Kredit Mobil Syariah: Syarat, Kegunaan, dan Cara Mengajukannya

17 Jun 2021 by kreditpintar
Kredit Mobil Syariah: Syarat, Kegunaan, dan Cara Mengajukannya

Jika Sobat Pintar termasuk orang yang sering melakukan perjalanan baik pulang pergi kerja, memiliki mobil atau kendaraan pribadi tentunya akan memudahkan Sobat Pintar. Hanya saja, untuk membeli sebuah mobil membutuhkan biaya yang cukup besar. Untungnya sekarang Sobat Pintar bisa membeli mobil menggunakan sistem kredit. Di Indonesia sendiri ada 2 jenis kredit mobil yaitu konvensional dan syariah. Di artikel ini, Kredit Pintar akan membahas keuntungan mengajukan kredit mobil syariah

Pengertian kredit mobil syariah

Sebelumnya mari kita pelajari terlebih dahulu apa itu kredit mobil syariah atau tanpa riba. Kredit mobil syariah adalah cara yang bisa Sobat Pintar gunakan untuk membeli mobil baru atau bekas melalui pinjaman yang dibayarkan dengan cicilan tertentu namun tetap menggunakan cara yang halal sesuai dengan syariat ajaran Islam. 

Kredit mobil tanpa riba tidak membebankan bunga karena pemberian bunga terhadap sebuah transaksi dianggap sebagai perbuatan riba yang harus dihindari. 

Selain tidak adanya sistem bunga, pembeli juga tidak perlu membayar DP karena penyedia jasa akan membelikan terlebih dahulu mobil yang kemudian dijual kembali dengan keuntungan yang telah disepakati. 

Si penyedia jasa ini akan mendapatkan keuntungan berupa margin tetap selama masa tenor. Setiap transaksi akan ditulis dalam akad jual beli agar lebih transparan. 

Pahami perbedaan antara kredit mobil syariah dan konvensional

Ada beberapa perbedaan antara membeli mobil dengan kredit syariah dan konvensional: 

  1. Sumber pendanaan. Sumber pendanaan kredit mobil konvensional berasal dari bank konvensional sedangkan syariah berasal dari bank syariah. 
  2. Dasar transaksi. Kredit konvensional menggunakan dasar transaksi pinjam meminjam uang di mana nasabah dibebankan dengan suku bunga. Kredit tanpa riba menggunakan dasar transaksi jual beli barang atas kesepakatan kedua belah pihak. 
  3. Hubungan kedua pihak. Hubungan antara penyedia jasa dan konsumen pada kredit konvensional disebut sebagai kreditur dan debitur, sedangkan pada kredit syariah disebut sebagai penjual dan pembeli. 
  4. Tujuan penggunaan. Tujuan penggunaan kendaraan kredit syariah tidak bertentangan dengan prinsip syariah, sedangkan kredit konvensional bebas digunakan untuk usaha apapun asalkan tidak bertentangan dengan peraturan undang-undang. 
  5. Keuntungan. Penyedia jasa kredit mobil tanpa riba didapatkan dari margin yang sudah disepakati, sedangkan konvensional didapatkan dari bunga yang harus dibayarkan. 
  6. Asuransi. Kredit mobil tanpa riba menyediakan asuransi berbasis konsep syariah yaitu sharing risk, sedangkan konvensional menerapkan asuransi dengan konsep transfer risk.

Keuntungan membeli mobil dengan kredit syariah

Adapun keuntungan dalam membeli mobil dengan menggunakan kredit syariah adalah: 

  1. Cicilan tetap. Cicilan tidak bergantung pada kenaikan suku bank konvensional dikarenakan margin keuntungan bersifat tetap.
  2. Tidak ada suku bunga. Suku bunga bersifat riba sehingga tidak diperbolehkan dalam syariat Islam. Penyedia jasa mendapat keuntungan dari selisih harga jual beli. 
  3. Tidak ada denda jika terlambat bayar. Jika Sobat Pintar terlambat melakukan pembayaran, diwajibkan untuk membayar sejumlah uang yang akan disumbangkan kepada yayasan sosial sebagai bentuk amal. 
  4. Sumber dana halal. Uang yang digunakan berasal dari bank syariah sehingga dijamin halal. 
  5. Alokasi dana untuk hal positif. Seperti menyumbangkan biaya keterlambatan untuk amal atau kegiatan sosial. 

Syarat mengajukan kredit mobil syariah

Syarat untuk mengajukan kredit mobil tanpa riba cukup gampang. Sobat Pintar hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen sebagai berikut: 

  1. Fotokopi identitas diri seperti KTP 
  2. Bukti penghasilan tetap berupa slip gaji atau rekening koran selama 3 bulan terakhir
  3. SIM A
  4. Surat keterangan usaha jika Sobat Pintar adalah seorang wiraswasta. 

Selain itu, setiap lembaga atau bank yang menyediakan jasa kredit mobil tanpa riba ini dapat menambahkan syarat dokumen tertentu seperti batasan umur, surat keterangan dari tempat kerja, atau fotokopi surat nikah. 

Cara membeli mobil dengan kredit syariah

Bagaimana? Makin tertarik untuk mengajukan kredit mobil tanpa riba untuk meringankan beban Sobat Pintar?

Jika Sobat Pintar telah memahami dan memenuhi persyaratan di atas maka Sobat Pintar bisa mengikuti langkah-langkah ini sebagai cara membeli mobil dengan kredit syariah. 

1. Cek kelengkapan dokumen

Pastikan Sobat Pintar sudah memenuhi persyaratan dokumen sebelum mengajukan kredit. Jika Sobat Pintar ingin membeli mobil bekas, cek terlebih dahulu dokumen kendaraan seperti BPKB, STNK dan juga buku service. 

Hal ini dilakukan sebagai pencegahan agar mobil atau kendaraan yang Sobat Pintar beli legal secara hukum. 

2. Pelajari tentang lembaga atau penyedia jasa kredit

Ada banyak lembaga atau bank syariah yang menawarkan jasa kredit mobil. Pelajari terlebih dahulu agar Sobat Pintar tidak rugi. Pilih lembaga yang aman, bisa dipercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

3. Tentukan budget dan kebutuhan

Sebelum mengajukan kredit, hitung kembali berapa budget atau cicilan yang mampu Sobat Pintar bayar sesuai dengan kondisi finansial Sobat Pintar. Jangan membeli mobil dengan harga yang tidak sesuai dengan tabungan atau pemasukan Sobat Pintar. 

4. Periksa kembali kondisi mobil 

Pastikan kendaraan atau mobil dalam kondisi yang bagus, baik eksterior maupun interiornya. Coba terlebih dahulu mobil tersebut agar tidak mengalami kerusakan, terutama jika Sobat Pintar ingin membeli mobil bekas. 

5. Datang dan ajukan kredit ke lembaga atau bank syariah

Setelah Sobat Pintar memastikan hal-hal yang disebutkan dalam poin di atas, saatnya Sobat Pintar mendatangi lembaga atau bank syariah untuk mengajukan kredit. 

Bawa semua syarat dokumen yang diminta. Selanjutnya penyedia jasa akan membelikan mobil yang Sobat Pintar inginkan dan menambahkan margin. 

Setelah akad jual beli telah disetujui, Sobat Pintar bisa membawa pulang mobil yang Sobat Pintar beli. Kewajiban Sobat Pintar selanjutnya adalah membayar cicilan tepat waktu. 

Nah, itulah penjelasan tentang pengertian kredit mobil syariah, keuntungan, dan cara mengajukan kredit untuk membeli mobil untuk kebutuhan Sobat Pintar. 

Jika Sobat Pintar ingin mengajukan kredit untuk melakukan pinjaman instan, Sobat Pintar bisa menggunakan jasa aplikasi Kredit Pintar. 

Kredit Pintar adalah sebuah perusahaan yang menyediakan jasa pinjaman jangka pendek yang didukung dengan teknologi terkini. 

Proses aplikasi mudah dan dapat dilakukan secara online tanpa adanya agunan. Dana pinjaman cepat cair dan metode pembayaran cicilan juga fleksibel. 

Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga aman dan terpercaya. 

Informasi lebih lanjut untuk mengajukan pinjaman instan melalui Kredit Pintar dapat Sobat Pintar pelajari di sini.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk