Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, Layak Dijuluki Buah Surgawi

Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan, Layak Dijuluki Buah Surgawi

10 May 2021 by kreditpintar
manfaat buah tin

Manfaat buah tin membuat buah tersebut menjadi populer beberapa tahun terakhir. Julukannya sebagai salah satu buah yang tumbuh di surga memiliki daya Tarik tersendiri. Ternyata, buah-buahan ini juga sangat baik untuk kesehatan. Musim buah tin di beberapa negara memang berlangsung dari Agustus hingga Oktober. Namun di Indonesia belum ada budidaya yang sebanyak di luar negeri. Sehingga buah tin hanya dipanen oleh beberapa penggiat tanaman buah saja. 

Berbagai jenis buah tin tersebut biasanya ada rak buah yang asing karena memang tidak memiliki musim spesifik. Buah Tin yang umum ada di pasaran Indonesia adalah Black Mission, Buah Tin Brown Turkey, dan Buah Tin Green Kadota. Buah Tin bisa dikatakan sudah matang ketika buahnya sedikit lembut saat disentuh tanpa bekas atau kerusakan pada kulit. Jika Sobat Pintar pernah makan Buah Tin segar yang matang, Sobat Pintar tahu rasanya seperti campuran surgawi madu dan rasanya cukup ringan dengan tekstur seperti selai. Buah tin memang lebih dari sekedar lezat, tapi juga sangat bergizi.  

Apa Saja Manfaatnya?

Nama ilmiah dari Buah Tin yang umum adalah Ficus carica. Wanita hamil dan anak yang sedang tumbuh dapat meningkatkan asupan zat besi dengan mengkonsumsinya. Karena kandungan seratnya yang tinggi, penggunaannya menghilangkan risiko kanker payudara pada wanita. Pektin yang ditemukan dalam Buah Tin membantu mengendalikan kolesterol.

Buah Tin adalah buah dengan banyak manfaat kesehatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Buah Tin mengandung jumlah nutrisi yang sama dengan ASI. Buah Tin matang dan Buah Tin kering sama-sama menyehatkan bagi tubuh. Kandungan yang dimiliki buah tin adalah kalsium, kalium, magnesium, vitamin A dan K, serta fenol, omega 3, dan omega 6. Diyakini bahwa buah ini berasal dari Asia.

1. Bisa dijadikan Teh

Manfaat buah tin tidak berhenti pada buahnya saja. Teh yang terbuat dari daun tin membantu mengatasi masalah pernapasan. Ada banyak orang di negara kita yang makan Buah Tin kering setiap hari. Buah Tin memiliki kemampuan yang sangat khusus untuk meningkatkan proses pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makan Buah Tin setiap pagi baik untuk menghilangkan lemak tubuh berlebih dan menurunkan berat badan.

Buah Tin, yang merupakan gudang antioksidan, juga baik untuk kesehatan jantung. Makan Buah Tin meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah dan menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Buah Tin mengandung kalsium yang membantu meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Daunnya dikeringkan dan dimakan dengan madu untuk menenangkan empedu.

Susu buah tin yang dicampur dengan madu baik untuk mengurangi diabetes. Air matang dengan kulit Buah Tin adalah salah satu yang paling sehat untuk tubuh. Buah Tin dapat dikeringkan dan disimpan hingga satu tahun. Pastikan untuk makan setidaknya satu potong kecil Buah Tin bergizi setiap hari itu akan membuat Sobat Pintar tetap sehat. 

2. Kaya Serat

Seperti buah pada umumnya, manfaat buah tin juga terdapat pada pencernaan karena memiliki kaya serat yang sangat bermanfaat bagi pencernaan. Setiap 100 gram buah ara setidaknya mencukupi 12% kebutuhan serat manusia dewasa dalam sehari. Sobat Pintar bisa menambahkan buah tin dalam piring makanan Sobat Pintar untuk menambah asupan serat. Serat sangat penting bagi tubuh karena berfungsi untuk melancarkan pencernaan terutama mendorong sisa-sisa serapan makanan yang akan diproses di usus besar. Dengan mengkonsumsi buah ara atau tin, Sobat Pintar sudah menabung serat penting untuk usus Sobat Pintar. 

Bagi Sobat Pintar yang biasa memiliki masalah pencernaan seperti sembelit, coba konsumsi buah tin minimal 100 gram sehari. Makan berturut-turut, dalam waktu 3 hari Sobat Pintar akan merasakan manfaatnya. Serat dari buah akan menyempurnakan tekstur feses sehingga mempermudah usus memproses sisa makanan dan mengeluarkannya dengan mudah. 

3. Memiliki sumber potasium yang baik

Kalium adalah mineral yang penting untuk kesehatan jantung dan mengatur tekanan darah. Tentu, Sobat Pintar bisa mendapatkan kalium dengan pisang dan kentang, tetapi Buah Tin bisa menjadi tambahan baru yang menarik untuk campuran ini! Satu Buah Tin besar mengandung 148 mg kalium, 2 buah dan satu porsi Buah Tin mengandung sekitar 10 persen dari kebutuhan harian Sobat Pintar.

4. Sumber Vitamin A

Satu porsi dua Buah Tin berukuran sedang memiliki sekitar satu persen dari kebutuhan harian Sobat Pintar akan vitamin A. Tubuh Sobat Pintar menggunakan vitamin A dengan banyak cara

  • Meningkatkan fungsi kekebalan
  • Menjaga kesehatan penglihatan Sobat Pintar
  • Membantu menjaga kesehatan jantung, paru-paru, dan organ lainnya
  • Membantu kesehatan reproduksi

Perlu diketahui bahwa buah tin akan kehilangan sebagian besar vitamin A ketika dikeringkan. Jadi, jika Sobat Pintar ingin mendapatkan manfaat vitamin A dari buah tin, Sobat Pintar perlu memakannya dalam keadaan segar. Ini sebenarnya berlaku di banyak buah. Buah segar jauh lebih bernutrisi dan bermanfaat daripada buah yang dikeringkan karena masih memiliki nutrisi yang lengkap. Nutrisi yang kaya akan sangat bagus bagi tubuh Sobat Pintar. 

5. Kaya magnesium

Jika Sobat Pintar masih ingin mengonsumsi buah tin dalam bentuk kismis atau buah kering namun juga masih ingin mendapatkan manfaat buah tin, Sobat Pintar tak perlu khawatir. Sobat Pintar masih akan mendapatkan magnesium yang baik saat mengkonsumsi buah tin kering. Sudah banyak produk buah tin kering yang bisa Sobat Pintar jumpai di supermarket terdekat. 

Buah Tin adalah sumber magnesium yang baik, dan manfaat tersebut tetap ada bahkan setelah Buah Tin dikeringkan. Satu porsi Buah Tin memiliki sekitar delapan hingga 12 persen dari kebutuhan magnesium harian Sobat Pintar, tergantung pada jenis kelamin dan usia Sobat Pintar. Apa saja manfaat magnesium untuk tubuh Sobat Pintar? Berikut fungsi magnesium untuk tubuh Sobat Pintar

  • Meningkatkan fungsi otot dan saraf
  • Meningkatkan Kesehatan tulang
  • Membangun protein
  • Menjaga gula darah dan tekanan darah

Jika Sobat Pintar menderita diabetes, Sobat Pintar tak perlu khawatir ketika ingin mengonsumsi buah tin. Selain rendah indeks glikemiknya, buah tin juga sangat bermanfaat bagi Sobat Pintar untuk mengontrol gula darah. Ketika Sobat Pintar ingin manis-manis, namun takut gula darah Sobat Pintar melonjak, makanlah buah tin. 

Beberapa penelitian membuktikan bahwa mereka yang mengkonsumsi ekstrak daun tin, dosis insulin mereka bisa turun hingga 12%. Sobat Pintar bisa menjadikan teh daun ara saat sarapan. Namun perlu diketahui, jika Sobat Pintar memiliki masalah gula darah, Sobat Pintar tidak dianjurkan mengkonsumsi buah tin dalam bentuk kering karena memiliki indeks glikemiks yang relatif tinggi. Makanlah buah tin dalam keadaan segar untuk menghindari lonjakan gula darah. 

Kesimpulannya, buah tin sangat bagus untuk kesehatan. Selain rasanya manis, beberapa manfaat seperti meningkatkan kesehatan jantung, menjaga gula darah, meningkatkan fungsi otak dan saraf juga menjadikan buah tin ini disukai oleh banyak orang.

kredit pintar