Jenis Vaksin Kucing dan Harga Vaksin Kucing

13 Jan 2023 by kreditpintar, Last edit: 13 Jan 2023

Kucing termasuk salah satu hewan yang kerap dipelihara oleh kebanyakan orang. Dalam memelihara kucing, kesehatan hewan tersebut pun harus diperhatikan supaya tidak sampai menularkan penyakit. Cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan vaksin. Vaksin kucing memiliki jenis-jenisnya sendiri, begitu juga dengan harga vaksin kucing yang terbilang bervariasi. 

harga vaksin kucing

Terlepas dari harga yang ditawarkan, jika Anda memelihara kucing, pemberian vaksin kucing tentu tidak boleh diabaikan. Yuk cari tahu lebih lanjut bagaimana sebenarnya syarat pemberian vaksin kucing, jenis-jenisnya, hingga harga vaksin kucing di Puskeswan dengan menyimak penjelasan berikut. 

Baca juga: Ragu Pelihara Kucing? Ini 7 Manfaat Pelihara Kucing Untuk Kesehatan

Jenis-Jenis Vaksin Kucing 

Pemberian vaksin kucing harus dilakukan dengan mempertimbangkan usianya. Ada 3 jenis vaksin kucing yang harus diberikan untuk menjaga imun dan stabilitas kesehatan kucing. Ketiga jenis tersebut di antaranya:

Vaksin Tricat

Vaksin jenis ini akan diberikan apabila kucing berusia 8-10 minggu. Fungsi pemberian vaksin ini tidak lain berguna melindungi kucing dari penyakit seperti Feline Rhinotracheitis, Feline Panleukopenia, dan Feline Calicivirus. Pastikan jika kucing Anda sudah menerima vaksin yang pertama ini supaya tidak terserang virus-virus penyakit tersebut. 

Vaksin Tetracat

Jenis kedua dari vaksin kucing ini adalah Tetracat yang diberikan saat kucing berusia 12-14 minggu. Secara umum, fungsi vaksin Tetracat hampir sama dengan vaksin Tricat. Namun, ada tambahan manfaat lainnya yaitu mampu melindungi kucing dari virus Chlamydia. 

Vaksin Rabies

Rabies adalah sebuah penyakit yang mampu menyerang kekebalan tubuh dari kucing. Penyakit ini juga diketahui bisa menular ke manusia yang memiliki kontak langsung dengan kucing. Untuk menghindari tertularnya si pemilik dari penyakit ini, kucing harus mendapatkan vaksin Rabies di usia 20 minggu. 

Selain tiga vaksin utama yang sudah disebutkan di atas, kucing juga perlu mendapatkan vaksin tambahan. Pemberian vaksin berikut harus disesuaikan dengan rekomendasi dari dokter. Di bawah ini adalah jenis vaksin tambahan tersebut.

  1. Bordetella: Vaksin ini bertujuan mencegah kucing terserang infeksi bakteri yang mampu menyerang sistem pernapasan atas. 
  2. FIV: Vaksin yang mampu mencegah dan meminimalkan munculnya penyakit seperti imunodefisiensi. 
  3. FIP: Jenis vaksin kucing yang mampu mencegah terserang virus corona.
  4. Klamidia: Vaksin untuk melindungi infeksi bakteri yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas dan konjungtivitis. 

Baca juga: 12 Jenis Kucing Paling Populer Di Dunia

Ada dua jenis penyakit lain yang kerap dialami kucing dan perlu dilakukan vaksinasi yaitu penyakit feline leukemia dan dermatofitosis. Feline leukemia ini termasuk penyakit serius yang belum memiliki obat penawar. Sementara itu, dermatofitosis adalah infeksi jamur yang bisa menyebabkan rontoknya bulu. Dermatofitosis ini juga bisa menular ke manusia lewat kontak secara langsung. 

Syarat Pemberian Vaksin Kucing

vaksin kucing harga

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai harga vaksin kucing, Anda juga harus mengetahui syarat apa saja yang harus dipenuhi supaya kucing bisa melakukan vaksin. Berikut ini adalah syarat-syarat lengkapnya:

  1. Kucing dalam kondisi yang sehat dan tidak sakit 
  2. Tidak mengalami demam, pilek, batuk, bersin, muntah, atau bahkan diare 
  3. Tidak memiliki masalah nafsu makan 
  4. Tidak memiliki masalah kulit 
  5. Sudah mencukupi umur yang disyaratkan untuk mendapatkan vaksin
  6. Sudah melalui masa adaptasi dalam kurung 7-14 hari 

Apakah Vaksin Kucing Harganya disesuaikan dengan Jenisnya? 

Harga vaksin kucing pada dasarnya memang berbeda-beda sesuai dengan jenis dari vaksin yang diberikan. Harga yang dijelaskan berikut ini adalah kisaran harga yang bisa saja berbeda-beda untuk tiap daerah. Berikut adalah rincian harga vaksin kucing untuk tiap jenis yang berbeda. 

Harga Vaksin Kucing Tricat

Vaksin Tricat dapat diberikan dari usia kucing 8 minggu hingga 6 bulan. Dalam rentang usia yang berbeda, harga vaksin kucing pun akan berbeda. Berikut adalah perbedaan harganya:

  1. Usia 8-10 minggu: Rp80.000–Rp250.000
  2. Usia 12-14 minggu: Rp170.000–Rp250.000
  3. Usia 6 bulan: Rp100.000–Rp250.000

Harga Vaksin Kucing Tetracat

Sama halnya dengan vaksin kucing Tricat, vaksin kucing Tetracat juga diberikan untuk usia kucing minimal 8 minggu dan maksimal 6 bulan. Kisaran harga vaksin kucing Tetracat ternyata sama terlepas dari perbedaan usia saat pemberian vaksin. Berikut untuk rincian harganya:

  1. Usia 8-10 minggu: Rp180.000–Rp210.000
  2. Usia 12-14 minggu: Rp180.000–Rp210.000
  3. Usia 6 bulan: Rp180.000–Rp210.000

Harga Vaksin Kucing Rabies

Seperti yang Anda ketahui di penjelasan mengenai jenis-jenis vaksin, vaksin kucing Rabies akan diberikan saat kucing berusia 20 minggu. Harga vaksin kucing untuk jenis penyakit ini tergolong tidak terlalu mahal dan masih dalam kisaran yang terjangkau yaitu Rp100.000. 

Baca juga: Tips Beli Kucing Untuk Teman Bermain Di Rumah

Harga Vaksin Kucing di Puskeswan

Puskeswan atau Pusat Kesehatan Hewan menyediakan jenis-jenis vaksin kucing seperti yang disebutkan sebelumnya. Namun, untuk harga vaksin kucing di Puskeswan tidaklah sama antara daerah satu dan lainnya. Hal ini bergantung pada kebijakan dari masing-masing Puskeswan. 

Meskipun demikian, Puskeswan menawarkan harga yang lebih terjangkau dari harga yang ditawarkan di klinik hewan dan rumah sakit hewan. Tidak jarang, Puskeswan juga memberikan layanan vaksin gratis untuk kucing berkat subsidi yang diberikan oleh pemerintah Kabupaten dan Provinsi. 

Namun, jika tidak mendapatkan layanan vaksin gratis, Puskeswan akan mengenakan biaya sekitar Rp150.000. Supaya lebih jelas mengenai rincian harga ini, Anda bisa mendatangi Puskeswan terdekat dan menanyakan terkait rincian harga vaksin kucing. 

Bisakah Mendapatkan Vaksin Kucing di Petshop?

Petshop adalah toko atau tempat yang diketahui menjual berbagai barang kebutuhan hewan peliharaan. Disamping itu, petshop juga menyediakan layanan lainnya seperti penitipan hewan. Semakin berjalannya waktu, petshop mulai berkembang dengan menghadirkan layanan seperti pet clinic untuk pemeriksaan hewan. Layanan ini tentunya diawasi dan dikelola secara langsung oleh dokter hewan yang bekerja sama dengan petshop

Dengan fungsi tersebut, apakah memungkinkan untuk mendapatkan vaksin kucing di petshop? Hal tersebut bisa saja dilakukan asalkan petshop tersebut menyediakan layanan pemberian vaksin di pet clinic mereka. Layanan seperti ini tentunya tidak tersedia di semua petshop sehingga Anda harus pastikan apakah petshop menyediakan layanan klinik di dalamnya. 

Perawatan Lainnya Bagi Kucing Selain Vaksin

berapa harga vaksin kucing

Selain memberikan vaksin sebagai cara untuk melindungi kucing dari bahaya berbagai penyakit, Anda harus menerapkan perawatan lainnya. Contohnya, memberikan makanan sehat kepada kucing, baik itu dalam bentuk makanan basah atau kering. 

Selain makanan sehat, vitamin juga tak kalah penting diberikan. Vitamin bisa membantu meningkatkan nafsu makan, mencegah dari serangan virus dan penyakit, dan membuat bulu kucing tumbuh dengan baik. 

Kemudian, untuk menjaga kebersihan kucing, grooming disarankan dilakukan secara rutin. Grooming ini meliputi memotong kuku, merapikan bulu, membersihkan telinga, maupun memandikannya. Anda bisa melakukannya dengan mendatangi petshop yang menyediakan layanan seperti ini. 

Baca juga: Cek Disini, Biaya Grooming Kucing Terupdate

Sekian penjelasan mengenai macam-macam harga vaksin kucing yang bisa didapatkan di Puskeswan maupun di klinik hewan. Melihat pentingnya manfaat dari vaksin, Anda harus mempertimbangkan pemberian vaksin sesuai dengan anjuran yang ada. Ini bisa membantu kucing Anda tetap sehat, begitu juga Anda akan terhindar dari virus yang menular.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
13 Jan 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download