Tutorial Investasi Tanpa Modal, Memangnya Bisa?

17 Aug 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 19 Aug 2022

Akses internet yang mudah dan meluas memungkinkan masyarakat untuk menemukan berbagai kemungkinan-kemungkinan yang tak terbatas. Termasuk mencari uang hanya dengan modal smartphone dan internet itu sendiri. Salah satu contohnya yang terdengar mustahil, tapi ternyata mungkin untuk terwujud adalah investasi tanpa modal.

Investasi tanpa modal

Konteks yang dimaksud dalam kalimat “tanpa modal” ini memiliki dua arti, bisa jadi tanpa modal yang besar atau juga tanpa modal uang sama sekali. Untuk menerapkan investasi tanpa modal uang memerlukan cara yang lebih panjang ketimbang investasi bermodal pada umumnya. Kira-kira bagaimana caranya? Mari simak artikel berikut ini.

Baca Juga : Ingin Memulai Investasi? Yuk Belajar Investasi di Platform Berikut

Tutorial Investasi Tanpa Modal

1. Persiapan aset 

Perlu dipahami, investasi tanpa modal memang memungkinkan orang untuk tidak merogoh kocek rupiahnya masing-masing, tetapi modal dalam bentuk lain tetap diperlukan. Modal yang dimaksud di sini adalah aset utama seperti smartphone dan akses internet. Bila anda memiliki aset penunjang lain seperti laptop, komputer dan akses wifi gratis maka itu lebih baik lagi.

Aset lain selain smartphone, laptop, komputer dan akses internet yang harus disiapkan adalah kemampuan dan keterampilan yang kalian miliki. Keahlian yang dimaksud di sini termasuk dalam kategori hard skill, yakni sebuah kemampuan dan keterampilan yang bisa dimanfaatkan sebagai pekerjaan. Namun, tidak semua orang sudah menemukan hard skill-nya masing-masing, tapi tentu saja bisa dicari.

Bagi anda yang belum menemukan hard skill yang bisa anda kuasai, jangan khawatir, internet adalah lahan yang luas untuk belajar. Media seperti YouTube menyimpan berbagai video-video edukatif yang bermanfaat. Belum lagi media sosial seperti Instagram, Twitter bahkan TikTok juga bisa menjadi media belajar bila digunakan untuk mencari topik yang bermanfaat.

Intinya, smartphone atau aset lain seperti laptop dan komputer, ditambah dengan akses internet merupakan modal aset yang utama. Jika sudah dimiliki, maka anda bisa memanfaatkannya untuk banyak hal yang bermanfaat. Sebelum akhirnya siap untuk menjalani tahap selanjutnya, yakni mencari uang di internet.

Tips Sukses Kerja Freelance dan 12 Pilihan Pekerjaannya yang Paling Banyak  Dicari

2. Mencari uang di internet

Selain sebagai lahan informasi yang sangat luas, internet juga menjadi lahan untuk mencari uang. Cara mencari uang di internet pun beragam, ada yang membutuhkan effort tenaga dan waktu bahkan ada juga yang memakan effort kecil. Berikut beberapa cara mencari uang di internet yang akan menjadi bekal untuk investasi tanpa modal.

  • Freelance

Melanjutkan poin aset hard skill dari tahap sebelumnya, anda bisa menjajakan jasa kemampuan dan keterampilan anda di berbagai platform freelance yang ada. Platform freelance dapat membantu anda terhubung dengan banyak calon klien dan membangun portfolio serta reputasi anda. Ditambah lagi, kebanyakan platform freelance dapat diakses dengan mudah dengan sistem yang mirip dengan e-commerce, bedanya yang dijajakan adalah jasa bukan produk.

Beberapa contoh platform freelance yang paling banyak digunakan antara lain Fiverr, Fastwork dan Freelancer.com. Platform-platform tersebut memiliki sistem yang mirip walau pasti ada perbedaannya sedikit. Penting untuk mempelajari sistem platformnya terlebih dahulu sebelum memulai. 

  • Google Adsense

Google Adsense memberikan peluang bagi pembuat konten untuk mendapatkan uang dari penayangan iklan di lapak konten mereka. Cara kerja Adsense yakni mencocokkan berbagai jenis iklan dengan lapak konten yang sesuai berdasarkan jenis konten dan segmentasi pengunjung atau penikmat konten tersebut. Platform kontennya antara lain blog dan YouTube. 

Cara kerjanya adalah anda menyediakan lapak konten, baik itu blog atau YouTube sebagai ruang untuk penempatan iklan digital. Nantinya pihak pengiklan akan melakukan bid dalam lelang real-time agar iklan mereka bisa ditayangkan di lapak konten tertentu. Harga dari setiap iklannya tentu berbeda, pihak Google akan mengelola skema penagihan dan pengiriman biaya iklan tersebut kepada anda sebagai pembuat konten.

  • Peluang penghasil uang lainnya

Terdapat beberapa cara dalam menghasilkan uang di internet dengan mudah dan gratis. Salah satunya adalah menjadi afiliasi dari suatu perusahaan atau korporasi yang membutuhkan jasa survei dan testimoni.  Biasanya perusahaan akan meminta banyak orang untuk mengisi survei terkait segmentasi masyarakat dan juga membuat testimoni terhadap layanan atau produk yang dihasilkan perusahaan tersebut.

Dari banyaknya cara mendapatkan uang di internet, anda bisa mengumpulkan hasilnya untuk kemudian disiapkan untuk investasi tanpa modal.

3. Kumpulkan uang untuk berinvestasi

Setelah anda mengumpulkan uang di intenet dengan berbagai cara yang ada, saatnya anda menabung dan mengumpulkan hasil uang tersebut untuk diinvestasikan. Berbagai instrumen investasi banyak yang bisa anda pilih, dan hampir semua bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi di smartphone. Namun, hal yang terpenting adalah anda harus mempelajari dan memahami cara kerja dari setiap instrumen investasinya. 

Dari banyaknya pilihan instrumen investasi, ada yang memakan modal awal kecil, yakni kisaran puluhan ribu hingga ratusan ribu. Bila anda merupakan pemula di bidang investasi, anda perlu mempelajari dan memahami cara kerja serta risiko yang ada. Apalagi setiap instrumen investasi memiliki cara kerja dan risiko yang berbeda-beda. 

Baca Juga : Cara Investasi Reksadana untuk Pemula

Jenis Investasi yang Cocok

Menabung dan Investasi, Ini Perbedaan dan Untung-Ruginya

1. Reksa Dana

Reksa dana menjadi pilihan instrumen investasi yang tepat bagi pemula dan kalangan dengan modal yang terbatas. Selain itu, cara kerjanya sangatlah mudah, karena modal uang yang dimiliki akan langsung ditangani oleh manajer investasi untuk dimasukkan ke pasar modal. 

Saat ini sudah banyak aplikasi penyedia layanan reksa dana yang bisa diakses dengan panduan yang mudah diikuti. Ditambah lagi, banyak yang menetapkan limit minimal dalam berinvestasi dengan biaya yang sangat kecil, dimulai dari puluhan ribu saja.

2. Logam Mulia Emas

Emas menjadi pilihan instrumen investasi yang paling terjamin nilai dan harganya. Selain tidak terpengaruh oleh inflasi dan krisis ekonomi, emas juga kini bisa diinvestasikan tanpa perlu memilikinya secara fisik. Layanan tersebut disebut dengan tabungan emas.

Banyak aplikasi investasi emas yang menyediakan aset emas dengan bobot yang ringan serta harga yang sangat murah. Mulai dari kisaran Rp500 perak, anda bisa berinvestasi emas dengan bobot 0,0001 gram. Bila anda merasa kurang, anda juga bisa membeli yang 0,1 gram dengan harga kisaran Rp10.000 saja.

3. Saham

Saham menjadi salah satu instrumen investasi yang populer hingga kini. Dalam berinvestasi saham, anda dianjurkan untuk mempelajari cara kerja, teknik analisis dan metode yang ada. Hal tersebut agar menjamin hasil yang maksimal.

Sebagai awalan, anda dianjurkan untuk berinvestasi pada saham korporasi BUMN dan blue chip. Karena stabilitas keduanya dinilai aman dan dapat menekan risiko kerugian. Dana yang diperlukan untuk berinvestasi saham berada di kisaran ratusan ribu rupiah saja.

Baca Juga : Deretan dari Saham Blue Chip 2021

Demikian informasi mengenai investasi tanpa modal. Perlu diingat bahwa cara yang disampaikan di artikel ini bersifat sebagai saran dan belum tentu menjamin keberhasilan dalam prosesnya.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
19 Aug 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download