Cara Pajak Motor Online Dengan Mudah Di Handphone

21 Sep 2021 by Laruan

Membayar pajak sepeda motor adalah kewajiban bagi pemilik kendaraan bermotor. Di tengah pandemic yang belum berakhir ini pihak samsat meluncurkan fitur menarik bagi para pengendara motor yaitu Bernama e-samsat. Kini masyarakat jarang untuk keluar rumah di saat pandemi seperti sekarang ini masyarakat mulai belanja, cara pajak motor online dan bayar apapun itu secara online. Oleh karena itu, e-samsat hadir untuk membayar pajak motor online hanya di smartphone.

e-samsat hadir untuk Sobat Pintar yang membutuhkan pembayaran secara online agar Sobat Pintar tidak perlu repot-repot lagi datang ke kantor samsat di daerahmu.  Cara bayar pajak motor online di e-samsat mudah dan persyaratannya tidaklah rumit dan ribet. Fitur e-samsat tiap provinsi berbeda-beda untuk para domisili masing-masing pemilik sepeda motor. Contoh jika Sobat Pintar tinggal di provinsi Jawa Tengah maka Sobat Pintar memilih tulisan yang Bernama Sakpole. Aplikasi e-samsat ini dapat diunduh melalui Google Play Store ataupun App Store di smartphonemu.

Laporkan Tindak Penipuan Online Dengan Berbagai Cara Berikut Ini

Cara Pajak Motor Online Dengan Mudah Di Handphone

Tetapi jika Sobat Pintar memiliki tunggakan pembayaran pajak lebih dari sebulan maka aplikasi e-samsat tidak dapat digunakan. Apabila Sobat Pintar masih memiliki tunggakan pembayaran maka Sobat Pintar perlu datang ke kantor samsat terdekat. Cara pajak motor online memiliki persyaratan yang dapat Sobat Pintar lakukan sebelum ke membayar pajak. Yang Sobat Pintar butuhkan hanyalah persyaratan seperti STNK maupun Samolnas, tetapi tidak hanya itu saja persyaratannya. Berikut syarat-syarat yang perlu Sobat Pintar lakukan untuk bayar pajak online.

Pajak tahunan dibayarkan sesuai batas masa berlaku STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sedangkan untuk perpanjangan pajak setiap satu tahun yang dapat Sobat Pintar lakukan di gerai samsat keliling. Sobat Pintar juga dapat membayar pajak motor online yang memudahkanmu tanpa keluar rumah. Jadi, Sobat Pintar tidak perlu datang secara langsung ke kantor Samsat cukup online Sobat Pintar sudah bisa. Beberapa cara pajak motor online,  di antaranya: 

Syarat Bayar Pajak Online

  1. 1 lembar Salinan BPKB dan surat BPKB,
  2. 1 lembar Salinan KTP dan KTP asli (foto dan alamat harus terlihat secara jelas),
  3. 1 lembar STNK beserta salinannya,
  4. E-mail yang masih aktif dan Nomor Telepon (masih aktif),
  5. Memiliki rekening bank (jenis rekening bank yang bekerja sama dengan Badan Pajak),
  6. Kendaraan yang sudah terdaftar dan masuk ke dalam wilayah hukum daerah Polda setempat.

Jika, Sobat Pintar tidak memiliki BPKB Sobat Pintar dapat meminta surat keterangan dari leasing sebagai bukti kepemilikan. Selain itu, Sobat Pintar jika Sobat Pintar tidak memiliki nomor rekening bank pembayaran dapat dilakukan melalui e-commerce seperti Tokopedia, BukaLapak, atau Sobat Pintar dapat membayarnya melalui dompet digital dari aplikasi e-commerce tersebut. Berikut bank yang melayani bayar pajak motor online seperti BRI, BNI, BTN, Mandiri, BPD, BCA, Bank Permata, dan CIMB Niaga. Kode pembayaran akan segera dikirimkan, segeralah untuk langsung membayarnya jika tidak kode pembayaran akan hangus dalam 2 jam.

Cara Pajak Motor Online

1. Download aplikasi Samsat di smartphone

Cara Pajak Motor Online Dengan Mudah Di Handphone

Untuk membayar pajak motor online terutama pada wilayah Bali dan Jawa dapat dilakukan dengan memakai aplikasi ini. berikut langkah-langkah yang dapat Sobat Pintar lakukan:

  1. Buka aplikasi Samolnas lalu,
  2. Masuk ke menu Pendaftaran dan isi semua formulir yang dibutuhkan.
  3. Tekan tombol Lanjutkan,
  4. Muncul menu konfirmasi data pendaftaran dan Kode Bayar.

Kode bayar hanya berlaku selama 2 jam dari proses pendaftaran setelah itu kode bayar akan hangus jika Sobat Pintar tidak langsung membayarnya melalui rekening bank maupun aplikasi e-commerce. 

2. Bayar melalui ATM

Lantas bagaimana cara pajak motor online setelah mengisi pendaftaran ke nomor rekening bank? Berikut Langkah-langkahnya:

  1. Masukkan kartu ATM dan password mu ke dalam mesin ATM lalu,
  2. Pilih Menu Lain,
  3. Pilih Menu Pajak atau Penerimaan Negara,
  4. Pilih dan masuk ke menu e-Samsat lalu masukkan Kode Bayar. Masukkan kode tersebut dengan awalan 1500, seperti contoh 1500123456789XXX,
  5. Tekan tombol Tekan Jika Benar. Apabila kode bayar benar maka akan muncul data kendaraan pemilik dan jumlah yang harus dibayar. Selanjutnya tekan tombol Tekan Jika Benar.
  6.  Jika sudah, maka bukti proses pembayaran sudah selesai.

proses pembayaran setiap bank berbeda-beda tetapi kami disini menggunakan bank BNI, jadi proses pembayarannya tidak menuntut kemungkinan sama seperti di atas. Sobat Pintar dapat melakukan pembayaran melalui atm maupun e-Banking. Setelah pembayaran selesai Sobat Pintar dapat mengesahkan Surat Tanda Nomor Kendaraan ke kantor samsat terdekat. Setelah melakukan pembayaran melalui ATM maupun e-Banking Sobat Pintar dapat bukti pelunasan kewajiban pembayaran elektronik (e-TBPKP) berlaku sampai dengan 30 hari.

Selama 30 hari kita harus bergegas ke tempat kantor samsat terdekat untuk pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan dan TBKSP/SKPD asli berdasarkan e-TBKSP yang didapatkan saat bayar pajak motor online. Cara bayar pajak motor online cukup efektif dan bebas resiko karena dengan adanya aplikasi Samolnas terhindar dari resiko pungli.  Setelah kita membayar pajak melalui atm maupun e-commerce dan e-Banking Langkah selanjutnya ialah kita harus datang ke kantor samsat terdekat. Berikut Langkah-langkah untuk mengikuti prosedur pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan:

  1. Pastikan persyaratan untuk pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan terpenuhi, berikut persyaratan yang Sobat Pintar lengkapi:
  1. KTP asli yang masih aktif,
  2. STNK asli,
  3. Membawa SKPD/TBPKB lama,
  4. Jika pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan diwakilkan orang lain maka, harus membawa surat kuasa.
  1. Setelah persyaratan terpenuhi maka Sobat Pintar boleh datang  ke kantor samsat terdekat
  2. Petugas akan menginput data kita dan kita harus menunggu sampai benar-benar data tersebut clear
  3. Petugas akan memasukkan nomor registrasi dan nomor polisi
  4. Setelah semuanya terpenuhi maka proses penyerahan Surat Tanda Nomor Kendaraan dan SKPD kepada pemohon.

Meskipun Sobat Pintar sudah melakukan pembayaran secara online tetapi Sobat Pintar juga harus datang ke tempat kantor Samsat terdekat. Sobat Pintar tidak bisa melakukan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan di provinsi lainnya kecuali provinsi yang Sobat Pintar pilih sesuai dengan tempat tinggalmu. Dengan pemberian waktu selama 30 hari setelah melakukan pembayaran melalui atm maupun e-banking. Sobat Pintar harus datang ke kantor Samsat yang sesuai dengan provinsi kita pilih.   

Layanan tersebut terbukti bermanfaat bagi kita semua agar tidak usah berlama-lama mengantri untuk membayar. Selain itu, layanan tersebut cukup cepat dan praktis untuk kita yang tidak suka mengantri di kantor samsat. Mungkin, hanya itu yang dapat kami berikan informasi mengenai cara bayar pajak motor online di aplikasi Samolnas sampai dengan prosedur pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan yang dapat Sobat Pintar ikuti Langkah-langkahnya. Juga, selain itu dapat mencegah pungutan liar atau pungli dari oknum yang tidak bertanggungjawab. Semoga artikel ini membantumu!

Daftarkan Diri Jadi Penerima Bansos Yang Cair Bulan September. Simak di sini!Tiap harinya, blog Kredit Pintar diperbarui agar Sobat Pintar bisa selalu update tentang berbagai informasi terbaru. Jangan lupa juga untuk follow media sosial Kredit Pintar agar tidak ketinggalan promo dan berita terkini!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload