Susunan dan Contoh Mini Riset yang Baik dan Benar

10 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 17 Feb 2022

Mini riset adalah bagian dari tugas perkuliahan yang diberikan oleh dosen pengampu suatu mata kuliah kepada mahasiswanya. Umumnya, pemberian tugas mini riset ini dilakukan sebagai syarat kelulusan mata kuliah tersebut. Setiap dosen biasanya memiliki ketentuan tersendiri terkait susunan dan contoh mini riset.

Susunan dan Contoh Mini Riset yang Baik dan Benar

Namun, susunan mini riset pada umumnya tidak jauh beda dan mengikuti standar karya tulis ilmiah yang sesuai. Dengan mengetahui susunan serta contoh mini riset, tentunya ini akan lebih memudahkan bagi mahasiswa dalam proses penggarapan mini riset. Untuk melihat secara lengkap bagaimana contoh mini riset yang baik dan benar, yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Bagian-Bagian dan Contoh Mini Riset

Mini riset secara umum terdiri dari lima bab yang dimulai dari pendahuluan dan diakhiri dengan kesimpulan. Disamping itu, ada pula daftar pustaka yang perlu dicantumkan untuk menunjukkan beberapa sumber yang digunakan dalam pembuatan mini riset.

Susunan dan Contoh Mini Riset yang Baik dan Benar

Perlu Sobat Pintar ketahui, jika bentuk mini riset yang dicantumkan berikut hanyalah bersifat contoh. Nah, untuk contoh mini riset yang akan disajikan berikut mencoba mengambil judul “Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dikalangan Siswa SMA X.”

Bagian Muka

Dalam bagian muka, terdapat tiga bagian penting yang harus dicantumkan oleh mahasiswa. Pertama, sampul mini riset yang berisikan judul, nama penulis mini riset, dan instansi yang berkaitan. Kedua, daftar isi yang berisikan semua daftar bab atau isian dalam dalam mini riset tersebut.

Ketiga, ada abstrak yang mana berisi ringkasan terkait mini riset. Abstrak ditulis mulai dari 150 hingga 200 kata. Kemudian, ada pula kata pengantar yang dituliskan oleh penulis mini riset. Kata pengantar digunakan sebagai ucapan syukur pada beberapa pihak atas selesainya mini riset tersebut.

Baca juga: Cara Membuat Kata Pengantar 

Bab I Pendahuluan

Bab 1 dalam mini riset terdiri dari beberapa bagian yaitu latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian. Contoh mini riset terkait bab 1 ini bisa dilihat lewat penjelasan berikut.

  1. Latar Belakang

Bahasa adalah unsur vital dan simbol bagi suatu negara atau wilayah dalam suatu negara tersebut. Bahasa memegang peranan penting dalam hubungan sosial dan interaksi dengan masyarakat. Ragam bahasa di dunia pun sangat banyak, bahkan dalam suatu negara bisa memiliki lebih dari sepuluh bahasa. 

Negara Indonesia dalam hal ini menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi atau bahasa utama. Dengan begitu, bahasa Indonesia telah menjadi identitas bagi bangsa Indonesia di mata negara lainnya. Namun, seiring berkembangnya waktu, pemakaian bahasa Indonesia yang baku dalam kehidupan sehari-hari mulai bergeser. 

Penggunaan bahasa Indonesia baku sedikit demi sedikit mulai digantikan dengan pemakaian bahasa gaul. Bahasa gaul ini cenderung berkaitan dengan remaja, karena penggunaannya pun sering kali dimulai dan berkembang di kalangan para remaja. Untuk memahami lebih dalam mengenai fenomena dan pengaruh penggunaan bahasa gaul ini, penulis mencoba mencoba mengupas lewat mini riset ini yang diberi judul “Pengaruh Penggunaan Bahasa Gaul terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia Baku dikalangan Siswa SMA X.”

  1. Rumusan Masalah

Berdasarkan dengan latar belakang yang telah dijabarkan sebelumnya, mini riset ini akan mengungkap permasalahan diantaranya: (1) Bagaimana penggunaan bahasa gaul di kalangan siswa SMA X; dan (2) Apa dampak penggunaan bahasa gaul terhadap penggunaan bahasa Indonesia yang baku di kalangan siswa SMA X?

  1. Tujuan Penelitian

Mini riset ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui fenomena dan dampak pergeseran penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar ke bahasa gaul di kalangan siswa SMA X. 

  1. Manfaat Penelitian

Mini riset ini bermanfaat sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya yang berhubungan dengan penggunaan bahasa gaul di lingkungan sekolah maupun perguruan tinggi.   

Baca juga: Cara Membuat Latar Belakang Skripsi yang Benar  

Bab II Kajian Pustaka

Pada bab II, kajian pustaka berisikan tentang teori yang berhubungan dengan permasalahan yang diangkat dalam penelitian. Contoh mini riset untuk bagian bab II bisa Sobat Pintar lihat lewat penjelasan di bawah ini.

  1. Bahasa

Bahasa menurut KBBI adalah sistem lambang bunyi yang arbitrer yang dipakai oleh anggota dalam suatu masyarakat. Bahasa digunakan untuk berinteraksi, bekerja sama, dan mengidentifikasi diri. 

  1. Komunikasi

Komunikasi berfungsi sebagai cara menyampaikan pesan dari pemberi pesan kepada penerima pesan. Tujuannya supaya isi pesan lebih mudah dipahami dan dimengerti. 

Bab III Metode Penelitian

Susunan dan Contoh Mini Riset yang Baik dan Benar

Masuk ke bagian ketiga adalah metode penelitian. Di bagian ini di bahas 2 hal utama yaitu pengumpulan data serta metode yang digunakan. Untuk contoh mini riset terkait metode penelitian, akan dijabarkan lewat penjelasan berikut.

  1. Metode Penelitian

Mini riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode satu ini merupakan metode yang bersifat alamiah dengan melakukan studi terhadap fenomena tertentu. 

  1. Teknik Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam mini riset ini adalah wawancara semi terstruktur. Teknik pencatatan dilakukan dengan menggunakan rekaman suara dari ponsel dan dicatat menggunakan catatan kecil. 

Baca juga: Ini Tips Dan Cara Membuat Artikel Untuk Yang Suka Nulis 

Bab IV Hasil dan Pembahasan

Hasil dan pembahasan menjadi bagian dari bab empat dalam mini riset. Bagian ini diketahui jadi bagian yang paling penting dalam penelitian. Berikut adalah contoh mini riset untuk bagian hasil dan pembahasan.

  1. Hasil

Responden penelitian mengungkapkan jika penggunaan bahasa gaul sudah menjadi suatu kebiasaan. Namun, beberapa menyadari jika kebiasaan ini memiliki dampak pada sulitnya berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar di lingkungan pendidikan. 

  1. Pembahasan

Pengaruh bahasa gaul membuat eksistensi bahasa Indonesia yang baik dan benar semakin menurun. Siswa SMA X menemukan kesulitan saat harus berkomunikasi dengan bahasa baku, sehingga mereka merasa perlu adanya pembiasaan pada penggunaan bahasa Indonesia yang baik. Terutama bahasa Indonesia yang baku sering kali dibutuhkan dalam kegiatan dan lingkungan formal seperti sekolah dan perguruan tinggi. 

Bab V Kesimpulan dan Saran

Susunan dan Contoh Mini Riset yang Baik dan Benar

Kesimpulan dan saran menjadi bagian akhir dalam mini riset. Bagian ini menjadi bagian pamungkas yang kerap dicari oleh para pembaca mini riset. Nah, berikut adalah contoh mini riset bagian kesimpulan dan saran. 

  1. Kesimpulan

Bahasa gaul menjadi bagian dari perkembangan bahasa Indonesia yang cukup mempengaruhi eksistensi bahasa Indonesia yang baik dan benar. Namun, perkembangan bahasa gaul sendiri tak dapat dicegah karena hal ini sudah menjadi bagian dari perkembangan bahasa itu sendiri. 

  1. Saran

Mengingat perkembangan bahasa gaul tidak mampu diberantas begitu saja, maka eksistensi dari bahasa Indonesia yang baku harus ditingkatkan lagi. 

Baca juga: Cara Membuat Footnote di Word, Mudah Tanpa Ribet 

Nah, demikian untuk contoh mini riset dengan mengambil tema terkait penggunaan bahasa. Membuat mini riset pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan jenis karya ilmiah yang lain. Hanya saja, jumlah halamannya lebih terbatas dengan maksimal 20 halaman saja, mengingat penelitian ini bersifat penelitian kecil.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Feb 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download