Marketplace Lazada: Hal yang Perlu Kamu Ketahui

23 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 15 Mar 2022

Lazada adalah platform marketplace belanja online yang berbasis di Singapura. Saat ini mereka beroperasi di 6 negara di Asia Tenggara serta didirikan dan dimiliki oleh Rocket Internet pada Tahun 2012. Lalu, tahun 2016 Alibaba menginvestasikan US$1 miliar untuk mendapatkan kepemilikan mayoritas saham Lazada tersebut, diikuti dengan tambahan US$2 miliar, sehingga kepemilikannya menjadi lebih dari 90 persen. Alhasil, Lazada menjadi salah satu investasi luar negeri terbesar Alibaba, khususnya di kawasan Asia Tenggara.

Lazada - Online Shopping APP - Apps on Google Play

Banyak yang menganggap kawasan Asia Tenggara sebagai pasar yang menggiurkan untuk membangun sebuah bisnis dengan konsep baru, di mana ekonomi berbasis internet terlihat jelas dari pertumbuhan e-commerce yang bahkan diperkirakan akan meningkat menjadi US$200 miliar pada 2025. Kekuatan utama terletak pada besarnya populasi di wilayah tersebut, yang merupakan rumah bagi jutaan pengguna internet pertama yang telah mengadopsi belanja online. 

Baca juga Begini Cara Belanja di Lazada Terlengkap

Karena penetrasi internet dan ponsel, marketplace Lazada memposisikan diri untuk memimpin belanja online di kawasan ini, di mana 90% pembeli Lazada menggunakan ponsel untuk bertransaksi dalam setiap pembelian mereka.

Di pasar yang sangat kompetitif seperti itu, memanfaatkan analitik data dan AI untuk berinovasi dan meningkatkan pengalaman jutaan penggunanya menjadi sangat penting, untuk menarik dan mempertahankan pengguna di platform online. Menyadari pentingnya konsep ini, Lazada memfokuskan model bisnis intinya dalam penciptaan nilai melalui penerapan AI.

Peluang, tantangan, dan rekomendasi

Ada peluang luar biasa bagi pemain e-commerce terkemuka seperti marketplace Lazada untuk memanfaatkan AI untuk memperluas bisnis mereka dan memperkuat operasi dan manajemennya, seperti yang dijelaskan di bawah ini:

Personalisasi dan Rekomendasi pencarian

Lazada saat ini memanfaatkan personalisasi dan rekomendasi pencarian untuk pengalaman berbelanja pengguna. Ini merupakan peluang yang luar biasa karena semakin banyak marketplace Lazada tahu tentang pelanggan mereka, semakin mereka dapat menargetkan pasar. Namun, Lazada juga menghadapi tantangan saat ini, yaitu data yang ada terbatas pada pola pembelian pelanggan di masa lalu yang dapat membuat keterlambatan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan dan tetap kompetitif di spektrum pasar online yang luas.

Untuk meningkatkan pengalaman, Lazada mengeksplorasi pemanfaatan jejaring sosial dan menghasilkan rekomendasi dengan memanfaatkan data teman, yang dapat membantu meningkatkan pengalaman pembelian.

Pengenalan gambar

Lazada memperkenalkan pencarian berbasis gambar AI pada tahun 2019, dengan 500.000 pengguna awal yang mengambil 30 juta produk per hari. Lazada saat ini memiliki fitur di aplikasinya dimana pengguna dapat mengambil foto atau mengunggah gambar untuk menampilkan hasil pencarian produk. 

Hal tersebut diterapkan agar memberikan kenyamanan yang lebih besar untuk pengalaman berbelanja yang lebih menyenangkan. Selain itu, pencarian gambar berfungsi sebagai saluran untuk membantu perkiraan permintaan Lazada dan melayani penggunanya dengan lebih baik.

Meningkatkan nilai perusahan

Meskipun memiliki akses ke 65 juta pelanggan Lazada, merek yang terdaftar di Lazada membayar 5% dari penjualan mereka. Biaya ini tentu lebih hemat jika dibandingkan dengan melakukan pemasaran secara pribadi. Saat ini Lazada memiliki 2.000 merek yang tumbuh 7X lipat dari tahun lalu dengan pertumbuhan penjualan yang menjanjikan untuk setiap merek. Pendapatan Lazada diperkirakan mencapai US $ 1 miliar. Ini setara dengan setiap merek yang menghasilkan penjualan sebesar US$10 juta.

Rekomendasi pencarian menggunakan AI menyumbang setengah dari total transaksi pengguna di platform Lazada, yang merupakan kontribusi signifikan terhadap keseluruhan pendapatan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. 

Apa itu Lazada Affiliate?

Cara Daftar Lazada Affiliate Program Lengkap dengan Syaratnya - Rancah Post

Lazada Affiliate adalah program afiliasi Lazada di mana Anda bisa mendapatkan komisi hingga 7% untuk setiap pesanan yang Anda hasilkan.

Anda dapat memperoleh uang tambahan dari internet dengan bergabung dalam program afiliasi Lazada, yang dapat Anda lakukan melalui blog atau aplikasi.

Keuntungan Menjadi Afiliasi Lazada

Mengikuti afiliasi Lazada memiliki kelebihan dan kekurangan sebagai berikut:

  • Pendaftaran sepenuhnya gratis.
  • Bergantung pada kategori produk dan volume transaksi yang Anda dapatkan, Anda akan dibayar komisi 1–10%.
  • Cookie akan dilacak selama 30 hari.
  • Penggunaan media sosial untuk promosi (Facebook, Twitter & Youtube).
  • Berbagai macam media promosi yang menarik tersedia, termasuk spanduk, kupon, tautan teks, dan umpan data.
  • Sesuai dengan spesifikasi Anda, kami dapat membuat materi promosi khusus.
  • Tergantung pada permintaan Anda, kode voucher eksklusif akan dikeluarkan.
  • Tingkat konversi penjualan yang tinggi.
  • Pembatalan pesanan jarang terjadi.
  • Tim Lazada.co.id memberikan bantuan personal yang cepat dan tepat.

Logo lazada

Pada 20 Juni 2019, Lazada resmi memperbarui identitasnya setelah 5 tahun. Perubahan itu menghasilkan kotak tiga dimensi yang membentuk huruf ‘L’ yang menyerupai bentuk hati ketika diputar 90° dan dijuluki Heartagram ‘,  di sebelah tulisan Lazada dengan jenis huruf sans-serif baru. Perubahan itu sebenarnya telah diterapkan bersamaan dengan pembaruan aplikasi pada 16 Juni. Hanya saja baru diresmikan 4 hari setelahnya.

Bentuk hati yang mengiringi logo 2014 hadir dalam bentuk yang sedikit berbeda, sempat disinggung sejak November 2018 di berbagai promo dan iklan, sebelum menjadi bagian permanen dari logo Lazada yang baru. Pergeseran baru-baru ini terjadi seiring dengan kampanye baru dan slogan “Go Where Your Heart Beats”, dan dikembangkan oleh Super Union cabang Singapura.

Baca juga Mengenal Berbagai Cara Kredit di Lazada

Call Center Lazada dan Lazada Seller Center

Untuk menanggapi semua keluhan konsumennya, Lazada juga menyediakan call center berupa live chat atau pengisian formulir yang berisi pertanyaan pengguna. Untuk live chat sendiri pengguna bisa menghubungi dengan cara mengunjungi situs resmi Lazada.

Lazada Credit

Lazada Credit adalah metode pembayaran yang ditawarkan oleh Lazada dalam bentuk Credit, yaitu saldo rekening yang dapat digunakan untuk berbelanja di platform jual beli online.

Kredit Lazada akan langsung ditautkan ke akun DANA pengguna setelah aktivasi.

Meski demikian, jumlah kredit yang disetorkan ke dalamnya tidak dapat ditarik kembali.

Nah, itu dia berbagai hal tentang Lazada serta upayanya untuk tetap eksis di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik menjadi penjual di Lazada bersiaplah dengan peluan dan dapatkan pinjaman modal segera mungkin dari Kredit Pintar dengan bunga ringan dan cicilan mudah.

Baca juga Yuk Beli Barang Impianmu Dengan Lazada Paylater!

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

15 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download