Keuntungan Investasi Emas Pegadaian dan Caranya

28 Oct 2021 by Ary Wibowo, Last edit: 21 Sep 2022

Salah satu jenis investasi yang banyak disukai orang dari berbagai kalangan usia adalah investasi emas. Berbeda dengan investasi saham yang memiliki resiko dan kompleksitas yang lebih tinggi, investasi emas lebih sederhana dan mudah dimengerti. Salah satu penyedia layanan investasi emas yang paling dikenal di Indonesia adalah Pegadaian. Apabila Anda ingin mencoba melakukan investasi emas, artikel ini mengupas investasi emas Pegadaian, beserta keuntungan, risiko, dan cara melakukannya.

Keuntungan Investasi Emas Pegadaian dan Caranya

Apa Itu Investasi Emas?

Emas atau yang sering juga disebut logam mulia merupakan logam yang memiliki harga yang tinggi. Maksud dari investasi emas adalah membeli emas (dalam bentuk apapun) dan menyimpannya dengan harapan nilai emasnya akan naik di masa depan, sehingga didapatkan keuntungan.

Ini karena walaupun harganya tinggi, harga emas kian mengalami kenaikan dan penurunan seiring dengan permintaan dan ketersediaannya. Walau begitu, karena persediaannya yang makin menipis, jika dilihat dalam jangka waktu panjang, harga emas selalu meningkat.

Meskipun sempat mengalami penurunan nilai pada tahun 2013-2016, secara keseluruhan nilai emas cenderung meningkat. Inilah mengapa investasi emas bisa dibilang sangat sederhana. Banyak ibu-ibu melakukan investasi dengan perhiasan emas mereka, karena dalam jangka panjang hampir sudah pasti harganya akan meningkat. Yang harus dilakukan hanyalah membeli emas, menyimpannya, dan menjualnya saat membutuhkan uang dan harga emas sudah naik dibandingkan saat kita membelinya.

Perlu diingat, seperti yang dapat dilihat di grafik harga emas dalam 30 tahun, nilai emas kian pasang surut. Tidak ada jaminan bahwa Anda akan mendapat keuntungan dari melakukan investasi emas.

Investasi Emas Pegadaian

Pegadaian memiliki beberapa layanan yang memfasilitasi Anda melakukan investasi emas.

  1. Jual Beli Emas Batangan

Tentunya layanan pembantu investasi emas pertama yang disediakan oleh Pegadaian adalah jual beli emas batangan. Prinsipnya adalah seperti yang tadi disebutkan: membeli emas lalu menjualnya saat harganya sudah naik.

  1. Tabungan Emas

Tabungan emas merupakan layanan penitipan saldo emas. Yang dapat dilakukan dengan saldo emas antara lain:

  • dijual kembali ke Pegadaian (buyback)
  • dicetak menjadi batangan emas
  • digadaikan untuk mendapat uang tunai
  1. Jasa Titip Jual Konsinyasi Emas

Ini merupakan jasa menitipkan emas batangan untuk dijual kepada investor.

Keuntungan Investasi Emas Pegadaian

Kredibilitas yang tinggi

Keuntungan pertama dari melakukan investasi emas di Pegadaian adalah Pegadaian merupakan perusahaan yang sangat kredibel. PT Pegadaian merupakan satu-satunya penyedia layanan pegadaian di Indonesia yang diakui secara hukum. Anda tidak perlu khawatir akan ditipu dan semacamnya.

Layanan sangat mudah untuk diakses

Anda dapat menabung di seluruh kantor Pegadaian yang tersebar di Indonesia.

Pencetakan emas mulai dari kepingan 1 gram

Beberapa penyedia layanan investasi emas menyediakan kepingan emas mulai dari 5 gram atau bahkan lebih. Merupakan keuntungan bagi nasabah untuk memiliki pilihan mencetak emas walaupun tabungan baru cukup untuk membeli 1 gram.

Harga jual dan buyback kompetitif

Jika dibandingkan dengan layanan serupa, Tabungan Emas Pegadaian termasuk memiliki harga kompetitif.

Biaya administrasi dan pengelolaan ringan

Saat membuka tabungan emas, nasabah akan dikenakan biaya sebesar Rp10.000,- hanya bila membuka rekening di outlet atau agen Pegadaian. Jika melakukan pembukaan rekening online tidak dikenakan biaya. Untuk biaya fasilitas penitipan emas, per tahunnya dikenakan Rp30.000,- jika membuka tabungan di outlet atau agen, sementara untuk pembukaan rekening digital gratis untuk 1 tahun pertama.

Biaya transaksinya juga tidak mahal. Transfer emas ke rekening lain dikenakan Rp2.000,- jika melalui outlet dan tidak dikenakan biaya jika online. Pencetakan rekening koran pun hanya dikenakan Rp2.000,-.

Emas dijamin 24 karat

Seperti yang dikatakan tadi, Pegadaian merupakan perusahaan yang sangat kredibel. Tidak perlu khawatir akan penipuan, emas Pegadaian semuanya dijamin 24 karat.

Buyback minimal 1 gram

Lagi-lagi bicara tentang nilai minimum 1 gram, pada dasarnya lebih menguntungkan bagi nasabah untuk dapat menentukan apa yang ingin dilakukan pada tabungannya dengan nilai minimum sekecil mungkin. Ini memungkinkan nasabah untuk dapat mengakses nilai uang dari tabungan emas kalau-kalau ada situasi genting.

Transfer ke rekening Tabungan Emas minimal 0,1 gram

Menawarkan fleksibilitas bagi nasabah.

Top Up Tabungan Emas mulai dari 0,01 gram

Jika ingin menabung emas secara perlahan-lahan, Tabungan Emas Pegadaian sangat cocok untuk Anda! Terutama bila Anda adalah pegawai baru, fresh-graduate, atau bahkan mahasiswa yang belum memiliki banyak uang tapi ingin memulai investasi emas, cobalah investasi emas Pegadaian karena dapat melakukan top up mulai dari 0,01 gram, yang bernilai di bawah Rp50 ribu.

Risiko Investasi Emas Pegadaian

Semua jenis investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya. Walaupun investasi emas memiliki risiko yang relatif kecil dibandingkan kebanyakan alat investasi lain, tentunya tetap ada resikonya. Sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas dengan Pegadaian, pikirkanlah dahulu beberapa kekurangan ini.

Jumlahnya terbatas

Karena jumlah emas di dunia terbatas, apabila banyak orang yang membuka Tabungan Emas Pegadaian, emas bisa saja tidak tersedia dan tidak banyak yang dapat dilakukan.

Risiko nilai emas turun

Seperti yang sudah disebutkan tadi, nilai emas bisa naik bisa turun. Jika ingin memaksimalkan Tabungan Emas, sebaiknya pelajari faktor-faktor yang mempengaruhi nilai emas supaya paling tidak bisa memprediksinya.

Syarat Investasi Emas Pegadaian

  • Memiliki dokumen identitas yang masih berlaku, bisa KTP atau Paspor.
  • Mengisi dan menyerahkan formulir pembukaan Rekening Tabungan Emas.
  • Membayar biaya transaksi Tabungan Emas.

Cara Investasi Emas Pegadaian

Terdapat dua cara untuk membuka tabungan emas Pegadaian, yaitu offline di salah satu outlet Pegadaian dan online melalui aplikasi Pegadaian Digital.

Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian di Outlet (Offline)

  1. Pergi ke outlet Pegadaian terdekat dengan membawa semua syarat dokumen.
  2. Sampaikan pada petugas bahwa Anda ingin membuka rekening tabungan emas. Petugas akan memberikan formulir, isi formulir tersebut.
  3. Jika sudah mengisi formulir dan sudah diperiksa oleh petugas, lakukan pembayaran biaya administrasi.
  4. Petugas akan memberikan Buku Tabungan Emas. Lakukan pembelian Tabungan Emas sebagai saldo pertama Anda mulai dari 0,01 gram.

Cara Membuka Tabungan Emas Pegadaian melalui Aplikasi Pegadaian Digital (Online)

  1. Unduh aplikasi Pegadaian Digital melalui Play Store maupun App Store.
  2. Lakukan registrasi kemudian log in ke akun Pegadaian Digital Anda.
  3. Pada Home, pilih menu Tabungan Emas.
  4. Isi data yang diminta. Anda juga harus memilih cabang lokasi pembukaan rekening.
  5. Pilih metode pembayaran dan lakukan pembayaran.
  6. Anda akan mendapat pesan verifikasi bahwa rekening Anda sudah aktif. Buku tabungan dapat diambil di cabang lokasi yang tadi Anda pilih.

Setelah mengetahui keuntungan, risiko, dan cara Investasi Emas Pegadaian, apakah Anda tertarik memiliki Tabungan Emas? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download