6 Tips Merawat Kesehatan Mental di Tempat Kerja

23 Nov 2021 by ihsanseokp

Merawat kesehatan mental adalah upaya untuk menjaga kesehatan secara penuh, baik dari psikis maupun fisik. Karena dari kondisi mental akan mempengaruhi kesehatan dan kualitas hidup seseorang. Mental Health akan mempengaruhi cara kita berpikir, merasakan, bertindak, membuat keputusan sehingga berdampak signifikan ke kehidupan kita. Jarang orang menyadari kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Karena keduanya berdampak satu sama lain.

Kondisi mental yang baik sangat penting, dengan mental yang baik, kamu bisa melakukan hal-hal yang produktif dengan mudah. Misalnya, mengembangkan potensi diri, menyelesaikan masalah hidup dengan baik, dan dapat berkontribusi penuh pada peran yang menempel pada diri kamu, peran sebagai keluarga, teman, dan rekan kerja.

Orang yang mengalami permasalahan mental akan merasa selalu cemas, dan menganggap orang lain tidak memahaminya. Selain itu, ada juga perasaan mengenai dirinya yang tidak berharga. 

Kesehatan mental bukan hal yang didapat sedari lahir, melainkan terpengaruh oleh proses perjalanan hidup. Kesehatan mental bergantung pada kondisi atau apa yang sedang kita alami, ketika sedang banyak tekanan hidup atau ketidakbahagiaan. Akan tetapi, terkadang kesehatan mental yang memburuk bisa juga terjadi tanpa sebab. Akhir-akhir hustle culture yang membudaya di lingkungan kerja menjadi faktor permasalahan mental bagi para pekerja.

Permasalahan mental yang sudah parah membutuhkan profesional untuk menyelesaikannya, baik dari dokter atau psikiater. Biasanya disarankan untuk melakukan terapi atau konseling secara berkala. Sampai kondisi mental terasa membaik. Sama halnya dengan kondisi fisik, kondisi mental juga perlu dirawat.

Cara Merawat Kesehatan Mental di Tempat Kerja

Sebelum membutuhkan bantuan profesional untuk menyelesaikan masalah mental ada baiknya kita merawat kondisi mental kita supaya bisa tetap produktif dan menjalani hidup dengan bahagia.

1. Terbuka dengan Kesehatan Mental Kita Sendiri

Terbuka dengan kesehatan mental kita sendiri, berani bercerita kepada orang-orang terdekat yang kamu anggap bisa mengerti perasaan kamu. Dengan terbuka dan berani berbicara biasanya akan membuat perasaan kamu lebih menjadi lega.

2. Makan Makanan yang Bergizi

Otak dan tubuh memerlukan nutrisi yang baik untuk bisa berjalan dan berfungsi dengan baik. Badan yang ternutrisi dengan baik akan maksimal dalam menjalankan fungsinya, dan itu akan berdampak pada kita untuk menjalani hari.

3. Bersosialisasi dengan Teman

Bersosialisasi dapat mengurangi pikiran tentang diri kita sendiri. Dan itu menjaga hubungan dengan orang lain adalah hal yang menyenangkan. Kamu dapat bertemu secara langsung maupun secara tidak langsung, bisa lewat telpon, menulis surat atau pesan singkat. 

4. Meminta Bantuan Orang Lain

Tidak semua masalah bisa kamu selesaikan sendiri, terkadang kamu  bisa atau bahkan harus meminta bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalah itu. Tidak ada manusia supe, bukan hal yang salah dan lemah untuk meminta bantuan orang lain.

Jika sesuatu mulai terasa berat mintalah bantuan orang lain untuk meringankan beban kamu, atau setidaknya berbagi cerita supaya beban kamu terasa lebih ringan.

5. Melakukan Hal Yang Kamu Sukai

Setelah melewati hari yang berat, luangkan waktu kamu untuk melakukan hal yang kamu sukai. Melakukan hal yang kamu sukai akan membuat hari kamu lebih baik dan merasa lebih bahagia. Misalnya bersepeda, membaca buku atau menonton film, akan mengurangi rasa stress yang ada dalam kepalamu. Hidup akan menjadi lebih santai.

6. Beristirahat

Melakukan banyak hal akan membuat kamu merasa kehabisan tenaga secara fisik maupun mental. Beri tubuh kamu cukup istirahat. Banyak metode istirahat yang bisa kamu terapkan, misalnya setiap 30 menit berikan 5 menit jeda untuk kamu istirahat. Ketika akhir pekan, berikan waktu untuk kamu beristirahat lebih banyak, karena telah melewati minggu yang panjang.

Setiap menit dari istirahat sangat berarti untuk kamu untuk mengurangi stress.

Itulah beberapa tips untuk merawat kesehatan mental di tempat kerja. Semoga bisa kamu terapkan dengan baik dan menjaga mental kamu supaya tetap sehat.

Artikel ini diterbitkan atas kerjasama antara Karir.com dan Kredit Pintar.

23 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload