Kelebihan, Kekurangan, dan 3 Tips Investasi Tanah

29 Jul 2021 by Laruan

Investasi tanah ialah investasi yang telah dilakukan sejak zaman dahulu. Walaupun begitu, investasi jenis ini tidak pernah ketinggalan zaman dan bahkan semakin berkembang. Bisa dibilang investasi ini bisa menyaingi investasi barang berharga lain seperti emas.

Kelebihan, Kekurangan, dan 3 Tips Investasi Tanah

 Agar Sobat Pintar bisa mengetahui membeli tanah untuk investasi masa depan lebih dalam, yuk lihat benefit, kekurangan, dan 3 tips beli tanah untuk investasi masa depan. Ada pula alternatif bagi Sobat Pintar yang belum siap beli tanah untuk investasi masa depan namun ingin mencoba memasuki dunia investasi real estate!

Investasi Tanah Adalah

Membeli tanah untuk investasi masa depan jelas berarti investasi dengan tanah sebagai komoditas. Idenya sama saja dengan investasi emas dan bahkan uang crypto, yaitu membeli suatu aset agar menjadi sumber uang pasif atau menjadi sumber dana darurat yang bisa dilikuidasi. 

Membeli tanah untuk investasi masa depan pada khususnya tidak memiliki likuiditas yang tinggi, namun bisa saja dijadikan sumber penghasilan alternatif. Ini dikarenakan harga tanah yang terus naik.

Kenaikan harga tanah seiring waktu berjalan terjadi karena faktor kelangkaan (scarcity) yang dimiliki oleh tanah. Coba bayangkan seperti ini, ada sebuah negeri bernama negeri A yang memiliki jumlah penduduk  100 juta orang pada tahun 1960. 40 tahun kemudian, jumlah itu bertambah menjadi 150 juta orang. 

Karena semakin banyaknya penduduk suatu negara, tanah tanpa bangunan pun menjadi lebih langka dan mahal. Belum lagi banyaknya bisnis, badan pemerintahan, dan banyak pihak lain yang memerlukan tanah untuk membangun bangunan mereka. 

Maka dari itu, membeli tanah untuk investasi masa depan ialah investasi yang sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Untuk mempelajari lebih lanjut, ayo kita teliti apa sih benefit dan kekurangan membeli tanah untuk investasi masa depan? 

Baca juga: 5 Pekerjaan Yang Akan Bertahan di Masa Depan

Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?

Investasi Tanah

Jelas dalam semua investasi ada benefit dan kekurangan. Begitu pula dengan membeli tanah untuk investasi masa depan. Ada beberapa benefit yang bisa dimiliki investor saat Ia memutuskan untuk membeli tanah untuk investasi masa depan, yaitu:

1.Harga yang terus naik

Seperti yang sudah Sobat Pintar ketahui, tanah ialah komoditas yang semakin hari semakin langka. Karena itu, harga tanah pada umumnya akan selalu naik. Jika Sobat Pintar sudah memiliki atau sudah membeli tanah, maka nilai dari tanah milik Sobat Pintar akan mengalami kenaikan setiap tahun.

2.Usaha perawatan yang minim 

Dibandingkan aset lain seperti emas dan rumah  yang perlu dijaga dengan baik, tanah yang Sobat Pintar telah beli tidak butuh perawatan atau low maintenance. Walaupun begitu, ada baiknya menjaga tanah agar tidak terlihat terbengkalai. 

3.Multifungsi dan bisa menjamin masa depan

Karena tanah tersebut ialah milik Sobat Pintar, Sobat Pintar bisa melakukan apa saja yang Sobat Pintar mau dengan tanah tersebut. Biarpun itu membangun properti di seluruh atau sebagian dari tanah, membuat kebun Sobat Pintar sendiri, atau menyewakannya sebagai tempat parkir sementara. Selama Sobat Pintar jeli terhadap legalitas dari tanah tersebut, semuanya sesuka Sobat Pintar. 

Bahkan, tanah bisa menjadi jaminan non-finansial. Maksud dari konsep tersebut apa? Dengan tanah, Sobat Pintar bisa menjamin tempat tinggal, usaha, atau hal-hal lain bagi Sobat Pintar ataupun keluarga. Karena kondisi harga tanah yang semakin lama semakin naik, memiliki tanah bisa membantu Sobat Pintar ataupun keluarga di masa depan. 

Jika Sobat Pintar mencari jaminan finansial yang bisa diandalkan, Sobat Pintar bisa melakukan pinjaman jangka pendek secara online dengan menggunakan Kredit Pintar. Selain prosesnya yang mudah dan aman, Sobat Pintar bisa mendapat banyak manfaat dengan menggunakan pinjaman jangka pendek dari Kredit Pintar secara berkala. 

Seperti investasi lain, membeli tanah untuk investasi masa depan juga tidak selalu menjamin keuntungan. Selain benefit, membeli tanah untuk investasi masa depan juga memiliki kekurangan tersendiri. Diantaranya adalah: 

4. Perlu modal besar

Kondisi tanah yang pada umumnya semakin lama semakin mahal juga mengartikan bahwa investor harus memiliki modal besar. Karena sifatnya yang multifungsi dan langka, tanah jelas menjadi komoditas mahal.

5. Pembelian tidak langsung balik 

Tanah adalah aset yang bisa dibilang masih belum diolah. Untuk mendapatkan keuntungan dari membeli tanah untuk investasi masa depan Sobat Pintar harus membangun properti seperti perumahan, gedung, peternakan, atau proyek-proyek lain yang semacam. 

6. Diigunakan oleh orang lain tanpa izin 

Tanah yang tidak dijaga dan diawasi bisa saja digunakan orang lain. Misal saja anak-anak yang yang menjadikan tanah lapang sebagai tempat bermain sepak bola atau olahraga lainnya. Itu masih lebih baik daripada tetangga yang menjadikan tanah Sobat Pintar sebagai kebun. 

Memang, masalah diatas bisa diatasi dengan menambah pengawasan. Namun, itu memerlukan biaya dan usaha lebih. 

Setelah kita melihat sekilas benefit dan kekurangan dari membeli tanah untuk investasi masa depan, mari kita lihat cara yang dapat membantu Sobat Pintar mendapatkan keuntungan dari membeli tanah untuk investasi masa depan.

Baca juga: Latte Factor, Salah Satu Penyebab Susah Menabung

3 Tips agar investasi tanah bisa menguntungkan 

1.Ketahui jenis tanah secara detail

Untuk menjadi seorang yang andal dalam membeli tanah untuk investasi masa depan, diperlukan pengertian yang dalam tentang potensi dari tanah tersebut. Setiap tanah memiliki karakteristik dan nilai strategis yang berbeda. Ada yang letaknya dekat pusat kota, ada yang tanahnya subur dan bisa dipakai untuk bercocok tanam, dan banyak poin strategis lainnya.

Dari nilai strategis tersebut, Sobat Pintar bisa membangun atau mencari prospek pembeli yang sesuai. Ada banyak jenis proyek yang dapat dibangun dari tanah Sobat Pintar. Beberapa contohnya ialah perumahan atau pemukiman, gedung, agraria seperti lahan pertanian atau peternakan, dan banyak lagi. 

  Maka dari itu, ada baiknya Sobat Pintar teliti dan inspeksi sendiri tanah tersebut agar Sobat Pintar mengetahui secara seksama nilai strategis dari tanah yang Sobat Pintar ingin beli. 

2.Ketahui legalitas yang diperlukan 

Selain nilai strategis dari tanah, Sobat Pintar juga harus jeli terhadap dokumen dan syarat lain yang relevan untuk mengesahkan tanah dan proyek yang akan dibuat. Ini termasuk Sertifikat Hak Guna Bangunan, Hak Guna Usaha, serta jangka waktu kedua dokumen tersebut. 

Ada pula Sertifikat Hak Milik (SHM) yang menunjukkan kepemilikan tanah Sobat Pintar dan biaya berupa Bea Perolehan atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) dikenakan kepada penjual dan pembeli tanah. 

Selain dokumen dan syarat, ada pula hal-hal terkait legalitas membeli tanah untuk investasi masa depan yang harus diperhatikan. Pertama ialah perencanaan tata ruang pemerintah daerah. Sobat Pintar harus berhati-hati ketika membeli tanah untuk berinvestasi dengan memeriksa apakah tanah tersebut termasuk ke dalam ‘jalur hijau’ atau perencanaan tata ruang daerah. 

 3. Alternatif membeli tanah untuk investasi masa depan 

Alternatif membeli tanah

Jika Sobat Pintar benar-benar ingin menyelam di dunia membeli tanah untuk investasi masa depan atau real estate lainnya namun merasa siap, Sobat Pintar bisa mencoba alternatif investasi real estate yang lebih aman dan mudah untuk dimasuki. 

Salah satu alternatif yang bisa Sobat Pintar coba ialah Dana Investasi Real Estat (DIRE) atau bahasa inggrisnya Real Estate Investment Trust (REIT). Ini sebuah produk Indonesia Stock Exchange (IDX) berupa tampungan atau wadah dimana dana investor dikumpulkan lalu diinvestasikan ke aset real estate seperti mall, rumah sakit, dan aset-aset lainnya.

Ada pula Dana Investasi Infrastruktur (DINFRA) yang mengumpulkan dana dari investor untuk nanti dialirkan manajer investasi ke aset infrastruktur seperti jalan, irigasi, air minum, dan lain-lain.

Dan itulah dia seluk-beluk mengenai membeli tanah untuk investasi masa depan, benefit dan kekurangan, serta berbagai cara agar Sobat Pintar bisa lebih handal dan cuan ketika berinvestasi di tanah ataupun aset real estate lainnya.

 Memang membeli tanah untuk investasi masa depan terkesan sulit untuk dijangkau semua orang. tapi selama Sobat Pintar memiliki finansial dan pengertian tentang membeli tanah untuk investasi masa depan, Sobat Pintar akan selalu terhindar dari kerugian dan kekurangan investasi tipe ini. 

Selain itu, Tanah juga bisa menjadi sebuah jaminan bagi Sobat Pintar untuk keperluan sendiri atau keluarga. Bukan dalam masalah finansial, namun untuk keperluan masa depan Sobat Pintar ataupun keluarga. Selamat berinvestasi!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload