Harga Setelah Diskon? Ini Cara Menghitung Diskon

13 Jun 2022 by Laruan, Last edit: 20 Jun 2022

Diskon merupakan salah satu media promosi yang sering dilakukan oleh pelaku bisnis untuk menarik perhatian pembeli. Namun terkadang kita dibuat bingung ketika menghitung harga yang harus dibayar setelah diskon, apalagi jika diskon 50%+20%. Bagaimana cara menghitung diskon? Tidak perlu khawatir, Sobat Pintar bisa cari tahu caranya di sini.

Baca juga: Dapatkan Hadiah Jutaan Rupiah dan Voucher Diskon Bunga Pinjaman Rp50 ribuCara Menghitung Diskon

Mencari barang diskon tidak lain untuk menghemat pengeluaran. Namun banyak di antara kita yang merasa kantong terkuras setelah adanya diskon. Salah satu penyebabnya karena kita salah menghitung harga setelah diskon, alhasil kantong terkuras dan melebihi budget yang telah disiapkan. Maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara menghitungnya dengan tepat

Tips Membeli Barang Diskon

Tips membeli barang diskon perlu Sobat Pintar ketahui agar tetap bisa menghemat pengeluaran. Ini karena tidak semua barang diskon memberikan keuntungan. Berikut ini tips membeli barang diskon agar tetap hemat, di antaranya:

  1. Bandingkan Kualitas Barang dan Harga dengan Tempat Lain

Membandingkan kualitas barang dan harga dengan tempat lain perlu Sobat Pintar lakukan. Terkadang ada beberapa pelaku bisnis yang memberikan diskon hanya sebuah trik marketing, misalnya memberikan diskon setelah harga dinaikan terlebih dahulu atau menjual barang diskon yang masa kadaluarsanya sudah dekat. Agar tidak kecewa, silahkan cek harga barang di toko lain dan bandingkan kualitasnya terlebih dahulu.

  1. Ketahui Bahwa Tidak Semua Barang Diskon Memberikan Keuntungan

Tips selanjutnya ketahui bahwa tidak semua barang diskon memberikan keuntungan. Sehingga bukan berarti ketika ada diskon buy one get one free, kita harus membelinya dalam jumlah banyak. Sebaiknya tetap sesuaikan dengan kebutuhan dan pilihlah barang diskon yang lebih menguntungkan. Misalnya beberapa barang yang membutuhkan persediaan banyak seperti sabun, detergen, pasta gigi, tisu toilet dan lainnya. 

  1. Belanja Pada Hari Tertentu 

Belanja pada hari tertentu merupakan tips hemat membeli barang diskon yang tidak kalah penting. Misalnya belanja pada hari-hari besar untuk mendapat diskon lebih besar seperti hari raya, ramadhan sale, kemerdekaan hingga hari pendidikan untuk belanja perlengkapan sekolah. Selain itu, ada beberapa toko yang memberikan harga diskon di akhir pekan. 

  1. Manfaatkan Kode Kupon

Barang diskon bisa Sobat Pintar dapatkan jika memasukan kode kupon tertentu saat akan membeli suatu barang, makanan hingga jasa. Biasanya diskon mudah didapatkan ketika kita membeli suatu barang dengan sistem pembayaran non tunai di marketplace atau toko online. Dengan memanfaatkan kode kupon ini, Sobat Pintar bisa menghemat pengeluaran hingga ratusan ribu rupiah. 

Jenis-jenis Diskon

Dengan adanya diskon, pembeli akan terdorong untuk membeli lebih banyak barang. Di mana penjual akan tetap untung meski keuntungan yang didapat dalam setiap barangnya tidak terlalu besar. Sebelum mengetahui cara menghitung diskon, berikut jenis-jenis diskon yang perlu Sobat Pintar ketahui, di antaranya:

Baca juga: Promo Belanja Hemat dari Kartu Kredit BRI & BCA Oktober 2021Cara Menghitung Diskon

  1. Diskon dalam Bentuk Persentase

Diskon dalam bentuk persentase merupakan jenis diskon yang paling umum diterapkan dalam berbagai bisnis. Untuk diskon persentase biasanya penjual menetapkan berdasarkan kriteria tertentu, misalnya diskon 5% untuk pemilik kartu member toko, diskon up to 50% yang artinya tidak semua barang atau jasa didiskon 50% tapi bisa jadi di bawah 50%. Adapun diskon persentase campuran seperti 50%+20% yang kadang-kadang membuat pembeli terkecoh saat menghitungnya. 

  1. Potongan Harga 

Potongan harga merupakan salah satu jenis diskon yang sering kita temui misalnya potongan harga Rp 20.000 untuk beberapa jenis barang atau jasa. Agar tidak salah, silahkan pastikan terlebih dahulu apakah diskon berlaku untuk semua jenis barang atau tidak. Untuk cara menghitung diskon potongan harga relatif mudah yaitu mengurangi harga sebelum diskon dengan potongan yang diberikan. 

  1. Diskon Buy One Get One

Jenis diskon selanjutnya ialah buy one get one (beli satu, gratis satu). Dalam diskon ini, pembeli akan diuntungkan karena mendapat tambahan produk dengan harga sama atau di bawahnya. Diskon buy one get one biasanya diterapkan oleh penjual untuk mengurangi jumlah stok di gudang dan mendorong pembeli menambah jumlah pembelian. Diskon seperti ini banyak diterapkan dalam e-commerce atau usaha retail. 

  1. Diskon Ongkos Kirim

Diskon ongkos kirim mungkin sudah tidak asing lagi bagi Sobat Pintar yang kerap berbelanja online di e-commerce. Misalnya diskon ongkos kirim Rp 10.000 setiap kali berbelanja di toko online tanpa minimum pembelian. Subsidi ongkos kirim juga sudah ditentukan jumlahnya misalnya untuk wilayah pulau jawa diberikan subsidi ongkos kirim maksimal Rp20.000 bergantung pada berat dan volume produk yang akan dibeli.

Cara Menghitung Diskon

Bagi Sobat Pintar yang akan berbelanja, ada baiknya mengetahui cara menghitung diskon dengan benar. Cara menghitungnya tidaklah sulit, asalkan Sobat Pintar memahami maksud dari diskon dan rumusnya. Berikut cara menghitung diskon paling mudah, di antaranya: 

Baca juga: 5 Keunggulan Aplikasi Belanja OnlineCara Menghitung Diskon

  1.  Cara Menghitung Diskon Tunggal

Cara menghitung diskon tunggal seperti diskon 50% terbilang mudah dan dapat dilakukan di luar kepala. Rumusnya yaitu (harga normal-diskon/100 x harga barang). Misalnya Sobat Pintar membeli baju dengan harga Rp200.000 lalu mendapat diskon 50% maka total harga yang harus dibayar ialah 50% atau setengahnya. Jadi Rp200.000 – (50/100 x Rp200.000) = Rp200.000 – Rp 100.000 = Rp100.000.

  1. Cara Menghitung Diskon Gabungan

Diskon gabungan banyak ditemui di pusat perbelanjaan seperti diskon 50%+20%. Cara menghitungnya adalah dengan menghitung jumlah diskon utama kemudian hitung berapa besar diskon tambahannya. Misalnya Sobat Pintar membeli baju dengan harga Rp300.000 lalu mendapat diskon 50%+20%, cara menghitungnya adalah sebagai berikut:

Diskon pertama (besar diskon utama x harga barang sebelum diskon)

50/100% x Rp300.000= Rp150.000

Diskon tambahan (besar diskon tambahan x harga setelah diskon utama)

20/100 x Rp 150.000 = Rp30.000

Jadi total yang harus dibayarkan adalah Rp300.000 – (Rp150.000+ Rp30.000) = Rp120.000.

  1. Cara Menghitung Diskon Buy 1 Get 1 

Cara menghitung diskon buy one get one tidak kalah mudah dengan jenis diskon lainnya. Sebagai contoh sebuah tempat perbelanjaan memberikan diskon buy one get one untuk sepasang sepatu dengan harga Rp400.000. Jadi dengan membayar harga Rp400.000, Sobat Pintar akan mendapat dua pasang sepatu atau hitungan dalam satu pasang sepatu ialah Rp400.000 : 2 item = Rp200.000. Adapun jika pusat perbelanjaan menerapkan beli 2 gratis 1 maka harga barang bisa dibagi jumlah produk (3 barang).

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
20 Jun 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download