Cara Menurunkan Leukosit Didasarkan Penyebabnya

22 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 14 Mar 2022

Leukosit merupakan sel darah putih yang mempunyai tugas sebagai sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit, virus, mikroba, dan zat-zat asing yang membahayakan lainnya. Sel darah ini termasuk bagian yang rentan mengalami naik turun kadarnya. Oleh karena itu penting bagi Anda mengetahui cara menurunkan leukosit berdasarkan penyebabnya.

Kenapa harus berdasar penyebabnya? pasalnya kadar leukosit bisa meningkat atau bahkan rendah dipicu oleh beberapa faktor. Sejatinya kadar yang normal berada di angka 4500 sampai 10.000 per mikroliter darah. Apabila kadar ini berada di bawah atau melebihi batas maka kondisi tubuh yang akan mengalami masalah.

Biasanya apabila kadar terlalu rendah akibatnya tubuh akan rentan terserang penyakit. Namun sebaliknya apabila terlalu tinggi maka bisa menjadi pertanda salah satu organ ada yang bermasalah dan harus segera diatasi. Adapun membantu mengatasi hal tersebut berikut adalah beberapa cara menurunkan leukosit yang harus Anda ketahui.

Baca juga: 6 Tips Merawat Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Ketahui Cara Menurunkan Leukosit Untuk Menjaga Kesehatan

1. Leukosit Karena Stress Fisik

Selain faktor dari organ tubuh ternyata permasalahan naiknya leukosit juga bisa disebabkan karena stress fisik. Biasanya hal ini timbul akibat adanya kegiatan fisik yang sangat padat atau latihan keras. Dalam masalah ini cara menurunkan leukosit yang sesuai adalah mengurangi beban yang ditanggung seseorang.

Misalnya menurunkan latihan atau kegiatan fisik yang selama ini dilakukan. Disamping itu agar proses yang dilakukan bisa memberikan hasil maksimal, istirahat harus ditambah. Hal ini dilakukan karena sel yang ada d tubuh manusia akan lebih cepat melakukan regenerasi ketika mereka tengah tidur atau istirahat.

2. Leukosit Karena Sindrom Autoimun

Sindrom autoimun merupakan permasalahan yang dapat menyebabkan tubuh seseorang memberikan reaksi terlalu aktif terhadap rangsangan beberapa zat asing yang masuk. Biasanya orang yang mengalami sindrom ini akan sering mengalami alergi terhadap obat, makanan, maupun udara panas.

Jika terjadi masalah seperti ini cara menurunkan leukosit yang ampuh adalah dengan menghindari hal-hal yang dapat merangsang kinerja imun terlalu berlebihan. Misalnya saja ketika Anda mengalami alergi setelah terkena udara dingin atau air dingin maka sebaiknya menggunakan pakaian tebal atau mandi dengan air hangat untuk menurunkan leukosit.

3. Leukosit Karena Kelainan Sumsum Tulang Belakang

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa naiknya leukosit dipicu oleh sejumlah penyebab sekaligus. Salah satunya adalah kelainan yang terjadi di sumsum tulang belakang. Dalam kasus ini cara menurunkan leukosit yang disarankan adalah berkonsultasi dengan pihak dokter atau tim medis.

Pasalnya masalah yang satu ini tidak bisa diremehkan dan harus mengkonsumsi obat khusus untuk menurunkan kadar leukosit dalam tubuhnya. Bahkan ada pula yang harus menjalani serangkaian treatment untuk mengatasi kelainan sumsum tulang belakang beserta menormalkan leukosit.

4. Leukosit Karena Pemakaian Obat

Untuk cara menurunkan leukosit yang berikutnya karena disebabkan oleh adanya pemakaian obat tertentu. Maka dari itu apabila Anda secara tiba-tiba Anda mengalami peningkatan kadar leukosit dalam tubuh, cobalah untuk mengingat apakah kemarin sempat meminum obat tertentu, atau tidak.

Pasalnya untuk menghentikan kenaikan leukosit dapat dilakukan dengan cara menghentikan pemakaian obat. Meskipun demikian banyak pula kejadian yang tidak memberikan dampak apapun terhadap penurunan kadar leukosit. Jika memang sulit untuk diturunkan, maka sebaiknya langsung menghubungi dokter agar bisa berkonsultasi.

5. Leukosit Karena Infeksi

Kenaikan kadar leukosit juga bisa disebabkan karena ada infeksi pada tubuh. Pada dasarnya sel darah putih akan menjadi perisai untuk menghalangi virus atau penyakit yang masuk. Ketika tubuh Anda mengalami infeksi maka secara langsung sel darah putih akan bekerja untuk mencegah terjadinya infeksi secara kelanjutan.

Nah, apabila Anda mengalami masalah ini maka cara menurunkan leukosit yang benar adalah mengkonsumsi antibiotik untuk pencegahan infeksi. Dalam melakukannya Anda tidak bisa membeli obat antibiotik sembarangan harus konsultasi dengan dokter untuk menemukan obat yang paling sesuai.

Selain informasi terkait cara menurunkan leukosit diatas Anda juga akan disajikan informasi mengenai cara menormalkan leukosit secara umum. Hal ini bisa dilakukan ketika Anda tidak mengalami masalah di atas namun tiba-tiba leukosit meningkat drastis. Berikut adalah penjelasannya.

Baca juga: Tips Agar Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Cara Menurunkan Leukosit Secara Umum dan Mencegah Kenaikan Kadarnya

1. Mengkonsumsi Buah-Buahan

Jika bertanya mengenai cara menurunkan leukosit secara umum maka dokter pun akan menyarankan Anda untuk mengkonsumsi buah-buahan terutama yang kaya akan vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C mampu mempercepat proses penyembuhan infeksi yang dikarenakan jamur, bakteri, dan virus.

Adapun beberapa buah-buahan yang bisa Anda konsumsi adalah pepaya, berry, jambu biji, dan juga jerk. Semua buah ini juga sangat baik apabila dikonsumsi setiap hari. Jadi pastikan melakukan stok di kulkas untuk hidup lebih sehat.

2. Menghindari Dehidrasi

Dehidrasi merupakan kekurangan air putih yang biasanya dirasakan oleh orang-orang yang memang melupakan minum air putih. Untuk cara yang berikutnya adalah dengan menghindari dehidrasi. Usahakan Anda mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas setiap hari, selain itu saat baru bangun tidur pastikan pula tubuh mendapatkan asupan air putih.

3. Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Antioksidan Dan Asam Lemak Omega-3

Untuk cara menurunkan leukosit yang terakhir adalah mengkonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan asam lemak omega-3. Makanan ini bisa Anda temukan dari bahan-bahan alami dan pastikan memilih yang alami karena lebih sehat. Makanan yang banyak mengandung antioksidan dapat membantu tubuh melawan radikal bebas.

Dimana zat inilah yang memicu terjadinya infeksi dalam tubuh manusia. Beberapa makanan kaya antioksidan yang dapat Anda makan adalah bawang Bombay, daun bawang, dan bawang putih. Selain itu makanan yang mengandung asam lemak omega-3 juga sangat disarankan dikonsumsi ketika mengalami kenaikan pada kadar sel darah putih atau leukosit.

Manfaat mengkonsumsi makanan ini adalah meningkatkan kesehatan jantung, dan memaksimalkan kegiatan fagosit. Fagosit sendiri merupakan sejenis sel darah putih yang dapat melindungi tubuh dari ancaman berbagai jenis bakteri. Makanan ini bisa berupa ikan salmon, ikan forel, dan masih banyak lagi lainnya.

Baca juga: 3 Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan Online

Obat Penurun Kadar Sel Darah Putih (leukosit)

Sementara itu ada pula beberapa obat-obatan yang dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar sel darah putih dalam tubuh. Berikut jenis obat-obatan tersebut.

1. Obat Alergi

Alergi bisa menjadi penyebab kenapa sel darah meningkat drastis. Bahkan hal ini sudah disinggung singkat pada poin diatas. Apabila sudah terjadi peningkatan maka penderita bisa mengkonsumsi obat alergi agar teratasi

2. Antibiotic

Selain obat alergi, antibiotic juga sering disarankan penderita untuk menurunkan kadar sel darah putih dalam tubuhnya. Jenis obat ini akan membantu menyembuhkan infeksi karena bakteri yang mungkin saja terjadi. 

3. Obat Anti Radang

Obat yang terakhir adalah Antiradang. Leukosit meningkat bisa dikarenakan peradangan pada tubuh. Pada kondisi ini pengobatan yang dilakukan adalah dengan mengkonsumsi Obat Antiradang.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download