10+ Ide Lomba 17 Agustusan yang Unik dan Lucu

26 Jul 2022 by Rindang Maulidia, Last edit: 02 Aug 2022

Meriahnya hari kemerdekaan Indonesia, kurang terasa tanpa adanya berbagai lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu. Berbagai perlombaan tersebut biasanya diramaikan oleh penduduk kampung yang berkompetisi untuk memperebutkan berbagai hadiah menarik dari RT/RW setempat. Sayangnya, kegiatan ini sempat terhenti sementara akibat adanya pandemi Covid-19. 

Lomba agustusan yang unik dan lucu

Untuk kembali memeriahkan suasana hari kemerdekaan pada 2022, marilah kita mengingat kembali berbagai lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk anak-anak, remaja, dan bapak-bapak/ibu-ibu di kampung. 

Baca juga : Daftar Brand yang Sering Ngasih Diskon Setiap 17 Agustus

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk anak-anak

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk anak-anak biasanya digelar dalam bentuk latihan motorik. Selain itu, hadiah yang diberikan juga umumnya berupa barang yang dapat digunakan sesuai dengan usianya, seperti; gelas plastik, kotak makan, buku mewarnai, dan lain-lain. Berikut ini contoh perlombaannya. 

1. Lomba memindahkan karet gelang

Lomba ini umumnya dilakukan secara beregu yang setiap regunya beranggotakan 3-4 peserta. Nantinya setiap regu akan bersaing untuk memindahkan paling banyak karet gelang pada akhir permainan. Untuk memainkan lomba ini, masing-masing anggota regu harus berbaris sambil menggigit sedotan. 

Nantinya, sedotan tersebut digunakan untuk memindahkan karet gelang ke masing-masing anggota regu secara berurutan. Lomba ini cukup menantang bagi anak-anak untuk melatih ketangkasan dan kesabaran.  

2. Lomba estafet kelereng

Selain lomba memindahkan karet gelang, estafet kelereng juga menjadi salah satu lomba 17 Agustusan yang bisa dilakukan beregu. Pertama, masing-masing anggota regu harus berbaris sesuai urutan yang ditentukan. Kemudian, masing-masingnya harus menggigit sebuah sendok yang nantinya akan digunakan untuk memindahkan sebiji kelereng dari baris depan hingga belakang. Regu yang berhasil memindahkan paling banyak kelereng akan memenangkan perlombaan.

3. Lomba mewarnai

Lomba mewarnai digelar dalam kategori individu pada momen 17 Agustusan. Dalam pelaksanaannya, peserta akan mendapatkan gambar yang harus diwarnai menggunakan pensil warna/krayon dalam waktu tertentu. Nantinya, pemenang lomba mewarnai akan diumumkan pada malam tirakatan kampung. 

4. Lomba makan kerupuk 

Lomba agustusan yang unik dan lucu

Lomba makan kerupuk adalah salah satu lomba terseru bagi anak-anak. Lomba ini digelar dalam kategori individu. Nantinya, masing-masing peserta akan berlomba untuk makan kerupuk yang telah digantung pada tali dalam waktu yang ditentukan tanpa menggunakan bantuan kedua tangan. Peserta yang tercepat menghabiskan kerupuk akan menjadi pemenang. 

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk remaja

Para remaja tentunya juga tak ingin kalah meramaikan kemeriahan peringatan hari kemerdekaan dengan berpartisipasi dalam berbagai lomba 17an Agustusan yang unik dan lucu. Inilah berbagai lomba yang biasanya digelar untuk warga berusia remaja. 

1. Lomba balap bakiak

Balap bakiak adalah salah satu lomba beregu yang umumnya terdiri dari 4-5 anggota. Permainan ini cocok bagi warga berusia remaja karena melibatkan kemampuan kerjasama dan kekuatan fisik. Untuk memainkan lomba ini, para anggota harus menyelaraskan gerakan kaki berjalan menggunakan bakiak besar. 

Tak jarang, akan ada tim gugur karena salah satu anggotanya tidak kompak saat melangkah.  

2. Lomba balap egrang

Egrang merupakan permainan tradisional yang digunakan dengan cara dipijak. Egrang berbentuk seperti tongkat yang disambung dengan pijakan kaki, sehingga sensasinya mirip dengan menggunakan sepatu hak tinggi. Tidak semua orang bisa memijakkan kaki dengan seimbang di atas egrang, oleh karenanya lomba balap egrang seru untuk ditonton dan harus dilakukan dengan pengawasan agar bisa berjalan dengan aman. 

3. Lomba tarik tambang

Siapa yang tak kenal lomba yang satu ini? Tarik tambang merupakan lomba yang umumnya digelar dalam kategori beregu. Permainan ini mengandalkan kekuatan fisik dan komunikasi antar tim untuk menyusun strategi menarik tali tambang agar bisa jadi pemenang. 

Baca juga:  Makna di Balik Berbagai Lomba 17 Agustusan

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk bapak-bapak

Tidak mau kalah dengan anak-anak dan remaja, bapak-bapak juga bisa jadi peserta lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu, lho! Berikut ini daftar lomba yang bisa diikuti bapak-bapak. 

Lomba agustusan yang unik dan lucu

1. Lomba catur

Lomba yang satu ini dinilai sebagai lini lomba yang cukup panas di kalangan bapak-bapak, terlebih jika pesertanya mewakili masing-masing grup ronda malam yang ada di kampung. Lomba ini akan digelar dalam beberapa babak hingga akhirnya menyisakan juara utama pada babak final. 

2. Lomba merias istri dengan mata tertutup

Merias adalah hal yang sulit dilakukan jika tidak terbiasa. Oleh karenanya, lomba merias istri dengan mata tertutup bisa jadi ide lomba yang unik dan lucu untuk diikuti bapak-bapak. Dalam lomba ini, peserta wajib merias istri dengan mata yang tertutup kain, jadi bisa dibilang peserta bisa mengandalkan feeling terkuatnya untuk memenangkan perlombaan ini. 

3. Lomba sepak bola dangdut

Sepak bola dangdut adalah variasi permainan sepak bola yang diselingi dengan joget dangdut. Jadi maksudnya adalah dalam tengah-tengah pertandingan, panitia akan memutar lagu dangdut dan peserta wajib berhenti menggiring bola untuk berjoget selama lagu diputar. Bagi warga, lomba ini adalah salah satu yang ditunggu karena mengundang gelak tawa. 

Lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu untuk ibu-ibu

Selain lomba untuk anak-anak, remaja, dan bapak-bapak, ada juga yang diperuntukkan bagi ibu-ibu, misalnya:

1. Lomba menghias tumpeng

Tumpeng adalah salah satu makanan khas yang kerap disajikan pada perayaan tirakatan. Dalam lomba ini, ibu-ibu akan berkelompok untuk menghias tumpeng secantik mungkin menggunakan bahan dan alat yang disediakan oleh panitia. Biasanya, pemenang lomba ini akan mendapatkan peralatan memasak dan uang tunai untuk dibagikan ke setiap anggota kelompok. 

2. Lomba senam aerobik

Senam aerobik umumnya menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan ibu-ibu setiap Minggu. Dalam perlombaan ini, juri akan menilai kekompakan peserta dari gerakan dan seragam senam. Seru, kan?

Itulah berbagai ide lomba 17 Agustusan yang unik dan lucu. Mana nih, yang jadi favoritmu? 


Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

02 Aug 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download