4 Penyebab HP Macet dan Cara Merestart HP Samsung

01 Oct 2021 by Laruan

Istilah restart HP pastinya sudah sangat familiar di telinga para pengguna smartphone. Pasalnya, setiap smartphone pasti dilengkapi dengan fitur restart atau mulai ulang, termasuk merek Samsung. Kebanyakan orang hanya merestart HP-nya saat sedang mengalami hang atau macet. Hal itu memang tidak salah, tetapi sebenarnya masih ada banyak manfaat yang akan diperoleh dari cara merestart hp samsung.

4 Penyebab HP Macet dan Cara Merestart HP Samsung

Di sisi lain, ada juga mitos yang menyebutkan bahwa merestart HP secara berkala dapat mencegah HP rusak lebih cepat. Hal itu tidak sepenuhnya salah karena merestart HP memang dapat merefresh kinerja perangkat. Dengan begitu, HP dapat digunakan dengan lebih optimal setiap saat. Supaya Sobat Pintar lebih paham, simak sampai habis untuk mengetahui cara merestart HP Samsung beserta manfaatnya.

Penyebab HP Sering Macet

Sebelum membahas cara restart HP dan manfaatnya, ada baiknya untuk mengetahui penyebab HP macet terlebih dahulu. HP yang tiba-tiba hang atau mengalami kemacetan tentu saja sangat menjengkelkan. Apalagi saat Sobat Pintar sedang bermain game atau bahkan menggunakannya untuk hal-hal penting. Alhasil, Sobat Pintar akan merestart HP atau hanya membiarkannya sampai kembali normal tanpa mencari tahu penyebabnya. Padahal, penting untuk mengetahui penyebabnya sehingga hal itu tidak terulang kembali.

1. Ada Aplikasi yang Bermasalah

Meskipun sistem Android saat ini makin canggih, tetapi tidak menutup kemungkinan adanya aplikasi yang mengalami masalah. Ada kemungkinan data instalasi aplikasi tersebut bermasalah atau penyebab lainnya hingga menyebabkan HP menjadi macet. Hal itu mengakibatkan tidak berfungsinya layar sentuh dan tombol pada HP. Jika hanya satu aplikasi saja yang bermasalah, maka memang ada kerusakan pada aplikasi tersebut. Akan tetapi, kalau semua aplikasi mengalami masalah yang sama, artinya sedang terjadi masalah pada sistem Androidnya. 

2. Suhu HP Sudah Terlalu Tinggi

Secanggih-canggihnya smartphone tetap saja memiliki kelemahan, yakni tidak berfungsi optimal saat suhunya sudah cukup tinggi. Saat itu terjadi, biasanya ada beberapa fitur yang tidak berfungsi. Bahkan, terkadang ada HP yang tiba-tiba restart secara otomatis saat suhunya terlalu tinggi. Jika hal itu terjadi, disarankan untuk memberikan waktu kepada HP untuk beristirahat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk mengetahui cara merestart HP Samsung dan HP lainnya.

3. RAM Sudah Habis

Banyak orang yang sangat memperhitungkan kapasitas RAM saat membeli HP baru. Hal itu wajar saja karena semakin besar RAM, artinya HP tersebut makin optimal dalam menjalankan banyak aplikasi. Namun, jika ada banyak aplikasi yang digunakan secara bersamaan, kapasitas RAM tetap saja bisa habis. Saat RAM hampir habis, tidak jarang HP tiba-tiba macet sehingga harus dilakukan pembersihan sampah. Sobat Pintar dapat membersihkannya dengan aplikasi cleaner atau merestart HP.

4. Sistem HP Bermasalah

Penyebab HP macet yang terakhir adalah terjadinya kerusakan sistem HP. Ketika suhu HP normal, kapasitas RAM masih cukup banyak, dan tidak sedang mengoperasikan terlalu banyak aplikasi, tetapi mengalami hang, ada kemungkinan sistemnya sedang bermasalah. Pada umumnya, solusi yang disarankan saat sistemnya yang bermasalah adalah melakukan flashing atau reset HP.

Cara Merestart HP Samsung

Pada umumnya, cara merestart HP Samsung dan merek HP lainnya hampir sama dan sangat mudah. Bahkan, Sobat Pintar hanya memerlukan waktu beberapa detik saja untuk melakukannya. Sobat Pintar juga tidak perlu khawatir kehilangan semua data di HP karena restart berbeda dengan reset. Justru sebaliknya, ada banyak manfaat restart HP yang akan diperoleh. Sebelum mengulas apa saja manfaatnya, berikut disajikan cara restart HP bagi para pengguna Samsung.

  • Tekan tombol “Power” yang berada di sisi kanan atau kiri HP;
  • Akan muncul opsi “Matikan daya” dan “Mulai ulang”. Pilih “Mulai ulang”;
  • Proses memulai ulang akan terjadi selama beberapa detik saja;
  • Jika HP Samsung sudah kembali normal, Sobat Pintar dapat menggunakannya seperti semula.

Adapun tips jika tombol Power dan HP-mu memiliki baterai tanam, Sobat Pintar dapat melakukan restart dengan cara paksa. 

  • Tekan tombol “Power” kurang lebih 10 detik;
  • Tunggu sampai HP mati sendiri dan melakukan restart;
  • Sekarang Sobat Pintar sudah dapat menggunakan HP seperti semula dengan sistem yang lebih fresh.

Manfaat Merestart HP Secara Berkala

Seperti yang sudah disinggung di atas, merestart HP tidak hanya sekedar membuatnya lebih fresh dan tidak macet, tetapi ada banyak manfaat yang jarang diketahui. Bahkan, malah banyak yang mengira bahwa merestart HP akan menghilangkan semua data yang ada di HP. Padahal, merestart HP ialah proses menghentikan kinerja sistem untuk sementara dan menghasilkan manfaat yang begitu banyak. Berikut beberapa manfaat restart HP yang dilakukan setidaknya seminggu sekali.

1. Menyegarkan Sistem

Salah satu manfaat merestart HP ialah menyegarkan sistem HP. Hal itu dapat terjadi karena seluruh sampah yang ada akan terhapus secara otomatis. Dengan begitu, HP kesayanganmu akan lebih segar dan lebih siap untuk menjalankan berbagai aplikasi yang Sobat Pintar inginkan. Sebaliknya, HP yang jarang di restart kemungkinan akan mengalami masalah pada sistem yang mulai melambat sehingga kurang optimal dalam menjalankan aplikasi.

2. Mengatasi Sistem yang Error

Mungkin Sobat Pintar pernah menjumpai fitur pada HP yang tiba-tiba tidak dapat dijalankan. Bahkan, bisa jadi ada fitur atau aplikasi yang hilang, padahal Sobat Pintar tidak pernah menghapusnya. Hal itu bisa terjadi karena adanya kegagalan sistem. Untuk mengatasinya, Sobat Pintar dapat merestart HP supaya sistemnya kembali dalam keadaan normal. Dengan begitu, fitur-fitur yang semula mengalami error dapat difungsikan sebagaimana mestinya.

3. Melegakan RAM

Kapasitas RAM yang hampir habis biasanya akan mempengaruhi kinerja HP. Hal itu terlihat saat ada aplikasi yang tidak dapat dijalankan atau HP terasa lebih lemot daripada sebelumnya. Oleh karena itu, penting untuk memulai ulang HP karena data-data yang tidak penting akan terhapus secara otomatis. Jika sampah-sampah sudah terhapus, RAM akan lebih lega dan mampu menjalankan sistem dengan lebih optimal.

4. Mengatasi Aplikasi yang Error

Manfaat restart HP yang keempat ialah mengatasi adanya aplikasi yang error. Tidak jarang saat Sobat Pintar sedang bermain game, bermedia sosial, dan sebagainya, tiba-tiba aplikasi tersebut tidak merespons apa pun. Bahkan, ada juga aplikasi yang baru saja terinstal tidak dapat dijalankan sama sekali. Untuk mengatasinya, Sobat Pintar dapat merestart HP untuk membuatnya berjalan normal kembali. Jika masih mengalami masalah, ada kemungkinan sistem HP milikmu yang sedang bermasalah.

Kurang lebih begitulah cara merestart HP sekaligus manfaat yang dapat diperoleh jika melakukannya. Meskipun HP sekarang sudah semakin canggih dan tidak diharuskan untuk merestartnya secara berkala, tetapi tidak ada salahnya untuk melakukannya seminggu satu sampai dua kali. Pasalnya, ada banyak manfaat yang dapat Sobat Pintar peroleh, mulai dari mengatasi hang sampai mengatasi sistem yang error. Semoga bermanfaat.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload