Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

22 Jun 2021 by Laruan, Last edit: 21 Mar 2022

Jika harus memilih, Anda lebih suka rambut panjang atau rambut pendek? Anda mungkin pernah bertanya-tanya bagaimana cara memanjangkan rambut dengan cepat? Apakah ada produk tertentu yang bisa membantu? 

Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Pahami juga berbagai risikonya yang mungkin terjadi. Apakah program diet dan pengobatan yang sedang dijalani bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut? 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara memanjangkan rambut dengan cepat, sebaiknya pelajari dulu hal yang lebih mendasar. Salah satu yang harus dipahami adalah bagaimana cara rambut bisa tumbuh.

Rambut tumbuh dari sebuah akar di bawah folikel yang berada di dalam kulit kepala. Darah yang ada di kulit kepala akan mengalir menuju folikel. Setelah itu akan menyuplai oksigen serta nutrisi untuk akar rambut, sehingga membuat rambut bisa tumbuh.

Dalam proses pertumbuhan tersebut, rambut akan menembus lapisan kulit kepala dan melewati kelenjar minyak. Menurut American Academy of Dermatology (AAD), minyak dari kelenjar itulah yang membuat rambut menjadi berkilau dan lembut.

Baca juga: Dry shampoo, Plus Minus Penggunaannya Bagi Rambut

Inilah 6 Cara Memanjangkan Rambut dengan Cepat

Selain faktor genetis, ada banyak faktor lain yang memengaruhi kecepatan tumbuh sebuah rambut. Faktor eksternal tersebut bukanlah sebuah ramuan atau obat-obatan yang dapat memanjangkan rambut dengan instan. 

Ada beberapa langkah yang bisa membantu membuat rambut tumbuh lebih kuat dan cepat. Berikut ulasan tentang cara memanjangkan rambut dengan cepat!

1. Hindari Diet Ketat

Seseorang mungkin tidak dapat mengontrol faktor internal sehubungan dengan kecepatan pertumbuhan rambut. Hal ini diungkapkan oleh dokter kulit di ColumbiaDoctors dan asisten profesor dermatologi di Columbia University Medical Center bernama Dr. Lindsey Bordone. 

Namun demikian, semua orang bisa menghindari faktor eksternal yang dapat membuat pertumbuhan rambut terganggu dan malah memicu kerontokan. Salah satu tindakan yang bisa membuat pertumbuhan rambut terganggu adalah diet ketat.

Diet ketat membuat tubuh kekurangan nutrisi dan sumber daya lain yang diperlukan untuk menjalankan fungsi tubuh. Sementara itu, dalam urutan fungsi tubuh yang paling penting, rambut berada dalam prioritas yang cukup rendah. 

Jelas bahwa diet ketat akan sangat berpengaruh pada pertumbuhan rambut. Hal ini bahkan bisa berlanjut selama beberapa bulan berikutnya, sekalipun Anda sudah kembali melakukan diet sehat.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-6\rambut 4.jpg

Baca juga: 5 Rekomendasi Produk Perawatan Kulit, Dijamin Wajah Jadi Glowing!

2. Memeriksa Asupan Protein

Cara memanjangkan rambut dengan cepat juga terkait dengan asupan protein. Salah satu cara untuk memastikan rambut tumbuh secara optimal adalah makan-makanan bergizi seimbang serta memperhatikan jumlah asupan protein yang masuk ke tubuh. 

Menurut Dr. Lindsey Bordone, tubuh memerlukan setidaknya 50 gram protein dalam sehari untuk memastikan seluruh fungsi tubuh berjalan dengan baik.

3. Mencoba Produk dengan Kandungan Kafein

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 yang dirangkum dalam situs National Center for Biotechnology Information (NCBI), ada beberapa manfaat dari kafein. Kafein tidak hanya berfungsi untuk memberikan tambahan energi pada tubuh, tetapi juga memiliki efek untuk bisa menumbuhkan rambut.

Berdasarkan penelitian tersebut, kandungan protein pada produk perawatan rambut dapat merangsang pertumbuhan rambut, baik pada pria maupun pada wanita.

4. Mencoba Produk Minyak Esensial

Minyak esensial (essential oil) tidak hanya beraroma wangi, tetapi juga dapat memengaruhi kecepatan pertumbuhan rambut. Sebuah studi lain dari NCBI menunjukkan bahwa dosis 400 miligram minyak biji labu dalam bentuk kapsul yang dikonsumsi setiap hari dapat meningkatkan pertumbuhan rambut pada laki-laki. 

Dalam kurun waktu selama 24 minggu setelah mengonsumsinya, para pria yang menjadi subjek penelitian mengalami peningkatan pertumbuhan rambut sebanyak 40 persen.Penelitian lain dibuat dengan melibatkan pemberian perawatan kepada empat kelompok tikus percobaan. Perawatan yang diberikan tersebut masing-masing mengandung salin, minyak jojoba, 3% minoxidil, dan 3% minyak peppermint.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa kelompok tikus percobaan yang diberi perawatan dengan kandungan minyak peppermint menunjukkan peningkatan pertumbuhan rambut paling signifikan. Hal ini mungkin tidak banyak terpikirkan saat mencari cara memanjangkan rambut dengan cepat.

Ada pula sebuah studi yang menunjukkan bahwa minyak rosemary juga sama efektifnya dengan minoxidil untuk mengoptimalkan pertumbuhan rambut. Minoxidil sendiri adalah bahan aktif pada Rogaine yang berfungsi untuk mengembalikan keoptimalan pertumbuhan rambut.

5. Meningkatkan Asupan Nutrisi

Asupan vitamin, mineral, dan asam lemak tertentu juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan menyediakan cukup energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi pertumbuhan rambut. Nutrisi yang dimaksud, antara lain biotin, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zinc, zat besi, serta asam omega 3 dan omega 6.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega 3 dan omega 6 secara rutin selama 6 bulan dapat membantu melindungi rambut dari kerontokan. Data dari penelitian lain juga menunjukkan kandungan zinc yang rendah dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab kerontokan rambut.

Baca juga: Gunakan Bahan Perawatan Rambut Alami Ini Untuk Rambut Sehat

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order ke-6\rambut.jpg

6. Memijat Kulit Kepala

Pijatan pada kulit kepala dapat memberikan efek relaksasi dan meredakan stres pada tubuh. Tak hanya itu, dalam sebuah studi pada tahun 2016, disebutkan bahwa memijat kulit kepala juga dapat meningkatkan kesehatan rambut.

Studi tersebut menguji efektivitas dari pijatan pada kulit kepala berdurasi 4 menit setiap harinya. Dalam kurun waktu 24 minggu, peneliti menemukan fakta bahwa 9 pria yang menjadi subjek dalam penelitian tersebut berhasil memiliki rambut yang lebih lebat dibandingkan sebelum memulai pijatan.

Meskipun hasil yang ditunjukkan oleh penelitian tersebut bukanlah sebuah rambut yang tumbuh lebih cepat, tetapi langkah ini patut untuk dilakukan. Setidaknya jika beberapa langkah yang telah dilakukan sebelumnya belum mendapatkan hasil, Anda bisa membuat rambut menjadi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan dan kerontokan.

Cara memanjangkan rambut dengan cepat memang ada banyak pilihan. Akan tetapi, hasilnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Jangan abaikan juga tentang hal yang dilarang saat merawat rambut. 

Jika tidak hati-hati, maka bisa saja rambut bisa rusak untuk jangka panjang. Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan;

  • Pakai air yang terlalu panas untuk mencuci rambut.
  • Mengeringkan rambut dengan kain yang kasar.
  • Pakai kondisioner sampai menempel ke kulit kepala.
  • Sebaiknya tidak terlalu sering keramas karena minyak alami rambut bisa hilang.
  • Sering meluruskan rambut sendiri dengan catokan rambut

Membahas tentang perawatan diri memang selalu penting karena akan berpengaruh pada kesehatan jangka panjang. Jika diri Anda sehat, maka akan lebih nyaman untuk melakukan aktivitas apapun. Apakah Anda sudah mencoba cara memanjangkan rambut dengan cepat dan berhasil?

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
21 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download