Cara Membuat Kata Pengantar

13 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 17 Jan 2022

Kata pengantar dibutuhkan untuk beberapa jenis artikel, salah satunya adalah jika kamu ingin menuliskan sebuah karya ilmiah. Kata pengantar ini biasanya adalah sebuah rangkaian kalimat yang letaknya ada di paling depan halaman, bisa sebelum maupun sesudah daftar isi. Sayangnya, bagi orang yang tidak terbiasa mungkin akan sedikit bingung bagaimana cara membuat kata pengantar. 

Nah, maka dari itu, untuk menjawab kebingungan kamu. Di artikel kali ini kita akan share cara membuat kata pengantar, berikut juga akan kami sertakan beberapa contoh kata pengantar yang bisa kamu jadikan sample acuan dalam membuat kata pengantar untuk artikel atau tulisan karya ilmiah.

Mari kita mulai dulu dari mengetahui apa pengertian dari kata pengantar sesungguhnya!

Pengertian dari Kata Pengantar

Kata pengantar bisa disebut sebagai pendahuluan dari sebuah karya tulis. Ini merupakan bagian awal dari tulisan itu sendiri. Biasanya, pada kata pengantar ini berisikan pesan dan ungkapan pribadi seorang penulis atas karya tulis yang telah dibuatnya. Sebuah kata pengantar bisa berupa ucapan terima kasih kepada para narasumber atau pendukung atas kesuksesan dalam pembuatan serta penyelesaian sebuah karya tulis atau karya ilmiah.

Tak jarang juga para penulis mengharapkan kritik serta saran yang membangun dari para pembaca artikel atau karya tulisnya. Kritik dan saran inilah yang diharapkan nantinya bisa menjadi bahan koreksi dalam pembuatan karya-karya selanjutnya.

Fungsi Membuat Kata Pengantar

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya. Kata pengantar ini ada pada sebuah karya tulis, baik laporan, makalah, karya ilmiah hasil penelitian, karya tulis fiksi, dll adalah sebagai satu ruang khusus untuk mengungkapkan rasa syukur serta pesan dari penulis. Namun, tak jarang juga kata pengantar ini menceritakan secara garis besar perjalanan atau pengalaman penulis dalam membuat karya tulisnya tersebut.

Seperti layaknya sebuah sinopsis, ada juga para penulis yang menguraikan sedikit isi dari buku atau tulisannya untuk menggambarkan apa yang akan dibahas dalam tulisannya. Kata pengantar yang berisikan sedikit gambaran pokok, atau uraian isi artikel ini diharapkan bisa semakin menarik minat dan perhatian dari pembaca agar semakin penasaran dan menyelesaikan membaca tulisan tersebut.

Cara Membuat Kata Pengantar

Mungkin banyak diantara kita yang sudah mulai menulis kata pengantar, namun berhenti di tengah-tengah penulisan. Salah satu penyebabnya adalah karena bingung mau menjelaskan apa. Ini terjadi mungkin akibat kamu belum sepenuhnya memahami bagaimana cara membuat kata pengantar yang tepat dan benar.

Nah, maka dari itu, kami mencoba membantu kalian dengan menuliskan artikel tentang cara membuat kata pengantar ini. Simak selengkapnya dan semoga bisa membantu.

Setidaknya ada 3 poin penting dalam pembuatan kata pengantar, diantara adalah

  • Pendahuluan atau Bagian Pembuka
  • Isi Kata Pengantar
  • Bagian Penutup Kata Pengantar

Masing-masing penjelasannya adalah sebagai berikut ini

  1. Membuat Pembuka Kata Pengantar

Pada bagian ini, seorang penulis umumnya menuliskan ungkapan rasa syukurnya atas penyelesaian sebuah karya tulis bahannya tersebut. Selain itu, pada bagian pembuka ini kamu juga bisa menuliskan ucapan rasa terima kasih kepada siapapun yang mendukung dalam proses pembuatan karya tulis. 

Ucapan terima kasih bisa juga dibuat dengan menyertakan nama-nama narasumber yang membantu prosess penyelesaian artikelmu.Selain itu, kamu juga bisa memasukkan siapapun yang berjasa dalam penyusunan karya tulis yang kamu buat.

  1. Membuat Isi Kata Pengantar

Nah, pada bagian isi kata pengantar ini, kamu bisa menuliskan apapun yang berkaitan dengan isi keseluruhan artikel atau karya tulismu. Mungkin, kamu bisa menceritakan motif atau faktor yang menyebabkan kamu berinisiatif untuk membuat judul artikel atau membahas tentang sesuatu hal pada karya tulis tersebut.

Kamu juga bisa menceritakan sebagian kecil dari poin-poin menarik yang kamu bahas dalam artikel. Buat bagian ini semenarik mungkin, agar para pembaca semakin penasaran dengan isi dari keseluruhan artikel atau karya tulismu. Jika kamu membuat karya ilmiah, kamu bisa menyampaikan gambaran umum dari apa yang akan kamu tulis dalam karya tersebut.

Tulis dengan kalimat yang sederhana, jelas dan tidak bertele-tele. Karena kata pengantar yang terlalu panjang juga tidak akan baik untuk tulisanmu, karena akan memakan banyak halaman. Usahakan kata pengantar tak lebih dari satu halaman saja.

  1. Membuat Bagian Penutup Kata Pengantar

Jika pembukaan dan isi kata pengantar sudah kamu tuliskan, maka bagian selanjutnya adalah penutup. Pada bagian ini, umumnya para penulis buku, atau karya tulis yang lain akan meminta maaf jika ada kekurangan dalam penulisan atau penyampaian karya yang tidak berkenan bagi para pembaca. 

Selain itu, pada bagian tersebut kamu juga bisa menambahkan permintaan kritik dan saran. Kritik dan saran yang diberikan oleh para pembaca karya tulismu adalah satu hal yangs angat berharga yang mana bisa kamu gunakan untuk penyempurnaan karya-karya berikutnya di masa mendatang.

Jangan lupa juga sertakan kalimat-kalimat call to action pada bagian penutup ini. Mintalah para pembaca untuk membaca hingga selesai, agar isi yang kamu katakan pada setiap bagian atau kalimat dalam karya tulis bisa disampaikan secara utuh.

Contoh Kata Pengantar

Untuk semakin memudahkan kamu dalam memahami cara membuat kata pengantar, dan sebagai sampel pembuatan kata pengantar berikut ini kami juga sertakan contoh kata pengantar yang bisa kamu pelajari.

Sample Membuat Kata Pengantar

Alhamdulillah, puji syukur yang begitu besar atas curahan berkah dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa kepada para umatnya, termasuk kami, sehingga kami mampu menyelesaikan karya tulis ilmiah yang kami buat dengan judul Manfaat Seni dan Budaya dalam Usaha Penyampaian Aspirasi.

Atas selesainya karya tulis ini, tak lupa kami sampaikan banyak terima kasih kepada para pihak yang telah mendukung dan memberikan kontribusinya dalam bentuk apapun selama proses penulisan hingga penyusunan karya tulis ini. Tentunya kami bukanlah apa-apa tanpa bantuan dari banyak pihak yang bersedia meluangkan waktu dan pikirannya untuk terwujudnya karya tulis kami.

Pro kontra atas jalannya demokrasi yang menurut kami kurang tertata dan terorganisir secara matang, menjadi sebuah motivasi bagi kami untuk melakukan sebuah penelitian. Dan, pada akhirnya kami menemukan satu titik keunikan dari cara dan pola para seniman dalam penyampaian aspirasinya kepada pemerintah. Hasil penelitian tersebut tertuang dalam karya tulis kami kali ini.

Kami menyadari masih banyak kesalahan yang mungkin luput dari koreksi kami. Maka dari itu, kami sangat mengharapkan kritik dan saran dari anda para pembaca. Dengan segala kerendahan hati kami akan menerima semua kritik dan saran untuk dijadikan pedoman dalam penulisan karya kami berikutnya.

Semoga karya tulis kami memberi sedikit manfaat untuk hidup kita.

Surabaya, 21 Desember 2021

Penyusun

Demikian artikel cara membuat kata pengantar dari kami di kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat.
Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
17 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download