Jangan Kalap! Begini Cara Atur Keuangan Jelang Ramadan

30 Apr 2021 by kreditpintar
cara atur keuangan jelang ramadan

Ramadan tinggal beberapa hari lagi di depan mata. Biasanya kalau sudah menjelang Ramadan seperti ini diskon dan penawaran menarik akan sangat banyak ditemui, oleh karena itu Sobat Pintar perlu berhati-hati dan atur keuangan jelang Ramadan dengan bijak.

Uang adalah alat tukar primer yang kadang dapat menentukan status dan kebahagiaan seseorang. Walau memang uang bukan merupakan tolak ukur kebahagiaan seseorang, tapi ketika seseorang terlilit oleh hutang, maka dapat dipastikan hidup mereka pun tidak tenang. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya Sobat Pintar memilih sarana jasa pinjaman online dengan bijak seperti Kredit Pintar yang merupakan sebuah startup aplikasi pinjaman online yang diperuntukkan untuk Sobat Pintar yang sedang membutuhkan dana.

Apalagi saat menjelang Ramadan seperti ini, dana tersebut mungkin Sobat Pintar perlukan untuk modal usaha ketika sepanjang Ramadan.

Tapi hati-hati ya, kalau sudah mendapatkan dana tersebut jangan sampai kalap! Berikut adalah bagaimana Sobat Pintar dapat atur keuangan jelang Ramadan dengan bijak.

1. Buat Pembukuan

Seputar Akuntansi dan Pembukuan: Dari Pengertian, Perbedaan, Hingga Tujuan  - Tribunnews.com Mobile

Hal pertama yang harus dan wajib Sobat Pintar buat adalah membuat pembukuan keuangan Sobat Pintar. Pembukuan ini berfungsi sebagai sarana untuk melihat apakah keuangan Sobat Pintar sedang sehat atau tidak.

Pastikan Sobat Pintar tidak memiliki hutang yang perlu dibayarkan dalam waktu dekat. Apabila begitu, Sobat Pintar dapat mengandalkan Kredit Pintar yang menyediakan pinjaman online 24 jam.

Pembukuan ini dapat Sobat Pintar lakukan di buku catatan favorit Sobat Pintar atau bahkan menggunakan media modern seperti mengandalkan Excel. Kelebihannya menggunakan Excel adalah Sobat Pintar tidak perlu repot-repot menghitung dan biasanya apabila Sobat Pintar dapat mengoperasikannya dengan baik, maka pembukuan Sobat Pintar akan lebih detail daripada menggunakan buku biasa.

2. Perhatikan Receh

uang receh

Receh entah itu uang koin maupun uang di bawah Rp 10.000 kadang suka terlupakan. Jangan salah! Uang sebanyak Rp 1 Miliar saja tidak akan menjadi 1 Miliar apabila kehilangan Rp 500 keping koinnya. 

Sobat Pintar harus memiliki sifat yang sedikit sensitif terhadap receh ini. Karena dengan ini Sobat Pintar pun dapat melihat seberapa tepatnya keuangan Sobat Pintar. 

3. Jangan Terkecoh Angka Awal

Psikologi Harga dalam Membuat Program Diskon yang Terlihat Menggiurkan |  InterActive Blog

Ini adalah trik psikologi yang biasanya digunakan untuk marketing. Banyak orang yang terkecoh dengan angka di depan. Sebagai contoh, ada diskon suatu barang yang menunjukan harga Rp 299.000. Apabila Sobat Pintar mengikuti tips yang kedua, maka harga tersebut akan sama dengan Rp 300.000 karena Sobat Pintar menghargai uang Rp 1000 nya tersebut.

Namun tidak sedikit yang menganggap bahwa harga Rp 299.000 itu lebih murah bila dibandingkan Rp 300.000. Padahal akhirnya mereka pun akan spend uangnya Rp 300.000. Kendati memang pada dasarnya Rp 299.000 itu lebih murah Rp 1000. 

Tapi ketika Sobat Pintar menyadari hal tersebut, maka Sobat Pintar akan menganggap bahwa barang tersebut seharga Rp 300.000 bukan seharga Rp 200.000-an lebih.

Nah, jadi… Jangan terkecoh oleh angka awal ya.

4. Sisipkan Untuk Dana Darurat Atau Tabungan Endapan

Tidak ada yang tahu kapan Sobat Pintar akan mendapatkan rezeki nomplok atau bahkan sekedar tambahan rezeki kecil yang cukup dapat meningkatkan ego Sobat Pintar. 

Bila itu terjadi, hal yang harus Sobat Pintar lakukan pertama kali tentunya adalah menyisipkan dana tersebut untuk dana darurat dan tabungan endapan. Ingat, ketika penghasilan bertambah, gaya hidup tetap sama. Tidak bertambah juga. Apalagi kalau penghasilan tambahannya bukanlah fixed income

5. Gunakan Kredit Pintar Untuk Pengeluaran Yang Dapat Diputar Kembali

Terakhir dari tips cara atur keuangan jelang Ramadan adalah tentunya gunakan aplikasi ini untuk keuangan yang dapat diputar kembali. Maksudnya diputar kembali itu seperti apa?

Contohnya adalah pengeluaran tersebut untuk modal usaha Sobat Pintar selama bulan Ramadan. Modal usaha untuk membuat Nastar atau produk lainnya. 

Dengan menggunakan aplikasi ini Sobat Pintar dapat mengajukan pinjaman dana kapan saja Sobat Pintar butuh. Jadi jangan khawatir untuk menunggu siang datang atau hari kerja datang, karena aplikasi ini  akan siap membantumu kapanpun. 

Nah itu dia tadi tips bagaimana cara atur keuangan jelang Ramadan yang baik. Mana yang sudah Sobat Pintar terapkan?

kredit pintar