Cara Stem Gitar Mudah untuk Pemula, Gampang Banget!

20 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 28 Jan 2022

Salah satu unsur musik yang tidak boleh ketinggalan hampir di setiap permainan adalah gitar. Suara denting sinar yang mengalun bersama alat musik lainnya memberikan nuansa yang berbeda. Oleh karena itu, cara stem gitar perlu dipahami sebelum Sobat Pintar benar-benar belajar bermain gitar agar suara yang dihasilkan nyaman didengar.

Baca juga 6 Alasan Streaming Musik Sangat Digemari

Bagi para gitaris profesional,  bermain gitar dan bahkan mengatur nada pada gitar sudah bukan masalah yang besar lagi. Mungkin, mereka bisa saja melakukannya sambil menutup mata. Namun, tentu lain halnya dengan para gitaris yang baru saja belajar memainkan gitar.

Pada dasarnya, gitar bukanlah alat musik yang sulit untuk dipelajari. Selain itu, gitar juga merupakan instrumen musik yang paling gampang digunakan karena tidak selalu membutuhkan daya listrik. Terdapat beberapa jenis gitar yang bisa dimainkan dengan cara akustik, namun tetap menghasilkan irama yang nyata di telinga.

Dibandingkan dengan alat musik lainnya, gitar adalah yang paling mudah untuk dibawa di berbagai suasana. Pasalnya, instrumen ini tidak begitu besar dan tidak memerlukan tambahan alat apapun untuk bisa memainkannya.

Sehingga, tidak heran banyak orang yang menjadikan gitar sebagai alat musik favorit mereka. Bermain gitar dan bernyanyi bersama kawan-kawan sambil menikmati suasana malam yang syahdu nampak sebagai aktivitas yang sangat menyenangkan.

Yang harus dipahami saat bermain gitar

Sobat Pintar mungkin paham kalau bermain gitar tidak bisa sembarangan. Asal petik tentu akan menghasilkan suara yang sangat mengganggu pendengaran. Oleh karena itu, ketika bermain gitar ada beberapa hal yang perlu dipahami. Apa saja?

Pertama, pahami apa itu chord gitar atau kunci gitar dan bagaimana cara melakukannya. Ini merupakan bagian paling dasar dari proses bermain gitar. 

Nah, kunci gitar terdiri dari beberapa chord yaitu diawali dengan nada paling bawah yaitu A, B, C, D, E, F, G. Kemudian dilanjutkan dengan nada-nada minor seperti Am, Bm, Cm, Dm, Em, Fm, Gm.

Setelah berhasil menguasai semua nada-nada tersebut Sobat Pintar bisa belajar bagaimana cara stem gitar.

Mengapa harus tahu cara stem gitar?

Setidaknya terdapat dua alasan utama mengapa Sobat Pintar harus harus banget belajar cara stem gitar sebelum memutuskan untuk bermain gitar secara profesional.

Pertama, agar bisa mengetahui ketidaksesuaian nada yang terjadi pada gitar. Ini sangat krusial sekali. 

Coba bayangkan apa jadinya jika tidak mengetahui hal ini? Sobat Pintar akan dipermalukan saat bermain diatas panggung karena suara yang dihasilkan oleh gitarmu tidak beraturan dan mengganggu alat musik lainnya. Tidak hanya itu, penonton juga akan merasa kecewa dengan penampilan dari band yang telah ditunggu-tunggunya.

Kedua, Sobat Pintar bisa mandiri dan tidak perlu menunggu orang lain untuk melakukan stem nada pada gitar. Alhasil, pekerjaanmu juga menjadi lebih cepat selesai.

Sejago-jagonya Sobat Pintar bermain gitar, kalau nada pada gitar yang digunakan tidak tepat, musik yang dihasilkan juga akan kacau.

Baca juga:  Wahai Gitaris Tongkrongan, Ini 5 Lagu Wajib Yang Biasa Dipakai Untuk Nyetem Gitar

3 cara stem gitar

Alat utama yang kita gunakan untuk stem gitar adalah telinga kita sendiri. Ya, tentu saja.Apalagi kalau kita melakukan stem gitar secara manual. Maka, kita dituntut untuk memiliki telinga yang peka terhadap nada-nada. 

Namun, tidak semua orang memiliki pendengaran yang bagus atau seni musik yang bagus. Sehingga, banyak orang yang bahkan gagal dalam mengenali nada. Sebenarnya, kalau sudah begini akan sulit untuk bisa menguasai alat musik jenis apapun.

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika Sobat Pintar terus mencoba. Bermain gitar tidak melulu soal rasa bermusik yang tinggi. Ini bisa dilakukan dengan teknik dan cara bermain yang tentunya dapat dilatih. 

1. Cara stem gitar manual

Cara ini berlaku untuk semua jenis gitar baik yang memiliki senar nilon maupun senar kawat.

Sebagaimana yang telah disebutkan sebelumnya pada artikel ini, bahwa gitar memiliki 7 nada utama yaitu , B, C, D, E, F, G dan untuk menyetel gitar nada yang digunakan ada 6, yaitu E,A, D, G, B, dan E’. Untuk langkah selengkapnya, silahkan simak penjelasan berikut ini:

  1. Pertama, menentukan senar 1 yaitu senar paling bawah dengan nada yang Sobat Pintar inginkan.
  2. Kedua, tekan senar 2 atau senar nomor 2 dari bawah pada fret 5. Samakan bunyinya dengan senar 1 yang sebelumnya telah Sobat Pintar tentukan.
  3. Kemudian, tekan senar 3 pada bagian fret 4. Dengan cara yang sama, samakan nadanya dengan senar 2.
  4. Berikutnya, tekan senar 4 pada bagian fret 5. Lalu, samakan lagi nadanya dengan senar 3.
  5. Lanjut lagi ke senar nomor 5 pada fret 6. Tekan senar tersebut lalu cocokkan nadanya dengan senar 4.
  6. Dengan metode yang sama juga dilakukan pada senar 6 pada fret 5. Sobat Pintar harus mencocokkan nadanya dengan senar 5.

Untuk mencocokkan masing-masing nada Sobat Pintar bisa mengendurkan atau mengencangkan masing-masing senar gitar dengan cara memutar stem yang ada di kepala gitar. 

2. Cara stem gitar dengan tuner

Jika cara manual dianggap susah, kini Sobat Pintar memiliki pilihan lain yaitu dengan menggunakan alat pengatur nada atau tuner. Sobat Pintar bisa membeli alat ini di toko musik yang ada di kotamu.

Cara-caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sediakan alat tunernya terlebih dahulu.
  2. Kemudian, pasangkan tuner pada gitar. Jepitkan pada kepala gitarmu.
  3. Lalu, mulailah untuk mengatur nada pada masing-masing senar. Senar 1 dengan nada E’,senar 2 dengan nada B, senar 3 dengan nada , senar 4 dengan nada D, senar 5 dengan nada A, dan terakhir senar 6 dengan nada E rendah.
  4. Jika tuner belum menunjukkan lampu hijau artinya nada gitar belum tepat, Sobat Pintar bisa menyetel stem gitar untuk mencocokkan.

3. Cara stem gitar dengan aplikasi Android

Lakukan stem gitar dengan praktis menggunakan aplikasi Android.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi tersebut melalui Google Play Store lalu instal di ponsel pintar.
  2. Buka aplikasi gitar tuner yang telah diunduh.
  3. Pilih jenis gitar standar.
  4. Lalu, mulailah untuk mengatur nada pada masing-masing senar. Senar 1 dengan nada E’,senar 2 dengan nada B, senar 3 dengan nada , senar 4 dengan nada D, senar 5 dengan nada A, dan terakhir senar 6 dengan nada E rendah.
  5. Jika belum nada gitar belum tepat, Sobat Pintar bisa menyetel stem gitar untuk mencocokkan.

Itulah beberapa cara stem gitar yang bisa dipraktekkan di rumah atau saat akan bermain gitar. Selamat mencoba!

Baca juga Bingung Cari Lagu? Ini Daftar Berbagai Lagu TikTok Terbaru 2021

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

28 Jan 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download