8 Cara Ninggiin Badan Secara Alami dan Efektif

22 Dec 2021 by Laruan, Last edit: 22 Dec 2021

Banyak yang bertanya-tanya adakah cara ninggiin badan yang efektif, terutama untuk usia dewasa yang sudah melewati masa pertumbuhan. Sebelum pergi ke pengobatan alternatif yang menjanjikan proses meninggikan berat badan, sebaiknya coba beberapa cara alami terlebih dahulu.

Ada banyak cara alami yang bisa dicoba untuk meninggikan tubuh. Meskipun batas pertumbuhan pada pria adalah usia 16 tahun dan batas pertumbuhan tubuh wanita adalah antara 14 hingga 15 tahun, tidak ada salahnya mencoba beberapa cara berikut ini untuk meninggikan tubuh.

Cara Ninggiin Badan Secara Alami

Setelah melewati batasan usia, proses meninggikan tubuh tidak bisa berlangsung dengan cepat atau instan. Padahal setiap orang menginginkan tinggi badan ideal yang bisa meningkatkan penampilan. Sebelum menuju ke proses meninggikan tubuh, ada beberapa hal yang perlu dipahami.

Tinggi badan setiap orang dipengaruhi oleh beberapa faktor. Berikut ini merupakan faktor yang bisa mempengaruhi tinggi badan setiap orang.

  1. Faktor genetik atau keturunan yang adalah faktor paling utama yang bisa menentukan pendek atau tingginya setiap orang.
  2. Faktor nutrisi yang mencukupi selama masa puber. Masa puber adalah masa emas untuk pertumbuhan. Proses pertumbuhan akan lebih optimal jika kebutuhan nutrisi seseorang terpenuhi.
  3. Aktivitas fisik atau olahraga yang dilakukan selama masa pertumbuhan juga bisa membantu proses pertumbuhan badan sehingga seseorang bisa lebih tinggi dari orang lain yang kurang berolahraga.
  4. Faktor lain yang perlu dipahami sebelum mencari tahu cara ninggiin badan adalah faktor penyakit kronis. Seseorang yang mengidap penyakit kronis biasanya juga akan mengalami kendala dalam masa pertumbuhan.

Setelah memahami berbagai faktor di atas, Sobat Pintar sudah siap untuk mengetahui berbagai cara ninggiin badan yang paling efektif untuk dicoba, bahkan jika telah melewati batas usia pertumbuhan. Pastikan untuk menerapkan semua cara berikut ini secara rutin untuk mendapat hasil yang optimal.

Baca juga: Apa Itu Clean Eating dan Manfaatnya Bagi Tubuh

1. Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi

Langkah paling penting untuk mencapai pertumbuhan badan yang lebih optimal adalah menjaga asupan gizi atau nutrisi. Kandungan yang paling penting yang bisa membantu meningkatkan tinggi badan antara lain:

a. Protein

Protein adalah nutrisi terpenting yang bisa membantu proses pertumbuhan organ, kulit, tulang, gigi, serta jaringan otot. Sumber protein terbaik yang wajib Sobat Pintar konsumsi secara teratur adalah daging ayam, daging sapi, telur, oatmeal, susu kedelai, keju, ikan, dan susu.

b. Kalsium

Kalsium merupakan nutrisi lain yang paling Sobat Pintar butuhkan saat mencari cara ninggiin badan yang efektif. Kalsium bisa membantu mengembangkan, menguatkan, serta memadatkan gigi dan tulang. Dapatkan kalsium dari yoghurt, susu, keju, lobak, sumsum tulang sapi, brokoli, bayam, dan kol.

c. Vitamin D

Vitamin D juga sangat berperan dalam proses pertumbuhan tinggi badan. Vitamin D akan membantu menyerap kalsium dan membentuk tulang sehingga tinggi badan bisa ditingkatkan dengan lebih optimal. Dapatkan vitamin D dari jamur, sosis, almond, tempe dan tahu, susu kedelai.

2. Cukup tidur dan istirahat teratur

Setiap malam, tubuh membutuhkan istirahat yang cukup agar proses pertumbuhan tinggi badan bisa terjadi secara tidak langsung. Cara ninggiin badan ini terjadi secara tidak langsung. Ketika Sobat Pintar tidur, tubuh akan melepaskan hormon untuk pertumbuhan yang disebut sebagai HGH.

Pembentukan hormon bisa berkurang jika tubuh kekurangan waktu untuk istirahat. Biasakan untuk tidak begadang dan tidurlah selama setidaknya 6 hingga 8 jam setiap malamnya sehingga proses pertumbuhan tinggi badan bisa terjadi dengan lebih maksimal.

Baca juga: Tips Tidur Cepat Agar Terhindar dari Insomnia

3. Memperbaiki postur tubuh

Seraya bertambahnya usia pertumbuhan, postur tubuh manusia akan memendek secara alami. Hal ini terjadi karena penurunan kepadatan tulang yang mengakibatkan rangka tubuh menjadi kurang kuat untuk menopang beban tubuh.

Kebiasaan buruk yang tanpa sengaja dilakukan setiap hari juga bisa membuat postur tubuh Sobat Pintar tampak lebih pendek. Kebiasaan berdiri atau berjalan dan duduk dengan postur membungkuk atau tidak tegak bisa membuat tubuh Sobat Pintar menjadi semakin pendek.

Mulai sekarang, terapkan cara ninggiin badan yang satu ini dengan memperbaiki postur tubuh sehingga tulang belakang akan menjadi lebih selaras. Tubuh Sobat Pintar pun akan menjadi lebih sehat dan tinggi. Postur tubuh yang baik bisa mencegah munculnya sakit punggung dan sakit kepala.

4. Melakukan berbagai gerakan yoga

Yoga menawarkan berbagai pose dan gerakan yang bisa menggerakkan semua bagian tubuh dan membantu memperkuat otot tubuh. Beberapa gerakan juga bisa membantu meluruskan tubuh dan membuat postur tubuh Sobat Pintar jadi jauh lebih tegak.

Sobat Pintar bisa bergabung di salah satu pusat kebugaran yoga yang paling dekat dengan tempat tinggal Sobat Pintar. Atau Sobat Pintar juga bisa melatih berbagai pose dan gerakan yoga di rumah dengan menontonnya dari YouTube.

5. Cara ninggiin badan dengan memperkuat otot tubuh

Otot tengah adalah bagian tubuh yang kuat dan bisa membantu Sobat Pintar mempertahankan postur tubuh yang baik sehingga bisa terlihat lebih tinggi. Sobat Pintar perlu memperkuat beberapa otot yang ada di bagian perut serta di tulang belakang agar bisa menopang tulang belakang dengan lebih baik.

Jika tulang belakang tidak mendapatkan dukungan yang kuat karena otot tubuh terlalu lemah, tubuh Sobat Pintar bisa mulai membungkuk secara perlahan-lahan. Untuk mengencangkan dan memperkuat otot tubuh, Sobat Pintar bisa melakukan gerakan push-up, plank, dan crunch secara rutin.

6. Cara ninggiin badan dengan berenang

Banyak orang percaya bahwa berenang adalah salah satu cara terampuh untuk meninggikan badan. Ketika berenang, tubuh Sobat Pintar akan bergerak melawan arus air dan gravitasi sehingga kekuatan semua otot tubuh bisa terlatih.

Berenang juga akan membantu untuk menjaga dan memperbaiki postur tubuh sehingga Sobat Pintar akan selalu memiliki tubuh yang tegap dan tegak.

7. Meninggikan badan dengan bermain basket

Basket adalah jenis olahraga lain yang bisa membantu Sobat Pintar meninggikan tubuh, jika dilakukan secara rutin. Permainan basket mengharuskan Sobat Pintar untuk melompat dan berlari melawan gaya gravitasi. Tulang belakang dan otot pun akan meregang dengan lebih maksimal.

8. Cara ninggiin badan bisa didukung oleh olahraga lompat tali

Skipping atau lompat tali melibatkan gerakan yang bisa menstimulasi otot kaku sehingga tubuh akan jadi lebih tinggi. Agar tubuh Sobat Pintar bisa bertambah tinggi dengan lebih optimal, lakukan lompat tali atau skipping kurang lebih 15 menit setiap harinya.

Baca juga: Jaga Kesehatanmu Agar Selalu Produktif, dengan Cara Berikut

Siapkan Cukup Dana untuk Ninggiin Badan dengan Berolahraga

Beberapa olahraga yang bisa membantu Sobat Pintar meninggikan tubuh melibatkan peralatan olahraga, misalnya bola basket dan tali skipping. Jika Sobat Pintar ingin mendapatkan hasil yang optimal, pastikan untuk membeli peralatan berkualitas yang bisa digunakan setiap hari untuk waktu yang lama.

Tapi sebelumnya, download dulu aplikasi Kredit Pintar dari Play Store dan dapatkan pinjaman dana sesuai dengan kebutuhan untuk membeli beberapa peralatan yang diperlukan dalam upaya meningkatkan tinggi badan.

Sobat Pintar boleh memilih salah satu atau beberapa cara ninggiin badan di atas, tapi pastikan untuk melakukannya secara rutin, setiap hari jika mungkin, agar pertumbuhan tinggi badan bisa semakin optimal.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
22 Dec 2021
Pinjam kilat 20 juta!Download