6 Cara Melembutkan Rambut, Tanpa Perlu Ke Salon

16 Jun 2021 by kreditpintar
6 Cara Melembutkan Rambut, Tanpa Perlu Ke Salon

Rambut yang lembut tentunya impian bagi sebagian orang. Rambut kasar dan mengembang menjadi alasan utama untuk memiliki rambut yang lembut. Biasanya rambut kasar disebabkan oleh penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering. Akibatnya rambut bisa menjadi kering dan kasar bahkan bisa mengalami kerontokan. Pastinya Sobat Pintar tidak mau rambut yang menjadi keindahan mahkotamu rusak dan tidak cantik lagi. 

Sebenarnya melembutkan rambut bukanlah hal yang sulit jika dilakukan dengan perawatan yang tepat. Hal yang harus Sobat Pintar ketahui adalah kenali jenis rambut Sobat Pintar terlebih dahulu lalu pakailah produk sesuai kebutuhan Sobat Pintar. Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang cara melembutkan rambut.

1. Gunakan Shampo Sesuai Jenis Rambut

Penggunaan sampo yang tepat berpengaruh sebagai cara melembutkan rambut. Karena jika salah dalam memilih produk sampo akan menyebabkan kerusakan pada rambut Sobat Pintar dan dapat membuat rambut Sobat Pintar menjadi kasar.

Oleh karena itu, pilihlah produk sampo yang sesuai dengan jenis rambut Sobat Pintar. Salah satu rekomendasi pilihlah produk sampo yang mengandung vitamin E, antioksidan dan minyak argan. Karena kandungan tersebut mampu menutrisi rambut hingga ke batangnya dan menjaga kelembaban rambut.

2. Hindari Keramas Terlalu Sering

Memang tidak ada aturan dalam melakukan keramas atau mencuci rambut. Keramas sangatlah penting dalam menjaga kesehatan rambut terutama pemilik rambut yang kasar. Namun meskipun keramas diperlukan, tetapi jika melakukannya terlalu sering justru tidak baik bagi rambut Sobat Pintar.

Keramas terlalu sering dalam sehari juga dapat merusak rambut dan menghilangkan minyak alami yang dimiliki rambut sehingga rambut bisa menjadi kering.

Keramaslah sesuai dengan kondisi rambut Sobat Pintar sebagai salah satu cara melembutkan rambut. Jika kondisinya sudah kotor dan perlu dicuci maka Sobat Pintar bisa melakukan keramas. Anjuran yang selama ini diterapkan adalah melakukan keramas paling tidak 2 kali dalam sehari.

3. Gunakan Air Dingin

Mencuci rambut menggunakan air dingin sangat baik untuk melembutkan rambut yang kering dan kasar. Karena jika membilas rambut dengan air dingin dapat menjaga kelembaban rambut. Air dingin juga dapat membuat rambut Sobat Pintar terlihat lebih halus, lembut dan berkilau.

Sebaliknya hindarilah mencuci rambut dengan air yang suhunya terlalu panas. Karena penggunaan air yang terlalu panas dapat membuat rambut Sobat Pintar kusam dan kering.

4. Gunakan Conditioner

Penggunaan conditioner adalah hal yang penting dalam melembutkan rambut. Sobat Pintar dapat langsung merasakan kelembutannya sejak pertama kali pemakaian. Conditioner juga dapat melindungi rambut Sobat Pintar sehingga akan tetap terjaga kelembutannya. 

Gunakanlah conditioner setidaknya 2 kali seminggu untuk mendapatkan rambut yang lembut. Jangan gunakan conditioner sampai menyentuh bagian kulit kepala karena akan membuat kulit kepala berminyak serta menyebabkan rambut lepek.

5. Pakai Masker Rambut

Sobat Pintar juga bisa menggunakan masker rambut untuk membantu melembutkan rambut Sobat Pintar.  Gunakan masker rambut dengan bahan alami atau bahan herbal. Pakai secara rutin 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan Sobat Pintar. Oleskan pada rambut secara merata lalu diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih sebagai salah satu cara untuk melembutkan rambut.

6. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut Terlalu Sering

Penggunaan alat penata rambut memang menjadi hal yang biasa kita lakukan setiap hari. Tetapi, penggunaan alat penata rambut yang terlalu sering dapat membuat rambut rusak, kusam dan kering. Alat penata rambut yang biasanya digunakan adalah Hair dryer dan alat pelurus rambut atau catokan.

Alat-alat ini memberikan sensasi panas sehingga dapat membuat rambut rusak bahkan Sobat Pintar bisa mengalami kerontokan. Untuk itu Sobat Pintar harus batasi penggunaan alat-alat ini agar rambut Sobat Pintar tetap halus dan lembut.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload