Dry shampoo, Plus Minus Penggunaannya Bagi Rambut

20 Aug 2021 by Laruan

Seperti yang telah kita ketahui bersama, rambut adalah mahkota bagi perempuan. Inilah alasan mengapa banyak perawatan rambut diperlukan untuk menjaga kesehatannya. Mulai dari mencuci, memberi vitamin dan lain sebagainya. Nah, untuk urusan mencuci misalnya, kini Sobat Pintar bisa memanfaatkan dry shampoo.

Mencuci rambut memang merepotkan. Terlebih, untuk Sobat Pintar yang dituntut untuk melakukan apa-apa dengan cepat. Sehingga menunggu hingga rambut yang sudah dicuci menjadi kering amatlah buang-buang waktu. Sementara penggunaan hair-dryer untuk membuat rambut basah kering seketika dikhawatirkan dapat merusak sel-sel rambut.

Pada kondisi inilah shampo kering yang sebenarnya sudah ada sejak zaman Victoria ini tepat digunakan untuk mengatasi masalah Sobat Pintar. Sebab meskipun baru-baru ini menjadi trend di kalangan kaum hawa, shampo kering ini sudah populer sejak beberapa dekade sebelumnya. Nah, sebelum memutuskan beli dan menggunakannya, ada baiknya jika Sobat Pintar ketahui keunggulan, kerugian dan cara penggunaan shampo kering ini.

Dry shampoo, Ini Plus Minus Penggunaannya Bagi Rambut

Kelebihan Dry shampoo

Shampo kering yang dibuat dari kandungan kaya lemak ini tersedia dalam dua bentuk, yakni bubuk dan spray. Tentunya, cara mengaplikasikan kedua bentuk sampo kering ini berbeda. Meskipun begitu, sama-sama praktis digunakan untuk menyerap minyak di rambut tanpa harus dibilas. Selain manfaat tersebut, berikut ini adalah beberapa keunggulan produk perawatan rambut ini:

1. Cocok digunakan untuk segala jenis rambut

Kelebihan sampo kering yang pertama adalah bisa digunakan untuk segala jenis rambut. Hal ini karena selain untuk membersihkan kulit kepala, shampo ini juga dikenal manfaatnya dalam penataan rambut. Sehingga untuk Sobat Pintar yang memiliki masalah rambut lepek, produk perawatan rambut ini bisa menjadi solusi terbaik yang bisa Sobat Pintar coba.

2. Praktis digunakan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, ada dua jenis bentuk sampo kering, yakni bubuk dan spray. Dibandingkan dengan bubuk, penggunaan spray dry-shampoo lebih akrab digunakan oleh kaum hawa hingga penata rambut untuk kliennya. 

Mengapa shampo kering ini dikatakan praktis untuk digunakan? Tidak lain karena pengaplikasiannya pada rambut sangat mudah. Sama hanya dengan hair spray, shampo ini disemprotkan ke bagian rambut yang bermasalah. Dalam hitungan menit, masalah rambut lepek Sobat Pintar akan diatasi.

3. Mempermudah penataan rambut

Sebenarnya, konsumen yang menggunakan produk perawatan rambut ini tidak hanya perempuan. Akan tetapi, yang paling banyak menggunakannya adalah perempuan. Inilah alasan mengapa seolah urusan merawat rambut, kulit, dan bagian-bagian tubuh lainnya selalu diidentikkan dengan perempuan.

Nah, keunggulan sampo kering berikutnya adalah dapat mempermudah penataan rambut. Untuk rambut ikal sekalipun. Seringkali mereka yang memiliki rambut ikal memilih untuk menggunakan gel supaya tampilan rambutnya tidak terlalu kering dan mengembang. Dengan shampoo kering yang menyerupai hairspray ini, masalah penataan rambut ikal Sobat Pintar bisa diselesaikan.

4. Tidak perlu lagi gunakan hair spray

Sepertinya sudah beberapa kali disebut bahwa shampoo kering ini selain digunakan untuk membersihkan kulit kepala juga berperan selayaknya hair spray. Yups, tentunya, jika sudah menggunakan shampoo kering ini, Sobat Pintar sudah tidak memerlukan spray rambut lagi. Toh, tugas untuk mempertahankan bentuk dan tatanan rambut sudah diambil alih sampo kering, kenapa harus gunakan spray rambut lagi, begitu kan ya?

Dan bukan itu saja, dibandingkan hairspray, shampoo kering yang disemprotkan ke rambut ini dianggap lebih ramah. Mengapa begitu? Sebab ia tidak mengandung alkohol yang memberikan efek seperti kaku dan lengket pada kulit kepala.

5. Membuat rambut lebih bervolume

Memiliki rambut yang tipis dan sedikit seringkali membuat perempuan tidak percaya diri. Tapi tenang saja, sebab kini, Sobat Pintar bisa menggunakan sampo kering dan merasakan manfaatnya. Yups. Sebab salah satu keunggulan penggunaan shampoo jenis ini adalah bisa membuat rambut Sobat Pintar lebih bervolume.

Artikel menarik lainnya: 6+ Cara Mendapatkan Dana Bantuan Pemerintah 2021 

Dry shampoo, Ini Plus Minus Penggunaannya Bagi Rambut

Kekurangan Dry Shampoo

Produk perawatan rambut yang satu ini memang sangat populer di kalangan perempuan kelas atas. Bahkan, menjadi salah satu item yang harus ada di tas kecantikan. Meski begitu, seperti halnya produk kecantikan lainnya, tentu ada keunggulan, kerugian yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa kerugian sampo kering yang membuat Sobat Pintar berpikir jika ia bukanlah produk yang menjawab seluruh masalah rambut Sobat Pintar.

1. Dianggap tidak benar-benar membersihkan kulit kepala

Memang benar jika shampo kering sangat praktis untuk digunakan untuk menyerap minyak bahkan tanpa harus dibilas. Sayangnya, berbagai fakta mengejutkan terus ditemukan oleh para spesialis rambut. Salah satunya adalah bahwa ternyata, penggunaan sampo kering ini tidak benar-benar membersihkan kulit kepala. 

Hal ini karena produk perawatan rambut yang satu ini bisa mengurangi keseimbangan kandungan minyak yang sebenarnya menyehatkan rambut. Jika digunakan terus-menerus pun justru dapat membuat kulit kepala menjadi kering. Karena itulah, di samping mencuci rambut, perlu juga memperkaya protein rambut dengan memberinya vitamin rambut misalnya.

2. Meninggalkan residu

Selain tidak membersihkan rambut secara maksimal, kerugian sampo kering ini berikutnya adalah dapat meninggalkan residu pada rambut. Apa itu residu? Residu bisa dipahami sebagai kotoran atau ampas yang akan semakin menumpuk di kulit kepala karena penggunaan produk perawatan rambut ini.

Lama kelamaan, residu yang tipis pun menjadi menebal dan kasar. Dampaknya, sisa penggunaan shampo kering ini bisa menyumbat pro-pori kulit kepala. Jika tidak segera ditangani, bisa menyebabkan kulit kepala mengalami peradangan dan menjadi sebab munculnya ketombe.

3. Bisa memudarkan warna rambut

Penggunaan sampo kering memang bagus untuk rambut berwarna. Sebab umur warna bisa panjang karena Sobat Pintar tidak terlalu sering mencucinya. Akan tetapi, berbeda dampaknya dengan warna alami rambut Sobat Pintar. Digunakannya produk kecantikan ini terlalu sering bisa membuat warna rambut menjadi pudar. 

4. Masalah kulit kepala bisa semakin parah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, shampoo kering tidak benar-benar membersihkan kepala. Inilah alasan bahkan jika Sobat Pintar mencucinya dengan sampo kering ini sama saja dengan Sobat Pintar menumpuk kotoran dan minyak di kulit kepala. Sehingga bukannya membuat rambut menjadi sehat, bisa jadi justru membuat masalah kulit kepala Sobat Pintar lebih parah.

5. Harga lebih mahal dari shampoo biasa

Dan yang terakhir, adalah tentu saja harga shampo kering ini yang lebih mahal jika dibandingkan dengan shampo biasa. Sebenarnya, harga yang dibandrol untuk produk perawatan rambut yang satu ini sebanding dengan manfaat yang diperoleh. Akan tetapi, tetap saja jika shampo kering yang ada di pasaran dengan harga hingga ratusan ribu ini jauh lebih mahal.

Tentunya ada banyak pertimbangan sebelum memilih produk kecantikan. Baik untuk perawatan kulit, wajah, bahkan rambut sekalipun. Hal ini karena selain persoalan harga, Sobat Pintar perlu juga mempertimbangkan manfaatnya. Termasuk penggunaan sampo kering yang digadang-gadang sebagai penyelamat penampilan supaya tampil lebih bergaya.

Meskipun begitu, beauty hero yang satu ini rupanya juga memiliki keunggulan, kekurangan dan efek penggunaannya lebih dahulu harus Sobat Pintar ketahui. Dengan begitu, keputusan untuk membeli dan menggunakannya sebagai treatment rambut kesayangan Sobat Pintar bukan hanya untuk mengikuti trend. Melainkan karena Sobat Pintar benar-benar membutuhkan dry shampoo.

Artikel menarik lainnya: 3 Cara Dapat Uang 500rb Sehari: Direkomendasikan Oleh Kredit Pintar

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload