6 Fakta Unik Indonesia yang Tidak Banyak Diketahui

25 Mar 2021 by Laruan
fakta unik indonesia

Negara kita telah lama dikenal memiliki keragaman budaya maupun sumber daya alam, sehingga tidak mengherankan jika banyak hal-hal menarik yang mungkin belum banyak diketahui orang.

Berikut ini top 6 fakta unik Indonesia yang berhasil dirangkum oleh kredit pintar, aplikasi layanan kredit online yang sudah terdaftar di OJK dengan cicilan ringan.

1.    Pemilik Pulau Terbesar Terbanyak

Selain menjadi negara kepulauan dengan lebih dari 17 ribu pulau, Pulau Papua, Kalimantan dan Sumatera, merupakan pulau urutan kedua, ketiga dan keenam terbesar di dunia, setelah Green Land yang berada di Samudera Atlantik.

Tidak seperti Green Land yang merupakan bagian dari wilayah Denmark, keberadaan Kalimantan dan Sumatera dalam wilayah Indonesia membuat negara kita menjadi pemilik pulau terbesar terbanyak di dunia. Itu belum termasuk Pulau Sulawesi dan Pulau Jawa yang merupakan beberapa pulau terbesar di dunia.

2.    Kuil Budha Terbesar di Dunia

Selain termasuk sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia, Candi Borobudur merupakan kuil Budha terbesar di dunia. Dihiasi dengan sekitar 2,672 relief panels dan 504 arca Budha, candi yang berada di Magelang, Jawa Tengah tersebut terancam rusak secara alami dan juga pencurian oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab.

Dalam upaya pelestariannya, UNESCO memasukkan Candi Borobudur yang memiliki luas dasar 123 x 123 m ke dalam daftar situs warisan dunia.

3.    Memiliki Danau Vulkanik Terbesar

Danau Toba merupakan salah satu objek wisata yang berada di Sumatera Utara, ternyata merupakan sisa-sisa peninggalan super volcano pra sejarah.

Danau seluas 1.300 km2 dengan 505 meter tersebut merupakan kaldera dari gunung berapi Toba, yang diperkirakan meletus pada 70 ribu tahun yang lampau.

4.    Tambang Emas Terbesar

Tambang Grasberg yang berada di ketinggian Pegunungan Jayawijaya, Propinsi Papua, adalah tambang emas terbesar di dunia. Pada tahun 2004 tambang ini diperkirakan masih memiliki cadangan emas lebih dari 1,3 juta ton. Selain itu tambang Grasberg juga tambang tembaga ketiga terbesar di dunia.

5.    Bunga Terbesar dan Bunga Terbusuk

Raflesia arnoldi yang dapat tumbuh lebih dari 1 m dengan berat lebih dari 7 kg, merupakan tanaman parasit dengan bunga terbesar di dunia, yang hanya tumbuh di Sumatera dan Kalimantan.

Rivalnya adalah Amorphophallus titanum atau bunga bangkai raksasa yang hanya ditemukan di Sumatera, dapat tumbuh sampai sekitar 5 m. Bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh tanaman sejenis talas ini dapat tercium dari jarak sekitar 1 km.

6.    Tempat Hewan Unik dan Langka

Komodo, Anoa dan Orang Utan, merupakan beberapa jenis satwa dilindungi yang bertempat tinggal di wilayah nusantara. Komodo hidup di Taman Nasional Komodo, Provinsi NTT, merupakan kadal purba kerabat dinosaurus yang masih bertahan hingga kini.

Anoa yang mirip kerbau kerdil, hanya ditemukan di Sulawesi, namun keberadaannya kian terancam dengan pesatnya pembangunan. Nasib serupa juga dialami oleh Orang Utan yang mendiami hutan tropis Sumatera dan Kalimantan, lajunya pembukaan hutan dan perburuan liar semakin menekan populasi mereka.

Kredit Pintar Pinjaman Online Cicilan Ringan

Layanan fintech merupakan salah satu fakta unik terkini yang mulai berkembang di negara kita. Saat ini ada sekitar 127 perusahaan pinjaman online yang resmi terdaftar di OJK. Faktanya dengan teknologi fintech saat ini, untuk mendapatkan pinjaman dana dapat dilakukan hanya dalam waktu 30 menit. Perlu dana mendadak ? Pakai kredit pintar, aplikasi kredit online cicilan ringan yang sudah resmi terdaftar di OJK.

kredit pintar
mobile-closeKredit PintarDownload