Ini Syarat Lengkap Gadai HP di Pegadaian

29 Dec 2021 by Rindang Maulidia, Last edit: 02 Mar 2022

Dengan biaya kebutuhan yang semakin meningkat setiap tahun, Pegadaian menjadi salah satu tempat yang dituju oleh masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman. Tidak hanya emas, kendaraan, dan sertifikat rumah, kini masyarakat juga bisa gadai HP di Pegadaian untuk mendapatkan uang pinjaman melalui layanan program Kredit Cepat Aman (KCA). Apa saja syarat gadai HP di Pegadaian? Baca penjelasan selengkapnya di sini.

gadai hp di pegadaian

Syarat Gadai HP di Pegadaian

Agar bisa menggadaikan HP, Sobat Pintar perlu memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Menyiapkan fotokopi kartu identitas resmi, bisa menggunakan e-KTP/SIM?Paspor
  2. Mengisi dan menandatangani Surat Bukti Kredit
  3. HP yang akan digadaikan wajib berada pada kondisi baik. Jika memungkinkan, masa produksi HP masih berada dalam jangka waktu 1 tahun
  4. Membayar biaya administrasi sesuai dengan nominal gadai yang diajukan
  5. Menyerahkan HP untuk mendapatkan uang pinjaman dari pegadaian

Daftar Harga Gadai HP

Di Pegadaian, masyarakat bisa menggunakan barang Elektronik, seperti HP, kamera, laptop, dan barang elektronik lainnya sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman. Tabel ini akan memuat golongan kredit, tarif sewa modal per 15 hari, dan perkiraan pinjaman yang diterima setelah mendapatkan penaksiran harga barang jaminan.

daftar harga gadai hp
Golongan KreditKisaran Besaran PinjamanTarif sewa modal per 15 hari untuk barang elektronik
ARp 50.000,- hingga Rp 500.000,-0.75%
BRp 550.000,- hingga Rp 5.000.000,-1.15%
CRp 5.100.000,- hingga Rp 20.000.000,-1.15%
DRp 20.100.000,- hingga s/d BMPK1.15%

Baca juga: Keuntungan Investasi Emas Pegadaian dan Caranya

Keuntungan Gadai HP di Pegadaian

Dengan syarat yang mudah dan proses yang praktis, Sobat Pintar bisa dengan mudah melakukan gadai HP di Pegadaian. Selain itu, ada juga berbagai keuntungan yang bisa didapatkan, seperti:

  1. Mendapatkan dana pinjaman dalam waktu singkat, kurang-lebih hanya dalam 15 menit. 
  2. Mendapatkan jangka waktu pinjaman paling lama 120 hari. Namun, Sobat Pintar juga bisa memperpanjang jangka waktu tersebut dengan mengangsur sebagian uang yang sudah dipinjam, atau membayar sewa modal.
  3. Pelunasan pinjaman boleh dilakukan sewaktu-waktu.
  4. Sobat Pintar bisa menerima pinjaman dalam bentuk uang tunai, maupun non-tunai.
  5. Transaksi gadai dapat dilakukan di seluruh cabang Pegadaian yang telah tersebar sebanyak 400 cabang di Indonesia.

Cara Mengajukan Gadai HP

Penggadaian HP hanya bisa dilakukan secara offline melalui gerai Pegadaian terdekat di kotamu. Inilah prosedur gadai HP di Pegadaian.

syarat gadai hp di pegadaian
  1. Nasabah mendatangi gerai Pegadaian terdekat dan mendaftarkan barang jaminan gadai.
  2. Petugas Pegadaian akan menerima dan memeriksa barang jaminan gadai.
  3. Setelah barang selesai diperiksa, petugas akan menentukan jumlah pinjaman yang bisa diberikan yang umumnya berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 500.000.000,- .
  4. Jika pengajian gadai diterima, nasabah wajib menandatangani Surat Bukti Kredit (SBK).
  5. Nasabah akan mendapatkan struk yang memuat rincian tentang nominal dan tanggal jatuh tempo pinjaman.
  6. Nasabah akan dikenai dua jenis biaya, yaitu biaya administrasi pengajuan gadai sebesar Rp 2.0000,- dan biaya sewa modal sebesar 0.75% per 15 hari.
  7. Nasabah akan mendapatkan dana pinjaman dari PT. Pegadaian sebesar 90-95% dari taksiran nilai HP yang digadaikan.
  8. Pembayaran pinjaman dengan gadai HP bisa dibayarkan secara langsung maupun transaksi non tunai, seperti; ATM Mandiri, Mandiri Online, Mobile Banking BRI, dan EDC BRI.
  9. Jika dana pinjaman tidak dibayarkan sesuai tanggal jatuh tempo yang tertera, barang gadaian akan dilelang oleh PT. Pegadaian sesuai jadwal yang ditetapkan.
  10. Jika nasabah sanggup melunasi pinjaman, barang gadaian bisa diambil di cabang Pegadaian yang didatangi saat mengajukan gadai HP.

Masih Ragu Gadaikan HP? Yuk Pertimbangkan Pinjaman Online Tanpa Jaminan

Dengan menitipkan barang jaminan di Pegadaian, masyarakat bisa mendapatkan uang pinjaman sesuai dengan golongan kredit atas taksiran harga barang jaminan. Pinjaman tersebut tentunya bisa dimanfaatkan untuk keperluan pinjaman konsumsi maupun untuk mengembangkan usaha yang telah dirintis.

Namun, telah disampaikan juga bahwa apabila nasabah tidak berhasil melunasi pinjaman, barang jaminan akan dilelang oleh PT. Pegadaian. Pertanyaannya, apakah Sobat Pintar siap dengan risiko tersebut? Jika risiko tersebut membuat Sobat Pintar ragu, mungkin pinjaman online tanpa jaminan bisa menjadi alternatif.

Baca juga: Investasi dengan Menabung Emas di Pegadaian

Memang, saat ini banyak pemberitaan buruk tentang pinjaman online yang beredar di internet. Namun, dengan menggunakan pinjaman online tanpa jaminan yang terdaftar dan diawasi OJK, niscaya Sobat Pintar bisa terhindar dari tindak kejahatan pinjaman online yang dikabarkan dalam berbagai media.

Dengan memilih alternatif ini, Sobat Pintar juga bisa mendapatkan dana pinjaman tanpa harus keluar rumah dan menyiapkan barang jaminan. Tentunya, pinjaman yang diberikan juga bisa digunakan untuk berbagai keperluan. 

Itulah berbagai syarat lengkap untuk gadai HP di Pegadaian. Semoga bermanfaat. 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blogKredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

02 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download