6 Alasan Streaming Musik Sangat Digemari

27 Aug 2021 by Laruan

Menurut KBBI, musik merupakan susunan suara atau nada hingga menjadi sebuah irama, lagu, dan keharmonisan. Semua kalangan sepertinya suka dengan musik. Faktanya, musik juga telah mengalami perubahan dari waktu ke waktu. Tidak hanya lirik maupun genrenya saja, tapi juga cara mendengarkannya. Kini, streaming musik lebih banyak dipilih oleh banyak orang.

6 Alasan Streaming Musik Sangat Digemari

Mendengarkan Lagu Secara Streaming

Masyarakat masa kini terutama kalangan anak muda, sepertinya sudah banyak yang tidak bisa lepas dari musik. Rata-rata para generasi milenial tersebut suka mendengarkan musik melalui headset maupun speaker. Mendengarkan musik dianggap sebagai sesuatu yang menyenangkan. Teman di saat dalam perjalanan, membuat pikiran lebih relax saat belajar, dan lainnya.

Apalagi, sejak munculnya smartphone, jaman sekarang aktivitas mendengarkan lagu menjadi makin disenangi. Cara mendengarkan musik kini juga sudah berubah. Sejak ada smartphone dan jaringan internet, musik tidak harus diunduh dulu. Melainkan langsung memainkannya secara online.

Mendengarkan musik secara streaming bukan tidak ada manfaatnya. Justru dengan cara tersebut, penikmat musik bisa mendengarkan lagu favoritnya secara legal. Ditambah lagi, platform streaming musik sekarang juga sudah banyak. Semuanya punya fitur-fitur menarik, dari mulai yang gratis sampai berbayar pun ada.

Jangan lewatkan: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Alasan Mengapa Mendengarkan Musik Secara Streaming Lebih Disukai Sekarang

1. Lifestyle

Bagaimana pun juga, saat ini fakta di lapangan membuktikan jika cara mendengarkan musik bagi sebagian orang sudah berubah. Apabila dulunya orang harus mengunduhnya dulu, lalu disimpan pada memori, kini cara itu dianggap tidak praktis. Hanya dengan mengandalkan platform dan koneksi internet, Sobat Pintar bisa langsung menikmati lagi dengan cara streaming.

Hal seperti ini bahkan sudah lumrah di kalangan millennial jaman sekarang. Anak-anak muda dikenal punya lifestyle yang mengutamakan akses daripada kepemilikan. Tidak peduli musik yang disenangi berhasil dikoleksi atau tidak. Apabila aksesnya lebih mudah didapatkan secara online, lebih baik mendengarkannya lewat streming saja.

Buktinya sekarang CD/DVD terlihat sudah hampir punah bukan? Sebab dipandang tidak cocok dengan budaya anak muda jaman sekarang. Selain itu, generasi milenial juga sepertinya lebih suka dengan sesuatu yang cepat, praktis, dan mudah. Kalau harus mengunduh lagunya dulu, tentu akan sangat membuang waktu.

2. Hemat Memori

Sobat Pintar pasti tahu bukan kendala pengguna smartphone. Dari sekian kendala yang sering dirasakan pemilik smartphone, kehabisan memori adalah salah satunya. Apalagi buat Sobat Pintar yang punya kebiasaan menyimpan banyak platform. Sebisa mungkin menghemat penyimpanan ruang untuk data apa saja termasuk musik.

Lalu bagaimana jika Sobat Pintar juga suka musik, tapi juga harus menghemat memori? Jelas Sobat Pintar hanya punya pilihan untuk streaming saat ingin mendengarkan musik. Ketahuilah mendengarkan lagu favorit dengan cara lama, pasti harus mengunduhnya dulu bukan? Otomatis, lagu akan tersimpan dalam memori Sobat Pintar.

Belum lagi file cache yang biasa ikut tersimpan pasca mengunduh. Dengan streaming, Sobat Pintar tidak perlu repot memikirkan memori yang habis. Bahkan kabarnya ada salah satu platform streaming yang menawarkan fitur tertentu. Setelah pengguna memutar lagu secara online, filenya akan masuk cache dan bisa diputar ulang secara offline tanpa perlu unduh dulu.

3. Multiplatform

Baik streaming film, maupun musik punya keunggulan sendiri sehingga menjadi populer. Salah satunya adalah multiplatform. Maksudnya, Sobat Pintar bisa menikmati lagu maupun film dari beragam perangkat. Sobat Pintar bisa mainkan lagu via smartphone lalu didengarkan melalui earphone jika sedang ingin santai atau menemani perjalanan.

Nanti, saat di rumah Sobat Pintar juga bisa mengakses situs streaming tersebut melalui laptop atau PC. Sembari melakukan pekerjaan rumah, atau sekedar bersantai. Bahkan, sekarang ini sudah ada beberapa platform streaming yang punya fitur unggulan yaitu Web Player. Jika ingin menikmati fitur seperti ini pun sangat mudah.

Sobat Pintar tinggal buka aplikasi streaming tersebut, lalu unduh dan install di perangkat Sobat Pintar. Boleh smartphone maupun laptop karena memang multiplatform. Saat mau mendengarkan, Sobat Pintar bisa langsung login dan terkoneksi langsung di akun pribadi. Mulai saja mendengarkan lagu yang sudah disusun pada playlist. Sobat Pintar pun boleh mengunduh lagu tersebut jika mau.

4. Legal Dan Aman

Sebenarnya, Indonesia sudah cukup tertinggal soal aktivitas hiburan dengan metode streaming seperti ini. Berdasarkan sumber terpercaya, Amerika sudah lebih dulu mencoba metode streaming ini sejak lebih dari 10 tahun yang lalu. Hal ini dilakukan saat orang-orang sana sudah mulai beralih dari jaringan konvensional ke internet.

Ketika dicoba di masyarakat, hasilnya cukup membanggakan. Streaming online ternyata memberikan hasil positif yaitu pembajakan mulai berkurang drastis. Seperti yang diketahui banyak orang, karya musik memang sangat rentan di plagiat atau pembajakan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Menurunnya jumlah pembajakan, dipandang sebagai lambang apresiasi bagi para musisi. Sekaligus menjadi eduksi efektif, mengingatkan masyarakat jika penting untuk menghargai karya orang lain. Tidak hanya faktor kelegalan saja. Streaming juga ternyata memberikan efek aman buat para penggunanya.

Beberapa ditemukan kasus pengguna yang mengunduh lagu dari situs tidak resmi justru membahayakan smartphonenya. Biasanya, lagu pada situs tidak resmi mengandung banyak virus dan malware. Mendengarkan musik secara streaming tentu menjadi cara paling aman menikmati karya musisi terfavorit.

5. Hemat Kuota

Jangan kaget dulu, mendengarkan secara online memang butuh kuota. Hanya saja, Sobat Pintar masih tetap bisa pilih-pilih platform streaming yang menjamin fitur terbaik. Misalnya yang menyediakan fitur untuk bisa mengatur sendiri kualitas streaming lagi. Biasanya, akan ada beberapa pilihan kualitas untuk pengguna.

Dari mulai yang kualitas low, hingga high quality. Apabila Sobat Pintar sedang tidak punya cukup banyak kuota, silahkan atur kualitas streaming paling kecil, biasanya yang low. Pada umumnya streaming kualitas low tidak akan membuat kuota tersedot banyak. Mungkin sekitar 0,5 hingga 1 MB saja per lagu. 

Bagaimana pun juga masih tetap hemat bukan? Selain itu, Sobat Pintar sebenarnya juga bisa mengunduh lagunya untuk dimainkan secara offline. Jika tidak mau kehabisan memori, platform streaming musik akan memberikan pilihan ukuran memori lagu yang ingin disimpan. Sobat Pintar bisa memilih yang paling kecil sehingga tidak akan menghabiskan ruang penyimpanan.

6. Bebas Pilih Dan Bagi Lagu Sesuka Sobat Pintar

Streaming lagu juga memberikan kebebasan pada penggunanya untuk memilih musik yang diinginkan. Pasalnya, sudah pasti akan disediakan banyak sekali jenis musik. Jangan khawatir, Sobat Pintar kebingungan memilihnya, karena biasanya aplikasi streaming akan memberikan rekomendasi playlist khusus sesuai aktivitas atau mood pengguna.

Bagi anak muda, eksistensi di dunia maya adalah sebuah budaya. Cara untuk eksis di dunia maya adalah aktif dalam aktivitas sharing. Sobat Pintar bisa mencoba untuk sharing playlist Sobat Pintar ke media sosial karena langsung terkoneksi dengan aplikasi streaming yang dipakai. Tidak hanya sebagai ajang eksistensi, hal seperti ini juga bisa menjadi hiburan sendiri bagi Sobat Pintar.

Itu dia tadi alasan mengapa sekarang ini streaming musik terbukti lebih digemari di masyarakat. Aktivitas streaming ini akan membuat Sobat Pintar perlu koneksi jaringan internet. Tidak hanya bisa mengandalkan WiFi saja, Sobat Pintar juga perlu punya kuota. Jangan bingung, tidak ada dana untuk membelinya. Ada Kredit Pintar yang bisa membantu menyediakan dana segar kapan saja.

Jangan lewatkan: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload