Cara Mengganti Sandi IG dan Amankan Akun Anda

09 Nov 2022 by Ary Wibowo, Last edit: 14 Nov 2022

Cara mengganti sandi IG bisa dilakukan dengan berbagai langkah. Hampir semua aplikasi menggunakan kata sandi sebagai bentuk keamanan akun penggunanya, tidak terkecuali Instagram. Kata sandi atau password merupakan suatu kerahasiaan yang hanya diketahui pengguna saja. Biasanya di awal proses pendaftaran akun, pengguna diminta untuk membuat kata sandi.

 cara mengganti sandi IG

Akan tetapi pengguna juga bisa mengganti dan mengubahnya kapan saja saat dibutuhkan. Fitur ganti password pada aplikasi Instagram akan membantu untuk melindungi akun dari ancaman pengguna lain yang mencoba masuk.

Baca juga: Berapa Subscriber untuk Mendapatkan Uang dari Youtube?

Alasan Perlu Ganti Password Instagram

Perkembangan teknologi semakin kesini memang terus melakukan kemajuan dan tidak bisa dibendung. Begitu juga media sosial yang saat ini banyak dipakai masyarakat untuk berbagai kebutuhan. Salah satu media sosial yang sampai saat ini masih eksis dan banyak digunakan oleh khalayak adalah Instagram. Tidak hanya untuk sarana komunikasi saja, melainkan sudah merambah ke banyak kepentingan, seperti bisnis, pendidikan, hiburan, marketing, dan banyak lagi lainnya. 

Meski demikian hal tersebut tidak luput dari berbagai risiko kejahatan dunia maya, seperti para hacker yang menggunakan kemampuannya untuk hal jahat. Tentu setiap pengguna Instagram tidak ingin hal ini terjadi, apalagi jika akun milik Anda penting dan berpengaruh. Itulah kenapa penting sekali melakukan penggantian kata sandi secara berkala. Bukan hanya karena peretasan saja, tapi ada hal-hal lain yang bisa menjadi alasan kenapa pengguna Instagram perlu melakukan penggantian kata sandinya.

1. Melakukan Pencegahan Terhadap Peretasan Akun

Alasan pertama kenapa pengguna perlu tahu cara mengganti sandi IG adalah karena faktor risiko dari peretasan. Kejahatan di dunia internet itu ada dan sering terjadi. Masalahnya adalah apabila dimanfaatkan oleh orang tidak bertanggung jawab. Banyak hal-hal yang bisa merugikan pengguna. Apalagi jika akun tersebut digunakan untuk menipu atas nama Anda.

Selain itu peretas juga akan melakukan apapun dengan akun tersebut. Contoh lainnya adalah mengganti alamat email secara acak, foto profil, hingga password. Dengan begitu, pengguna tidak akan lagi bisa memakai akun tersebut dan harus merelakannya. Jadi, segera lakukan penggantian sandi akun secara rutin agar terhindar dari risiko peretasan dan kehilangan akun.

2. Melindungi Akun dengan Menjaga Keamanannya

Menjaga akun dari berbagai risiko kejahatan, sehingga lebih aman saat Anda memilikinya. Mengganti kata sandi IG secara rutin akan membantu untuk membuat hacker kesulitan melakukan peretasan. Bukan berarti aman dari peretasan, melainkan bisa lebih meminimalisir kejahatan masuk dan mengganggu akun Instagram pengguna.

3. Menghindari Peretasan pada Akun Lain Milik Pengguna

Sebagian orang yang suka lupa, menggunakan satu kata sandi untuk banyak akun. Baik di akun media sosial, mobile banking, hingga dompet digital. Nah, akun-akun yang berkaitan dengan uang tersebut pastinya sangat penting. Jika orang seperti itu akun IGnya teretas, maka hacker akan mendapatkan kata sandi milik korban. 

Dan bisa jadi mereka gunakan untuk mencoba meretas akun Anda yang lain. Itulah kenapa mengganti kata sandi Instagram dan media sosial lainnya secara berkala merupakan hal penting.

4. Membatasi Akses yang Didapat Logger Keystroke

Teknologi logger keystroke merupakan pengawasan yang tujuannya digunakan oleh pengguna agar bisa merekam tombol. Teknologi logger keystroke digunakan untuk orang jahat melakukan pencurian kata sandi dalam suatu akun karena akun tidak hanya melalui ponsel saja, kemungkinan dapat terjadi. 

5. Mencegah Hal Negatif Saat Kata Sandi Tersimpan dalam Perangkat Lain

Bukan tidak mungkin seseorang akan membuka akunnya pada perangkat lain, terlebih yang digunakan oleh umum.

Misal biasanya pengguna membuka IG melalui perangkat ponselnya, tapi karena ponsel ketinggalan mereka meminjam laptop teman. Hal ini bisa mengakibatkan kata sandi pengguna tertinggal pada perangkat milik teman.

Meskipun sudah menghapus, kadang masih ada cache yang menyebabkan jejak kata sandi Anda diketahui. Nah, dengan melakukan penggantian secara berkala, maka bisa meminimalisir hal tersebut.

6. Melatih Daya Ingat Pengguna

Alasan terakhir kenapa perlu mengetahui cara mengganti sandi IG adalah untuk diri sendiri, yakni bisa melatih daya ingat. Rajin mengganti sandi IG akan membantu seseorang untuk terpaksa mengingat.

Proses tersebut membantu meningkatkan daya ingat pengguna. Namun jika memang kata sandi memuat karakter susah, bisa menuliskannya dalam catatan kecil. Supaya risiko lupa kata sandi tidak terjadi pada Anda.

Baca juga: Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

Cara Mengganti Sandi IG

Penting bukan mengganti kata sandi IG secara berkala? Nah, setelah memahami pentingnya mengubah password, Anda bisa mengikuti beberapa langkah terkait cara mengganti sandi IG secara mudah, praktis, dan bisa dengan berbagai langkah.

1. Cara Mengganti Sandi IG Melalui HP

Ganti sandi IG lewat ponsel Android bisa mengikuti beberapa langkah antara lain seperti berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram kemudian login ke akun pengguna;
  2. Klik tanda tiga garis yang ada di bagian kanan atas tampilan beranda;
  3. Klik menu ‘Settings’ dan pilih ‘Scurity and Password’;
  4. Kemudian masukkan kata sandi saat itu (lama) dan masukkan kata sandi baru pada kolom yang tersedia. Jika sudah klik OK dan proses selesai.

Langkah mengganti kata sandi Instagram lewat iOS, ikuti langkahnya antara lain sebagai berikut.

  1. Buka halaman tampilan Instagram tanpa harus melakukan login;
  2. Klik ‘Get Help Signing In’ dan pilih metode reset informasi login;
  3. Masukkan username, nomor HP terdaftar, dan alamat email kemudian klik ‘Next’. Jika sudah Anda bisa menyelesaikannya menggunakan link email atau SMS.

2. Cara Mengganti Sandi IG Melalui PC

Langkah lain untuk mengganti sandi bisa melalui perangkat PC atau laptop. Secara umum sama, namun coba ikuti panduan berikut untuk lebih jelasnya.

  1. Bukalah situs resmi Instagram di https://www.instagram.com pada browser;
  2. Kemudian silakan masuk atau login ke akun yang akan diubah passwordnya;
  3. Jika sudah muncul tampilan halaman, pengguna bisa memilih menu ‘Profile’ dan klik ‘Edit Profile’;
  4. Klik ‘Change Password’;
  5. Tampilan kolom penggantian kata sandi akan muncul. Pengguna akan diminta menuliskan password lama dan baru sebagai langkah pengubahan.

3. Cara Mengganti Password Instagram Melalui Akun Facebook

Instagram merupakan produk yang dimiliki oleh perusahaan sama dengan aplikasi Facebook, yakni perusahaan teknologi Meta Inc. Jadi, kedua aplikasi ini dapat sinkron satu sama lain.

Pengguna bisa melakukan penggatian kata sandi Instagram melalui akun Facebook yang telah tersinkronisasi sebelumnya. Berikut panduan penggantiannya.

  1. Buka aplikasi Instagram, dan klik opsi ‘Dapatkan Bantuan untuk Login’;
  2. Klik pilihan untuk ‘Masuk dengan Facebook’;
  3. Kemudian silakan klik ‘Beri Akses’ dan lakukan pengubahan password Instagram;
  4. Klik tanda centang dan kata sandi IG sudah berhasil diganti melalui akun Facebook.

Baca juga: Inilah Gaji Tiktok dan Cara Mendapatkan Sumber Penghasilan Lainnya

Itulah beberapa cara mengganti sandi IG yang dapat pengguna lakukan dengan mudah dan praktis. Pastikan untuk mencatat sandi baru dalam catatan penting Anda, sehingga bisa membukanya saat benar-benar lupa.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech berizin dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
14 Nov 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download