Cek Disini, Biaya Grooming Kucing Terupdate

11 Oct 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 12 Oct 2022

Bagi kalian yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, grooming adalah salah satu cara untuk merawatnya dengan baik. Mencari tau biaya grooming kucing adalah langkah awal untuk dapat memanjakan hewan peliharaan kalian.

Cek Disini, Biaya Grooming Kucing Terupdate

Kucing secara alami membersihkan dirinya dengan cara menjilati tubuhnya. Akan tetapi cara ini kurang efektif bagi kucing yang memiliki bulu panjang dan lebat seperti Persia. Karena ada kemungkinan kucing tersebut akan menelan bulu yang rontok sehingga menyebabkan hairball.

Oleh karena itu kalian harus melakukan grooming pada kucing kalian. Kalian bisa melakukan grooming di rumah atau membawanya ke groomer profesional terdekat atau ke petshop di daerah kalian. Grooming kucing memiliki biaya grooming kucing yang bervariasi tergantung lokasi kalian.

Baca juga: 3 Cara Menetaskan Telur Ayam Hingga Berhasil

Grooming adalah kegiatan memandikan kucing agar bulunya menjadi bersih, wangi dan bebas dari kotoran yang menempel. Aktivitas grooming ini perlu dilakukan serutin mungkin.

Grooming bisa kalian di rumah, yakni dengan cara memotong kukunya, membersihkan telinga, merapikan bulu dan memandikan kucing kalian. Grooming dapat kalian lakukan di rumah jika tidak mengalokasikan biaya grooming kucing.

Akan tetapi jika kalian tidak memiliki waktu atau tidak bisa melakukan grooming, kalian bisa membawanya ke petshop yang menyediakan jasa grooming.

Grooming sendiri di rumah memerlukan shampoo atau sabun khusus untuk kucing. Selain itu juga memerlukan peralatan khusus kucing seperti pengering bulu, sisir hingga sikat untuk merapikan bulunya.

Memang terlihat mudah, akan tetapi memandikan kucing tetap saja membutuhkan kesabaran. Hal tersebut dikarenakan kebanyakan kucing kurang senang jika tubuhnya terkena air. Oleh karena itu kalian tidak perlu resah jika kalian tidak memiliki banyak waktu melakukan grooming.

Saat ini sudah banyak petshop atau salon khusus hewan yang menawarkan layanan grooming dengan biaya grooming kucing yang bermacam-macam. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Jogja, Bandung hingga Surabaya sudah bertebaran petshop yang melayani grooming dengan biaya grooming kucing yang bervariasi.

Cek Disini, Biaya Grooming Kucing Terupdate

Manfaat Grooming Kucing.

Grooming memiliki manfaat yang banyak bagi kucing kalian, berikut manfaat dari grooming:

  1. Meminimalisir cakaran kucing

Kucing membutuhkan kukunya untuk bertahan hidup di habitat liarnya agar bisa bertahan dari serangan predator. Namun karena kucing sekarang banyak yang dipelihara maka kuku yang panjang lebih baik dipotong pada saat grooming.

Apalagi jika kalian ada anak kecil di sekitar kucing kalian. Kalian harus memotong kukunya agar meminimalisir resiko terkena cakaran kucing.

  1. Menghindari Hairball

Kucing akan mengalami hairball karena mereka menelan bulunya yang rontok. Kucing yang terkena resiko hairball biasanya pada jenis Persia atau yang memiliki bulu yang lebat.

Dengan grooming kucing kalian akan dibersihkan bulunya yang rontok dan dirapikan. Jika melakukan grooming secara rutin, dampaknya akan mengurangi terkena hairball pada kucing.

  1. Mendeteksi keberadaan parasit

Jika kalau kalian melihat kucingnya sering menggaruk tubuhnya secara agresif, bisa jadi itu ada parasit/ kutu yang menempel. Kutu/ parasit akan terdeteksi jika kalian membawa kucing kalian ke groomer. Dengan begitu si kucing akan mendapatkan perawatan yang tepat sebelum terjadi infeksi pada kulit kucing.

  1. Mencegah bulu rontok sembarangan

Seringkali kalian menemukan bulu kucing rontok yang berceceran di perabotan. Kalian dapat melakukan grooming, dengan begitu kucing akan lebih sehat dan bulunya tidak mudah rontok. Sehingga kalian akan jarang menemui bulu yang rontok berceceran lagi.

Cek Disini, Biaya Grooming Kucing Terupdate

Tips Grooming Kucing

Grooming pada kucing tidak dilakukan begitu saja dengan membawa kucing kalian ke petshop. Akan tetapi ada beberapa tips yang perlu kalian perhatikan sebelum grooming kucing.

Pastikan kucing kalian sehat dan bugar, sehingga kucing kalian tidak mengalami stress ketika sedang memandikan. Tak bisa dipungkiri bahwa kucing merupakan hewan yang takut terkena air.

Kemudian kalau kalian melakukan grooming sendiri di rumah, pastikan kalian memiliki perlengkapan khusus seperti handuk, hairdryer, pemotong kuku hingga pembersih telinga.

Kalian juga dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak petshop mengenai alat yang akan digunakan grooming di rumah (apabila ingin grooming sendiri). Jika kalian memiliki kucing berbulu lebat dan panjang seperti Persia, maka kalian memerlukan sisir yang bergerigi lebar agar tidak rontok.

Kalian juga harus memotong kuku dan menyisir bulu kucing sebelum melakukan grooming. Bulu kucing yang kusut sebelum dimandikan akan menyebabkannya mudah rusak. Selain itu jangan lupa membasuh kucing secara perlahan agar mereka dapat dimandikan secara teratur.

Tips yang terakhir yakni pastikan kucing kalian benar-benar kering setelah dimandikan. Kalian dapat menggunakan handuk atau lap kering untuk membersihkan permukaan si kucing dan dikeringkan dengan hair dryer.

Tujuannya yakni agar bisa terhindar dari permukaan kulit kucing yang lembab. Jika lembab akan mengakibatkan jamur pada kulit si kucing.

Baca juga: 7 Cara Mengobati Kucing Keracunan yang Tepat

Biaya Grooming Kucing

Dilansir dari situs harga.web.id, harga grooming kucing berkisar dari 70 ribu hingga kurang dari 200 ribuan. Untuk selengkapnya bisa kalian cek dibawah ini:

Jenis Layanan Tarif

  • Full Grooming Cat Short Hair 0-2,9 kg Rp70.000
  • Full Grooming Cat Long Hair 0-2,9 kg Rp75.000
  • Full Grooming Cat Short Hair 3-4,9 kg Rp85.000
  • Full Grooming Cat Long Hair 3-4,9 kg Rp90.000
  • Full Grooming Cat Short Hair 5-7,9 kg Rp110.000
  • Full Grooming Cat Long Hair 5-7,9 kg Rp115.000
  • Full Grooming Cat Short Hair 8-12,9 kg Rp120.000
  • Full Grooming Cat Long Hair 8-12,9 kg Rp125.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 0-2,9 kg Short Hair Rp120.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 3-4,9 kg Short Hair Rp135.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 5-7,9 kg Short Hair Rp145.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 5-7,9 kg Long Hair Rp150.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 8-12,9 kg Short Hair Rp155.000
  • Mandi Kutu/Jamur Cat 8-12,9kg Long Hair Rp160.000

Harga yang ditawarkan bergantung pada jenis grooming apa yang kalian pilih dan juga bobot si kucing. Semakin besar beratnya semakin tinggi harga groomingnya.

kucing

Kalian juga tidak hanya bisa membawa ke petshop, ada juga layanan grooming panggilan yang bisa dicoba. Harga yang ditawarkan bervariasi tergantung petshop, biasanya dimulai dari harga 40 ribu hingga 80 ribuan.

Layanan grooming kucing yang dilakukan di petshop atau salon hewan biasanya dilakukan oleh groomer profesional dengan peralatan yang bagus. Oleh karena itu hasilnya relatif memuaskan daripada kalian melakukan grooming sendiri di rumah.

Melakukan grooming kucing memang mengeluarkan dana yang tidak murah. Hal tersebut lebih baik daripada tidak melakukan grooming ternyata ada penyakit pada kucing kesayangan kalian dan tidak terdeteksi. Tentu kalian akan mengeluarkan biaya yang lebih untuk menyembuhkannya.

Baca juga: Daftar Rekomendasi Harga Aquarium Terbaik

Demikian informasi mengenai biaya grooming kucing yang dapat membantu kalian merawat kucing kesayangan. Kalian bisa membawa kucing kalian ke petshop yang melayani jasa grooming kucing. Petshop yang melayani grooming sudah tersebar di berbagai kota termasuk Jakarta, Jogja dan Bandung.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
12 Oct 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download