Mengenal Berbagai Danau Terbesar di Dunia

31 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 25 Apr 2022

Ribuan danau ada di dunia saat ini, dan wajar untuk bertanya-tanya yang mana yang danau terbesar di dunia saat ini. Dengan teknologi modern, umat manusia telah berhasil mengukur danau dalam hal ukuran dan volumenya. Kami telah mengumpulkan data tentang danau terbesar yang ada di dunia.

Sebagai disclaimer, pada pembahasan artikel kali ini kita tidak akan membahas danau dengan air asin dan hanya membahas danau yang memiliki air tawar dan juga danau vulkanik

Sebagian besar danau air tawar di planet ini terletak di garis lintang yang lebih tinggi di Belahan Bumi Utara. Diperkirakan setidaknya ada 2 juta danau di Kanada, di antaranya 31.752 danau berukuran lebih dari 3 km persegi dan 591 danau berukuran lebih dari 100 km persegi. 

Berikut adalah daftar danau terbesar di dunia baik danau air tawar maupun danau vulkanik:

5 Danau Air Tawar Terbesar di Dunia

1. Danau Superior 

Danau Superior meliputi area seluas sekitar 82.103 km persegi dan merupakan yang terbesar dari lima Danau Besar Amerika Utara serta danau air tawar terbesar di dunia berdasarkan luas permukaan.

Danau Superior juga merupakan danau terbesar di dunia untuk kategori air tawar berdasarkan volume dan menampung sekitar 10% dari permukaan air tawar dunia. Danau ini memiliki panjang 560km dan lebar maksimum 260km. Mencapai kedalaman maksimum 406m dan memiliki kedalaman rata-rata 147m.

Danau Superior terletak di ujung paling barat laut dari rangkaian Great Lakes dan dibagi oleh provinsi Ontario di Kanada dan Negara Bagian Wisconsin, Minnesota, dan Upper Peninsula di Michigan.

Lebih dari 200 sungai mengalir ke Danau Superior dan air danau mengalir ke Danau Huron melalui Sungai St. Mary. Banyak pulau seperti Kepulauan Apostle, Kepulauan Slate, Isle Royale, Pulau Michipicoten, dll terletak di dalam Danau Superior.

Baca juga: 6 Fakta Unik Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui

2. Danau Victoria 

Danau Victoria mencakup area seluas sekitar 59.947 km persegi dan merupakan danau tropis terbesar di dunia dan danau terbesar di benua Afrika. Setelah Danau Superior, Danau Victoria dianggap sebagai danau air tawar terbesar kedua di planet ini.

Danau Victoria adalah salah satu Danau Besar Afrika dan diberi nama oleh perwira dan penjelajah Angkatan Darat India Inggris John Hanning Speke untuk menghormati Ratu Victoria. Wilayah Danau Victoria yang luas dimiliki oleh negara-negara Afrika di Tanzania (49%), Uganda (45%), dan Kenya (6%).

Danau ini berbentuk tidak beraturan ini berfungsi sebagai reservoir utama Sungai Nil dan memiliki panjang 359 km dan lebar maksimum 337 km. Namun Danau Victoria relatif dangkal dan mencapai kedalaman maksimum 81m dan kedalaman rata-rata 41m.

Banyak sungai mengalir ke Danau Victoria dan air danau mengalir keluar melalui Nil Victoria di pantai utara danau. Banyak pulau seperti Rusinga, Ukerewe, Maboko, dll terletak di Danau Victoria.

3. Danau Huron

Danau Huron meliputi area seluas sekitar 59.588 km persegi dan merupakan yang terbesar kedua dari lima Danau Besar Amerika Utara serta danau air tawar terbesar ketiga di dunia berdasarkan luas permukaan.

Danau Huron terletak di bagian timur Danau Michigan-Huron dan dibagi oleh Negara Bagian Michigan AS dan provinsi Ontario di Kanada. Danau ini memiliki panjang 332 km dan lebar maksimum 29 5km.

Danau Huron mencapai kedalaman maksimum 229 m dan kedalaman rata-rata 59 m. Pulau Manitoulin adalah pulau air tawar terbesar di dunia yang terletak di Danau Huron.

4. Danau Michigan

Danau Michigan meliputi area seluas sekitar 58.030 km persegi dan merupakan yang terbesar ketiga dari lima Danau Besar Amerika Utara serta danau air tawar terbesar keempat di dunia berdasarkan luas permukaan.

Danau Michigan menempati bagian barat Danau Michigan-Huron dan terletak seluruhnya dalam batas-batas Amerika Serikat. Danau ini memiliki panjang 494 km dan lebar maksimum 190 km.

Danau Michigan mencapai kedalaman maksimum 281 m dan kedalaman rata-rata 85 m. Selat Mackinac menghubungkan Danau Michigan dengan Danau Huron.

5. Danau Tanganyika 

Danau Tanganyika meliputi area seluas 32.900 km persegi dan merupakan Danau Besar Afrika yang juga merupakan danau air tawar terpanjang di dunia. Ini juga merupakan danau air tawar terbesar kedua di dunia berdasarkan volume dan danau air tawar tertua kedua.

Danau Tanganyika dibagi oleh negara-negara Afrika Tanzania, Republik Demokratik Kongo, Zambia, dan Burundi. Danau Tanganyika juga merupakan danau rift terbesar di Afrika sekaligus danau terdalam yang mencapai kedalaman maksimum 1.470 m.

Beberapa sungai seperti Sungai Ruzizi, Sungai Malagarasi, Sungai Kalambo mengalir ke Danau Tanganyika, sedangkan air danau mengalir keluar melalui Sungai Lukuga ke sistem Sungai Kongo dan akhirnya ke Samudra Atlantik.

Beberapa pulau terkenal di Danau Tanganyika termasuk Kavala, Mamba-Kayenda, Milima, Pulau Kumbula dll.

6 Danau Vulkanik Terbesar di Dunia

1. Danau Toba

Danau Toba adalah danau terbesar di dunia untuk kategori danau vulkanik, dengan luas sekitar 1.130 km persegi dan kedalaman setidaknya 505 meter. Terletak di bagian utara pulau Sumatera, Indonesia. Danau ini merupakan hasil dari letusan supervolcano yang terjadi lebih dari 70.000 tahun yang lalu.

Aktivitas vulkanik tercatat sebagai yang terbesar dalam 25 juta tahun terakhir. Banyak manusia diyakini telah meninggal pada saat itu, dengan Afrika, Timur Tengah, dan India menjadi korban utama. Karena ketenarannya, danau Toba menarik banyak wisatawan setiap tahunnya.

Baca juga: Jadi Primadona Dunia, Inilah 5 Wisata Indonesia Terpopuler

2. Danau Taupo

Danau Taupo di Selandia Baru ini mencakup area seluas sekitar 616 kilometer persegi. Ini adalah danau terbesar di dunia

 bagian selatan. dan merupakan danau air tawar terbesar di wilayah Oseania.

Jika Anda berniat melakukan kunjungan wisata kesana, ini akan cukup berisiko karena perairannya yang dalam. Namun, ada beberapa area yang di mana Anda bisa berenang dan bersenang-senang tanpa membahayakan diri Anda.

Untuk mencegah banjir, volume danau dipertahankan pada tingkat tertentu oleh beberapa mekanisme Energi Merkuri, yang dibangun pada tahun 1940.

3. Danau Taal

Danau Taal terletak di Luzon, Filipina dan merupakan danau vulkanik terbesar ketiga di dunia. Ini mencakup area seluas 151 km persegi, yang menjadikannya salah satu yang terbesar di dunia. Fakta menakjubkan lainnya tentang danau ini adalah bahwa ia memiliki sebuah pulau di dalamnya yang disebut nama Pulau Volcano,

Pulau Volcano berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Hebatnya lagi, pulau yang memiliki kawah kecil ini dikabarkan telah meletus lebih dari 34 kali. Letusan pertama disaksikan pada tahun 1572, dan yang terakhir terjadi pada tahun 2020.

4. Danau Atitlan

Di daftar berikutnya adalah danau kawah yang terletak di dataran tinggi barat daya Guatemala. Dengan luas permukaan 130 km persegi, itu lebih dari delapan kali lebih kecil dari Danau Toba. Meskipun demikian, itu masih salah satu danau air terbesar di negara ini dan di seluruh dunia.

Bahkan, penelitian menunjukkan bahwa itu adalah danau terdalam di Amerika Tengah dengan kedalaman sekitar 340 meter. Ini adalah salah satu tempat wisata terbesar di wilayah ini karena situsnya yang indah.

Danau ini terbentuk dari hasil dari Letusan Chocoyos, yang diyakini telah terjadi 85.000 tahun yang lalu. Dengan demikian, ini adalah salah satu danau kawah tertua di dunia.

5. Danau Bolsena

Eropa, terutama Italia, dikenal dengan situs prasejarahnya. Nah, Danau Bolsena adalah salah satunya. Dengan luas sekitar 113 km persegi, danau ini terletak di Provinsi Viterbo (Italia Tengah) dan sudah ada sejak dahulu kala. Meskipun catatan menunjukkan banyak kegiatan pada tahap awal, yang terakhir diketahui manusia adalah pada 104 SM.

Danau berbentuk oval ini disuplai terutama oleh limpasan, akuifer, dan curah hujan. Namun, hanya memiliki satu sumber yang terletak di ujung selatan. Kemurnian air dijaga oleh instalasi pengolahan limbah yang dibangun untuk menangani semua limbah dari penduduk sekitar.

Baca juga: 5 Tempat Wisata di Sumatera Terpopuler Yang Wajib Kamu Kunjungi

6. Danau Maninjau, Indonesia

Dengan luas sekitar 99 km persegi, Danau Maninjau adalah danau vulkanik terbesar terakhir dalam daftar kami. Jika Anda berencana untuk mengunjungi wisata alam ini, maka Anda perlu merencanakan perjalanan ke Sumatera Barat, Indonesia. Ini adalah danau vulkanik terbesar kedua di Indonesia setelah Danau Toba.

Danau Maninjau memiliki kedalaman maksimal sekitar 165 meter. Ketinggian air di danau ini dipertahankan oleh Sungai Batang  yang merupakan saluran di sisi barat. Diperkirakan, danau ini telah ada selama lebih dari 52.000 tahun, terbentuk dari letusan gunung berapi pada waktu yang sama.Itulah daftar danau terbesar di dunia, baik air tawar maupun vulkanik. Beberapa danau indah tersebut di antaranya berada di Negara kita, Indonesia. Jika Anda ingin melakukan wisata ke daftar danau diatas, pastikan untuk tidak merusak ekosistem dan menghormati budaya yang ada di sana.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
25 Apr 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download