Cara Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

05 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 08 Sep 2022

Tiktok adalah platform sosial media yang tidak hanya digunakan untuk mencari hiburan. Sebagian orang menggunakan tiktok untuk mendapatkan penghasilan. Mau dapat cuan dari aplikasi yang satu ini? Cari tahu penghasilan tiktok yuk, kalau Anda mau jadi kreator konten.

Cara Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

Mulai dari pedagang, influencer, educator, motivator, atau masyarakat biasa memanfaatkan tiktok. Mereka menggunakannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama. 

Untuk Anda yang ingin memanfaatkan tiktok sebagai sumber penghasilan, Anda juga perlu cari tahu penghasilan dari tiktok. Membuat konten juga nggak menjamin bisa cepat menghasilkan cuan. 

Sumber Penghasilan Pengguna Tiktok

Cara Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

Anda harus pahami terlebih dahulu bahwa sumber penghasilan tiktok tidak hanya berasal dari satu sumber. Menurut Teknobie, Channel Youtube Edukasi, ada lima sumber penghasilan pengguna tiktok, yaitu Tiktok live, endorsement, Tiktok Shop, Tiktok Referral, dan Creator Fund Tiktok. 

Apa sih fitur-fitur tersebut? Penting untuk Anda pahami dulu. Begini cara cari tahu penghasilan tiktok dari berbagai sumber penghasilan.

  1. Tiktok Live
Cara Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

Fitur live streaming yang ada di tiktok tidak hanya berguna bagi penggunanya untuk interaksi dua arah. Bisa Anda gunakan untuk menghasilkan pendapatan. 

Biasanya, content creator atau tiktokers akan membuat siaran langsung atau live streaming. Cara tersebut bisa menarik followers dan terjadi interaksi antara pengguna dengan followers. 

Dari situlah, pengguna bisa menerima gift dari penonton yang menyaksikan siaran langsung Anda. 

Meski terdengar mudah, untuk bisa melakukan live streaming juga ada beberapa syarat khusus. Tidak sembarangan Anda menggunakan fitur ini. 

Pengguna harus sudah berumur minimal enam belas tahun dan memiliki followers di atas seribu. Apabila sudah memenuhi syarat, Anda bisa langsung menggunakan fiturnya. 

Ikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi tiktok 
  2. Tekan ikon (+) pada dashboard
  3. Tentukan filter, caption, dan buat judul yang menarik 
  4. Setelah sesuai, tekan tombol “Go Live”. 

Jika followers penonton siaran menyukai tayangan Anda. Mereka bisa memberi Anda gift yang dapat ditukarkan dengan sejumlah koin. Koin tersebut nantinya akan menjadi penghasilan kamu selama tiktok live berlangsung.

Bagaimana cara cari tahu penghasilannya setelah live Anda berhenti. Mudah sekali, ikuti langkah berikut.

  1. Buka aplikasi tiktok
  2. Pilih menu “saya” 
  3. Ketuk ikon koin emas dengan tulisan “Rp”. 
  4. Jumlah koin yang Anda dapatkan selama live akan dikonversikan menjadi rupiah dengan bentuk saldo dalam 24 jam.
  5. Endorsement
Cara Cari Tahu Penghasilan Tiktok untuk Pemula

Endorsement dalam dunia marketing adalah bentuk promosi sebuah barang atau jasa melalui media sosial. Cara mendapatkan penghasilan di tiktok lainnya bisa dengan meng-endorse produk dan jasa milik orang lain di akun Anda. 

Lalu, bagaimana cara menentukan budget untuk endorsement?

Tentu saja, Anda jangan menentukan budget terlalu murah atau terlalu mahal untuk satu unggahan di akun tiktok Anda. Anda perlu survey atau cari tahu penghasilan tiktok berdasarkan pasaran. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan ialah website Tiktok Money Calculator.

Website tersebut bisa Anda buka di situs https://influencermarketinghub.com/tiktok-money-calculator/

Memasukkan nama akun tiktok Anda, kemudian website tersebut akan mengeluarkan halaman yang berisi beberapa matrik. Anda bisa melihat matrik, seperti engagement rate, post, hearts, dan followers yang akan mempengaruhi estimasi penghasilan tiktok Anda per unggahannya.

Baca Juga: Tips dan Cara Bisnis Papan Bunga Omzet Jutaan

  1. Jualan Produk Sendiri (Tiktok Shop)

​​

Pada September 2021, tiktok meluncurkan fitur baru bernama tiktok shop. Fitur ini tidak hanya bisa digunakan untuk mempromosikan produk, tetapi juga menjual produk. 

Ada syarat pula yang harus Anda lakukan supaya akun tiktok Anda bisa menikmati fitur Tiktok Shop. Anda harus mendaftarkan akun tiktok Anda terlebih dahulu menjadi akun bisnis. Dengan begitu, Anda bisa menikmati fitur tersebut dan Anda bisa berjualan di sana.

Lalu, bagaimana cara cari tahu pendapatan tiktok dari berjualan? Anda bisa masuk ke website tiktok shop seller center di seller.tiktok.com menggunakan akun tiktok Anda. 

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Ketik seller.tiktok.com lalu masuk menggunakan akun tiktok Anda.
  2. Masuk ke menu “keuangan”. Di bawah menu keuangan, kamu akan melihat sub menu “tagihan”.
  3. Di menu tagihan tersebut Anda bisa melihat berapa total pendapatan Anda. 

Apabila Anda ingin menarik penghasilan dari tiktok shop, Anda harus memastikan pesanan sudah selesai dan pendapatan sudah masuk ke dalam saldo penjualan. 

Setelah pendapatan itu masuk ke saldo penjualan, Anda perlu menunggu selama enam. Waktu tersebut merupakan proses di mana pendapatan Anda akan ditransfer ke rekening yang sudah Anda daftarkan.

Baca juga: 7 Ide Kerajinan Tangan yang Menghasilkan Uang

  1. Tiktok Referral

Tiktok referral adalah cara tiktok untuk memperluas penggunanya lewat pengguna yang sudah menggunakan terlebih dulu aplikasi tiktok. Apabila Anda sudah menggunakan tiktok, Anda bisa mengetuk ikon bonus pada halaman utama timeline.

Akan muncul kode kemudian salin kode undangan yang ada pada laman tersebut. Anda bisa membagikan kepada teman yang ingin mendownload tiktok.

Apabila setelah mendownload aplikasi tiktok lalu menggunakan kode referral yang Anda punya, maka Anda akan mendapatkan uang dari situ. 

Ia menonton video tiktok lebih dari 30 menit setiap hari selama 10 hari ke depan, Anda akan mendapatkan 10.000 poin pada hari pertama. Sampai hari ke-10 Anda akan mendapatkan 240.000 poin. 

Itu baru satu orang teman yang Anda ajak. Apabila Anda bisa mengajak 5 – 10 teman dan mereka mengikuti langkah tersebut. Bayangkan ada berapa poin yang bisa Anda dapatkan dari aktivitas ini. Menggiurkan bukan?

Nah, untuk cari tahu penghasil Anda tiktok dari aktivitas tiktok referral ini, Anda bisa ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi tiktok.
  2. Pilih menu “saya”.
  3. Ketuk ikon koin emas dengan tulisan “Rp”.
  4. Penghasilan Anda akan terlihat dari situ

Cara tersebut sebetulnya hampir sama dengan pengecekan penghasilan di poin tiga di atas.  

  1. Creator Fund Tiktok

Creator Fund Tiktok adalah cara Tiktok mengapresiasi serta merayakan dedikasi dan kreativitas para kreator di Tiktok. Bisa dikatakan, event ini untuk “menggaji” para kreator yang sudah berkontribusi di Tiktok.

Tentu saja kontributor pilihan merupakan kreator yang membuat konten menarik, menghibur, dan edukatif. 

Lewat blognya, pada Juli 2020 Tiktok meluncurkan 200 juta dolar Amerika. Diperkirakan akan bertambah menjadi 1 miliar dolar Amerika Serikat pada tiga tahun ke depan, yaitu 2023. Dana tersebut nantinya akan dibagikan kepada para kreator. 

Inilah bentuk apresiasi Tiktok dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Apabila Anda mampu berada di posisi ini, tentu saja penghasilan Anda di tiktok bisa sangat tinggi. 

Anda bisa nih mengecek atau cari tahu penghasilan uang tiktok lewat Creator Fund Tiktok. Langkah-langkahnya bisa Anda ikuti, sebagai berikut.

  1. Kunjungi https://jemsu.com/tiktok-creator-fund-calculators/ 
  2. Isi jumlah tayangan yang Anda dapatkan setiap bulannya. 
  3. Akan muncul matrik dan melalui matrik itu, Anda bisa mengetahui berapa banyak uang yang bisa Anda dapatkan dari Creator Fund Tiktok.

Mudah dan gampang bukan? Fitur-fitur tersebut juga bisa menjadi estimasi dan memudahkan Anda membuat sebuah konten. Cara cari tahu penghasilan tiktok tersebut bisa Anda akses secara rutin supaya Anda bisa membuat konten yang tepat. 

Baca Juga: Panduan Singkat Cara Monetisasi Youtube untuk Pemula

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download