Cara Menggunakan Facebook Creator Studio Terbaru 2022

15 Feb 2022 by Laruan, Last edit: 01 Mar 2022

Sekarang, Facebook memiliki fitur yang disebut dengan Facebook Creator Studio. Fitur ini memungkinkan penggunanya untuk mengelola jadwal unggah setiap kontennya. Cara menggunakan Facebook Creator Studio ini juga sangat mudah, bahkan semua orang dapat mempelajarinya.

Facebook Creator Studio menjadi fitur andalan dari Facebook. Seperti yang kita tahu, saat ini sudah banyak sekali media sosial baru yang hadir. Supaya eksistensi Facebook ini tidak memudar, akhirnya Facebook membuat fitur ini untuk memudahkan para konten kreator membuat jadwal posting di Facebook dan Instagram dengan mudah.

Baca juga: Cara bikin Filter Agar Instagram Stories Makin Menarik

Apa Itu Facebook Creator Studio?

Facebook Creator Studio adalah fitur atau tools yang dikembangkan oleh Facebook yang terintegrasi dalam satu sistem untuk melakukan penjadwalan, mengelola media sosial, monetisasi media sosial, dan memantau perkembangan tren media sosial dari data dan insight.

Fitur ini sangat penting digunakan oleh para konten kreator. Dengan begitu, mereka dapat menentukan strategi media sosial yang tepat dan sesuai dengan tujuan mereka.

Terlebih lagi, di dalam Facebook Creator Studio ini memiliki fitur yang bernama insight. Disini, pengguna dapat mengetahui jenis konten yang seperti apa yang paling diminati oleh audiens. Dengan begitu, konten kreator dapat membuat konten yang sama atau mengembangkan konten tersebut dengan gaya yang lebih unik.

Cara Mengakses Facebook Creator Studio

Sobat Pintar dapat menggunakan fitur ini secara gratis. Namun, untuk bisa menikmati layanan ini, Sobat Pintar harus memiliki halaman “Fans Page.” Ini merupakan persyaratan wajib oleh Facebook.

Berikut adalah langkah-langkah cara mengakses Facebook Creator Studio:

  1. Masuk atau login ke akun Facebook Personal.
  2. Bukalah halaman https://business.facebook.com/creatorstudio.
  3. Jika Sobat Pintar belum memiliki “Fans Page,” Kredit Pintar sarankan kalian segera membuatnya.
  4. Ikuti langkah-langkah pengaturan yang tampil di halaman Creator Studio.
  5. Selesai.

Apa Manfaat Menggunakan Facebook Creator Studio?

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat kalian dapatkan selama menggunakan fitur ini:

  1. Mengunggah konten dalam jumlah banyak dalam satu waktu, lintas konten ke beberapa halaman, menjadwalkan posting, memperbarui, dan menyimpan konsep konten.
  2. Dashboard utama yang memiliki banyak informasi yang berguna bagi para penggunanya.
  3. Mengelola semua konten dalam satu halaman di satu tempat. Pengguna dapat mencari, melihat, memutuskan tindakan, dari semua konten yang ada di dalam halaman tersebut.
  4. Mengetahui kinerja, keterlibatan, audiens, monetisasi yang kamu dapatkan. Pada menu Insight, pengguna dapat menerima berbagai macam laporan terkait akun media sosial mereka.
  5. Melacak hasil dari konten yang kamu unggah.
  6. Kolaborasi dalam satu tempat. Di Facebook Creator Studio memiliki banyak role seperti Admin, Editor, Moderator, Advertiser, dan Analyst. Sobat Pintar dapat memutuskan siapa saja yang berhak untuk mengelola konten dan bertanggung jawab atas campaign yang sedang berlangsung.

Bagaimana Cara Menggunakan Facebook Creator Studio?

Tools ini memiliki banyak fitur yang berguna untuk para kontek kreator, seperti Insight, Monetization, Content Library, Inbox+, Sound Collection, Pages, dan Rights Manager.

Pada halaman Content Library pengguna dapat melihat gambaran umum mengenai semua konten, tautan, dan teks dari akun Facebook yang kamu filter. Selain itu, Sobat Pintar juga dapat melihat informasi yang bisa membuat kamu mengambil keputusan pada setiap konten yang ingin kamu unggah.

Berikut adalah penjelasan mengenai fitur Content Library:

1. Posting

Disini, Sobat Pintar dapat melihat semua konten yang telah kamu posting di Facebook. Di sini Sobat Pintar akan menerima berbagai informasi seperti jumlah likes, followers, keterikatan, dan lain-lain.

2. Filter

Fitur ini memudahkan kamu untuk mempersempit pencarian dengan tulisan tertentu. Bahkan, Sobat Pintar dapat mencari konten berdasarkan tanggal, status (telah diunggah, kadaluwarsa, unggah sekarang, dijadwalkan, konsep), atau menemukan konten tertentu yang dapat dicari dengan menuliskan judulnya.

3. Tindakan

Sobat Pintar dapat membuat tindakan pada konten tertentu dengan mencentang kotak yang terletak di sebelah kiri item. 

4. Wawasan

Sobat Pintar dapat melihat informasi atau wawasan mengenai hasil konten yang sudah kalian unggah.

Baca juga: Kenali Apa Itu Metaverse Coin

Fitur Apa Saja yang Ada di Facebook Creator Studio?

1. Insight

Sumber: Unsplash / Alt Text: Cara Menggunakan Facebook Creator Studio: Insight

Ini merupakan fitur yang sangat penting dan andalan dari Creator Studio. 

Sebagai content creator, fitur insight ini memiliki fungsi yang sangat bermanfaat karena kita dapat mengetahui performa konten yang sudah kita unggah atau terbitkan.

Dari insight, Sobat Pintar dapat melihat statistik pertumbuhan audiens, keterlibatan, impersi, dan metriks lainnya dalam waktu 7 hari kebelakang.

Data-data tersebut bisa kalian kumpulkan tanpa perlu menggunakan tools social media monitoring lainnya.

Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk mengkategorikan konten berdasarkan jenis dan karakteristiknya.

Kehadiran fitur ini memudahkan content creator untuk membuat penjadwalan konten, melihat konten yang masih terkonsep, konten yang sudah di unggah, dan masih banyak lainnya.

3. Monetization

Selanjutnya, fitur monetization ini memberikan informasi penghasilan atau persyaratan apa saja supaya kalian bisa mendapatkan penghasilan dari media sosial.

Pada dasarnya, Facebook menawarkan fitur monetize atau monetisasi hanya untuk para content creator atau perusahaan besar yang sudah memiliki banyak followers atau pengikut.

Untuk mendapatkan penghasilan dari Facebook, Sobat Pintar harus mendaftar layanan monetize. Setelah mendaftar, tunggulah hingga Facebook menyetujui permohonan kalian. Kurang lebih sistem pendaftarannya sama seperti Google AdSens.

4. Live Dashboard

Semenjak pandemi COVID-19, layanan video streaming atau live streaming semakin digemari oleh semua orang. Selain sebagai hiburan dan menambah wawasan, fitur live streaming ini mendekatkan influencer dengan para pengikutnya.

Tentunya hal ini menjadi teknik pemasaran yang menarik karena melibatkan audiens secara langsung. Influencer dapat menceritakan pengalaman pribadinya atau membuka sesi QnA (Questions and Answers) kepada pengikutnya.

Jadi, Sobat Pintar bisa memanfaatkan fitur ini untuk mendekatkan diri kalian kepada para pengikut kalian. Semakin mereka terhibur dan senang dengan pribadi kalian, semakin banyak pengikut atau fans yang akan mengikuti kalian.

5. Sound Collection

Fitur ini menjadi fitur pendukung untuk memperkaya konten para creator Facebook dan Instagram supaya tidak membosankan. Sobat Pintar dapat menyematkan lagu yang sudah ada di database Facebook secara gratis.

6. Inbox+

Interaksi antara influencer dan pengikut menjadi salah satu cara andalan para content creator untuk mendapatkan engagement yang tinggi. Maka dari itu, dengan Facebook Creator Studio, Sobat Pintar dapat menikmati fitur Inbox+ disini.

Pada dasarnya, fitur ini sama seperti kotak pesan pada umumnya. Namun, hal yang membuatnya berbeda adalah, Sobat Pintar dapat melihat kotak pesan dari media sosial Facebook dan Instagram dalam satu tempat.

7. Pengelolaan Hak Cipta

Masalah plagiasi karya memang sudah terjadi sejak dulu. Beruntungnya, Facebook menghadirkan sebuah fitur yang bernama “Rights Manager” yang dimana fitur ini dapat mendeteksi orisinalitas konten secara otomatis. Jadi kalian tidak perlu takut lagi jika konten kalian ditiru orang lain.

Baca juga: Tips Memotret Produk Untuk Jualan Online

Jadi begitulah cara menggunakan Facebook Creator Studio dan fitur-fiturnya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Sobat Pintar semua. Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
01 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download