaat yang umum dirasakan oleh sebagian orang yang sudah pernah menggunakan pelayanan perusahaan pembiayaan.

4 Alasan Bangun Bisnis Dengan Perusahaan Multifinance

Keuntungan Mengajukan Pinjaman Pada Perusahaan Multifinance

1. Pembayaran dapat Dicicil

Metode pembayaran ini dirasa meringankan bagi sebagian orang. Apalagi, ketika seseorang menginginkan sebuah barang dengan nilai yang tidak sedikit.

Dengan hadirnya perusahaan pembiayaan, Sobat Pintar dapat mengajukan cicilan terhadap suatu barang atau jasa yang nilainya lebih tinggi dari kondisi keuangan Sobat Pintar pada saat ini. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu melunasi barang tersebut ketika pembelian. Sobat Pintar cukup mencicil secara rutin sesuai dengan tanggal jatuh tempo.

Keuntungan selanjutnya dari pembayaran yang dicicil adalah Sobat Pintar tidak perlu menunggu barang Sobat Pintar lunas, lalu baru Sobat Pintar bisa menikmati barangnya. Sobat Pintar tetap dapat menggunakan barang yang Sobat Pintar beli meskipun masih dalam proses pengkreditan.

2. Proses yang Mudah dan Cepat

Biasanya, perusahaan pembiayaan sudah memiliki ikatan kerja sama dengan beberapa produsen barang dan jasa tertentu. Sehingga, jika Sobat Pintar memiliki kebutuhan pembelian barang dan jasa tersebut, Sobat Pintar tidak perlu waktu lama untuk mendapatkan persetujuan pengkreditan.

Persyaratan yang harus Sobat Pintar penuhi untuk mengajukan barang-barang yang ingin Sobat Pintar cicil terbilang sangat mudah. Biasanya hanya berupa kartu identitas, dan slip gaji.

3. Bunga yang Relatif Rendah

Dalam perusahaan keuangan seperti pembiayaan pastinya memiliki persentase bunga sesuai dengan ketentuan perusahaan dan perjanjian dengan nasabah. Namun, Sobat Pintar tidak perlu khawatir karena besaran bunga yang ditanggungkan kepada Sobat Pintar berasal dari pembiayaan kredit.

Alasannya, perusahaan pembiayaan memberikan bunga yang kompetitif dan tetap mengacu pada ketentuan Bank Indonesia.

4. Waktu Pelunasan yang Fleksibel

Perusahaan pembiayaan memiliki fleksibilitas waktu yang memungkinkan dan menyesuaikan kesanggupan Sobat Pintar dalam membayar angsuran. Semakin lama waktu pembiayaan, semakin kecil juga angsuran yang Sobat Pintar tanggung tiap bulannya. Namun, biasanya jika Sobat Pintar memilih jangka waktu yang cepat, bunga yang Sobat Pintar tanggung bisa lebih rendah.

Dari pemaparan di atas mengenai manfaat perusahaan pembiayaan, terbukti jika perusahaan tersebut bisa memudahkan kita dalam mendapatkan barang atau jasa yang bernilai tinggi. Kita bisa mengajukan angsuran pada perusahaan pembiayaan.

Tips terhindar dari penipuan: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Tidak hanya satu tipe saja, perusahaan pembiayaan juga memiliki berbagai tipe sesuai dengan perusahaan barang dan jasa yang bekerja sama dengan perusahaan keuangan tersebut.

Perlu diperhatikan juga untuk mengetahui hal-hal yang biasanya menjadi poin penting pada perjanjian Sobat Pintar dengan pihak pembiayaan. Sebagai pihak konsumen, Sobat Pintar yang semestinya menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai berbagai informasi yang berkaitan dengan sistem pengkreditannya.

Jangan lupa untuk selalu mengkonfirmasi dan menginformasikan masalah-masalah yang mungkin terjadi untuk meminimalkan risiko yang mungkin Sobat Pintar alami.

Saat Mengajukan Pinjaman, Jangan Lupa Berikan Informasi Tentang Hal Berikut

1. Besaran Angsuran yang Sobat Pintar Tanggung

Pastikan kembali jumlah angsuran bulanan yang harus Sobat Pintar bayarkan kepada petugas pembiayaan. Teliti dan cermat dalam membaca nominal angsuran untuk menghindari salah persepsi atau salah mengartikan. Cara tersebut bisa menghindari Sobat Pintar dari risiko kekurangan dana untuk membayar angsuran.

2. Waktu Jatuh Tempo

Untuk menghindari risiko denda harian, Sobat Pintar perlu mengkonfirmasi kembali mengenai tanggal jatuh tempo angsuran Sobat Pintar. Selalu persiapkan dana angsuran beberapa hari sebelum tanggal jatuh tempo untuk menghindari risiko di hari H yang biasanya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan karena efek terburu-buru.

3. Tempat Pembayaran Angsuran

Biasanya perusahaan pembiayaan memiliki banyak cabang yang tersebar di beberapa kota. Pastikan kembali kepada petugas mengenai tempat Sobat Pintar untuk melakukan pembayaran angsuran. Apakah cicilannya bisa ditransfer atau hanya bisa dibayar di tempat yang ditentukan

4. Asuransi

Untuk meminimalkan risiko pada kerusakan pada barang atau kendaraan yang sedang dalam angsuran, Sobat Pintar perlu  mengkonfirmasikan lagi kepada pihak pembiayaan mengenai asuransi pada barang atau jasa yang Sobat Pintar angsur.

Contohnya, Sobat Pintar mengangsur sebuah mobil yang akan Sobat Pintar gunakan. Asuransi dapat meminimalkan risiko kerusakan apabila terjadi kecelakaan pada kendaraan Sobat Pintar, atau akan dapat jaminan perlindungan atau ganti rugi jika terjadi kehilangan pada kendaraan Sobat Pintar.

5. Pengambilan Jaminan ketika Selesai Angsuran

Seperti kita tahu bahwa setiap perusahaan pembiayaan multifinance biasanya menahan bukti kepemilikan Sobat Pintar hingga pelunasan cicilan Sobat Pintar. Mengenai jaminan, biasanya sudah dibicarakan dengan pihak perusahaan sejak awal pengajuan angsuran.

Contoh-Contoh Perusahaan pembiayaan :

  1. Perusahaan Leasing

Leasing juga bisa disebut sewa guna usaha adalah suatu lembaga yang diberikan dalam bentuk barang modal. 

  1. Perusahaan Anjak Piutang

Lembaga pembiayaan tipe ini biasanya memberikan pembiayaan pada jenis piutang jangka pendek pada sebuah perusahaan.

  1. Multifinance konsumen 

Pembiayaan ini memberikan pembiayaan untuk kegiatan pengadaan barang dan jasa nagi konsumen. Sistem pembayarannya dengan sistem angsur dalam jangka waktu tertentu.

  1. Perusahaan penerbit kartu kredit 

Adalah perusahaan pembiayaan yang mengeluarkan produk berupa kartu kredit.

  1. Perdagangan Surat Berharga

Produk ini merupakan jenis produk pembiayaan selain kartu kredit. Surat-surat berharga juga sangat bernilai tinggi dan sangat cocok untuk kegiatan perekonomian.

  1. Modal Ventura

Jenis pembiayaan ini lebih difokuskan pada penyertaan modal perusahaan sesuai dengan jangka waktu yang sudah disepakati.

Setelah Sobat Pintar mengetahui kelebihan dan hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengajukan pengkreditan, Sobat Pintar bisa memiliki gambaran bagaimana pelayanan multifinance yang sangat memudahkan Sobat Pintar untuk memiliki barang-barang impian.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Tips terhindar dari penipuan: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload