Cara Mencari Topik Pembicaraan Ini Agar Obrolan Seru

05 Sep 2022 by Kredit Pintar, Last edit: 08 Sep 2022

Harus adaptasi dengan lingkungan baru terkadang ada yang merasa kesulitan. Agar gampang berbaur itu caranya gimana sih? Gimana cara mencari topik pembicaraan agar bisa cepat akrab?

Komunikasi memang menjadi jembatannya membangun sebuah keakraban atau obrolan menarik. Terbayang dong bagaimana jika Anda dianggap garing atau kaku karena tidak memiliki topik pembicaraan. Lalu, bagaimana memulainya? 

Sebetulnya, Anda bisa mulai dengan membuka obrolan. Sayangnya, untuk sekadar membuka obrolan, tidak semua orang cakap. Ada yang memang pandai dan ada juga yang sulit tetapi jika sudah kenal menjadi orang yang seru.

Nah, jangan sia-siakan kesempatan Anda ketika berada di lingkungan baru. Ajak orang lain mengenal lebih banyak tentang Anda dengan memulai obrolan. Anda memang harus tahu bagaimana cara mencari topik pembicaraan agar tidak bosan.

Menurut pepatah lama, “bisa karena terbiasa, practice makes perfect”. Semua hanya masalah waktu dan jam terbang. Buat Anda yang masih merasa canggung saat memasuki lingkungan baru, berikut tips cara mencari topik pembicaraan dengan orang baru agar Anda cepat beradaptasi.

  1. Mulai dengan Obrolan Ringan

Banyak orang merasa enggan berbasa-basi karena merasa banyak membuang waktu dan tidak menarik. Topik pembicaraan terasa sangat standar dan terkesan dangkal. 

Akan tetapi, bukankah justru lebih tidak sopan lagi jika menanyakan hal yang bersifat pribadi. Kemungkinan Anda atau teman Anda juga tidak nyaman apabila ditanyakan hal-hal yang mendalam oleh orang yang baru Anda temui. 

Sebagai pendatang baru, menanyakan hal basa-basi adalah upaya yang patut diapresiasi karena menandakan Anda pribadi sopan, ramah, dan antusias kepada orang lain. Cara itu menjadi awal yang baik bagi pendatang baru.

Jika orang yang Anda ajak bicara adalah orang baik, ia pasti akan merespon obrolan ringan dari Anda. Hal itu sebagai bentuk sopan santun dalam berinteraksi sosial.

Jika orang yang Anda ajak bicara tidak memberikan feedback baik terhadap topik pembicaraan Anda, jangan berkecil hati. Barangkali orang yang sedang kamu ajak bicara memang bukan orang yang tepat untuk diajak melakukan obrolan ringan. 

Hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memulai obrolan, yaitu membicarakan cuaca hari itu. Anda bisa menanyakan bagaimana orang ia sampai ke tempat pertemuan, di mana tempat tinggalnya, dan apa kesibukannya. 

Nah, dari jawaban-jawaban yang diberikan pada saat obrolan ringan tersebut Anda bisa mendapatkan topik pembicaraan.

  1. Temukan Persamaan dan Terima Perbedaan 

Setelah memulai dengan obrolan ringan, cara mencari topik pembicaraan dengan teman baru, yaitu menanyakan sesuatu. Anda bisa melontarkan pertanyaan terbuka yang membuat lawan bicara menjawab dengan penjelasan. 

Anda akan lebih menemukan topik dengan pertanyaan bagaimana atau mengapa, dibandingkan dengan sekadar omongan iya atau tidak.

Lewat pertanyaan terbuka, lawan bicara dituntut untuk bercerita atau menjelaskan sesuatu. Dari jawaban yang ia lontarkan, kenali hal-hal yang Anda ketahui sebagai bahan topik pembicaraan selanjutnya.

Anda akan mendapatkan topik pembicaraan lain jika menemukan kesamaan. Biasanya kesamaan situasi, seperti tempat tinggal, hobi, kesibukan dan sebagainya bisa melebarkan obrolan. 

Jika lawan bicara ternyata tidak memiliki kesamaan apa pun dengan Anda, tidak usah khawatir. Justru perbedaan tersebut akan semakin memperkaya topik pembicaraan.

Anda bisa mengajak lawan bicara sharing dari perbedaan tersebut. Anda bisa memberikan kesempatan padanya untuk menceritakan hal yang menjadi perbedaan kalian. Begitupun sebaliknya, Anda bisa menceritakan perbedaan tentang diri Anda. 

  1. Penasaran Itu Penting

Jika memulai obrolan ringan adalah permulaan, menemukan persamaan dan menerima perbedaan adalah langkah selanjutnya. Menjadi penasaran pada hal yang Anda dengar dari lawan bicara merupakan cara mencari topik pembicaraan pada level berikutnya.

Jika Anda sudah pada tahap ini, berarti Anda sudah berani mencoba dan berhasil mengesampingkan keraguan pada kemampuan komunikasi.

Seseorang yang mendapat pendengar baik akan merasa sangat dihargai. Hal itu menjadi salah satu penilaian baik dari lawan bicara. Penilaian itu akan sangat membantu ketika akan melanjutkan obrolan, sehingga lebih mudah mendapatkan topik pembicaraan lainnya.

Agar obrolan terus berlanjut, Anda bisa tanyakan hal-hal detail yang diceritakan oleh lawan bicara sebelumnya. Jadilah penasaran, karena rasa penasaran Anda menunjukkan bahwa Anda peduli pada apa yang dibicarakan oleh lawan bicara Anda. 

Rasa peduli ini di mata lawan bicara akan diterjemahkan sebagai perasaan menghargai. Jangan lupa untuk menjaga nada bicaramu supaya rasa penasaran itu tidak diterjemahkan sebagai kepo, dibanding perasaan peduli.

Baca Juga: Dampak Positif Kuliah Sambil Kerja, Bikin Sukses

  1. Beri Tanggapan dan Alasan

Komunikasi seharusnya berjalan secara dua arah. Jika satu orang sedang bercerita, yang lainnya memberi tanggapan. Agar tanggapan itu bisa diterima oleh orang yang bercerita. Jangan lupa sampaikan alasan mengapa Anda menanggapinya demikian.

Anda bisa memberi tanggapan pada suatu fenomena yang sedang hangat, kemudian menanyakan pendapat dari lainnya. Dengan metode seperti ini, Anda bukan hanya akan terlibat dalam obrolan yang serius dan dalam. Anda juga bisa mengenal bagaimana pola pikir dan sudut pandang yang dimiliki oleh lain. 

Hal ini akan menjadi obrolan seru, karena kemungkinan ada pro dan kontra. Anda akan memiliki perspektif baru yang bisa Anda jadikan sebagai topik pembicaraan lagi selanjutnya.

Memberi tanggapan dan alasan tidak harus mengenai fenomena yang sedang hangat dibicarakan. Anda bisa memberi tanggapan dari cerita lawan bicara, sehingga bisa menjadi cara mencari topik pembicaraan yang mudah dilakukan. 

Perlu Anda perhatikan pula ketika memberi tanggapan. Anda harus hati-hati supaya lawan bicara tidak tersinggung. Sebab tidak semua orang ingin ditanggapi ceritanya, melainkan hanya ingin didengar.

Obrolan juga akan seru apabila Anda membicarakan mengenai topik-topik tertentu yang Anda atau lawan bicara Anda minati. Semua orang suka membahas mengenai hal-hal yang disukai. 

Anda bisa menanyakan terlebih dahulu atau memancing dengan pembicaraan sebelumnya. Topik-topik kesukaan pasti akan Anda temukan ketika sudah berani memulai komunikasi. Anda bisa memberikan tanggapan dengan topik tersebut atau menanyakan lebih jauh. 

Jika lawan bicara menunjukkan ketertarikan pada hal yang kamu minati, Anda bisa menceritakan padanya. Begitupun sebaliknya, apabila Anda sudah menemukan apa yang dia sukai, ajaklah untuk membahas lebih jauh. 

Cara ini bisa membuat Anda mengetahui minat dan memahami kepribadian lawan bicara. 

  1. Jadi Diri Sendiri

Sumber: pexels-photo-5910779.jpeg 

Tips ini mungkin sepele tetapi sangat penting. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan setelah menemukan topik pembicaraan tersebut adalah dengan menjadi diri sendiri.

Maksudnya Anda jangan sampai tidak jujur ketika mengobrol. Jika tidak mengetahui suatu hal, cukup katakan tidak tahu. Dengan begitu, lawan bicara akan menjelaskan lebih detail dan Anda dengan lawan bicara memiliki kesepahaman.

Selain itu, apabila Anda memang memiliki tanggapan terhadap sesuatu, pastikan tanggapan itu memang benar-benar orisinil. Anda jangan memberikan tanggapan karena ikut-ikutan. Jika Anda memberi tanggapan bukan dari Anda sendiri, maka orang lain juga akan beranggapan bahwa Anda tidak punya pandangan dan prinsip. 

Hal ini akan menjadi nilai minus di mata lawan bicara, meskipun penilaian dari lawan bicara adalah sesuatu yang tidak bisa kita kontrol. Gestur dan ekspresi juga bisa menunjukkan seperti apa diri Anda, apakah Anda sudah paham atau belum. 

Itulah lima cara mencari topik pembicaraan yang bisa Anda terapkan ketika bertemu orang baru. Semakin Anda lincah mencari obrolan semakin cepat Anda berbaur dan beradaptasi. Itu menjadi salah satu skill yang perlu Anda latih dan praktikkan. Selamat Mencoba!

Baca Juga: Tidak Percaya Diri! Ini Cara Menghilangkan Mata Sembab

Artikel ini ditulis oleh Kredit Pintar, perusahaan fintech terdaftar dan diawasi OJK yang memberi kemudahan dalam penyaluran pinjaman online bagi seluruh rakyat Indonesia. Ikuti blog Kredit Pintar untuk mendapatkan informasi, tips bermanfaat, serta promo menarik lainnya.

Kredit Pintar - pinjaman online yang terdaftar di ojk
08 Sep 2022
mobile-close
Pinjam kilat 20 juta!Download