Ini Cara Merawat Organ Pernapasan yang Benar

02 Nov 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 02 Nov 2022

Sudahkah Sobat Pintar mengetahui cara merawat organ pernapasan? Mengingat manusia hidup dengan cara bernapas, maka organ pernapasan merupakan organ yang penting. Jika terjadi gangguan pada organ pernapasan, maka akan terjadi berbagai gangguan kesehatan serius bahkan bisa berakibat pada kematian. 

Selain itu, biaya pengobatan saat terjadi masalah kesehatan tidaklah murah. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan dari sekarang sebelum munculnya masalah. Dengan menerapkan cara merawat organ pernapasan yang benar, maka berbagai risiko gangguan pada organ pernapasan dapat diminimalisir. 

Baca Juga: Hati-Hati! Ciri-ciri Sakit Jantung Ini Sering Diabaikan

Cara Merawat Organ Pernapasan yang Benar

Lantas bagaimanakah cara merawat organ pernapasan pada manusia? Sebelum itu, perlu diketahui organ pernapasan manusia tidak hanya paru-paru saja, melainkan meliputi mulut, hidung, tenggorokan hingga ke dalam-dalamnya. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan organ pernapasan ini dilakukan secara menyeluruh. 

Adapun cara merawat organ pernapasan yang bisa Sobat Pintar lakukan yaitu sebagai berikut ini. 

  1. Hindari rokok

Cara merawat organ pernapasan yang bisa Sobat Pintar lakukan pertama yaitu menghindari rokok. Pasalnya, di dalam rokok terdapat ribuan bahan kimia seperti tar, karbon monoksida, nikotin dan lainnya yang bisa masuk ke dalam paru-paru. Berbagai bahan kimia ini jika masuk ke dalam paru-paru bisa merusak berbagai organ penting sehingga organ pernapasan mengalami masalah kesehatan. 

Bagi Sobat Pintar yang tidak merokok, belum tentu aman dari bahaya rokok. Pasalnya, Sobat Pintar yang menghirup asap rokok dari orang lain bisa mengalami bahaya sama seperti para perokok aktif bahkan jauh lebih berbahaya. Oleh karena itu, sebisa mungkin hindari asap rokok dengan cara menjauhi para perokok atau menggunakan masker. 

Baca Juga: Cara Berhenti Merokok Agar Tubuhmu Lebih Sehat

  1. Hindari polutan

Tidak hanya menghindari rokok, Sobat Pintar juga perlu menghindari berbagai polutan di udara seperti debu, asap pembakaran, asap knalpot dan lainnya. Berbagai polutan udara ini mampu membuat organ paru-paru rusak, karena tidak mampu lagi melawan berbagai polutan tersebut. 

Salah satu cara untuk menghindari berbagai polutan udara ini yaitu dengan rajin menggunakan masker. Terutama bagi Sobat Pintar yang tinggal di perkotaan di mana terdapat banyak kendaraan yang menebarkan polutan. 

  1. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga merupakan salah satu cara yang penting untuk menjaga kesehatan organ pernapasan. Pasalnya, olahraga membuat paru-paru bekerja lebih keras dan jantung berdetak lebih cepat. Hal ini karena, tubuh  membutuhkan lebih banyak oksigen saat berolahraga sehingga memicu jantung dan paru-paru bekerja lebih keras.

Untuk olahraga yang perlu dilakukan, cukup sesuaikan dengan yang disukai dan semampunya saja. Beberapa olahraga ringan yang bisa Sobat Pintar lakukan yaitu jogging, jalan kaki atau bersepeda. Adapun olahraga lain yang bisa dilakukan yaitu berenang, aerobic, zumba dan masih banyak lainnya. 

  1. Perbanyak minum air putih

Cara merawat organ pernapasan yang perlu Sobat Pintar lakukan selanjutnya yaitu dengan memperbanyak minum air putih. Air putih ini akan membantu lendir yang menumpuk pada saluran pernapasan dapat larut. Dengan begitu, lendir tersebut tidak akan menyumbat saluran pernapasan. 

Mungkin beberapa dari Sobat Pintar ada yang tidak tahu berapa takaran air putih yang dibutuhkan setiap hari. Sebenarnya, kebutuhan air putih setiap orang berbeda-beda, karena disesuaikan dengan kondisinya. Namun secara umum, setiap orang membutuhkan 2 liter air atau setara dengan 8 gelas per harinya. 

  1. Rutin mencuci tangan

Seiring dengan adanya pandemi Covid-19, banyak masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya mencuci tangan. Dengan mencuci tangan, maka bakteri, virus, ataupun kuman tidak bisa masuk ke dalam tubuh. Hal ini membuat Sobat Pintar akan terhindari dari berbagai penyakit yang menyerang organ pernapasan salah satunya yaitu Covid-19.

Cara mencuci tangan yang benar yaitu dengan menggunakan sabun selama 20 detik. Setelah itu, bilas tangan di air mengalir agar bakteri, virus ataupun kuman dapat terbuang. Jika sedang tidak menemukan air, Sobat Pintar bisa menggunakan hand sanitizer untuk sementara. 

  1. Istirahat yang cukup

Apakah Sobat Pintar sudah mencukupi waktu istirahat setiap hari? Mencukupi waktu istirahat atau waktu tidur merupakan hal yang penting untuk merawat organ pernapasan. Apabila Sobat Pintar tidak mencukupi waktu istirahat, maka akan membuat sistem kekebalan tubuh menurun sehingga mudah terserang berbagai penyakit. 

Lantas berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencukupi waktu istirahat setiap hari? Waktu yang diperlukan untuk mencukupi waktu istirahat yaitu 6-8 jam setiap hari. Oleh karena itu, ciptakan suasana tempat tidur yang nyaman agar waktu tidur Anda tercukupi. 

  1. Konsumsi makanan bergizi

Cara merawat organ pernapasan yang perlu Sobat Pintar lakukan selanjutnya yaitu mengonsumsi makanan bergizi. Dengan mengonsumsi makanan bergizi akan membantu kesehatan tubuh secara keseluruhan. Saat tubuh kekurangan gizi atau nutrisi, maka rentan mengalami berbagai masalah kesehatan salah satunya gangguan pernapasan. 

Beberapa vitamin dan mineral yang perlu Sobat Pintar perhatikan agar organ pernapasan sehat yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin E, kalium, selenium, magnesium dan zinc. Berbagai vitamin dan mineral ini bisa didapatkan dengan mudah pada buah dan juga sayur.  

  1. Jaga kebersihan lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan. Pasalnya lingkungan tidak bersih, akan meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan salah satunya masalah pada organ pernapasan. Hal ini karena, lingkungan yang tidak bersih terdapat banyak bakteri, virus, dan kuman yang bisa saja menyerang tubuh. 

Jadi, usakan Sobat Pintar selalu membersihkan lingkungan tempat tinggal. Caranya yaitu selalu pastikan rumah aman dari debu agar tidak masuk ke organ pernapasan. Selain itu, pastikan juga membuang sampah pada tempatnya agar bakteri, kuman dan virus tidak menyebar. 

  1. Lakukan pemeriksaan secara berkala

Cara terakhir yang bisa Sobat Pintar lakukan jika ingin organ pernapasan tetap sehat yaitu melakukan pemeriksaan secara berkala. Walaupun Sobat Pintar merasa tubuh sehat baik-baik saja, namun tidak ada yang bisa memastikan apakah kondisi tubuh benar-benar baik. Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.

Melakukan pemeriksaan secara berkala dapat membantu diketahui masalah apa saja yang sedang dialami. Dengan begitu, bisa dilakukan penanganan sedini mungkin untuk menghindari munculnya permasalah yang lebih parah. 

Baca Juga: 6+ Cara Melembutkan Rambut

Itulah dia beberapa penjelasan mengenai cara merawat organ pernapasan yang perlu Sobat Pintar lakukan. Semoga Sobat Pintar senantiasa menerapkan beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas. Mengingat, organ pernapasan sangat penting dalam pada tubuh manusia.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
02 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download