8 Cara Download Video Youtube Yang Mudah dan Cepat

17 Mar 2022 by Laruan, Last edit: 28 Mar 2022

Video yang ada di youtube seringkali memberikan informasi yang bermanfaat dan kita butuhkan, oleh karena itu banyak sekali orang yang mencari tahu bagaimana cara download video youtube. Hal itu biasanya agar video youtube tersebut bisa ditonton kapan pun dan di mana pun, tanpa harus menunggu adanya koneksi.

Ada berbagai macam cara untuk download video dari youtube yang bisa dilakukan di laptop atau pun di hp yang nantinya akan dibahas lebih lanjut di artikel ini. Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara download video youtube, mari bahas terlebih dahulu mengenai youtube.

Baca juga: Cara Save Facebook Video di Handphone dan Desktop

Sedikit tentang youtube

Lembaga survei Statista mencatat bahwa youtube memiliki lebih dari 1,3 milyar video yang sudah diunggah. Di setiap menitnya, kurang lebih ada 500 jam durasi video yang diupload ke youtube.

“Baby Shark Dance” yang dirilis oleh PinkFong merupakan salah satu video di youtube yang paling banyak ditonton. Pada 11 Februari 2021, video ini sudah ditonton sebanyak 9,8 miliar kali.

Video trailer merupakan jenis video yang  paling populer untuk ditonton, terutama jika videonya berisi trailer film superhero yang terkait dengan MCU (Marvel Cinematic Universe). Salah satu trailer resmi yang paling banyak ditonton adalah trailer untuk film “Avengers: Endgame” yang ditonton sebanyak 289 juta kali hanya dalam 24 jam pertama setelah video tersebut rilis.

Baca juga: Cara Membuat Video Tiktok yang Mudah dan Praktis

Cara download video youtube

Bagi Sobat Pintar yang ingin download video dari youtube, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Via website Y2mate

Y2mate merupakan website yang sudah seringkali digunakan untuk orang-orang yang ingin download video dari youtube atau bisa juga digunakan untuk download musik. Cara download video youtube yang bisa Sobat Pintar lakukan jika menggunakan Y2mate adalah sebagai berikut:

  • Buka youtube kemudian copy link video dari youtube yang ingin didownload
  • Buka website Y2mate kemudian paste link yang tadi sudah dicopy
  • Pilih format file yang diinginkan (video jika Sobat Pintar mau download video dari youtube atau bisa juga pilih MP3 jika yang ingin didownload adalah musik dari youtube)
  • Pilih resolusi yang diinginkan lalu klik “Download”
  • Tunggu sampai proses download selesai dan berhasil

2. Via website Savefrom.net

Website lainnya yang biasanya digunakan untuk download video dari youtube adalah savefrom.net. Langkah-langkah yang  mudah membuat website ini memiliki peminat yang banyak. Jika Sobat Pintar tertarik untuk menggunakan website ini, Sobat Pintar tidak membutuhkan tool atau aplikasi tambahan.

Berikut cara download video youtube yang bisa dilakukan untuk download video dari youtube via savefrom.net:

  • Buka youtube lalu pilih video yang ingin didownload
  • Copy link video tersebut
  • Buka website savefrom.net kemudian paste link yang sudah dicopy
  • Pilih kualitas video yang diinginkan
  • Klik download lalu tunggu sampai muncul opsi pilihan penyimpanan
  • Klik save lalu tunggu sampai proses download selesai dan berhasil

3. Gunakan SSYoutube

Cara download video youtube lainnya yang sangat mudah adalah dengan menambahkan “ss” di depan url atau link. Cara ini kurang lebih sama dengan cara download video youtube via website savefrom.net, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

  • Buka youtube lalu cari video yang ingin didownload
  • Tambahkan huruf “ss” di depan url video youtube yang mau didownload, klik enter
  • Sobat Pintar akan dialihkan ke website savefrom.net
  • Pilih resolusi video yang diinginkan
  • Pilih tempat penyimpanan yang diinginkan
  • Tunggu sampai proses download selesai dan berhasil

4. Via website Keepvid

Tentunya sudah banyak Sobat Pintar yang mengenal website ini karena sudah sangat umum bagi para pengguna youtube yang ingin download video dari youtube. Jika Sobat Pintar belum mengetahui bagaimana caranya, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka youtube lalu pilih video yang ingin didownload
  • Copy link video tersebut
  • Buka website keepvid.site kemudian paste link ke kotak yang ada di home screen
  • Pilih tipe file beserta kualitas video yang diinginkan
  • Klik download lalu klik download lagi
  • Klik save lalu tunggu sampai proses download selesai dan berhasil

5. Via website 9Convert

Jika Sobat Pintar mau download video dari youtube menggunakan website ini, Sobat Pintar tidak hanya bisa download video dari youtube menjadi MP4 saja tetapi juga bisa dijadikan MP3. Berikut caranya:

  • Buka youtube lalu pilih video yang ingin didownload
  • Copy link video tersebut
  • Buka website 9convert kemudian paste link ke dalam bar yang sudah disediakan, klik mulai atau start
  • Pilih tipe file beserta kualitas video yang diinginkan
  • Klik download lalu pilih tempat penyimpanannya
  • Tunggu sampai proses download selesai dan berhasil

6. Aplikasi VidMate

Jika Sobat Pintar lebih memilih untuk download video dari youtube menggunakan aplikasi, VidMate merupakan salah satu aplikasi yang  bisa dipilih. Sayangnya saat ini aplikasi VidMate belum tersedia di PlayStore sehingga harus dicari melalui browser dengan keyword file apk VidMate.

Selain bisa download video dari youtube, VidMate juga bisa download video dari media sosial lainnya seperti Instagram atau pun Facebook. 

7. Aplikasi Savefrom

Salah satu aplikasi yang paling populer bagi pengguna youtube yang ingin download video dari youtube adalah aplikasi savefrom. Savefrom memiliki interface yang sederhana sehingga mudah dimengerti oleh para penggunanya. Selain tersedia aplikasinya, savefrom juga bisa dikunjungi di website seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika Sobat Pintar tertarik untuk download aplikasi ini, bisa dengan mendownloadnya langsung dari website resminya. Aplikasi ini bisa digunakan juga untuk download video dari media sosial lainnya seperti Facebook, Instagram, dan Twitter. Resolusi video yang didownload maksimum 1280x270p dan minimum di 640x360p.

8. Aplikasi TubaMate YouTube Downloader

Jika Sobat Pinter menggunakan aplikasi ini untuk download video dari youtube, Sobat Pintar akan memiliki akses dengan mudah untuk download video dari youtube. Sobat Pintar juga bisa mencari dan berbagi video youtub dari aplikasi ini. Kelebihan lainnya dari aplikasi ini adalah Sobat Pintar bisa download lebih dari satu video secara bersamaan.

Kualitas resolusi yang bisa dipilih berkisar antara 144p hingga Full HD 1080p. Selain itu aplikasi ini juga memiliki fitur yang bisa mengubah video menjadi MP3.

Ternyata banyak cara download video youtube yang bisa dengan mudah dilakukan ya. Tinggal pilih salah satu cara di atas, maka Sobat Pintar bisa langsung memiliki file video youtube yang bisa ditonton kapan pun dan dimanapun meskipun sedang tidak ada koneksi.

Baca juga: Daftar Laptop Gaming Terbaik Lengkap dengan Harga

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
28 Mar 2022
Pinjam kilat 20 juta!Download