6+ Cara Melembutkan Rambut

12 May 2022 by kreditpintar, Last edit: 12 May 2022

Rambut dinilai sebagai salah satu daya tarik manusia, sehingga wajar saja jika banyak orang ingin memiliki rambut yang lembut. Ada banyak cara melembutkan rambut, terutama dengan bahan alami yang cukup mudah didapatkan.  

cara melembutkan rambut

Sebenarnya melembutkan rambut bukanlah hal yang sulit jika dilakukan dengan perawatan yang tepat. Namun, sebaiknya kenali dulu jenis rambutmu sebelum melakukan perawatan. Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang cara melembutkan rambut kasar dan mengembang dan juga cara melembutkan rambut yang sehat.

Baca juga : Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Alami

Cara Melembutkan Rambut Sehat

Banyak orang yang ingin memiliki rambut sehat. Beberapa ciri rambut sehat adalah tidak mudah patah dan kusut, memiliki warna berkilau, dan mampu menyerap nutrisi dengan baik. Tidak ada salahnya merawat rambut yang sudah sehat agar tetap lembut dan terhindar dari kerusakan.

Berikut adalah cara melembutkan rambut sehat.

1. Gunakan Sampo Sesuai Jenis Rambut

Penggunaan sampo yang tepat mempengaruhi cara melembutkan rambut. Sebaliknya, salah memilih sampo akan menyebabkan kerusakan pada rambut dapat membuatnya menjadi kasar.

Oleh karenanya, pilihlah produk sampo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Sebagai rekomendasi, sampo yang menyehatkan rambut adalah shampo yang memiliki kandungan vitamin E, antioksidan dan minyak argan. Ketiga kandungan tersebut mampu menutrisi rambut hingga ke batangnya dan menjaga kelembaban rambut.

2. Hindari Keramas Terlalu Sering

Tips ini mungkin terdengar bertentangan dengan cara melembutkan rambut karena keramas adalah salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kebersihan kulit kepala dan rambut. Namun, sampo umumnya memiliki bahan aktif yang menjaga kadar minyak dalam rambut tidak berlebihan, sehingga keramas terlalu sering dalam sehari juga dapat merusak rambut dan menghilangkan minyak alami yang dimiliki rambut sehingga rambut bisa menjadi kering.

Sebagai alternatif, kamu bisa keramas sesuai dengan kondisi rambut berupa rambut yang terasa berminyak disertai gatal pada kulit kepala. Anjuran yang populer adalah keramas paling tidak 2 kali dalam seminggu.

 Baca juga: Cara Cepat Memanjangkan Rambut

3. Gunakan Air Dingin Saat Keramas

Mencuci rambut menggunakan air dingin sangat baik untuk diterapkan sebagai cara melembutkan rambut sehat. Membilas rambut dengan air dingin dapat menjaga kelembaban rambut. Air dingin juga dapat membuat rambut terlihat lebih halus, lembut dan berkilau.

Sebaliknya hindarilah mencuci rambut dengan air yang suhunya terlalu panas karena penggunaan air yang terlalu panas dapat membuat rambut kusam dan kering.

4. Gunakan Kondisioner

Penggunaan kondisioner adalah hal yang penting dalam melembutkan rambut. Kamu dapat langsung merasakan kelembutannya sejak pertama kali pemakaian. Kondisioner juga dapat melindungi rambut agar tetap sehat dan terjaga kelembutannya.

Gunakanlah kondisioner setelah keramas untuk mendapatkan rambut yang lembut. Jangan gunakan kondisioner sampai menyentuh bagian kulit kepala karena akan membuat kulit kepala berminyak serta menyebabkan rambut lepek.

5. Pakai Masker Rambut

Kamu juga bisa menggunakan masker rambut sebagai cara melembutkan rambut. Gunakan masker rambut dengan bahan alami atau bahan herbal secara rutin 2-3 kali seminggu atau sesuai dengan kebutuhan. Oleskan pada rambut secara merata lalu diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air bersih.

6. Hindari Penggunaan Alat Penata Rambut Terlalu Sering

Penggunaan alat penata rambut memang menjadi hal yang biasa kita lakukan setiap hari, seperti hair dryer dan catok rambut. Tetapi, hal tersebut dapat membuat rambut rusak, kusam dan kering akibat sensasi panas yang mengenai rambut.

Akibatnya, rambut bisa saja mengalami kerusakan dan bahkan kerontokan. Oleh karenanya, pengurangan penggunaan alat penata rambut bisa jadi salah satu cara melembutkan rambut sehat yang efektif.

Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Mengembang

Rambut kasar dan mengembang terkadang menghambat rasa percaya diri untuk berkembang karena banyak anggapan bahwa jenis rambut tersebut termasuk dalam jenis rambut yang tidak sehat. Ada banyak cara melembutkan rambut kasar dan mengembang yang bisa dilakukan, berikut rekomendasinya.

cara melembutkan rambut

1. Cari Tahu Apakah Rambutmu Termasuk Rambut Ikal

Cara melembutkan rambut kasar dan mengembang yang satu ini mungkin terdengar aneh, ya. Tetapi, mungkin saja salah satu penyebab rambutmu jadi kasar dan mengembang adalah karena kamu tidak mengetahui bahwa rambutmu termasuk dalam golongan rambut ikal akibat tekstur keriting yang tidak matang. Ada beberapa jenis tekstur rambut manusia, seperti lurus, ikal, dan keriting.

Seringkali, orang dengan rambut ikal tidak menyadari bahwa mereka punya tekstur rambut yang harus dirawat agar bisa memunculkan keriting yang sempurna. Jika tidak, rambut dengan tekstur ikal akan mengembang dan kasar sehingga memunculkan kesan sulit diatur.

Untuk itu, pelajari lagi tekstur rambutmu. Jika ternyata rambutmu termasuk dalam rambut ikal, gunakanlah rangkaian produk rambut keriting yang terdiri dari sampo, conditioner, styling gel, dan lain-lain agar rambut tampak sehat berkilau.

2. Lakukan Perawatan Rambut Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang bisa jadi alternatif melembutkan rambut kasar dan mengembang. Untuk menggunakannya sebagai pelembut rambut, oleskan minyak kelapa sebelum keramas selama 30 menit pada batang rambut secara merata.

Kamu juga bisa menggunakannya setelah keramas pada kulit kepala dengan mengoleskannya sedikit saja agar rambut tidak berminyak.

3. Perawatan Rambut dengan Minyak Argan

Tidak hanya efektif dilakukan sebagai cara melembutkan rambut kasar dan mengembang, minyak argan juga efektif merangsang pertumbuhan rambut. Ada banyak cara menggunakan minyak argan untuk merawat rambut, salah satunya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes minyak dengan sampo saat keramas.

cara melembutkan rambutt kasar dan mengembang

Setelahnya, bilas seperti biasa dan bisa dilanjutkan dengan produk perawatan rambut lainnya, seperti conditioner maupun hair mask.

 Baca juga : Tips Kulit Cerah, Bikin Semua Mata Tertuju Padamu

Itulah berbagai cara melembutkan rambut yang bisa dilakukan sendiri di rumah, semoga artikel ini bermanfaat untuk membantumu memiliki rambut yang lembut dan sehat. 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

12 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download