10 Manfaat Bunga Teratai yang Tidak Banyak Diketahui

29 Sep 2021 by Laruan

Bunga teratai adalah salah satu jenis bunga yang banyak dikenal di Asia. Selain karena bentuk dan warnanya yang cantik, bunga teratai juga memiliki banyak manfaat. Di beberapa daerah manfaat bunga teratai juga bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan. 

Lalu, apa saja manfaat dari bunga yang cantik ini?

10 Manfaat Bunga Teratai yang Tidak Banyak Diketahui

1. Manfaat Bunga Teratai Sebagai Obat Diare

Sudah sejak lama, orang Tiongkok memanfaatkan bunga teratai sebagai obat tradisional untuk mengatasi diare. Untuk menggunakan obat tradisional ini, Anda hanya perlu menggunakan biji teratai dan merendamnya di air hangat selama beberapa jam. Setelah itu, tambahkan sedikit gula batu, dan Anda tinggal meminumnya saja.

Biji teratai putih diketahui memiliki beberapa kandungan antidiare yang bermanfaat. Selain itu, biji bunga teratai putih juga memiliki kandungan senyawa yang bermanfaat. Seperti alkaloid, fenolat, tanin, flavonoid, monoterpen dan seskuiterpen, steroid dan triterpenoid, kuinon, dan juga saponin.

Namun, sebelum memanfaatkan biji teratai untuk mengatasi diare, Anda perlu mengetahui penyebab diarenya terlebih dahulu. Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang mengalami diare. Bisa karena infeksi virus, bakteri, alergi makanan, malnutrisi, atau disebabkan oleh efek samping obat-obatan yang dikonsumsi.

Biji teratai memang dapat membantu mengatasi diare. Akan tetapi, jika diare tersebut disebabkan oleh infeksi bakteri, maka kandungan pada biji teratai tidak akan membantu. Anda tetap memerlukan antibiotik untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri.

2. Manfaat Bunga Teratai Untuk Menetralkan Gula Darah

Manfaat berikutnya dari bunga teratai adalah untuk menetralkan gula darah. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengambil bagian akar dari bunga teratai. Akar teratai mengandung serat dan karbohidrat kompleks yang membantu menetralkan gula darah. 

Kandungan karbohidrat kompleks dan serat pada akar teratai membuatnya lebih lambat dicerna tubuh. Dengan begitu, lonjakan gula darah setelah makan bisa lebih terkontrol dengan baik. Selain itu, konsumsi karbohidrat kompleks juga dapat membantu Anda mengontrol berat badan.

3. Manfaat Bunga Teratai Untuk Mengontrol Tekanan Darah

Bunga teratai memiliki kandungan kalium yang cukup banyak. Adanya kalium menjadikan bunga teratai dapat membantu menjaga keseimbangan cairan dan menjaga pembuluh darah tetap terbuka. Dengan begitu, tekanan darah dalam tubuh akan menjadi lebih terkontrol.

Selain menjaga tekanan darah, manfaat bunga teratai juga dapat membantu melindungi dari stroke, mencegah osteoporosis, dan juga menurunkan resiko batu ginjal. Adanya kandungan kalium pada bunga teratai juga dapat membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang memiliki kondisi hipertensi.

4. Manfaat Bunga Teratai untuk Mengatasi Masalah Pencernaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, akar pada teratai memiliki kandungan serat dan karbohidrat kompleks. Kandungan ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Adanya serat dapat membantu menyediakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus. Selanjutnya, bakteri baik akan memproduksi senyawa yang melindungi kesehatan usus. Dengan begitu, sistem pencernaan akan terlindungi.

5. Manfaat Bunga Teratai Membantu Meringankan Peradangan

Peradangan merupakan kondisi yang membuat tidak nyaman. Biasanya, radang juga disertai dengan sensasi panas dan nyeri. Untuk mengurangi sensasi ini, Anda bisa memanfaatkan biji teratai dari varietas teratai merah dan putih.

Biji teratai merah dan putih diketahui mengandung senyawa bernama plumule. Senyawa ini memiliki efek anti inflamasi dan antioksidan yang tinggi. Dengan begitu, gejala peradangan dan sensasi tidak nyaman yang muncul saat peradangan bisa teratasi.

6. Manfaat Bunga Teratai Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di era pandemi seperti sekarang, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh menjadi sesuatu yang sangat penting. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi vitamin C dalam jumlah yang cukup. Siapa yang menyangka kalau kandungan vitamin C ini juga bisa Anda dapatkan dari bagian batang tanaman teratai.

Memanfaatkan bunga teratai untuk menjaga daya tahan tubuh juga cukup simpel. Anda tinggal merebus bagian akar dan batang teratai selama 10 menit. Jika sudah, Anda bisa mengonsumsinya seperti biasa.

7. Manfaat Bunga Teratai Sebagai Pereda Nyeri Haid

Sudah sejak lama, orang Tiongkok menggunakan manfaat bunga teratai untuk meredakan nyeri haid. Selain itu, bunga teratai juga biasa dimanfaatkan untuk melancarkan siklus haid dan menghentikan pendarahan yang berlebih.

Biasanya, bagian akar, daun, dan batang teratai diolah menjadi jus atau sup untuk dikonsumsi sebelum masa menstruasi. Sayangnya, tidak banyak penelitian ilmiah yang menkonfirmasi manfaat bunga teratai untuk menstruasi.

8. Manfaat Bunga Teratai Untuk Menghilangkan Jerawat

Bunga teratai juga biasa digunakan untuk perawatan wajah dan kecantikan. Salah satunya untuk membantu menghilangkan jerawat. Biasanya, teratai akan diseduh atau ditambahkan dalam teh hijau yang akan diminum. Cara ini dipercaya dapat membantu mengurangi kadar sebum yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain dimanfaatkan secara langsung, Anda juga bisa mencari produk perawatan wajah yang mengandung ekstrak teratai. 

Untuk hasil yang maksimal, Anda tetap perlu melakukan perawatan wajah secara rutin. Yaitu dengan membersihkan wajah secara rutin, mengurangi frekuensi menyentuh wajah, dan menggunakan obat jerawat jika diperlukan.

9. Manfaat Bunga Teratai Untuk Menjaga Berat Badan

Bunga teratai adalah salah satu tanaman yang memiliki banyak kandungan nutrisi dan rendah kalori. Kombinasi ini merupakan kombinasi tepat untuk Anda yang ingin menjaga berat badan. Mengkonsumsi bunga teratai bukan hanya membantu Anda lebih sehat, tapi juga tidak membuat kalori Anda bertambah secara berlebihan.

Kandungan serat yang ada dalam teratai juga dapat memberikan efek kenyang yang lebih lama. Sehingga Anda tidak mudah tergoda untuk menikmati cemilan di antara jeda waktu makan utama. Selain itu, teratai juga memiliki komponen aktif yang dapat membantu mengurangi kadar lemak tubuh.

10 Manfaat Bunga Teratai yang Tidak Banyak Diketahui

10. Manfaat Bunga Teratai Untuk Menyehatkan Kulit

Bunga teratai juga kaya akan kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A merupakan senyawa yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Selain itu, vitamin A juga memiliki sifat antioksidan dan dapat membantu proses penyembuhan luka.

Adanya sifat antioksidan pada teratai membuat tanaman ini dapat melindungi kulit Anda dari radiasi ultraviolet matahari. Selain itu, sifat antioksidan juga membantu Anda menangkal radikal bebas.

Cara Memanfaatkan Bunga Teratai Sebagai Makanan

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengkonsumsi bunga teratai dan mendapatkan manfaatnya. Salah satunya adalah dengan membuat sup bunga teratai. Selain itu, Anda juga bisa mengolah bunga teratai menjadi jus atau mengekstrak air bunga teratai dan meminumnya.

Pemanfaatan bunga teratai sebagai bahan masakan sudah berlangsung sejak lama. Dalam tradisi Tiongkok, bunga teratai biasa dikonsumsi sebagai makanan harian dan juga untuk pengobatan.  Tidak ada efek samping berbahaya yang timbul dengan mengkonsumsi teratai. Karena itu, tanaman ini dianggap cukup aman untuk dikonsumsi.

Namun, data manfaat bunga teratai untuk kesehatan dan kecantikan bisa dibilang masih terbatas. Karena itu, masih diperlukan pengamatan dan penelitian lebih lanjut mengenai kandungan yang ada pada teratai. Dan jika Anda ingin menggunakan bunga ini untuk pengobatan, akan lebih baik jika Anda membicarakan hal tersebut dengan dokter Anda.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload