Cara Bikin Efek Instagram untuk Filter di Insta Stories

26 Jan 2022 by Laruan, Last edit: 07 May 2022

Sekarang, setiap orang dapat membuat filter Instagram untuk dijadikan Insta Stories di Instagram masing-masing pengguna, bahkan juga dapat digunakan oleh orang lain apa yang Sobat Pintar buat. Oleh karena itu, kali ini Sobat Pintar akan mengetahui beberapa langkah bagaimana cara bikin efek Instagram yang mudah agar dapat digunakan oleh orang lain.

Cara Bikin Efek Instagram untuk Filter di Insta Stories

Sebelumnya, Instagram merupakan platform sosial media yang sangat banyak digemari oleh kebanyakan orang di seluruh dunia hingga saat ini. Yang mana platform ini masih dalam satu keluarga dalam naungan META yang baru-baru ini mengganti nama perusahaan yang awal mulanya memiliki nama Facebook milik Mark Zuckerberg. 

Terdapat salah satu fitur yang ada di Instagram dan sukses membuat orang-orang menjadi tergila-gila pada platform Instagram, yakni Insta Stories yang mana hadir pertama kali di tahun 2016 silam. Fitur ini dicanangkan oleh pendiri Instagram, Kevin Systrom dan Mike Krieger yang terinspirasi dari Snapchat yang memiliki fitur stories terlebih dahulu. Dan alhasil, mereka berdua membawa konsep tersebut hingga menjadi perhatian para remaja di seluruh dunia.

Instagram Story lahir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna akan sesuatu yang lebih berbeda lagi di Instagram yang sebelumnya hanya dapat memposting foto dan video singkat saja. Hingga saat ini, fitur dari Instagram Stories masih menjadi fitur yang paling banyak digemari oleh kebanyakan orang di dunia.

Terbaru, Instagram pun berbenah dengan memberikan sesuatu yang baru pada fitur Insta Story yang mana pengguna juga dapat berkontribusi dalam membuat filter menarik yang dapat digunakan oleh banyak orang lain. 

Alhasil banyak hingga saat ini beberapa filter dan efek yang sangat banyak digunakan dan disukai, bahkan beberapa hingga viral. Lantas, bagaimana cara bikin efek Instagram tersebut? Berikut ini beberapa ulasan yang Kredit Pintar rangkum dari beberapa sumber.

Apakah Membuat Instagram Stories Bisa Menghasilkan Uang

Dikutip Kredit Pintar dari beberapa sumber, bahwa pengguna aktif bulanan di platform Instagram telah mencapai lebih dari dua miliar orang diseluruh dunia. Pastinya ini akan menjadi keuntungan sendiri bagi beberapa para kreator yang ada. Selain menjadi selebgram, dengan membuat filter dan efek instagram seseorang akan tetap dapat menghasilkan uang dengan membuka jasa.

Dikutip dari Kompasiana, ada orang di Indonesia yang berhasil menjadi kreator dengan membuat filter Instagram. Bermula saat adanya pandemi Covid-19 di Indonesia pada bulan Maret 2022 silam, Irfan Ardhianto seorang mahasiswa dari Universitas Amikom Yogyakarta, yang berusia 20 tahun tersebut mencoba peruntungan untuk belajar dan mencari uang dari membuat filter Instagram.

Dengan membuka jasa pembuatan filter Instagram dan mempromosikan melalui Instagram juga, dirinya berhasil meraup banyak keuntungan dari jasa yang ia buka. Lantas, kenapa Filter Instagram banyak peminatnya?

Kenapa Filter dan Efek Instagram Stories Banyak Peminatnya

Dalam sebuah branding, pasti akan melihat dari segala bentuk cara dan upaya untuk membuat brand tersebut semakin dikenal banyak orang. Tak luput dengan menggunakan instagram stories. Banyak dari perusahaan besar maupun personal branding yang ikut andil dalam menggunakan filter dan efek untuk mempercantik produk dan personal-nya melalui Insta Stories.

Dengan memberikan tampilan yang menarik, produk atau personal yang ingin melambungkan namanya akan semakin cepat mengingat pengguna yang ada di Instagram saat ini sudah hampir sepertiga penduduk dunia, ini pasti akan menjadi keuntungan tersendiri bagi para pengguna. Pantas saja jika jasa membuat filter instagram masih banyak yang meminati dan konsumen dari jasa tersebut juga mendapatkan untung lebih lantaran produk atau personal dirinya menjadi lebih dikenal banyak orang.

Cara Bikin Efek Instagram AR Filter Menggunakan Spark AR Studio

Berikut ini langkah demi langkah bagaimana cara membuat filter AR dengan menggunakan AR Studio untuk Insta Stories yang mudah digunakan meskipun baru pertama kali:

1. Langkah pertama: Unduh Spark AR Studio

Spark AR Studio merupakan sebuah platform yang sangat mudah untuk digunakan dalam membuat sebuah filter dan efek khusus yang dapat di download secara gratis melalui perangkat Mac ataupun Windows.

2. Langkah kedua: Tentukan efek yang akan Sobat pintar buat

Selanjutnya, ikuti beberapa langkah dan tutorial di “Pusat Pembelajaran” untuk mengenal terlebih dahulu antarmuka dari platform tersebut. Disaat sudah siap untuk membuat filter Instagram, segera pastikan apakah akan membuat dari awal atau dengan mengcustom menggunakan delapan template yang sudah tersedia untuk membuat filter dan efek Instagram.

3. Langkah ketiga: Membuat filter efek

Sobat pintar akan melihat placeholder yang terdapat di bagian tengah layar yang mana dapat dijadikan template contoh. Namun jika memilih “blank project” akan menemukan viewport atau tempat dimana sobat pintar akan meng custom filter dari nol.

  • Buat tekstur khusus dan bahkan beberapa objek 3D dan 2D milik Sobat pintar sendiri, atau impor tekstur Sobat pintar sendiri ke dalam Spark AR Studio.
  • Buat sendiri, pilih dari ratusan model 3D dan klip suara gratis di Perpustakaan AR, atau gunakan template yang mudah digunakan.

Pada bagian pojok kanan atas akan terdapat simulasi dari smartphone, yang mana itu akan menampilkan preview dari apa yang sedang dikerjakan sebagai contoh jika nantinya sudah jadi dan siap untuk siap di publish.

4. Langkah keempat: Tambahkan efek ke kanvas Sobat pintar

Untuk efek, Sobat memiliki banyak pilihan yang sudah disediakan oleh Spark AR Studio secara gratis.

  • Sobat pintar dapat menempatkan objek dalam posisi tetap di lingkungan seseorang.
  • Gunakan pelacak bidang untuk membuat objek muncul saat kamera mendeteksi permukaan horizontal.
  • Tambahkan pelacakan target, untuk memicu efek saat kamera mendeteksi target tertentu di dunia nyata, dan banyak masih banyak lagi.

Sobat pintar dapat menyesuaikan kedalaman dan realisme efek yang Sobat pintar pilih, memilih kamera yang Sobat pintar inginkan untuk menampilkan efek, dan juga mengubah beberapa animasi.

5. Langkah kelima: Uji dan Publikasikan

Untuk menguji filter AR baru Sobat pintar, kirim file pengujian Sobat pintar ke Instagram atau Facebook untuk mendapatkan pratinjau tentang cara kerja filter di setiap platform.

Saat Sobat pintar rasa sudah siap untuk mempublikasikan filter baru tersebut, dengan segera klik tombol “unggah” di sudut kiri bawah aplikasi agar dapat segera digunakan oleh banyak orang yang ada di Instagram.

Nah, jadi itulah kenapa Instagram Stories memiliki banyak peminat dan juga banyak keuntungan jika menggunakannya disaat-saat seperti saat ini. Jika Sobat ingin mencoba peruntungan untuk dapat menghasilkan uang dengan membuka jasa pembuatan efek filter Instagram, mungkin beberapa langkah dan cara bikin efek Instagram cocok untuk diterapkan oleh sobat pintar semua.

Cara Bikin Efek Instagram untuk Filter di Insta StoriesArtikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
07 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download