5 Keunggulan Aplikasi Belanja Online

29 Oct 2021 by Laruan

Melakukan transaksi jual beli sudah pasti merupakan hal yang sering dilakukan oleh semua orang, baik pria maupun wanita. Seiring berkembangnya zaman, teknologi pun menjadi semakin maju. Hal ini membuat transaksi belanja kebutuhan sehari-hari dapat dilakukan tidak hanya melalui gerai-gerai konvensional, tetapi juga melalui media daring. Karena itulah, aplikasi belanja online pasti sudah tidak terdengar asing bagi masyarakat.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 2\Gambar 2\aplikasi belanja online (2).jpg

Berbelanja lewat aplikasi belanja online memang lebih praktis jika dibandingkan dengan berbelanja secara langsung di gerai-gerai konvensional. Hanya saja masih banyak yang ragu untuk melakukannya. Salah satunya karena takut jika jumlah uang yang dikeluarkan tidak sesuai dengan kualitas barang yang didapatkan. Padahal, banyak sekali keunggulan dari melakukan belanja online yang perlu Anda pahami. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak lebih lanjut pada poin-poin berikut ini:

1. Lebih Mudah Membandingkan Harga Produk di Aplikasi Belanja Online

Dalam satu aplikasi untuk berbelanja online tersedia banyak sekali penjual yang menawarkan harganya secara daring. Itulah yang membuat bertransaksi melalui aplikasi online mempermudah Anda yang cenderung pemilih soal harga dan kualitas produk yang dibeli. Kalau Anda melakukan transaksi melalui aplikasi belanja online, membandingkan harga dan kualitas barang dari satu toko dengan toko lainnya akan sangat mudah. Ketika Anda merasa kurang sesuai dengan keinginan, maka Anda bisa mencoba yang lain. 

Coba bayangkan kalau Anda ingin melakukannya di gerai-gerai konvensional yang harus keluar masuk dari beberapa toko sejenis untuk memperoleh informasi yang serupa. Kalaupun bertanya ke beberapa kenalan yang pernah membeli di toko-toko tersebut bisa menjadi pilihan yang lebih mudah, hal itu masih memakan lebih banyak waktu daripada kalau Anda langsung berselancar di aplikasi belanja online melalui ponsel. Anda hanya tinggal membuat ponsel terhubung dengan internet dan kegiatan berbelanja bisa Anda lakukan sembari duduk santai di kursi.

2. Bertransaksi di Aplikasi Belanja Online Memberi Kesempatan Lebih Banyak Mendapatkan Promo

Bertransaksi lewat aplikasi belanja online membuat anggaran belanja bisa diminimalisir. Memang harga barang di toko-toko online cenderung jauh lebih murah daripada harga barang-barang yang dijual di gerai-gerai konvensional. Selain itu, Anda juga bisa menemukan banyak promo saat berbelanja di toko-toko tertentu. Promo yang ditawarkan oleh toko-toko yang berafiliasi dengan aplikasi belanja online tersebut tidak melulu berupa potongan harga. Ada juga promo yang berupa gratis ongkos kirim atau cashback di setiap transaksi dengan metode pembayaran tertentu. 

Promo-promo tersebut biasanya muncul di tanggal-tanggal special, misalnya seperti tanggal cantik 8.8, 9.9, atau 10.10. Bisa juga saat perayaan akbar seperti hari kemerdekan dan hari besar seperti Idul Fitri, Natal, atau Tahun Baru. Dalam rangka memperingati Hari Belanja Online Nasional atau harbolnas, beberapa aplikasi belanja online juga mengadakan promo besar-besaran. 

Harga produk yang murah ditambah dengan promo yang melimpah akan membuat pengeluaran bisa ditekan seminimal mungkin saat bertransaksi di aplikasi belanja online. Jangan lupa kalau Anda juga tidak perlu mengeluarkan ongkos transportasi untuk membuat barang kebutuhan sampai di rumah.

3. Anda Bisa Memilih Metode Pembayaran yang Paling Sesuai saat Transaksi 

Jika Anda bertransaksi di gerai-gerai konvensional, pilihan metode pembayaran cenderung terbatas. Rata-rata penjual masih menerapkan pembayaran dengan metode bayar tunai. Kalaupun ada gerai-gerai konvensional yang menerapkan sistem pembayaran non tunai, jumlahnya pun tidak seberapa banyak dibandingkan dengan yang menerapkan sistem tunai. Kalau Anda adalah orang yang lebih suka bertransaksi dengan dompet digital, berbelanja di gerai-gerai konvensional tentu membuatmu tidak nyaman.

Karena itulah aplikasi belanja online hadir dengan menawarkan solusi bagi Anda yang lebih suka bertransaksi dengan dompet digital. Anda bisa berbelanja di semua toko yang berafiliasi dengan aplikasi belanja online ini melalui metode pembayaran apa pun. Anda bisa membayar tunai kalau Anda berkenan. Kalau Anda pengguna dompet digital, Anda bisa bertransaksi dengan saldo dompet digital. 

Pengguna kartu kredit atau kartu debit juga bisa melakukan transaksi dengan hanya memasukkan data-data seperti nama yang tertera di kartu, nomor kartu, tipe kartu, tanggal akhir masa berlaku, hingga kode CVV dari kartu. Yang hanya punya aplikasi mobile banking atau internet banking pun tinggal melakukan transaksi dengan gawai masing-masing.

E:\ADA APA YA ISINYA\KERJA KARYA\PEKERJAAN\KreeUP\Fastwork\Klien\Klien 1 Kredit Pintar Jakarta\Order 2\Gambar 2\aplikasi belanja online (1).jpg

Sumber: Unsplash

4. Selain Hemat Tenaga, Belanja Online Juga Tidak Membuang Banyak Waktu

Apakah Anda adalah tipe orang yang malas berputar-putar di sebuah pusat perbelanjaan hanya untuk mencari satu jenis barang yang diperlukan? Jika ya, maka Anda sangat cocok untuk melakukan transaksi jual-beli melalui aplikasi belanja online. Di aplikasi untuk berbelanja online, Anda bisa mencari barang yang Anda butuhkan hanya dengan mengetikkan kata kuncinya di mesin pencari. 

Cuma dalam waktu beberapa menit, kamu bisa langsung menemukan barang yang Anda cari itu. Setelah itu, kamu tinggal menunggu barang diantar sampai ke rumah oleh jasa kirim yang Anda pilih. Sisa waktu yang Anda punya bisa kamu gunakan untuk beristirahat atau melakukan aktivitas lain yang lebih produktif.

Anda juga bisa memilih waktu kapan pun untuk melakukan transaksi via aplikasi online. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan punya jadwal super padat, ini akan sangat memudahkan. Anda bisa berbelanja di sela jam makan siang, di dalam lift, atau ketika sedang beristirahat sejenak setelah beberapa jam menghadap layar komputer. Kalau terjebak macet parah, Anda juga bisa menjadikan aktivitas berbelanja online ini sebagai hiburan agar tidak terlalu bosan.

5. Ada Kemudahan Pembayaran untuk yang Ingin Berbelanja, Tapi Masih Belum Pegang Uang

Belakangan ini, beberapa aplikasi online mengembangkan metode pembayaran Paylater alias dapat barang dahulu, setelah itu membayar di bulan berikutnya. Biasanya, beberapa aplikasi belanja online menyediakan limit kredit bagi pembayaran Paylater sesuai dengan tingkat transaksi dari pemilik akun. Makin tinggi frekuensi pembelian di aplikasi belanja online tersebut, maka makin tinggi pula limit kredit Paylater yang akan didapatkan.

Sistem pembayaran Pay Later ini hampir mirip dengan pinjaman uang di aplikasi pinjaman online. Bedanya, kalau di aplikasi belanja online, pinjaman Anda itu akan berupa barang, sedangkan pada aplikasi pinjaman online Anda meminjam dalam rupa uang tunai. Karena itulah, kalau Anda merasa limit kredit yang diberikan oleh aplikasi belanja online masih kurang memadai, Anda juga bisa menjadikan pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi pinjaman online sebagai alternatif.

Kalau Anda mencari pinjaman online yang terpercaya dan tanpa jaminan, Anda bisa mencoba aplikasi pinjaman Kredit Pintar. Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman online yang aman karena sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK. Kamu bisa mencairkan dana pinjamanmu dengan cepat dan dengan bunga yang rendah. 

Aplikasi belanja online memang sangat memudahkan masyarakat, demikian halnya dengan pinjaman uang secara online. Pastikan Anda melakukannya dengan bijak dan sesuai kebutuhan.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi dan tips lain yang bermanfaat.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Nov 2021
mobile-closeKredit PintarDownload