Cara Jualan Online Agar Laris di 2022

11 Mar 2021 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Di era pandemi Covid-19, belanja online semakin digemari oleh masyarakat. Hal ini bisa ikut mengantisipasi agar masyarakat tidak banyak datang ke tempat ramai. Cara jualan online yang semakin kreatif pun membuat masyarakat terbantu.

jualan online agar laris

Selain itu, berkembangnya platform jual beli online yang tersedia semakin menambah ketertarikan masyarakat untuk belanja online. Bahkan beberapa platform juga mengadakan ragam program diskon besar-besaran yang menggiurkan. 

Banyak kemudahan yang ditawarkan dalam jual beli online Untuk para penjual online, sudah pasti akan semakin banyaknya pesaing. Tapi, jelas para pembeli atau konsumen mendapat banyak untung.

Untuk itu, diperlukan kreativitas dari para pelaku penjualan online agar dapat bersaing dan mendapatkan respon baik dari pembeli. Apalagi untuk para penjual online yang masih pemula. Perlu belajar lagi terkait teknik dan trik penjualan untuk mencapai market dan target yang sesuai. 

Baca juga: 9 Ide Usaha dengan Modal Kecil yang Bisa Kamu Coba!

Cara Jualan Online Agar Laris dan Menarik Pelanggan

Simak poin-poin di bawah ini dan nantinya Anda bisa tentukan mana yang terbaik bagi bisnis Anda. 

1. Kenali Produk yang Akan Dijual 

Sebelum melakukan penjualan barang terutama untuk dalam platform online, Anda harus mengenal apa dan bagaimana produk yang akan Anda jual. Pengenalan ini meliputi keunikan apa yang dimiliki oleh produk yang akan ditawarkan. 

Keunikan dari produk tidak hanya harga terjangkau, kualitas terbaik dan sebagainya. Sebaiknya Anda juga mengetahui secara spesifik keunikan apa yang dimiliki oleh produk yang tidak dimiliki oleh penjual lain. Keunikan ini akan menjadi unique selling point (USP) dan juga menjadi sesuatu yang akan diingat konsumen. 

2. Gunakan Harga yang Wajar

Ketika membeli suatu produk, harga menjadi salah satu faktor yang sangat berpengaruh oleh konsumen untuk membeli suatu barang. Harga yang terlalu tinggi akan menyebabkan konsumen tidak berminat untuk melakukan pembelian. 

Anda juga bisa memadukan konteks harga ini dengan promo dan diskon dari barang tersebut. Tentu ini akan semakin menarik perhatian konsumen. Penggunaan diskon juga merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan pelanggan dengan cepat. 

3. Menggunakan Strategi Content Marketing 

Content Marketing adalah suatu metode untuk promosi produk dengan membuat content penjualan. Pembuatan content dilakukan agar dapat menarik perhatian konsumen. Content marketing yang dibuat sebaiknya relevan dan bermanfaat untuk dapat menarik perhatian konsumen. 

Semakin menarik dan bagus content yang ditawarkan oleh toko online Anda, maka akan semakin besar kemungkinan konsumen untuk menemukan toko Anda lewat google. Content yang baik juga semestinya dibarengi dengan penggunaan foto dan video dari produk yang berkualitas dan enak dipandang mata. 

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-6\laris 3.jpg

Baca juga: 5 Langkah Awal Menggunakan Modal Bisnis untuk Memulai Usaha

4. Aktif Promosi di Media Sosial 

Selain menggunakan media promosi dari aplikasi jual beli online, Anda sebaiknya aktif menggunakan media sosial untuk promosi produk yang akan dijual. Media sosial menjadi gerbang awal untuk berkenalan dengan para customer. 

Content yang telah Anda persiapkan sebelumnya, Anda bisa gunakan pada media sosial. Ketika ada pelanggan yang tertarik tentu dia akan mengunjungi website jualan online dan bahkan mengikuti akun jualan online milik Anda. 

Ketika mengupload content di sosial media, sebaiknya menggunakan tag dan kata kunci yang sesuai dan efektif. Penggunaan tag dan kata kunci ini akan semakin mempermudah customer menemukan akun jualan online yang Anda miliki. 

5. Adakan Giveaway Produk dan Promo Gratis Ongkos Kirim 

Semua orang pasti menyukai barang gratis. Giveaway produk ini bisa menjadi salah satu cara promosi yang cukup efektif. Akan tetapi, Anda harus memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan untuk mengadakan promo giveaway tersebut. 

Jangan sampai Anda mendapatkan kerugian dalam melakukan giveaway. Salah satu promo lain yang bisa kamu lakukan yaitu, memberlakukan promo gratis ongkos kirim (ongkir). Promo ini tentu akan menarik minat calon konsumen, berhubung salah satu kendala belanja online adalah adanya pengeluaran untuk ongkos kirim. 

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-6\laris 1.jpg

Baca juga: 9+ Tips Jualan Online untuk Milenial

6. Gunakan Fitur Facebook dan Instagram Ads

Beriklan melalui fitur facebook dan Instagram Ads merupakan salah satu cara jualan online yang cukup efektif dan menghasilkan. Bagaimanapun, iklan selalu penting agar produk dan layanan Anda semakin luas jangkauannya. 

Sebelum iklan melalui Facebook atau Instagram Ads, Anda perlu melakukan riset mengenai target audience yang dituju. Beberapa hal yang perlu Anda persiapkan juga yaitu mengenai data geografis calon customer, target audience seperti apa, dan berbagai data pendukung lainnya. 

Empat opsi targeting dalam social media yang akan Anda gunakan yaitu:

  1. Interest Targeting: berupa data keyword yang Anda gunakan. 
  2. Behavior Targeting: jangkauan pelanggan berdasarkan kebiasaan mereka. 
  3. Custom Targeting: Melakukan jangkauan pelanggan dari data pelanggan seperti alamat email dan nomor telepon. 
  4. Lookalike Targeting: Menjangkau pelanggan baru dengan data yang mirip dengan pelanggan yang Anda miliki sebelumnya.

Di antara empat poin di atas, adakah yang selama ini sudah Anda terapkan?

7. Memiliki Dampak Sosial

Cara jualan online memang bisa dipelajari siapa saja karena memang di internet sudah banyak panduan. Tapi, ada yang perlu diingat bahwa sebenarnya jual beli adalah sebuah proses untuk saling membantu. 

Ada kalanya pembeli datang bukan karena harga murah atau produk yang terbaik. Tapi lebih kepada hal-hal lain yang menyentuh, apalagi di masa  pandemi seperti ini. Contohnya adalah ketika ada sebuah bisnis yang punya misi sosial.

Misalnya ada penawaran produk tertentu, setiap keuntungan penjualan akan didonasikan sebagian. Hal ini akan memberi kesan tersendiri bagi konsumen yang akan membeli. Dampak sosial yang diberikan juga akan bervariasi, tergantung jenis usahanya.

Demikian beberapa tips cara jualan online yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan penjualan di toko online yang Anda miliki. Mungkin saja beberapa poin sudah pernah Anda terapkan dan berhasil, tapi sebagian yang lain perlu diuji lagi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download