Kapan Bansos Cair? Ini 5 Bansos Yang Cair di September 2021

08 Sep 2021 by Rindang Maulidia

Banyak masyarakat terdampak pandemi yang sering mencari tahu kapan bansos cair di tahun 2021.  Akhirnya, setelah sekian bulan penantian, ada sedikit titik terang yang bisa dilihat mengenai pencairan bansos di tahun ini. Bansos, atau bantuan sosial, merupakan insentif yang diberikan oleh pemerintah untuk masyarakat Indonesia. Bagi masyarakat yang kehidupannya terdampak pandemi, bansos dari pemerintah terasa bisa meringankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Di bulan September ini, ternyata akan ada 6 jenis bansos yang akan cair. Tentunya, bansos yang dicairkan hanya bisa diterima oleh masyarakat yang terdaftar sebagai penerima bansos. Artinya, masyarakat yang terdampak namun tidak terdaftar sebagai penerima bansos, juga tidak akan menerima bansos. Untuk itu, dari artikel ini, Kredit Pintar akan memberikan informasi tentang 6 bansos yang akan cair di bulan September dan cara mendaftarkan diri sebagai masyarakat penerima bansos dalam artikel ini.

Kapan bansos cair? Ada 5 bansos yang akan cair di bulan September dan cara mendaftarkan diri sebagai masyarakat penerima bansos. Baca di sini

Kapan Bansos Cair di Bulan September dan Apa Saja Bansos Yang Dikabarkan Akan Cair?

1. Bansos Berupa Bantuan Subsidi Upah

Bantuan Subsidi Upah (BSU) merupakan bantuan yang disalurkan untuk masyarakat yang berpenghasilan kurang dari Rp 3.500.000,- per bulan, atau di bawah UMK yang telah ditetapkan.

Ternyata, bansos berupa BSU akan terus cair di bulan September 2021.

Namun, ada syarat yang perlu dipenuhi agar Sobat Pintar bisa mendapatkan kelayakan sebagai penerima bansos BSU, yaitu terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan, setidaknya hingga bulan Juni 2021.

Selain itu, penerima BSU juga wajib memiliki rekening aktif karena pencairan dana dilakukan melalui transfer bank.

2. Bansos Berupa Diskon Pembayaran Listrik

Diskon pembayaran listrik merupakan insentif yang diberikan pemerintah sejak awal pandemi merebak di Indonesia.

Subsidi tersebut hingga saat ini telah berjalan setiap bulan dan dikabarkan masih akan berlanjut hingga Desember 2021.

Masyarakat yang menggunakan daya listrik untuk penggunaan rumah tangga sebesar 450VA dan 900VA akan mendapatkan potongan tagihan.

Pengguna 450VA mendapatkan diskon sebesar 50%, sedangkan pengguna 900VA akan mendapatkan diskon sebesar 25%.

Selain pemberian diskon, PLN sebagai satu-satunya penyedia listrik di Indonesia juga memberikan pembebasan abonemen untuk para penggunanya.

3. Bansos PKH

Bansos Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan bantuan yang diberikan bagi ibu hamil hingga anak sekolah.

Bantuan tersebut diberikan dengan harapan agar keluarga penerima bisa tetap melanjutkan pendidikan bagi anaknya yang masih bersekolah dan menjaga janin agar tetap hidup dengan sehat hingga kelahirannya.

Bentuk bansos yang diberikan dalam program PKH adalah berupa uang tunai dan bantuan sembako. 

Dengan adanya bansos PKH, keluarga penerima yang memiliki memiliki anggota ibu hamil/balita akan mendapatkan bantuan uang tunai sebesar Rp 3.000.000 per tahun.

Sementara itu, keluarga yang memiliki anggota yang masih bersekolah di tingkat SMA akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 2.000.000,- per tahun, anggota keluarga yang masih bersekolah di tingkat SMP sebesar Rp 1.500.00,- per tahun, serta anggota keluarga yang masih bersekolah di tingkat SD sebesar Rp 900.000,- per tahun.

Apabila ada anggota lansia/penyandang disabilitas, anggota keluarga tersebut berhak menerima bantuan sebesar Rp 2.400.000,-.

4. Bantuan Kuota Internet Akan Cair di Bulan September

Semenjak berlakunya berbagai pembatasan yang ditetapkan pemerintah guna menekan penyebaran COVID-19, maka banyak sektor usaha dan pendidikan yang mengalihkan aktivitasnya secara online. 

Untuk itu, tidak dapat dipungkiri apabila akses internet telah menjadi kebutuhan bagi masyarakat untuk tetap bisa beraktivitas.

Bantuan kuota internet yang diinisiasi oleh pemerintah, diberikan kepada para pelajar, mahasiswa, guru, dan dosen untuk mendukung kegiatan belajar mengajar agar tetap bisa berjalan dengan lancar.

Mekanisme pencairan kuota internet berlangsung selama 3 bulan bagi setiap masyarakat pada rentang tanggal 11-15 dalam setiap bulan.

5. Kapan Bisa Mendapatkan Bantuan UKT Kuliah? Tenang, di September Ini Bantuan UKT Kuliah Juga Akan Cair

Selain berbagai bansos yang tertulis di atas, ada juga bantuan yang akan diberikan bagi mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di universitas negeri, berupa bantuan UKT kuliah. 

Penerima bantuan UKT Kuliah tidak diperbolehkan untuk menerima bantuan perkuliahan lain, seperti bidikmisi dan beasiswa lainnya.

Untuk mengetahui apakah Sobat Pintar tergolong sebagai penerima bantuan UKT, silahkan hubungi biro mahasiswa universitas terkait. 

Cara Daftar Bansos Online dan Cek Status Penerimaan Bansos

Masyarakat yang terdampak pandemi berhak mendaftarkan diri sebagai penerima bansos.

Banyak jenis bansos yang diberikan oleh pemerintah, selain berbagai bansos yang telah disebutkan dalam paragraf sebelumnya, antara lain; bansos UMKM, BLT Dana Desa, Bantuan Sembako pangan, dan lain-lain.

Agar Sobat Pintar bisa memenuhi kelayakan untuk menjadi penerima bansos, maka Sobat Pintar bisa memenuhi syarat dan melakukan pendaftaran menjadi penerima bantuan.

1. Syarat yang wajib dipenuhi sebelum daftar bansos online dan kapan batas pengumpulannya?

Sebelum mendaftarkan diri, Sobat Pintar wajib memenuhi persyaratan berikut ini:

  1. Telah didata oleh pihak RT dan RW sebagai penerima bansos.
  2. Sobat Pintar wajib termasuk dalam kriteria terdampak Pandemi COVID-19.
  3. Sobat Pintar tidak terdaftar sebagai penerima bansos lainnya, seperti kartu sembako, bantuan paket sembako, bantuan pangan non tunai, kartu pra kerja, serta PKH.

2. Cara melakukan pendaftaran bansos dan cek bansos

Sayangnya saat ini cara daftar bansos online belum tersedia karena Sobat Pintar wajib mendaftarkan diri ke tempat yang telah ditentukan berdasarkan surat keterangan dari pihak RT/RW apabila Sobat Pintar telah memenuhi persyaratan sebagai penerima bansos. 

Ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendaftarkan diri:

  1. Lengkapi berkas berupa KTP, KK, dan surat keterangan dari RT/RW .
  2. Daftarkan diri ke tempat yang tertera pada surat keterangan dari RT/RW berkaitan dengan penerimaan bansos.
  3. Serahkan berkas lengkap ke loket pendaftaran.
  4. Berkas akan diproses dan Sobat Pintar bisa melakukan pengecekan status penerima bansos di situs cekbansos.kemensos.go.id. 

Itulah berbagai informasi tentang kapan bansos bisa cair di bulan September.

Pastikan Sobat Pintar mencari tahu status penerima bansos dan rekening bank yang terdaftar sebagai penerima bansos agar bisa mendapatkan jawaban atas pertanyaan kapan bansos cair.

Apabila Sobat Pintar tidak termasuk dalam daftar penerima bansos, ada Kredit Pintar yang siap jadi solusi untuk segala kebutuhan finansial Sobat Pintar. Hanya dengan KTP, Sobat Pintar bisa ajukan pinjaman tunai cepat cair dengan proses yang aman, karena Kredit Pintar telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.

Semoga membantu!

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload