Berapa Subscriber untuk Mendapatkan Uang dari Youtube?

12 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 12 Sep 2022

Kini, youtuber menjadi profesi yang banyak digemari terutama oleh kalangan anak muda karena bisa menghasilkan uang yang banyak. Tahukah Anda berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube? 

Y2mate - YouTube Downloader MP3 MP4: Convert Gratis Video YouTube Jadi Lagu  Aman dan Cepat - Aksara Jabar

Dalam menjawab pertanyaan di atas, ada beberapa ulasan penting lainnya yang perlu Anda ketahui. Jangan dulu memikirkan uang dengan nominal yang fantastis hingga ratusan juta atau milyaran, jalani setiap prosesnya dari awal. 

Keberadaan youtube tidak hanya sebagai platform video yang berfungsi untuk memberikan hiburan. Lebih dari itu menjadi lahan untuk mencari peruntungan dan pundi-pundi uang, bahkan seorang selebritis pun ikut menjadi seorang youtuber. 

Baca Juga: Panduan Singkat Monetisasi Youtube untuk Pemula

Alasan Memilih Youtube Sebagai Lahan Mencari Uang

Anda mungkin sudah sering nonton berbagai video yang ada di Youtube, bahkan setiap harinya tidak bisa lepas dari youtube. Pernahkah kepikiran, apa bisa menghasilkan uang dari youtube? Tentu saja bisa! Content creator terkenal seperti Atta Halilintar, Raffi Ahmad, Chandra Liauw dan lainnya sudah pernah meraup rupiah yang besar dari Youtube. 

Tingginya konsumsi video online Orang Indonesia

Sebelum menjawab pertanyaan berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube, Anda perlu mengetahui dulu beberapa fakta ini. 

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, 69,64% orang Indonesia menggunakan internet untuk nonton video. Hal ini merupakan kabar gembira bahwa Anda berkesempatan untuk menjangkau audiens melalui konten video. 

Anda bisa melakukannya melalui platform Youtube dan membagikan konten video yang menarik. 

Youtube sebagai platform video utama

Dengan berkembangnya popularitas youtube, kini youtube menjadi penguasa market share platform video di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa 92% pengguna internet di Indonesia menyatakan youtube sebagai platform pertama ketika mencari konten video online. 

Jelas, hal ini perlu Anda manfaatkan dengan membuat konten video lalu mengunggahnya ke youtube. 

Youtube menyaingi televisi

Jika dulu televisi merupakan pilihan pertama untuk nonton video atau tayangan-tayangan hiburan, kini youtube menjadi pesaing terberatnya. Dalam beberapa tahun terakhir nonton youtube menjadi kebiasaan orang Indonesia dan menggeser popularitas televisi. 

Tak seperti televisi, di youtube Anda memiliki banyak pilihan jenis konten dan kebebasan waktu untuk menontonnya. Untuk memulainya, Anda tidak perlu memikirkan berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube, fokus dulu membuat konten yang lebih menarik dari televisi.

Selain itu, platform youtube memungkinkan penggunanya untuk menonton acara-acara televisi. Apalagi saat ini hampir semua channel televisi Indonesia juga memiliki channel resmi di Youtube sehingga penonton bisa menontonnya langsung di Youtube. 

Siapa saja bisa menghasilkan uang dari Youtube

Di Youtube, Anda bisa langsung membuat sebuah acara atau konten video sesuai keinginan tanpa harus mengikuti audisi terlebih dahulu. Meskipun harus melakukan semuanya serba mandiri mulai dari pengambilan gambar hingga editing, Anda memiliki kebebasan dalam membuat konten. 

Baca Juga: Cara Buat Video YouTube dengan Viewers Terbanyak

Syarat Daftar Adsense Youtube

Cara Mudah Mendaftar AdSense Agar Bisa Menghasilkan Uang dari YouTube

Untuk menghasilkan uang dari youtube maka perlu mengaktifkan fitur monetisasi pada channel Anda. Termasuk di dalamnya ada syarat berapa subscriber untuk mendapatkan uang itu? Anda akan mendapatkan jawabannya pada poin ini.

Terverifikasi

Proses verifikasi dibutuhkan ketika Anda ingin mengunggah video berdurasi panjang, berapa jam video tersebut dianggap berdurasi panjang? 

Video berdurasi panjang itu tidak sampai berjam-jam, Youtube menggap video berdurasi lebih dari 15 menit sebagai video berdurasi panjang. Jadi ketika Anda ingin mengunggah video lebih dari durasi tersebut harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. 

Cara melakukan verifikasi cukup mudah, siapkan nomor HP aktif yang nantinya digunakan untuk menerima kode verifikasi. 

Pertama, Buka halaman upload. Pada bagian bawah halaman, Anda akan menemukan pilihan untuk meningkatkan durasi video yang akan diunggah, klik Increase your limit. 

Kedua, Memilih metode verifikasi, dalam hal ini ada dua pilihan yakni menggunakan pesan suara atau pesan teks berisi kode verifikasi. 

Ketiga, validasi. Setelah Anda mendapatkan kode verifikasi maka masukkan kode tersebut ke dalam form yang tersedia. Klik Submit. Jika berhasil, nantinya akan tampil teks “partner verified”. 

Barulah setelah melakukan verifikasi Anda bisa mengunggah video berdurasi lebih dari 15 menit. Proses verifikasi ini sebaiknya dilakukan sejak awal agar ketika mengunggah video berdurasi panjang di masa mendatang sudah tidak perlu verifikasi lagi. 

4000 jam tayang

Selain mengetahui berapa subscriber untuk mendapatkan uang dar youtube, Anda juga perlu mengetahui jam tayang untuk bisa monetisasi akun youtube. Setidaknya akun youtube Anda harus memiliki 4000 jam tayang, total jam tayang ini terhitung selama 12 bulan terakhir. 

Tak heran jika selama itu Anda perlu melakukan verifikasi dan mengunggah banyak video. Semakin banyak video dan berdurasi lama, kemungkinan untuk memenuhi syarat yang kedua ini lebih besar. 

Syarat 4000 jam tayang memang membutuhkan waktu, jalani proses tersebut hingga Anda berhasil mendapatkannya. 

1000 subscriber

Mungkin inilah jawaban dari pertanyaan berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube. Syarat lain untuk bisa mendaftar youtube adsense adalah 1000 subscriber. Jumlah tersebut hanyal nol koma sekian persen dari total pengguna youtube. 

Bayangkan saja saat ini pengguna youtube mencapai 1,8 milyar, artinya dari pengguna sebanyak itu Anda perlu mendapatkan 1000 subscriber. Jumlah tersebut bisa jadi mudah atau bahkan bisa tercapai dalam waktu singkat. 

Sayangnya tidak semudah itu juga sih, selain harus membagikan channel Anda, tentu saja perlu membuat konten video yang berkualitas dan menarik. Hindari video yang membosankan agar pengunjung channel Anda merasa betah untuk menonton semua konten video di channel Anda.

Jangan membuat komentar spam

Komentar spam bisa menghambat proses daftar adsense youtube Anda, meskipun syarat di atas sudah terpenuhi. Selain menghambat, lebih parahnya lagi Youtube bisa menolak pengajuan tersebut karena spamming komentar Anda. 

Ada beberapa proses verifikasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim Youtube untuk mengumumkan apakah akun Anda layak atau tidak untuk mendapatkan adsense. Akun yang melakukan spamming akan mendapatkan rate yang buruk sehingga berpengaruh terhadap penilaiannya. 

Review 4000 Jam Tayang dan 1000 Subscriber 

Youtube Subscribe Vector Art, Icons, and Graphics for Free Download

Setelah mengetahui berapa subscriber untuk mendapatkan uang dan mengajukan Youtube Adsense, Anda hanyak tinggal menunggu informasi pengajuan diterima atau tidak. Biasanya informasi akan dikirimkan melalui email yang telah Anda daftarakan sebelumnya. 

Ketika menunggu proses tersebut, sebaiknya buat konten video semenarik mungkin dan berkualitas agar mendapatkan 4000 jam tayang dan 1000 subscriber dalam waktu singkat. 

Dengan begitu konten akan secara otomatis dipertimbangkan sudah layak atau belum menjadi Youtube Partner Program sesuai ketentuan yang berlaku. Keputusan finalnya dikirimkan melalui email tadi dalam hitungan hari atau bahkan bulan. 

Selalu pastikan video yang Anda buat tidak mengandung kontroversi, rasisme dan isu SARA lainnya. Kemudian pada pengaturannya harus dapat dilihat oleh Tim Youtube agar bisa terlihat jumlah tayang keseluruhan konten. 

Jika tim tersebut tidak menemukan konten publik yang memenuhi 4000 jam tayang, tim Youtube tidak bisa mempertimbangkan channel Anda. 

Baca Juga: Sudah Tahu Cara Nonton YouTube Dapat Uang

Jadi, tertarik untuk menjadi seorang youtuber? Apalagi setelah mengetahui berapa subscriber untuk mendapatkan uang dari youtube, jumlah tersebut terbilang rendah kan? 

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

12 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download