Mudah! Cara Membuat Kartu Kuning Bagi Jobseekers Pemula, Anti Ribet!

07 May 2021 by kreditpintar
cara membuat kartu kuning

Mendapatkan pekerjaan merupakan dambaan setiap Jobseekers atau pencari kerja, segala usaha dan cara akan dilakukan agar lolos hingga berstatus karyawan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) menyebutkan bahwa jumlah angkatan kerja pada bulan Agustus 2020 sebanyak 138,22 juta orang, naik sebanyak 2,36 juta orang dibandingkan Agustus 2019. Pernyataan tersebut membuktikan bahwa jumlah usia kerja (baik yang sudah bekerja atau calon pekerja) mengalami kenaikan.

Dengan banyaknya usia pekerja, dapat disimpulkan bahwa jobseekers akan semakin membludak, perlu adanya pemenuhan dokumen agar proses perekrutan berjalan lancar. Beberapa dokumen pendukung tentunya harus seluruhnya dipenuhi karena Human Resource hanya akan memilih calon dengan dokumen yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Salah satu syarat terpenting adalah memiliki Kartu AK-1 (Antar Kerja) atau Kartu Tanda Pencari Kerja atau biasa disebut Kartu Kuning.                         

Apa itu Kartu Kuning dan Seberapa Penting? Berikut Penjelasannya

Kartu Kuning merupakan sebuah kartu resmi yang dikeluarkan oleh Disnaker kota/kabupaten. Kartu ini berisi nomor pencari kerja, nomor KTP dan legalitas dari Disnaker. Fungsinya membantu Disnaker untuk mengetahui jumlah pencari kerja, mempermudah jobseekers yang ingin bekerja sebagai pegawai negeri atau dinas pemerintahan, namun tidak menutup kemungkinan bagi pelamar kerja di perusahaan swasta yang memerlukan kartu tersebut sebagai syarat.  

Tidak sampai situ saja, ternyata ada keunggulan tersendiri jika Sobat Pintar memiliki Kartu Kuning, diantaranya Sobat Pintar akan dibantu oleh Disnaker jika belum kunjung mendapatkan pekerjaan. Disnaker mengumpulkan datamu lewat database kemudian disebar di berbagai perusahaan atau dinas pemerintahan sesuai dengan background pendidikanmu. Cara membuat Kartu Kuning cukup mudah sehingga sangat bermanfaat dan membantu, bukan??

Lantas, Bagaimana Cara Membuatnya?

Pertanyaan ini pasti muncul di benak kalian, kan?? Prosesnya tidak akan ribet kok, pastikan juga Sobat Pintar mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan, yuk simak bareng-bareng..

1. Dokumen-dokumen yang diperlukan:

  • Fotocopy KTP/SIM yang masih berlaku (disarankan bawa KTP asli) 
  • Fotocopy Ijazah Pendidikan terakhir yang terlegalisir 
  • Akte Kelahiran fotocopy
  • Pas Foto terbaru berukuran 3×4 dengan latar belakang merah sebanyak 2 lembar
  • Fotocopy Kartu Keluarga (KK) 
  • Fotocopy Sertifikat atau Pelatihan (jika ada akan lebih baik)

2. Cara Membuat secara Offline 

  • Datanglah ke kantor Dinas Tenaga Kerja yang ada di kota/kabupaten Sobat Pintar
  • Menuju ke loket Pembuatan Kartu Kuning atau silahkan bertanya terlebih dahulu ke petugas yang berwenang
  • Menyerahkan dokumen persyaratan yang diperlukan seperti yang terlampir
  • Silahkan menunggu proses pencetakan Kartu Kuning
  • Jika kartu telah tercetak, maka Sobat Pintar akan dipanggil untuk pengambilan
  • Terakhir, Sobat Pintar akan diarahkan untuk melegalisasi Kartu Kuning

Pastikan untuk tetap mengantri dan menjaga jarak, patuhi protokol kesehatan dan peraturan selama proses pembuatan Kartu Kuning di Disnaker setempat. Lama proses pembuatan dari awal hingga legalisasi membutuhkan waktu sedikitnya 25 – 35 menit. Di tengah pandemi seperti ini, tentunya ada kekhawatiran bila harus datang ke fasilitas umum. Tenang, Sobat Pintar juga bisa membuat Kartu Kuning secara online dari rumah, yuk simak lagi..

3. Cara Membuat secara Online

  • Silahkan menuju laman resmi Disnaker di www.infokerja.naker.go.id, pilih menu Daftar
  • Buatlah akunmu dengan memasukkan email, nomor telepon dan kata sandi baru
  • Pilih menu sebagai ‘Pencari Kerja’ (sesuaikan tujuanmu)
  • Isi semua Data yang diminta pada layar dengan benar dan sesuai data pribadimu
  • Pilih bagian pekerjaan yang Sobat Pintar minati atau setara dengan latar belakang studimu
  • Jawablah semua pertanyaan dengan baik (jika ada)
  • Jika Sobat Pintar sudah menyelesaikan semua tahapan, selanjutnya pilih menu ‘Simpan’. Data Sobat Pintar akan tersimpan secara otomatis di Disnaker setempat
  • Selanjutnya Sobat Pintar tetap datang ke kantor Disnaker kota/kabupaten tapi hanya untuk mengambil Kartu Kuningmu yang pastinya telah dilegalisasi dan dicetak tanpa perlu mengantri terlalu lama

Solusi pembuatan Kartu Kuning secara online menjadi pilihan terbaik untuk meminimalisir waktu kontak dengan banyak orang. Jika tidak ada fasilitas untuk melakukannya, Sobat Pintar tetap bisa langsung datang ke kantor Disnaker pada jam kerja.  Bagaimana dengan biaya yang diperlukan? Jangan khawatir, pembuatan kartu ini tidak dikenakan biaya sama sekali. Protokol kesehatan diperketat dengan pembatasan pengunjung yang akan membuat Kartu Kuning, sehingga tidak ada alasan untuk tidak segera membuat Kartu Kuning jika dirasa sangat membutuhkan.

kredit pintar
07 May 2021
mobile-closeKredit PintarDownload