Panduan Singkat Cara Monetisasi YouTube Untuk Pemula

26 May 2022 by Laruan, Last edit: 29 May 2022

Jika mendengar kata “YouTube,” hal pertama yang Sobat Pintar bayangkan adalah pekerjaan mudah dengan hanya merekam diri dan berbagi minat dan bakat saja bukan? Terlihat sepele namun ternyata para YouTuber ini bisa meraup pendapatan hingga miliaran perbulannya dengan cara monetisasi YouTube.

Cara Monetisasi YouTube

Monetisasi sendiri berarti proses mengubah sesuatu supaya bisa menjadi penghasilan. Para YouTuber ini melakukan hal ini supaya mereka mendapatkan penghasilan tetap dari YouTube.

Tidak semua orang bisa melakukan hal ini, tapi jika Sobat Pintar tertarik mencobanya, Kredit Pintar akan membagikan tips monetisasi YouTube untuk pemula supaya kamu bisa mendapat adsense dari Google. Berikut tipsnya.

Baca juga: 8 Cara Download Video Youtube Yang Mudah dan Cepat

Syarat Monetisasi YouTube 

Perlu Sobat Pintar ketahui, untuk dapat melakukan monetisasi YouTube, channel kalian harus memenuhi persyaratan berikut ini:

  • Mengikuti segala peraturan dan kebijakan dari YouTube. Kebijakan mulai dari beberapa pembatasan konten yang tidak boleh memiliki unsur kekerasan, pornografi, hingga tidak melanggar ketentuan hak cipta.
  • Tinggal di negara atau wilayah yang termasuk dalam program YouTube Partner.
  • Telah memiliki jumlah tayang sebanyak 4.000 jam selama 12 bulan. Ini berarti, jumlah total video yang Sobat Pintar sudah harus mencapai 4.000 jam.
  • Telah memiliki 1.000 pengikut atau subscriber.
  •  Akun channel YouTube sudah terhubung dengan Google Adsense.

Namun, meskipun channel YouTube Sobat Pintar sudah memenuhi persyaratan yang telah disebutkan diatas, bukan berarti Sobat Pintar sudah bisa melakukan monetisasi YouTube. 

Sering terjadi penolakan atas permintaan monetisasi YouTube, salah satunya adalah karena channel tersebut belum memenuhi kebijakan dan persyaratan, atau belum mengaktifkan Google AdSense. Jika pengajuan kalian ditolak, Sobat Pintar dapat melakukan pengajuan ulang 30 hari setelah penolakan.

Supaya proses pengajuan berjalan dengan lancar, kali ini Kredit Pintar akan menjabarkan cara cara mengaktifkan Google AdSense, berikut adalah tahapannya.

  1. Klik logo YouTube yang terletak di pojok kanan atas.
  2. Lalu, pilih “Creator Studio.”
  3. Pada bagian kiri menu, pilih “Channel.”
  4. Kemudian, pilih “Status and Features.”
  5. Lalu, enable pilihan yang bertuliskan “Monetization.”
  6. Setelah itu, ikuti perintah yang tercantum dalam halaman tersebut.

Strategi Monetisasi YouTube

Strategi Monetisasi YouTube

Apabila channel YouTube Sobat Pintar sudah memenuhi persyaratan diatas dan pendaftaran monetisasi YouTube sudah diterima, hal selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah membuat strategi monetisasi.

Seperti halnya menjual produk yang membutuhkan strategi pemasaran, konten video kamu juga butuh publikasi supaya mendapatkan penonton dan subscriber banyak. Namun, untuk mendapatkan pengunjung untuk menonton video kamu tidaklah mudah, setidaknya Sobat Pintar harus memperhatikan hal-hal berikut ini!

  1. Perencanaan posting video secara konsisten.
  2. Pertahankan kualitas konten video.
  3. Pahami apa yang diinginkan atau dicari oleh audiens kamu.
  4. Diversifikasi channel: kembangkan platform lain seperti blog dan media sosial lainnya.
  5. Buat giveaway atau kampanye.
  6. Gunakan SEO (Search Engine Optimization) untuk meningkatkan profil channel YouTube.

Baca juga: 5 Cara Membuat Video Youtube Dengan Viewers Banyak

5 Cara Monetisasi YouTube Video

Cara Monetisasi YouTube Video

Layaknya memonetisasi website, ada banyak cara yang bisa Sobat Pintar lakukan untuk memonetisasi video YouTube kalian.

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk menghasilkan uang dari video adalah “Iklan.” Tapi, iklan bukanlah satu-satunya cara yang bisa kalian lakukan untuk memonetisasi konten kamu, ada banyak metode lainnya yang bisa kamu coba. 

1. Ad Revenue

Ini adalah hal pertama atau umum yang dipikirkan oleh semua orang saat bergabung dalam YouTube Partner Program. Setelah pengajuan YPP diterima, Sobat Pintar bisa mengaktifkan iklan untuk semua video yang memenuhi persyaratan dan kebijakan pengiklan YouTube.

Dengan begitu, kesempatan Sobat Pintar mendapatkan iklan yang tampil di dalam video akan lebih besar. Biasanya, setiap iklan yang tampil dalam video, YouTube akan mengambil potongan sebesar 45% dan sisa 55% lainnya akan kamu terima. Keuntungan ini kemudian akan dibayar oleh YouTube melalui Google AdSense yang dimana kamu bisa melacak semua data analitik channel Sobat Pintar.

Cara mengaktifkan iklan:

  • Buka “YouTube Studio.”
  • Buka “Content” di sisi kiri.
  • Kemudian pilih video atau beberapa video yang kamu miliki.
  • Klik “Monetisasi” yang terletak di sisi kiri.
  • Pilih jenis iklan yang ingin Sobat Pintar jalankan.
  • Simpan.

2. YouTube Premium

Selanjutnya metode lain untuk mendapatkan penghasilan dari video konten kamu adalah YouTube Premium. 

YouTube Premium ini tersedia untuk semua pemilik akun YouTube. Fitur ini menawarkan pengalaman menonton yang jauh lebih baik dari akun basic. Nilai utama dari YouTube Premium ini adalah menghilangkan semua iklan yang ada dalam video. Ini berarti, pengguna dapat menikmati video dari Vlogger favorit mereka tanpa gangguan.

Menariknya, setiap pelanggan premium yang mengunjungi dan menonton video kamu, Sobat Pintar akan mendapatkan bayaran dari YouTube.

3. Channel Membership

Channel Membership kurang lebih seperti berlangganan majalah atau buletin. Biasanya, para YouTuber mengandalkan fitur ini untuk memberikan akses video khusus untuk para subscriber yang membayar biaya membership.

Tapi, untuk mendapatkan membership ini, Sobat Pintar harus bisa memberikan konten dengan kualitas yang baik supaya semakin banyak orang yang ingin menjadi member di channel kalian.

Cara Mengaktifkan Channel Membership:

  • Masuk ke “YouTube Studio.”
  • Klik “Monetisasi” di sisi kiri.
  • Submit your perks.
  • Buat video intro.
  • Buat daftar harga membership berdasarkan tingkatan.
  • Post tombol “Join” di halaman channel Sobat Pintar.

4. Super Chat dan Super Sticker

Jika Sobat Pintar pernah menonton live streaming YouTube, pasti pernah melihat beberapa audiens berhasil membuat pesan mereka disorot dalam live streaming. Ternyata, mereka yang berhasil mendapatkan sorotan tersebut membeli super chat atau super sticker yang memungkinkan pesan mereka tersorot.

Pengguna kerap menghabiskan hingga $500 untuk superchat. Dari jumlah ini, Sobat Pintar akan menerima sebanyak 70% keuntungan, sementara YouTube mendapatkan keuntungan 30% dari total penjualan super chat

Cara Mengaktifkan Super Chat dan Super Stickers

  • Buka akun YouTube Studio.
  • Cari “Monetisasi” yang terletak di bagian sisi kiri.
  • Dari menu atas, pilih “Live Chat,” dan “Get Started.”
  • Ikuti petunjuk hingga Sobat Pintar melihat pesan “Super Chat Status is On.”

5. Menjadi Afiliasi

Cara terakhir untuk monetisasi YouTube adalah menjadi afiliasi. Ini adalah pekerjaan yang sangat mudah dan menguntungkan. Sobat Pintar hanya perlu membuat konten edukasi mengenai suatu brand atau layanan digital dan sematkan tautan link undangan dalam kolom deskripsi.

Setiap audiens yang mengetuk tautan dan tindakan seperti mendaftar atau membeli produk, Sobat Pintar akan mendapatkan komisi dari brand tersebut.

Salah satu perusahaan yang aktif dengan program afiliasi adalah Shopee. Cara sistem kerjanya juga sangat mudah, Sobat Pintar hanya perlu mempromosikan barang melalui media sosial seperti Instagram, TikTok, YouTube, dan lain-lain.

Kemudian, pada kolom deskripsi, kalian hanya perlu mencantumkan link pembelian ke toko yang menjual barang tersebut. Setiap penonton yang mengklik dan membeli produk yang kamu promosikan, Sobat Pintar akan mendapatkan komisi yang langsung tersimpan di akun Shopee kamu.

Raup Keuntungan Dari Monetisasi YouTube

Mendapatkan penghasilan dari YouTube memang terlihat mudah, namun Sobat Pintar harus sadar bahwa persaingan konten kreator digital sangat sengit. Jadi, cobalah cari keunikan atau nilai tersendiri yang membedakan konten kamu dengan konten orang lain.

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya. 

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
29 May 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download