Ini Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim

18 Aug 2021 by Laruan

Apakah Sobat Pintar pernah atau sedang bingung mencari cara membatalkan email yang sudah terkirim? Entah karena adanya kesalahan ketik, kesalahan alamat penerima, lupa melampirkan file, atau bahkan kesalahan pada isi email yang dikirim.

Perkembangan teknologi saat ini sudah memungkinkan pengguna layanan email untuk dapat membatalkan pengiriman email. Bahkan hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Yuk, simak caranya di bawah ini!

Ini Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim

Baca juga: 3 Alasan Kredit Pintar Jadi Fintech P2P Lending Aman 

1. Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Gmail

Menjadi penyedia layanan email yang populer dan paling umum digunakan, Google memang melengkapi Gmail dengan berbagai fitur yang sangat memudahkan penggunanya. Tidak terkecuali dengan fitur untuk membatalkan pengiriman email.

Berdasarkan pusat bantuan Gmail, setelah email dikirim atau sesaat setelah menekan tombol ‘Send’, Gmail memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk langsung membatalkan pengiriman tersebut. 

Caranya adalah dengan klik ‘Urungkan’ pada pemberitahuan yang akan muncul di layar PC/laptop atau smartphone Sobat Pintar. Jika berhasil, maka akan muncul pemberitahuan yang menyatakan bahwa pengiriman email telah berhasil dibatalkan. Email yang sudah ditarik tersebut akan tersimpan di bagian ‘draft’ email.

Akan tetapi, tips membatalkan pengiriman email  ini hanya dapat dilakukan dalam waktu yang cukup singkat yaitu 5, 10, 20 sampai 30 detik. Tergantung pada pengaturan yang sudah Sobat Pintar pilih.

Nah, artinya Sobat Pintar perlu terlebih dahulu mengaktifkan dan mengatur fitur ini sebelum dapat menggunakannya. Cara untuk mengaktifkannya sendiri cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Masuk ke akun Gmail yang ingin digunakan
  • Klik ikon berbentuk roda gigi untuk melakukan pengaturan
  • Pilih ‘Lihat semua setelan’
  • Silahkan centang pada pilihan ‘Aktifkan Urungkan Pengiriman’, kemudian pilih periode pembatalan pengiriman yang diinginkan (mulai dari 5 sampai 30 detik)
  • Jika sudah yakin, geser bilah ke bagian paling bawah kemudian klik ‘Simpan Perubahan’

Lalu, bagaimana dengan email yang sudah dikirimkan sejak lama? Apakah bisa dibatalkan pengirimannya?

Ini Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim

Sayangnya tidak ada yang bisa Sobat Pintar lakukan. Karena seperti yang telah disebutkan di atas, fitur ini hanya dapat digunakan hingga maksimal 30 detik setelah email dikirimkan. Sehingga email yang terlanjur dikirimkan melebihi batas tersebut sudah tidak dapat lagi dibatalkan. 

2.Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Yahoo Mail

Sama halnya seperti Gmail, Yahoo juga memungkinkan pengguna Ymail untuk membatalkan atau menarik kembali email yang baru saja dikirimkan dengan menggunakan fitur Unsend. Sayangnya fitur ini hanya tersedia di aplikasi Yahoo Mail.

Sementara bagi Sobat Pintar yang menggunakan Yahoo Mail melalui PC/laptop harus menggunakan email client untuk dapat membatalkan pengiriman email. Apa itu email client?

Email client adalah program yang memungkinkan Sobat Pintar untuk mengakses sekaligus mengatur email. Termasuk mengirim ataupun menerima email. Email client umumnya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang mempermudah penggunanya dalam mengatur email, salah satunya adalah fitur unsend.

Beberapa email client yang cukup banyak digunakan antara lain:

  • Spark (MacOS, Android, iOS)
  • Airmail (Windows)
  • Mailbird (iOS, MacOS)

Nah, jika Sobat Pintar menggunakan aplikasi Ymail di iOS atau Android, fitur Unsend biasanya akan aktif secara otomatis setelah aplikasi berhasil di instal. Namun, tidak ada salahnya untuk memeriksanya sekali lagi dengan cara:

  • Klik foto profil Sobat Pintar yang ada di kiri atas layar
  • Setelah panel yang ada di bagian kiri layar terbuka, pilih menu ‘Setting
  • Cari pilihan ‘Allow undo send’
  • Jika sidebar sudah bergeser ke kanan dan berwarna ungu, artinya fitur ini sudah aktif. Jika sidebar masih berada di kiri, geser untuk mengaktifkannya

Setelah fitur Unsend aktif, Sobat Pintar dapat mencobanya dengan mengirimkan email pada seseorang. Segera setelah menekan tombol kirim, tombol ‘Undo’ akan muncul di bagian kanan bawah layar. Klik untuk membatalkan pengiriman email.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa tips membatalkan pengiriman email  ini hanya dapat digunakan dalam waktu maksimal 2 detik. Sehingga email yang sudah terlanjur terkirim melebihi batas waktu tersebut tidak dapat lagi ditarik atau dibatalkan.

3. Cara Membatalkan Email yang Sudah Terkirim di Outlook

Selain Gmail dan Yahoo Mail, penyedia layanan email Outlook juga menyediakan fitur yang membantu penggunanya untuk membatalkan pengiriman email. Hal ini dapat dilakukan baik melalui website Outlook ataupun melalui aplikasi yang dapat di instal di PC/laptop.

Namun, perlu Sobat Pintar ketahui bahwa cara untuk membatalkan email yang sudah dikirimkan pada situs web dan aplikasi Outlook memiliki langkah-langkah yang sedikit berbeda.

  1. Cara membatalkan pengiriman email melalui situs Outlook.com (PC/laptop)

Untuk dapat membatalkan email yang sudah dikirim melalui situs Outlook, pertama-tama aktifkan terlebih dahulu fitur Unsend dengan cara di bawah ini.

  • Buka laman website Outlook dan masuk ke akun email Sobat Pintar
  • Klik tombol pengaturan yang ada di bagian kanan atas layar
  • Pilih ‘View all Outlook settings
  • Klik tab ‘Email’ dan pilih ‘Compose and Reply
  • Akan muncul panel di sebelah kanan layar, kemudian scroll ke bawah untuk mengatur fitur ‘Undo send
  • Geser slider ke bagian kanan layar untuk menentukan batas maksimal pembatalan email (5 sampai 10 detik)
  • Klik ‘Save’ untuk menyimpan pengaturan

Setelah fitur Unsend aktif, Sobat Pintar hanya perlu menekan tombol ‘Undo’ yang ada di bagian bawah layar setiap kali ingin membatalkan email yang baru saja dikirim.

  1. Cara membatalkan pengiriman email melalui aplikasi Outlook (PC/laptop)

Untuk membatalkan email yang sudah dikirimkan melalui aplikasi Outlook di PC dapat dilakukan menggunakan fitur Recall Email/ Recall Message.

Akan tetapi, menurut pernyataan Microsoft, fitur ini hanya dapat digunakan jika pengirim dan penerima email sama-sama menggunakan akun email Microsoft 365 atau Microsoft Exchange. Selain itu, pengirim dan penerima haruslah berada di organisasi yang sama.

Adapun tips membatalkan pengiriman email  menggunakan aplikasi Outlook adalah sebagai berikut ini:

  • Klik ‘Item Terkirim’ yang ada di Panel Navigasi
  • Buka email yang ingin ditarik kembali
  • Di tab pesan, pilih menu ‘Tindakan Lainnya’ dan klik ‘Tarik Pesan Ini’
  • Pilih salah satu opsi di bawah ini untuk membatalkan email yang terkirim:
    • Klik pilihan ‘Hapus salinan yang belum dibaca dan ganti dengan pesan baru’, jika Sobat Pintar ingin membatalkan pengiriman email dan menggantinya dengan email baru. 
    • Klik ‘Hapus salinan yang belum dibaca’, jika ingin membatalkan pengiriman email tanpa mengirimkan email pengganti. 
  • Centang pilihan ‘Beritahu saya jika penarikan kembali berhasil atau gagal untuk setiap penerima’
  • Jika ingin mengirimkan email pengganti, silahkan tulis email, kemudian klik ‘Kirim’

Namun, perlu dicatat bahwa cara ini bisa mengalami kegagalan jika penerima sudah terlanjur membaca email yang Sobat Pintar hapus. Jadi, itu dia beberapa tips membatalkan pengiriman email . Penyedia layanan email manakah yang Sobat Pintar gunakan?

Baca juga: Data KTP Aman Terlindungi Dengan 5 Cara Berikut 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload