FMCG Adalah: Kepanjangan, Jenis, Contoh Perusahaan, dan Peluangnya

04 Dec 2023 by kreditpintar, Last edit: 05 Dec 2023

FMCG adalah salah satu jenis perusahaan yang produk-produknya digemari oleh konsumen. Mengapa demikian? Ini karena FMCG mampu menyediakan produk dalam jumlah banyak, dengan harga yang terjangkau, dan cepat laris. Di lain sisi, perusahaan FMCG juga digemari oleh para pebisnis karena biaya produksi yang rendah dengan masa penyimpanan yang singkat.

Nah, sebenarnya seperti apa FMCG itu? Dan apa saja contoh companies atau perusahaan FMCG di Indonesia? Untuk dapatkan jawabannya, yuk simak uraian penjelasannya berikut. 

Baca juga: Apa yang Dimaksud dengan Perusahaan Retail?

Apa itu Kepanjangan dan Definisi FMCG?

Bagi Anda yang masih asing dengan istilah FMCG pasti bertanya-tanya apa kepanjangan dari istilah tersebut. Nah, FMCG adalah singkatan dari fast moving consumer good. Istilah ini secara umum merujuk pada perusahaan yang bisa memproduksi produk dalam jumlah banyak, cepat laris, namun masih dalam rentang harga yang terjangkau.

Salah satu alasan yang membuat produk FMCG cepat laris tidak lain karena produk tersebut dibeli dan dikonsumsi untuk kebutuhan sehari-hari. Jadi, secara tidak langsung, pergerakan produksinya juga harus cepat untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Produk-produk ini juga disalurkan secara luas di berbagai wilayah Indonesia. Dengan demikian produknya lebih mudah dijangkau dan didapatkan oleh masyarakat. Karena sifatnya yang dikonsumsi sebagai kebutuhan sehari-hari, produk FMCG juga lebih cepat terjual habis dengan masa penyimpanan produk yang lebih singkat.

Jenis Produk FMCG

Dari pengenalan sekilas mengenai apa itu FMCG, dapat dikatakan jika FMCG adalah perusahaan yang punya karakteristik khusus. Mulai dari produksinya yang dalam jumlah banyak, cepat sekali laris, dan masa penyimpanan yang relatif singkat. Lalu, apa sajakah contoh jenis produk FMCG? Inilah beberapa contoh yang bisa Anda temukan di pasaran.

  • Makanan siap saji. Contohnya, mie instan, makanan beku, dan kentang goreng.
  • Makanan olahan. Contohnya, sereal, daging kornet sapi, sosis, nugget, bakso, dan produk keju. 
  • Minuman kemasan. Contohnya, air mineral kemasan, susu, dan minuman energi. 
  • Produk perawatan tubuh atau perlengkapan mandi. Contohnya, sabun mandi, pasta gigi, sampo, pencuci piring, detergen, pelembut pakaian, dan lainnya. 
  • Obat-obatan untuk pengobatan sakit ringan seperti nyeri atau demam yang tidak membutuhkan resep dokter.
  • Peralatan sekolah atau kantor. Contonya, buku, pena, pensil, spidol, penggaris, dan lain-lain.
  • Kue kering atau camilan-camilan ringan. 

Baca juga: 10 Perusahaan Terbesar di Dunia dan Paling Terkenal

Contoh Companies atau Perusahaan FMCG di Indonesia

Perusahaan atau companies FMCG umumnya memiliki berbagai produk atau merek yang memiliki popularitas tinggi di masyarakat. Pasalnya, mereka mampu membangun brand awareness yang kuat dan proses promosinya dilakukan dengan target audiens yang luas. Contohnya melalui iklan di televisi atau di media online.

Di Indonesia, nama-nama perusahaan FMCG yang populer diantaranya Indofood, Mayora Indah, Kalbe Farma, Wings Group, Orang Tua, Nestle, Unilever Indonesia, dan masih banyak lagi. Karena popularitas dari perusahaan-perusahaan tersebut, masyarakat Indonesia pastinya tidak begitu pikir panjang ketika akan membeli produk-produk mereka. 

Nah, untuk lebih jelasnya mengenal contoh companies atau perusahaan FMCG di Indonesia, Anda bisa simak penjelasannya berikut. 

Unilever Indonesia

Unilever merupakan perusahaan FMCG global yang turut beroperasi di Indonesia sejak tahun 1933. Dengan pengalaman yang panjang, Unilever Indonesia memiliki berbagai produk ternama. Contohnya saja detergen, pasta gigi, sabun mandi, kondisioner, hingga sampo. Lalu, untuk nama-nama mereknya yang ternama diantaranya Sunlight, Rinso, Dove, Pepsodent, Sunsilk, Royco, dan Sariwangi. 

Kalbe Farma

Contoh berikutnya perusahaan FMCG adalah Kalbe Farma yang menyediakan produk kesehatan di Indonesia. Produk-produknya dikategorikan menjadi beberapa jenis seperti produk kesehatan, logistik, nutrisi, dan obat-obatan. Untuk produk obat resep, Kalbe Farma memproduksi obat paten, obat generik bermerek, dan obat tanpa merek.

Jangkauan produk dari Kalbe Farma juga lebih luas dan tidak hanya untuk satu kalangan saja. Melainkan menyeluruh untuk nutrisi balita, untuk anak-anak, remaja, dan dewasa. Contoh merek obat-obatan yang terkenal dari Kalbe Farma adalah Mixagrip, Sakatonik ABC, Prenagen, Fatigon, dan lain-lain. 

Wings Group

Wings Group termasuk jenis perusahaan FMCG yang memproduksi produk rumah tangga. Perusahaan ini mulanya berkembang di Indonesia, tetapi saat ini sudah memiliki jangkauan pasar lebih luas hingga negara-negara lain. Beberapa contoh merek atau produk yang terkenal dari Wings Group adalah So Klin, Wings, Zinc, Ale-Ale, dan Daia. 

Indofood

Nama perusahaan Indofood sudah pasti tidak asing lagi di kalangan masyarakat Indonesia. Awalnya, Indofood lebih berfokus sebagai perusahaan makanan ringan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, Indofood merambah ke produksi mie instan, biskuit, susu, penyedap makanan, dan lainnya. 

Contoh produk dari Indofood yang sudah terkenal luas tidak lain adalah Indomie. Selain itu, ada juga produk lainnya seperti Indomilk, Pop Mie, Qtela, dan Ichi Ocha. 

Baca juga: Struktur Organisasi Perusahaan, Pengertian dan Contohnya

Nippon Indosari Corpindo

Nippon Indosari Corporindo adalah perusahaan roti terbesar yang ada di Indonesia dan merupakan anak perusahaan PT Salim Group. Mungkin Anda sudah begitu familiar dengan nama brand Sari Roti. Nah, brand tersebutlah yang diproduksi oleh perusahaan ini. Sebagai perusahaan ternama dan terbesar, saat ini Nippon Indosari sudah memiliki sebaran 13 pabrik di Indonesia dan 1 pabrik yang berlokasikan di Filipina.

Mayora Indah

Contoh terakhir dari perusahaan FMCG adalah Mayora Indah dengan fokus pada produk konsumsi masyarakat. Seperti biskuit, cokelat, kopi instan, minuman sereal, dan permen. Mayora Indah menjadi perusahaan besar berkat produk-produknya selalu laris di pasaran. Beberapa brand atau merek terkemuka keluaran Mayora Indah adalah Beng-Beng, Torabika, Energen, Roma,  dan masih banyak lagi. 

Peluang Perusahaan FMCG di Indonesia 

Di era yang serba konsumtif seperti sekarang ini, kebutuhan masyarakat di Indonesia pastinya terus mengalami peningkatan. Meningkatnya kebutuhan tersebut dinilai sebagai peluang oleh perusahaan-perusahaan FMCG global sehingga mulai banyak yang mengembangkan perusahaannya di sini. 

Selain itu, permintaan konsumen juga semakin bervariasi dan membuat arah produksi FMCG mulai bergerak bukan hanya di industri primer saja, tetapi juga industri sekunder. Karena hal tersebut, sebuah perusahaan FMCG diharuskan mampu untuk menyiapkan strategi yang terstruktur dan tepat sasaran guna meningkatkan persaingan di tingkat lokal dan global.

FMCG diketahui mampu memberikan peluang yang baik juga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Misalnya, jika perusahaan dapat berkembang dengan dampak yang baik, perusahaan akan berdampak pada meningkatnya lapangan kerja, peningkatan pendapatan, dan meminimalisir angka kemiskinan. 

Di lain sisi, dalam dunia investasi, menanamkan saham bisa menjadi potensi bisnis yang menjanjikan untuk para investor. Terlebih jika investasi yang dilakukan termasuk investasi jangka panjang. Ini karena produk-produk FMCG memiliki sirkulasi distribusi produk yang cepat dan bisa menjadi pijakan bagus bagi para investor. 

Baca juga: Perusahaan Startup di Indonesia, Berikut Daftarnya!

Nah, itulah dia serangkaian penjelasan tentang perusahaan FMCG. Dengan kepanjangan fast moving consumer goods, FMCG adalah perusahaan yang menjual produk dengan jangkauan luas, tetapi cepat laris karena ditawarkan dengan harga terjangkau. Jumlah perusahaan FMCG di Indonesia cukup banyak dan peluangnya juga cukup baik, terutama untuk investor.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
05 Dec 2023
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download