Ini Jenis-Jenis Calathea Cantik dan Termahal di Dunia

04 Jul 2022 by Laruan, Last edit: 04 Jul 2022

Akhir-akhir ini kegemaran masyarakat untuk merawat tanaman sangatlah meningkat, khususnya dalam masa pandemi di dua tahun terakhir ini. Ini disebabkan karena kegiatan masyarakat yang lebih banyak dihabiskan di rumah imbas pandemi ini. Dan ini jenis calathea termahal.

Banyak pekerja kantoran ataupun pekerja di sektor lainnya yang harus bekerja di rumah masing-masing. Tentunya berada di rumah terus-menerus membuat orang bosan dan ingin mencari kegiatan sampingan lain selain bekerja di rumah. 

Salah satu kegiatan sampingan favorit masyarakat di rumah saat ini adalah merawat tanaman.Ada yang memang sebelum pandemi adalah seorang yang rajin dan suka merawat tanaman, tetapi ada juga yang baru-baru ini ikutan untuk menjadi penggemar tanaman-tanaman hias. 

Selain karena alasan bosan di rumah tadi, ada juga yang suka tanaman hias karena wujudnya cantik dan enak dipandang. Selain itu juga tanaman-tanaman hias ini juga mempercantik tampilan rumah. Rumah akan semakin tampak indah dan asri.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengatasi Kelangkaan? Ini Solusinya

Mengapa Tanaman Hias Harganya Tinggi?

Selain alasan estetika, ada juga yang mau merawat tumbuhan dengan motivasi untuk bisa dibuat bisnis. Hal ini sebenarnya bisa dimaklumi, karena tanaman-tanaman hias ini juga punya nilai jual yang tinggi. 

Nah, kira-kira ya kenapa tanaman-tanaman hias ini harganya bisa melonjak seperti itu? Ada beberapa jawaban untuk pertanyaan ini. 

Harganya yang tinggi karena keunikan dan kecantikannya. Penggemar tanaman hias dulunya adalah orang-orang yang berasal dari kalangan kelas atas. 

Jadi membeli sebuah tanaman hias bisa dikatakan sama halnya dengan membeli sebuah karya seni yang dihargai dari keunikan dan keelokannya. 

Alasan lain mengapa harga jualnya tinggi adalah karena tanaman-tanaman hias ini dipromosikan oleh influencer. Mengutip pernyataan Ketua Laboratorium Pengelolaan Lanskap dari Jurusan Arsitektur Institut Teknologi Bandung (ITB) di Kompas.com, beliau mengatakan bahwa peran influencer terhadap tingginya harga tanaman hias begitu besar. 

Karena influencer ini akan menarik khalayaknya untuk bisa menirunya untuk memiliki tanaman hias yang sama. Tanaman itu kemudian menjadi populer di tengah masyarakat.

Kepopuleran inilah yang kemudian mendorong tingginya permintaan terhadap tanaman-tanaman hias ini. Padahal jumlah mereka terbilang langka. Maka tidak heran, harga jualnya bisa melonjak tinggi.

Nah, bagaimana? Tertarik dengan tanaman-tanaman hias mahal ini? Berbicara soal tanaman hias mahal, salah satu contohnya adalah Calathea. 

Kira-kira sudah pada tahu belum seperti apa tanaman ini? Sebagian orang mungkin tahu jenis Calathea termahal. Jika Sobat Pintar kurang mengenalnya atau baru mulai memelihara tanaman, yuk ikuti informasi berikut ini.

Mengenal Tanaman Calathea 

Calathea merupakan tanaman hias yang asalnya adalah daerah Amerika Tropis. Contoh negara dimana kita bisa menemukan Calathea adalah Brazil. Tanaman ini masuk kedalam famili Marantaceae yang memang hidupnya berada di daerah tropis. 

Contoh negara seperti Brazil memang memiliki hutan lebat yang teduh dan lembab, dimana daerah seperti itu sangat sesuai dengan habitat aslinya.

Tanaman ini memiliki ciri khas pada daunnya yang berbentuk lebar dan memiliki corak garis-garis. Corak pada daunnya pun memiliki perpaduan warna yang cantik. 

Coraknya bisa dikatakan cantik karena coraknya seolah-olah membentuk lukisan. Jadi, penampilannya sangat menarik bagi orang-orang yang menyukai seni dan hal-hal yang estetik. 

Keindahannya juga membuat harga dari tanaman hias ini menjadi sangat tinggi. Selain kecantikannya, Calathea juga memiliki keunggulan yaitu tidak membutuhkan banyak cahaya matahari.

Calathea si Tanaman Doa

Keunikan Calathea tidak hanya sampai pada kecantikan dan keunggulannya tadi. Calathea juga sering dijuluki sebagai tanaman doa. Mungkin ini terdengar seperti sebuah kepercayaan kepada tanaman ini. 

Namun sebenarnya alasan dari disematkannya julukan ini kepada tanaman Calathea adalah karena bentuk daunnya.

Bentuk daun yang dimaksud terlihat pada malam hari. Calathea akan menggulungkan daunnya. 

Bentuk daun yang menggulung ini sering dikatakan orang bentuknya seperti orang yang sedang berdoa. Unik, ya.

Baca juga: Buah Markisa, Buah Yang Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

5 Jenis Tanaman Calathea Termahal

Keunggulan dan keunikan dari tanaman Calathea ini sudah dibahas sebelumnya. Jadi sangatlah dipahami mengapa tanaman ini bisa dihargai sangat tinggi untuk sebuah tanaman. 

Ini bisa menjadi ide untuk bisnis tanaman Sobat Pintar. Berikut ini adalah beberapa jenis Calathea termahal yang punya harga tinggi di pasaran.

  1. Calathea Flamestar

Jenis Calathea termahal ini memiliki wana daun hijau dan memiliki corak yang cantik berupa garis-garis yang mirip dengan goresan kuas pada kanvas lukis. Calathea Flamestar ini dijual dengan harga 250 ribu rupiah di pasaran.

  1. Calathea Orbifolia

Calathea jenis ini memiliki daun yang melebar dan melengkung, corak garisnya juga memiliki warna yang terlihat seperti warna silver yang cantik. Di pasaran tanaman Calathea Orbifolia di jual dengan harga 550 ribu rupiah

  1. Calathea Crimson

Calathea Crimson memiliki ciri daun yaitu berwarna ungu muda hingga ungu yang pekat. Seperti tanaman lainnya, daun pada jenis Calathea termahal Crimson juga memiliki corak yang indah. 

Namun corak pada daun lebih kepada gradasi warna yang cantik. Di pasaran Calathea Crimson dijual dengan harga 1,2 juta rupiah

  1. Calathea Medallion

Calathea Medallion memiliki daun yang berbentuk melengkung seperti kipas. Sama seperti Crimson, corak pada jenis Calathea termahal ini adalah gradasi warna. 

Namun yang membuat gradasinya lebih cantik dan berbeda adalah karena gradasinya mengikuti bentuk lengkung dari daunnya. Calathea Medallion dijual di pasaran dengan harga 2,1 juta per pot

  1. Calathea Contravenesta

Calathea jenis ini merupakan yang termahal. Calathea ini bisa dijual di pasaran dengan harga 2,25 juta rupiah. Calathea Contravenesta memiliki corak daun berupa gradasi warna hijau mulai dari hijau tua sampai muda

Baca juga: 4+ Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Cara Merawat Jenis Calathea Termahal

Tanaman hias dengan harga yang lumayan tinggi tentunya butuh perawatan yang tepat. Tentunya akan sangat disayangkan bila tanaman indah ini layu karena tidak dirawat dengan baik.

Sobat Pintar dapat melakukannya dengan mudah. Berikut ini adalah cara merawat tanaman Calathea.

Media tanam yang tepat

Media tanam yang dapat digunakan untuk merawat Calathea biasanya adalah tanah subur, tanah gambut, yang dicampur dengan sepertiga sekam yang dibakar, lalu sekam padi, akar pakis dan lainnya. Ini guna meningkatkan drainase. 

Selain itu ditambahkan juga pupuk organic dan pupuk kandang ditambah sekam padi dan akar pakis tadi dengan perbandingan 2:2:1.

Penempatan yang benar

Calathea lebih baik ditempatkan di tempat yang tidak tersinari sinar matahari secara langsung, seperti misalnya di teras ataupun di dalam rumah. Maka itu tanaman Calathea banyak ditempatkan di dalam rumah sehingga cocok sebagai tanaman indoor.

Penyiraman dan pemupukan

Untuk awal-awal, penyiraman sebaiknya satu hari 2 kali, namun untuk lanjutannya, sebaiknya 2 hari sekali saja. Jangan terlalu banyak menyiram tanaman ini karena akan membuat akarnya busuk. 

Untuk pemupukan, di awal sebaiknya sebulan sekali. Selanjutnya, jangan terlalu sering, disarankan tiga bulan sekali.

Tanaman Calathea menarik perhatian siapapun yang berminat merawat tanaman hias. 

Selain indah dipandang, ada banyak keuntungan memeliharanya. Perawatannya mudah karena tidak perlu menyiraminya sesering mungkin. 

Bagi Sobat Pintar yang ingin memiliki tanaman ini, Kredit Pintar memberikan pinjaman untuk membantu kecukupan dana membelinya. Jika dirawat baik, Sobat Pintar dapat menjualnya dengan nilai lebih tinggi.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
04 Jul 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download