Begini Cara Belanja di Lazada Terlengkap

09 Sep 2021 by Laruan

Sejak pandemi mewabah di Indonesia, pemerintah membatasi pergerakan di luar rumah, termasuk untuk sekadar berbelanja memenuhi kebutuhan. Dengan hadirnya inovasi e-commerce, aktivitas belanja pun menjadi lebih mudah meski di rumah saja.  Salah satu e-commerce  yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia adalah Lazada. Simak ulasan lengkap tentang cara belanja di lazada berikut. 

Begini Cara Belanja di Lazada Terlengkap

Sekilas Tentang Marketplace Lazada

Lazada adalah sebuah situs belanja yang menawarkan beragam produk, seperti elektronik, pakaian, mainan anak, produk kecantikan dan lainnya. 

Lazada di Indonesia mulai beroperasi sejak 2012, hingga meraih sekitar $647 dari investor. Sebagai e-commerce, Lazada menawarkan barang-barang yang premium dan tak segan menawarkan diskon menarik, atau banyak promo gratis ongkir. 

Membuat Akun Lazada

Setelah mengunduh aplikasi Lazada, anda harus membuat akun terlebih dahulu. Silakan pilih apakah daftar menggunakan akun Facebook, Line atau Google. Jika anda memilih  “Daftar” maka akan muncul perintah memasukkan nomor HP, guna  mengirimkan kode verifikasi. 

Kemudian masukan kode SMS verifikasi  yang terkirim di pesan singkat. Kemudian klik “Selanjutnya”. Isi nama lengkap dan buat kata sandi yang mengandung kombinasi angka dan huruf demi keamanan. Klik “Daftar”. 

Cara Belanja Di Lazada Dari  Aplikasi HP Bagi Pengguna Pemula

Begini Cara Belanja di Lazada Terlengkap

Bagi anda yang baru pertama kali belanja online pasti bingung dan belum paham cara belanja di Lazada, bukan? Pertama-tama, unduh aplikasi Lazada dari Google PlayStore atau AppStore. 

Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut ini :

Mencari Barang Yang Hendak Anda Beli

Setelah membuat akun Lazada, anda sudah bisa mencari barang impian di kolom pencarian. Ketika keyword barang yang ingin anda cari pada kolom “Cari di Lazada”

Kemudian sistem akan memberikan banyak pilihan barang serta toko. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhan. 

Proses Memesan Barang

Untuk memastikan ketersediaan barang yang ingin anda beli, silakan hubungi admin toko terlebih dahulu. Apabila sudah yakin dan benar-benar ingin membelinya, klik “Beli Sekarang”. 

Jika masih ingin mencari barang serupa dari toko lain sebagai perbandingan, maka klik “Tambah Ke Troli”. Menambahkan barang ke keranjang atau troli memudahkan anda menemukan kembali barang tersebut. 

Jika ingin membeli banyak barang, sebaiknya cari toko yang menjual beragam jenis produk.  Pasalnya, berbelanja di satu toko yang sama dapat meminimalisir biaya kirim.  Kemudian Klik “Beli Sekarang” untuk memproses transaksi pembelian. 

Memasukkan Alamat Penerima Barang

Sebelum melakukan pembayaran, anda harus mengisi alamat rumah penerima barang. Klik ikon “+” pada kolom alamat. Isi kolom alamat selengkap-lengkapnya. 

Tambah nama lengkap penerima barang beserta panggilan, kemudian klik “Simpan”. Masukkan pula alamat surel , nomor telepon yang aktif, agar memudahkan kurir pada saat mengirim barang. 

Selanjutnya, klik “Buat Pesanan”

Melakukan Pembayaran

Setelah anda klik “Buat Pesanan” maka tampilan akan mengarah pada pilihan metode pembayaran. Silakan pilih metode pembayaran, apakah melalui Transfer Bank, Bayar di Counter, Kredivo atau menggunakan cicilan kartu kredit. 

Cara Belanja Di Lazada Dari Browser 

Belanja online dari Lazada tidak harus dari aplikasi HP. Kamu juga bisa berbelanja dari komputer, loh. Begini cara belanja di Lazada dari PC :

  1. Masuk Situs Resmi Lazada

Silakan akses situs resmi Lazada.co.id melalui browser. Maka akan muncul tampilan halaman awal dari situs Lazada

  1. Cari barang di kolom pencairan

Selanjutnya tuliskan nama barang yang ingin anda beli di kolom “ Cari Di Lazada”. Anda bisa langsung menuliskan nama barang atau kata kuncinya saja. Maka akan muncul beberapa rekomendasi barang. Kemudian tekan tombol enter. 

  1. Pilih Produk

Sebelum memutuskan membeli sebuah produk, pastikan anda sudah membaca deskripsi barang. Termasuk pilihan warna, detail material barang, ukuran dan review dari pembeli sebelumnya. 

Penting sekali membaca review pelanggan sebagai pertimbangan apakah barang sebagus display foto atau tidak. 

Setelah memastikan produk mana yang sesuai keinginan, lanjutkan dengan klik “Beli Sekarang”. Namun jika ingin membeli produk lain, masukkan dulu barang belanjaan di troli, caranya klik “Tambah ke Troli”

  1. Melakukan Pembayaran

Klik “Pembayaran” untuk melanjutkan proses belanja. Sebelumnya, periksa kembali rincian produk yang hendak and bayar, sekaligus dengan alamat penerima, total pesanan serta total tagihan. 

Jika telah yakin semua data benar, lalu klik “Buat Pesanan Sekarang”. 

  1. Memilih Metode Pembayaran

Klik “Bayar Sekarang” maka akan muncul beberapa pilihan metode pembayaran. Lalu akan tampak tampilan layar dengan nomor rekening serta total tagihan yang harus anda bayar. 

Pada saat pembayaran, terdapat durasi waktu yang harus segera anda selesaikan agar pesanan dapat segera penjual proses. 

Cara Belanja Di Lazada Dengan Metode COD

Bagi kamu yang tidak punya rekening atau m-banking, memang sering ragu untuk berbelanja online. Tenang, di lazada terdapat fitur pembayaran COD atau bayar di tempat ketika barang anda terima. 

Begini cara belanja di Lazada dengan sistem COD :

  • Buka aplikasi Lazada
  • Kemudian ketik kata kunci barang yang ingin anda beli. Untuk mempermudahkan menemukan barang yang bisa COD, gunakan fitur “Filter”. 
  • Filter sesuai kategori barang yang bisa COD, kemudian cari yang sesuai. Secara umum, barang-barang yang bisa anda beli dengan sistem COD mempunyai tanda khusus “Bayar di Tempat”. 
  • Kemudian, pilih “Provinsi” dan “Area” yang berada di bagian bawah.  Berikan detail produk yang ingin anda beli, seperti ukuran, warna dan sejenisnya. 
  • Setelah yakin dengan produk yang ingin anda beli, klik “Beli Sekarang” kemudian lanjutkan dengan “Proses ke Checkout”. 
  • Masukkan alamat email yang masih aktif, dan lanjutkan dengan mengisi data diri secara lengkap dan benar. 
  • Akhiri proses belanja dengan klik “Prose Pembayaran”.  Dengan demikian, proses belanja pun selesai, tunggu barang sampai dengan selamat dan segera lakukan pembayaran ke kurir. 

Bagaimana Tips Mengembalikan Barang Yang Tidak Sesuai Ekspektasi?

Adakalanya barang yang anda terima tidak sesuai dengan ekspektasi atau gambar display. Tentu saja hal ini membuat kecewa. Oleh karena itu, setiap kali menerima barang sebaiknya rekam video dan coba langsung. Gunanya, supaya penjual menerima komplain dari anda. 

Yang perlu anda lakukan adalah mengajukan pengembalian barang, dengan perantara Lazada. Caranya :

  • Kemas barang yang salah menggunakan kemasan yang asli, termasuk dengan printilan dan bukti pembelian.
  • Gunakan fitur “Drop Off”, maka pembeli tidak akan mengeluarkan biaya pengiriman. Dengan syarat barang tidak lebih dari 15 kg dan tingginya kurang dari 70cm. Namun pembeli wajib melengkapi formulir pengembalian sebelumnya. 

Demikianlah informasi tentang cara belanja di Lazada, poin penting dari hobi belanja online adalah waspada dengan toko palsu. Oleh karena itu, hubungi penjual dan perhatikan review pelanggan sebelum memutuskan membeli barang. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.Jika Anda membutuhkan pinjaman dana online yang terdaftar di OJK, gunakan produk pinjaman tunai dari Kredit Pintar dengan syarat dan proses pendaftaran yang mudah dan aman.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
mobile-closeKredit PintarDownload