Kota Terbesar di Indonesia dan Tantangan Modernitas

19 Jul 2023 by kreditpintar, Last edit: 07 Jul 2023

Indonesia, negara kepulauan yang indah di Asia Tenggara, memiliki banyak kota yang menarik perhatian dengan kekayaan budaya, sejarah, dan kemajuan ekonomi. Namun, ketika kita membicarakan tentang kota terbesar di Indonesia, beberapa kota menonjol dengan populasi yang padat dan perkembangan pesat. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi kota-kota terbesar di Indonesia, menyoroti keajaiban dan tantangan modernitas yang mereka hadapi.

Baca juga: Langkah Mudah Memulai Hidup Hemat di Kota Besar

Kota Terbesar di Indonesia Berdasarkan Jumlah Penduduk

Jakarta

Tidak ada yang bisa menyingkirkan Jakarta dari daftar ini. Sebagai ibu kota Indonesia, Jakarta adalah kota terbesar di negara ini dan pusat politik, ekonomi, dan kebudayaan. Dengan populasi sekitar 10 juta jiwa, Jakarta adalah salah satu kota terpadat di dunia. Ini menarik imigran dari seluruh Indonesia dan menyediakan peluang ekonomi yang melimpah. Namun, dengan pertumbuhan yang cepat, Jakarta juga menghadapi tantangan yang signifikan, termasuk kemacetan lalu lintas, polusi udara, dan kualitas hidup yang rendah.

Surabaya

Surabaya, kota terbesar di Indonesia urutan kedua, terletak di Jawa Timur. Dengan populasi lebih dari 3 juta jiwa, Surabaya adalah pusat perdagangan, industri, dan transportasi di wilayah timur Indonesia. Kota ini memiliki sejarah yang kaya, diperkuat oleh peran pentingnya dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Surabaya telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir, dengan infrastruktur yang memadai dan pertumbuhan ekonomi yang stabil.

Medan

Medan, terletak di Pulau Sumatera, adalah  kota terbesar di Indonesia urutan keempat. Memiliki populasi sekitar 2,5 juta jiwa, kota Medan menjadi pusat perdagangan serta industri di provinsi Sumatera Utara. Kota ini memiliki sejarah kolonial yang kaya dan berbagai atraksi budaya yang menarik, termasuk Masjid Raya Medan dan Istana Maimun. Medan juga merupakan gerbang utama untuk menjelajahi keindahan alam Sumatera, seperti Danau Toba. Namun, seperti kota-kota besar lainnya, Medan menghadapi tantangan dalam hal kepadatan penduduk, polusi, dan kemacetan lalu lintas.

Bandung

Terletak di Jawa Barat, Bandung adalah  kota terbesar di Indonesia urutan ketiga. Dengan keindahan alamnya yang menawan dan iklim yang sejuk, Bandung telah menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Di sisi lain, Bandung juga dikenal oleh orang banyak sebagai pusat pendidikan serta kreativitas. Kota ini memiliki banyak perguruan tinggi terkemuka dan industri kreatif yang berkembang pesat, seperti desain, fashion, dan kuliner. Namun, pertumbuhan penduduk yang cepat dan kemacetan lalu lintas menjadi masalah yang harus dihadapi oleh Bandung.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Lembang

Makassar

Makassar, yang terletak di Pulau Sulawesi, adalah kota terbesar kelima di Indonesia. Sebagai pusat maritim di timur Indonesia, Makassar memiliki pelabuhan yang penting dan berperan sebagai gerbang perdagangan internasional ke wilayah timur Indonesia. Kota ini juga dikenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, seperti Pantai Losari dan Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung. Meskipun pertumbuhan ekonomi Makassar cukup pesat, infrastruktur dan layanan publik masih perlu ditingkatkan untuk mengimbangi populasi yang semakin meningkat.

Semarang

Terletak di Jawa Tengah, Semarang adalah kota terbesar di Indonesia urutan keenam. Sebagai pusat perdagangan dan industri, Semarang telah menarik banyak investasi dan menjadi kota yang berkembang pesat. Kota ini juga kaya akan warisan budaya, dengan situs sejarah seperti Kota Lama dan Kuil Sam Poo Kong. Namun, kota ini juga menghadapi tantangan seperti kemacetan lalu lintas, banjir, dan pemenuhan kebutuhan infrastruktur yang semakin meningkat.

Palembang

Palembang merupakan ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Dengan luas wilayah mencapai 400,61 km², kota ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada tahun 2020.

Selain itu, Palembang juga merupakan kota terpadat dan terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Medan. Bahkan, kota ini juga menjadi kota terpadat kelima di Indonesia setelah Jakarta Raya, Surabaya, Medan, dan Bandung. Dalam konteks Asia Tenggara, Palembang menempati peringkat sebagai kota terbesar kesembilan belas.

Pemerintah pusat telah mengembangkan kota Palembang dan beberapa kabupaten tetangganya, seperti Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir, sebagai wilayah metropolitan dengan nama Patungraya Agung atau Palembang Raya. Hal ini menunjukkan upaya untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan ekonomi di kawasan tersebut.

Batam

Kota Batam yang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia, merupakan kota terbesar di wilayah tersebut. Wilayah Kota Batam mencakup Pulau Batam, Pulau Rempang, Pulau Galang, dan beberapa pulau kecil lainnya di sekitar Selat Singapura dan Selat Malaka.

Pulau-pulau Batam, Rempang, dan Galang dihubungkan oleh Jembatan Barelang. Menurut data dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam tahun 2021, jumlah penduduk Kota Batam mencapai 1.193.088 jiwa, dengan kepadatan penduduk sekitar 1.153 jiwa per kilometer persegi.

Kota Batam juga merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK). Letaknya yang strategis menjadi keunggulan bagi kota ini, karena berada di jalur pelayaran internasional dan memiliki perbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Sebagai kota yang direncanakan dengan baik, Batam telah mengalami pertumbuhan yang pesat dan menjadi salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat di Indonesia.

Pekanbaru

Pekanbaru, ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Riau, Indonesia, merupakan salah satu pusat ekonomi utama di Pulau Sumatra dan memiliki tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang tinggi.

Pekanbaru yang berada di tepian Sungai Siak, awal mulanya hanya sebatas kota kecil saja dengan pasar yang dinamai sebagai Payung Sekaki atau nama lainnya Senapelan. Pada abad ke-18, daerah yang sekarang menjadi Pekanbaru berada di bawah pengaruh Kesultanan Siak, dan diyakini bahwa Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Marhum Pekan) adalah pendiri kota Pekanbaru yang sekarang.

Kota Pekanbaru terdiri dari 15 kecamatan dan 83 kelurahan, dari total keseluruhan Riau yang memiliki 169 kecamatan dan 268 kelurahan. Pada tahun 2017, penduduk kota ini mencapai 886.226 orang dengan luas wilayah sekitar 632,27 km², sehingga memiliki kepadatan penduduk sekitar 1.401 orang per kilometer persegi.

Malang

Malang, sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur, Indonesia, merupakan kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan merupakan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Pada tanggal 1 April 1914, kota ini didirikan pada masa Pemerintahan Belanda dengan E.K. Broekveldt sebagai walikota pertamanya. Terletak di dataran tinggi seluas 145,28 km², Malang berada sebagai enklave Kabupaten Malang dan menjadi bagian dari wilayah Malang Raya, bersama dengan Kota Batu dan Kabupaten Malang.

Kota Malang terkenal sebagai pusat pendidikan dengan berbagai perguruan tinggi terkemuka seperti Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Politeknik Negeri Malang. Selain itu, kota ini juga dikenal sebagai destinasi pariwisata karena keindahan alamnya yang dikelilingi oleh pegunungan dan udaranya yang sejuk. 

Keindahan kota Malang juga tercermin dalam julukannya sebagai “kota bunga” karena banyaknya bunga yang menghiasi kota ini. Kota ini juga memiliki kekayaan seni yang khas, dengan berbagai jenis kesenian yang meliputi tarian dan pertunjukan.

Kota Malang sendiri memiliki 5 kecamatan serta 57 kelurahan dengan jumlah penduduknya yang  mencapai 834.545 jiwa pada tahun 2017 silam. Dengan luas wilayah 145,28 km², kota ini memiliki sebaran penduduk sekitar 5.744 jiwa/km².

Menghadapi Pertumbuhan Kota yang Pesat

Dalam menghadapi pertumbuhan yang pesat, kota-kota terbesar di Indonesia harus mengatasi berbagai tantangan. Tantangan tersebut meliputi infrastruktur yang memadai, transportasi yang efisien, manajemen limbah yang berkelanjutan, dan peningkatan kualitas hidup bagi penduduknya. Diperlukan kerja sama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta untuk mengatasi masalah ini.

Kota-kota terbesar di Indonesia adalah bukti nyata dari perkembangan negara ini. Meskipun mereka dihadapkan pada tantangan modernitas, mereka juga menawarkan berbagai keajaiban budaya, sejarah, dan ekonomi yang menarik. Dengan pengelolaan yang bijaksana dan kesadaran akan isu-isu sosial dan lingkungan, kota-kota ini dapat menjadi pusat kemajuan yang berkelanjutan dan nyaman bagi penduduknya.

Baca juga: Jadi Primadona Dunia, Inilah 5 Wisata Indonesia Terpopuler

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 Jul 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download